PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akuisisi saham Pinehill Corpora sebesar 40 Triliun lebih.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Indofood CBP (ICBP) Akuisisi Pinehill, Begini Kata Analis

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akuisisi saham Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake dengan transaksi sebesar US$ 2,99 miliar atau sekitar Rp 44,55 triliun (dengan kurs Rp 14.800 per dolar Amerika Serikat).

ICBP akan membayar akuisisi sebesar US$ 300 juta tersebut dengan dana kas internal yang dihasilkan dari kegiatan usaha. Sisanya, akan dibiayai dari fasilitas pinjaman dari lembaga perbankan.

Dari informasi keterbukaan di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A. Putro mengatakan akuisisi ini dilakukan mengingat Pinehill Company yang dimiliki oleh Pinehill Corpora dan Steele Lake memiliki lini bisnis yang sama dengan ICBP.

Melansir cnbcindonesia.com, Selasa (26/05) objek transaksi pertama adalah, seluruh saham Pinehill Company Limited yang dimiliki oleh Pinehill Corpora, yaitu sebanyak 70.828.180 saham yang merupakan 51% dari total saham yang telah diterbitkan Pinehill Company.

Kedua, seluruh saham Pinehill Company Limited yang dimiliki oleh Steele Lake, yaitu sebanyak 68.050.408 saham atau 49% dari total saham yang telah diterbitkan oleh Pinehill Company.

Wow! Laba Bersih Podusen Indomie (ICBP) Meningkat!! 01

[Baca Juga: Wow! Laba Bersih Podusen Indomie (ICBP) Meningkat!!]

 

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, hingga 31 Maret 2020, Indofood CBP memiliki total aset sebesar Rp42,1 triliun, dan total liabilitas sebesar Rp13,32 triliun. Adapun, kas akhir periode perseroan mencapai Rp8,87 triliun.

Melansir dari Kontan, Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Gideon A. Putro mengatakan akuisisi ini dilakukan mengingat Pinehill Company yang dimiliki oleh Pinehill Corpora dan Steele Lake memiliki lini bisnis yang sama dengan ICBP.

Selain itu, Pinehill Company juga memiliki pasar yang kuat di delapan negara yang tersebar di tiga wilayah, yakni Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

Mengingat juga Pinehill mempunyai jaringan distribusi di 33 negara dengan total populasi sekitar 885 juta orang.

Sementara itu, Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso menilai secara strategis, akuisisi ini merupakan suatu ekspansi lintas bangsa (transnasional) yang menyediakan proses produksi di berbagai negara yang menjadi pasar tujuan.

Langkah tersebut merupakan suatu efisiensi biaya dan efisiensi leadtime (tenggang waktu) yang dibutuhkan agar produk sampai ke tangan konsumen dalam waktu yang lebih singkat.

“Di sisi lain karena transaksi ini merupakan transaksi terafiliasi, maka perlu ditelaah lebih lanjut dari sisi valuasi harga yang disepakati,” ujar Aria dikutip dari Kontan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Pendapat Analis

Analis BNI Sekuritas William Siregar berpendapat pihaknya tetap netral menanggapi akuisisi anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) tersebut dengan grup Pinehill.

“Kita assume kalau 90 persen dari transaction dari utang, dengan asumsi interest rate at least 5 persen, itu interest expense masih di US$121,4 million, slightly less from its profit guarantee of US$128 million,” ujar William mengutip dari bisnis.com.

Meski begitu, William meyakini prospek menengah dan jangka panjang produsen Indomie tersebut kian cemerlang.

William juga menyatakan pasar Indonesia saat ini sudah cukup mature. Sehingga, Indofood CBP diproyeksikan akan lebih agresif dalam memasarkan produknya ke kawasan timur tengah dan menambah pangsa pasar secara global.

Senada dengan itu, Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama memandang rencana akuisisi ini cukup bagus bagi ICBP.

Sebab, sejauh ini kontributor dari penjualan ICBP masih didominasi pasar dalam negeri. Dengan adanya akuisisi ini, maka jalur distribusi baru akan semakin terbuka dan diharapkan berkontribusi terhadap penjualan luar negeri.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang Indofood akuisisi Pinehill di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang istilah new normal tersebut lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Tahir Saleh. 26 Mei 2020. Resmi Akuisisi Pinehill Rp 45 T, ke Mana Arah Saham Indofood? CNBCIndonesia – https://bit.ly/36u4NBL
  • Akhmad Suryahadi. 25 Mei 2020. Ini dampak akuisisi Pinehill bagi Indofood CBP (ICBP) Kontan.co.id – https://bit.ly/2A6NkmH
  • Ria Theresia Situmorang. 26 Mei 2020. Akuisisi Pinehill, Indofood CBP (ICBP) Sebenarnya Untung atau Buntung? Bisnis.com – https://bit.ly/2ztprWo