Siapa yang tak suka traveling? Melepas stres dengan keluarga memang menyenangkan. Jika Anda suka traveling, ketahui tips membeli asuransi perjalanan yang tepat bagi Anda dan keluarga!

Dengan asuransi perjalanan, Anda bisa menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir. Anda juga bisa menghindari kerugian finansial jika musibah terjadi.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan informasi dan tips seputar asuransi perjalanan agar dapat membeli dengan tepat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah sebuah perlindungan yang diberikan kepada tertanggung untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi ketika Anda dan keluarga melakukan perjalanan.

Namun, hal penting ini masih sering disepelekan dan dianggap tidak penting. Padahal risiko dapat terjadi di mana saja dan kapan saja.

Yang-Perlu-Dihindari-dalam-Memilih-Asuransi-Perjalanan-01-Finansialku

[Baca Juga: Informasi Berikut Sangat Membantu Jika Anda Ingin Membeli Asuransi Perjalanan]

 

Asuransi perjalanan dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya adalah:

  • Santunan dalam bentuk uang pertanggungan atas kematian atau kehilangan anggota keluarga yang disebabkan oleh kecelakaan pada saat melakukan perjalanan.
  • Biaya pengobatan darurat jika dibutuhkan pada saat Anda melakukan perjalanan. Biaya ini akan disesuaikan jumlahnya dengan perjanjian yang tertera di dalam polis.
  • Biaya pemulangan jenazah atau biaya penguburan, kremasi atau pemakaman di tempat kematian.
  • Biaya perawatan anak dan kunjungan 1 orang keluarga untuk tinggal bersama pada saat musibah terjadi pada saat Anda melakukan perjalanan.
  • Fasilitas bantuan media selama 24 jam di seluruh dunia.
  • Memberikan ganti rugi atas kerusakan dan/atau kehilangan bagasi selama perjalanan.

                                                                                                           

Selain beberapa manfaat di atas, terdapat beberapa manfaat lain yang juga ditawarkan oleh asuransi perjalanan.

Untuk menikmati fasilitas ini, pemilik polis harus membayar sejumlah biaya sebagai premi asuransi. Premi asuransi beragam jumlahnya dan berbeda ditentukan oleh berbagai faktor.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Faktor Penentu Biaya Asuransi Perjalanan

Untuk menikmati hak perlindungan, sebagai pemilik polis, Anda harus melunasi kewajiban pembayaran. Biaya untuk sebuah asuransi perjalanan dapat sangat beragam dan ditentukan oleh berbagai faktor.

 

#1 Usia Tertanggung

Layaknya produk asuransi lain, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, usia yang meningkat membutuhkan biaya asuransi yang lebih mahal.

Alasannya risiko lebih tinggi terjadi pada usia tua, mulai dari penyakit hingga kelalaian pada saat melakukan perjalanan.

Informasi dan Tips Membeli Asuransi Perjalanan yang Tepat Bagi Anda dan Keluarga 2 Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan, Ketahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Asuransi Perjalanan]

 

#2 Kondisi Kesehatan Tertanggung

Jika tertanggung telah memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik sebelum memiliki asuransi perjalanan, mungkin saja pihak asuransi akan mengharuskan biaya yang lebih mahal.

Selain itu, ada beberapa ketentuan dari pihak asuransi yang mengharuskan tertanggung melaporkan rincian riwayat kesehatan sebelumnya.

Klaim Anda akan ditolak jika tidak memberikan laporan yang jujur sesuai dengan kondisi Anda sebenarnya.

 

#3 Manfaat dan Fasilitas yang Ditawarkan

Sebuah asuransi perjalanan akan membutuhkan biaya yang lebih mahal jika manfaat yang ditawarkan lebih menyeluruh.

Contohnya, asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan perjalanan di dalam dan di luar negeri akan membutuhkan premi yang lebih mahal dibandingkan asuransi perjalanan yang hanya memberikan perlindungan di dalam negeri saja.

 

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan

Terdapat beberapa pertimbangan yang dapat Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk perjalanan asuransi. Beberapa pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut.

 

#1 Pertanggungan Pertama, Harga Kedua

Harga memang sering menjadi kendala terbesar bagi seseorang dalam memilih sebuah produk asuransi.

Tidak jarang keluarga yang memilih asuransi perjalanan murah tanpa mengetahui apa yang diberikan oleh asuransi tersebut. Padahal hal ini tidak akan meringankan beban keuangan Anda jika risiko terjadi.

Sebut saja, Anda mengalami pencurian di luar negeri dan telah memiliki asuransi. Tetapi, asuransi tersebut hanya dapat menanggung biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit.

Tentu, di kasus tersebut, asuransi yang Anda bayar menjadi hal yang sia-sia.

5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ada Beberapa Hal yang Perlu Dihindari dalam Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Oleh karena itu, sebelum Anda memilih sebuah produk, pertimbangkan pertanggungan apa saja yang diberikan dan jumlah uang pertanggungan yang berhak Anda dapatkan.

Kemudian, setelah memilih produk yang sesuai, barulah Anda membandingkan harga untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Biasanya perusahaan asuransi luar negeri membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan perusahaan asuransi dalam negeri. Hal ini dikarenakan cakupan perlindungannya mancanegara. Selain itu, manfaat yang lebih banyak berarti biaya yang lebih tinggi.

 

#2 Jangka Waktu Perjalanan

Ada beberapa ketentuan pada asuransi perjalanan yang memberikan batas waktu aktifnya asuransi perjalanan.

Hal ini akan tertera pada polis asuransi. Anda harus membaca dengan seksama dan melakukan perjalanan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

#3 Frekuensi Perjalanan

Semakin sering Anda melakukan perjalanan, semakin besar risiko mungkin terjadi.

Selain itu, frekuensi perjalanan menentukan jenis produk asuransi yang harus Anda ambil. Terdapat asuransi perjalanan satuan, ada pula paket asuransi perjalanan tahunan untuk 1 keluarga.

Dengan mengambil produk asuransi perjalanan yang tepat, Anda dapat menghindari kerugian finansial jika suatu saat musibah terjadi.

Selain itu, Anda akan meningkatkan efektivitas asuransi dengan menyesuaikan produk dan frekuensi perjalanan.

 

#4 Aktivitas yang Sering Anda Lakukan Selama Perjalanan

Jika kebanyakan perjalanan Anda adalah perjalanan bisnis, maka risiko yang dihadapi akan lebih sedikit dibandingkan dengan traveler yang mencintai petualangan alam atau melakukan hal-hal ekstrem.

Semakin berisiko aktivitas yang Anda lakukan, semakin Anda membutuhkan asuransi. Anda pun harus memastikan bahwa kegiatan yang Anda cintai tersebut juga dilindungi oleh produk asuransi.

 

#5 Sesuaikan dengan Kebutuhan

Asuransi memiliki tujuan untuk mengganti kerugian Anda, bukan untuk memberikan Anda keuntungan pada saat musibah terjadi.

Ini berarti, Anda tidak memerlukan beberapa asuransi yang memberikan manfaat serupa. Belilah asuransi perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika sebelumnya Anda telah memiliki asuransi kesehatan yang melindungi biaya perawatan Anda baik di dalam maupun di luar negeri, ini berarti Anda tidak lagi membutuhkan asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan biaya rumah sakit.

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Perjalanan Online, Agar Perjalanan Lebih Aman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Informasi Berikut Sangat Membantu Jika Anda Ingin Membeli Asuransi Perjalanan]

 

Contoh lain adalah ketika Anda telah memiliki asuransi jiwa, maka Anda dapat memilih asuransi perjalanan dengan pertanggungan yang lebih kecil ketika Anda meninggal.

Dengan menyesuaikan asuransi perjalanan dengan kebutuhan Anda, maka premi yang perlu Anda bayar akan lebih ekonomis.

 

#6 Tempat dan Tujuan Anda

Jika Anda lebih sering bepergian di dalam negeri, maka Anda tidak membutuhkan asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan internasional.

Sebaliknya, jika Anda lebih sering melakukan perjalanan ke luar negeri, maka Anda lebih baik memiliki asuransi perjalanan mancanegara.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan lingkungan dan tingkat kriminalitas tujuan Anda.

Carilah informasi dari internet atau dengan bertanya kepada agen perjalanan Anda.

Dengan mengetahui tujuan perjalanan Anda, Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari adanya asuransi perjalanan.

 

Sesuaikan, Bandingkan, Pilih dan Rasakan Perlindungannya

Untuk memilih asuransi perjalanan yang tepat bagi Anda dan keluarga langkah pertama adalah mengetahui apa kebutuhan Anda dan menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, bandingkan beberapa produk asuransi dan kemudian pilih produk yang paling tepat dan rasakan manfaatnya.

 

Apakah Anda memiliki asuransi perjalanan? Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda lebih sadar akan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Berikan komentar Anda di kolom bawah ini dan jangan lupa bagikan artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 April 2017. Tips Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik. Travellin.co.id – https://bit.ly/2uSrduL
  • Admin. 8 Maret 2018. Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga Ketika Berwisata. Kumparan.com – https://bit.ly/2LSzPZ0
  • Shirley Christie. 18 November 2017. 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan. Liveolive.com – https://bit.ly/2v6dwHR