Informasi Berikut Sangat Membantu Jika Anda Ingin Membeli Asuransi Perjalanan

Apakah Anda ingin membeli asuransi perjalanan? Apa yang Anda cari?

Mungkin Anda sudah pernah mendengar pengalaman buruk orang lain mengenai perjalanan mereka. Kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan, dan kecelakaan selama berada di luar negeri merupakan hal yang tidak jarang terjadi.

Atau bahkan Anda sendiri juga pernah mengalaminya?

Oleh karena itu, cukup banyak orang yang suka bepergian membeli asuransi perjalanan. Jika Anda juga ingin membeli asuransi perjalanan, artikel ini akan membantu menambah wawasan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Ingin Membeli Asuransi Perjalanan

Biasanya untuk menghilangkan kekhawatiran akan perjalanan, banyak orang membeli asuransi bagi setiap perjalanan atau membeli asuransi perjalanan tahunan untuk beberapa perjalanan sekaligus.

Hal ini merupakan langkah yang baik, tapi apakah polis asuransi perjalanan tersebut memiliki perlindungan yang tepat untuk segala situasi?

Informasi Berikut Sangat Membantu Jika Anda Ingin Membeli Asuransi Perjalanan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Perjalanan Terbaik Tidak Mengcover 5 Hal Ini! Ini Rahasianya]

 

Berikut ini adalah panduan mengenai apa saja yang harus Anda lakukan sebelum membeli asuransi perjalanan Anda selanjutnya.

 

#1 Pelajari Rincian Polis Asuransi Perjalanan Sebelum Membeli

Sebagian besar dari kita suka mengabaikan rincian polis asuransi perjalanan, terutama saat satu hari menjelang perjalanan ke luar negeri.

Menurut pendiri TravelInsuranceReview.net, Damian Tysdal:

“Asuransi perjalanan merupakan salah satu polis yang menyebutkan jaminannya secara spesifik.”

 

Kuncinya adalah mempelajari dengan jelas seluruh rincian polis dan meluangkan waktu untuk membacanya akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Mengapa? Karena jika suatu peristiwa atau masalah tidak dinyatakan di dalam polis asuransi perjalanan tersebut, maka jangan berharap Anda akan mendapatkan jaminan apabila hal itu terjadi.

Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling]

 

Sebagai contoh, jika asuransi perjalanan memberikan jaminan jika tertanggung sakit sebelum perjalanan dan batal untuk berangkat, hal ini tidak berarti tertanggung juga dijamin apabila jatuh sakit selama perjalanan.

Hal tersebut merupakan jaminan yang berbeda dan walaupun perusahaan asuransi mungkin menawarkan paket untuk mempermudah orang yang bepergian, tidak bisa dipastikan bahwa semua polis yang Anda beli akan mencakup keduanya.

Menyisihkan sedikit waktu untuk meneliti polis dapat membantu menghindarkan Anda dari rasa frustasi selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari jika mengalami masalah selama di luar negeri.

 

#2 Pilih Jaminan Asuransi Perjalanan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tidak semua polis asuransi perjalanan sama.

Dari pilihan paket dasar hingga paket premium, Anda mungkin akan melihat beragam tingkat paket asuransi perjalanan pada saat mempertimbangkan pembelian.

Namun, apa sebenarnya perbedaan di antara paket tersebut, selain harga dan nama perusahaan yang bagus?

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Berikut ini beberapa jenis jaminan yang termasuk dalam paket asuransi perjalanan:

 

Asuransi Pembatalan dan Pemberhentian Perjalanan

Inilah alasan utama yang melatarbelakangi sebagian besar orang membeli asuransi perjalanan, yaitu untuk mengganti kerugian biaya perjalanan yang tidak dapat dikembalikan jika perjalanan Anda dibatalkan atau tertunda cukup lama akibat penyakit, bencana alam, dan lain sebagainya.

Jaminan di dalamnya berbeda-beda bergantung pada perusahaan asuransi, serta asuransi perjalanan yang Anda beli secara khusus.

 

Asuransi Bagasi dan Barang-Barang Pribadi

Sejak bagasi Anda masuk ke meja check-in di bandara asal hingga keluar melalui conveyor di bandara tujuan, kerusakan kecil maupun besar dapat terjadi lebih sering daripada yang Anda kira.

Jika bagasi Anda dicuri atau rusak, asuransi perjalanan biasanya dapat mengganti kerugian hingga US$500 (Rp6.650.000) untuk setiap bagasi yang hilang. Antara US$100 (Rp1.330.000) hingga US$300 (Rp3.990.000) untuk keterlambatan bagasi.

Pilihan asuransi perjalanan yang paling mendasar sekalipun akan memberikan jaminan atas masalah ini.

 

Asuransi Kecelakaan

Hal ini mungkin adalah alasan kedua yang membuat orang-orang bepergian dengan membeli asuransi perjalanan, yaitu jaminan jika terjadi kecelakaan.

Alasan ini sama dengan mereka yang menggunakan asuransi kesehatan sehari-hari. Jangkauan jaminannya seringkali sangat beragam, jadi pastikan untuk mempelajari rincian polis asuransinya.

 

Asuransi Kematian Akibat Kecelakaan

Asuransi jenis ini biasanya memberikan santunan dalam jumlah berbeda tergantung pada situasinya.

Misalnya, jika tertanggung meninggal dunia dalam perjalanan atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan kecacatan, seperti kehilangan penglihatan, atau lain sebagainya.

Jangkauan jaminannya seringkali sangat beragam dan juga mungkin serupa dengan perencanaan asuransi jiwa perorangan, tergantung pada perusahaan asuransi yang menjualnya.

Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

Secara umum, asuransi perjalanan bertujuan untuk melindungi Anda dari masalah yang tidak terduga selama perjalanan.

Seperti, pembatalan penerbangan akibat cuaca buruk, atau kehilangan, keterlambatan, kerusakan atau kehilangan barang atau bagasi, kecelakaan sampai sakit penyakit yang dapat terjadi selama di perjalanan.

Hal penting yang sering diabaikan oleh orang yang bepergian adalah kebutuhan jaminan ekstra dalam perjalanan yang menantang bahaya.

Liburan penuh petualangan saat ini semakin populer dengan para pelancong yang ingin mencoba bungee jump untuk pertama kalinya. Hanya saja, aktivitas ini turut disertai dengan kemungkinan kecelakaan yang lebih besar.

Dengan demikian, memilih plan dengan jaminan kecelakaan yang memadai sangatlah tepat selama bepergian ke luar negeri, terutama jika Anda berencana mencoba aktivitas olahraga yang terbilang ekstrem (jaminan bergantung pada perusahaan asuransi).

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Ketahui Pengecualian Yang Ada Di Dalam Asuransi Perjalanan

Bagaimana menentukan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda?

Dengan mempelajari terlebih dahulu keterbatasan atau pengecualian polis asuransi perjalanan yang ingin Anda beli biasanya akan sangat membantu.

Apa saja yang tidak dijamin ditentukan oleh paket asuransi perjalanan yang dibeli dari perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, pembatalan perjalanan merupakan kekhawatiran utama bagi sebagian besar orang yang bepergian.

Dengan demikian, sebagian besar asuransi perjalanan memberikan jaminan atas pembatalan dan pemberhentian perjalanan, namun alasan atas pembatalan ini sangat berpengaruh, karena tidak semua alasan akan dijamin oleh perusahaan asuransi.

Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa skenario yang mungkin Anda hadapi dan memastikan apakah polis tersebut dapat memberikan perlindungan yang memadai dalam kondisi tersebut.

Mau Keliling Eropa Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

Sebagian besar polis asuransi perjalanan akan memberikan daftar alasan penyebab pembatalan perjalanan yang dijamin.

Jika alasan penyebab kejadian yang Anda alami tidak ada dalam daftar tersebut, berarti kondisi tersebut tidak dijamin. Semua pembatalan akibat masalah kesehatan harus diverifikasi dan didokumentasikan secara resmi oleh dokter.

Hal ini berarti, Anda tidak dapat membatalkan perjalanan hanya karena salah satu anggota keluarga yang jatuh sakit tanpa rekomendasi dan dokumentasi resmi dari dokter.

 

#4 Ketahui Hal-Hal Yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Perjalanan

Mahal tidak selalu berarti lebih baik. Untuk mencari tahu biaya yang seharusnya dibayarkan untuk membeli asuransi perjalanan, pertama-tama kita harus memahami terlebih dahulu hal-hal yang mempengaruhi biaya asuransi perjalanan.

Biasanya, perusahaan asuransi akan menggunakan beberapa data pribadi, selain biaya perjalanan Anda, untuk memperhitungkan harga asuransi perjalanan tersebut.

takut-barang-rusak-di-bagasi-pertimbangkan-asuransi-perjalanan-1-finansialku

[Baca Juga: Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga asuransi perjalanan:

 

Usia Orang yang Bepergian

Usia orang yang bepergian dianggap sebagai faktor yang paling penting dari keempat faktor lainnya. Umumnya, orang yang berusia di atas 65 tahun harus mengeluarkan biaya lebih besar.

Jika bepergian dengan remaja atau anak-anak, Anda mungkin bisa memasukkan mereka ke dalam paket asuransi perjalanan tanpa tambahan biaya, atau dengan biaya yang lebih murah.

Hal ini sangat tergantung dengan perusahaan asuransi perjalanan dan rincian yang tercantum di dalam polis.

 

Jumlah Orang yang Bepergian dan Durasi Perjalanan

Jumlah orang yang bepergian dan durasi perjalanan dapat mempengaruhi harga plan. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya variabel akan memperbesar risiko yang dijamin di dalam paket asuransi perjalanan.

Misalnya, dibandingkan bepergian selama satu hari saja, bepergian ke luar negeri selama tiga hari kerja memiliki kemungkinan risiko medis dan gangguan perjalanan akan lebih besar.

Dengan demikian, keduanya bisa menjadi alasan yang baik bagi Anda menggunakan asuransi perjalanan. Hal yang sama berlaku jika Anda bepergian bersama empat hingga lima orang, jika dibandingkan bersama dua orang saja.

 

Jenis Jaminan

Jenis jaminan yang Anda pilih juga akan mempengaruhi harga asuransi perjalanan Anda.

Paket dasar menyeluruh tanpa manfaat tambahan umumnya lebih murah dibandingkan paket yang menawarkan beragam manfaat tambahan, seperti jaminan pembatalan atas alasan apa pun, atau kecelakaan kendaraan sewaan.

Dan paket dengan jaminan yang lebih besar untuk biaya kesehatan atau evakuasi juga biasanya akan lebih mahal.

5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Takut Barang Rusak di Bagasi? Pertimbangkan Asuransi Perjalanan]

 

Biaya asuransi perjalanan biasanya hanya sekitar 5% dari total biaya perjalanan Anda secara keseluruhan, tergantung dari jaminan-jaminan yang Anda ambil. Namun, asuransi perjalanan tersebut sudah dapat memberikan ketenangan hati dan perlindungan terhadap dampak akibat masalah yang tidak terduga.

 

Teliti Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan Anda

Salah satu kesalahan yang paling lazim dan paling besar saat memilih polis asuransi adalah tidak membaca dokumennya secara saksama.

Jika Anda tidak membaca dokumen polis asuransi perjalanan, maka berpotensi menyebabkan masalah dalam pengajuan klaim di kemudian hari.

Memahami daftar manfaat asuransi sangatlah penting karena memberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan jaminan, besaran jaminan maksimal, dan prosedur pengajuan klaim, serta nomor telepon yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat.

Selamat menikmati perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan yang sesuai.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2016. Bacalah Informasi Ini Sebelum Anda Membeli Asuransi Perjalanan. Tokiomarine.com – https://goo.gl/9YBfkw

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Asuransi Perjalanan – https://goo.gl/EhtXWv
  • Asuransi Perjalanan – https://goo.gl/jaLaHN

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment