facebook_pixel

Ini 10 Resolusi Keuangan yang Seharusnya Masuk Daftar Anda

Apa saja resolusi keuangan yang seharusnya masuk ke dalam daftar tahunan? Tahun baru adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi keuangan. Ini 10 resolusi yang harus masuk ke dalam daftar resolusi tahun 2017 Anda.

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Resolusi Keuangan di Awal Tahun

Setiap awal tahun setiap orang memiliki resolusinya masing-masing karena tahun baru terasa seperti sebuah awal yang baru untuk memulai sesuatu. Inilah saat yang tepat untuk membuat resolusi keuangan. Pastikan Anda memasukkan daftar-daftar tujuan keuangan yang ingin Anda capai pada tahun ini.

 

kenali-6-keuntungan-berinvestasi-di-pasar-modal-untuk-para-karyawan

[Baca Juga :Kenali 6 Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal untuk Para Karyawan]

 

Berikut adalah 10 hal yang seharusnya masuk ke dalam resolusi Anda di awal tahun ini :

 

#1 Kenali Keinginanmu

Setiap tahun Anda harus mengenal apa tujuan keuangan Anda. Tidak cukup untuk sekedar mengatakan “Saya ingin mempunyai gadget baru dan kendaraan pribadi”. Anda harus menyebutkan apa spesifikasi barang yang Anda inginkan, kemudian berapa uang yang harus disediakan. Misalnya jika menginginkan sebuah mobil, pastikan Anda mengetahui merk, jenis, warna, dll mengenai mobil yang diinginkan. Dengan begitu Anda akan semakin termotivasi untuk mendapatkannya.

 

#2 Prioritaskan Utang

Ada beberapa macam utang yang mungkin Anda miliki. Tetapi masing-masing utang memiliki kadar prioritas yang berbeda-beda. Ada utang jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Utang yang harus dijadikan prioritas pelunasan adalah utang jangka pendek seperti kartu kredit. Untuk itu di awal tahun ini, buatlah daftar seluruh utang yang belum Anda lunasi. Masukkan utang-utang tersebut ke dalam kategori-kategori prioritas agar di tahun ini Anda tahu utang mana saja yang harus dilunasi terlebih dahulu. Selain itu perhitungkan berapa dana yang harus disediakan untuk utang-utang lain yang bukan prioritas utama berdasarkan porsinya masing-masing.

 daftar-website-dan-platform-yang-harus-anda-coba-untuk-investasi-online-finansialku

[Baca Juga :Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

#3 Menyiapkan Dana Pensiun

Waktu yang paling tepat untuk merencanakan pensiun adalah secepatnya. Berapapun umur Anda saat ini, sebaiknya segera siapkan dana pensiun jika belum memilikinya. Manfaat pensiun mungkin tidak terasa saat ini, tetapi jika sudah mencapai umur pensiun dan tidak memiliki persiapan Anda akan menyesal. Semakin dini merencanakan pensiun maka beban biaya yang harus disiapkan pun akan semakin ringan. Karena itu mulailah menyiapkan dana pensiun di awal tahun ini jika belum memilikinya.

 

#4 Gunakan Sistem Autodebet untuk Berinvestasi

Masalah terbesar yang dialami setiap orang ketika memiliki uang adalah ‘lapar mata’. Sebuah keinginan tiba-tiba muncul hanya karena melihat barang di toko atau di penawaran online. Padahal sebenarnya barang tersebut tidak diperlukan. Seringkali dana yang seharusnya diinvestasikan teralihkan untuk memenuhi kebiasaan ‘lapar mata’ tersebut. Dengan menggunakan sistem autodebet untuk berinvestasi, Anda tidak akan lupa untuk berinvestasi setiap bulan. Pada periode yang ditentukan uang akan tiba-tiba berkurang karena dibelikan produk investasi. Dengan begitu Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengalihkan dana investasi untuk memenuhi kebutuhan ‘lapar mata’ yang hanya akan menghabis-habiskan uang Anda.

5 Langkah Jitu untuk Melunasi Utang - Kebebasan Keuangan - Financial Freedom -  Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 [ Baca Juga :Begini Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom]

 

#5 Tutup Akun yang Tidak Berguna

Ada berapa rekening bank dan kartu kredit yang Anda miliki? Apakah semua akun tersebut digunakan secara rutin dan memberi manfaat lebih? Jika tidak, sebaiknya tutup akun-akun yang sudah tidak berguna. Setiap bank selalu membebankan biaya untuk setiap produk yang ditawarkan. Walaupun rekening yang Anda miliki sudah tidak digunakan, bank tidak akan berhenti memotong saldo untuk membayar biaya bulanan. Biaya tersebut mungkin terasa kecil jika hanya dihitung per bulan, tetapi coba akumulasikan ke periode beberapa tahun. Sayang sekali jika jumlah uang tersebut terbuang percuma. Lebih baik Anda menutup akun tersebut agar tidak terus menggerus keuangan perlahan-lahan.

 

#6 Mencetak Uang dengan Hobi

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang akan Anda lakukan secara sukarela karena sangat menyukai pekerjaan tersebut. Jika memiliki sebuah hobi atau ketertarikan pada suatu bidang, cobalah mencari cara untuk menghasilkan uang dengan hobi tersebut. Kebanyakan orang berpikir bahwa pekerjaan adalah hal yang membosankan, tetapi terpaksa dilakukan karena membutuhkan uang. Tetapi jika Anda berani mencari peluang dan memanfaatkannya dengan baik, Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang disukai. Ketika sebuah pekerjaan dilakukan dengan sukacita, hasilnya pun akan lebih memuaskan.

 Pakai Kartu Kredit yang Tepat Saat Liburan, Anda Bisa Hemat 51 persen untuk Tiket Pesawat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[ Baca Juga :Ternyata Lebih Enak : Ambil Cuti dan Liburan Pakai Uang Hasil Investasi]

 

#7 Kumpulkan Kembalian

Setiap kali berbelanja pastikan Anda menyimpan uang kembaliannya. Terkadang uang kembalian terasa tidak berarti, padahal jika dikumpulkan akan menjadi banyak juga. Siapkan sebuah tempat untuk menyimpan uang kembalian yang Anda kumpulkan setiap hari. Setelah satu bulan buka tempat penyimpanan tersebut dan investasi uang yang ada di dalamnya. Anda akan terkejut dengan berapa besarnya dana investasi yang terkumpul tanpa disadari tersebut.

 

#8 Sumbangkan Uang

Salah satu cara untuk mengerti nilai uang adalah dengan memberikannya kepada orang lain. Mulailah menyumbangkan beberapa persen dari gaji Anda kepada lembaga yang menyalurkan bantuan-bantuan. Jika tidak menggunakan jalur lembaga, sekedar bersedekah kepada orang yang Anda rasa membutuhkan juga akan sangat bermanfaat. Ketika Anda membantu orang lain, kebaikan itu mungkin bisa mengubah hidup orang yang menerimanya dan tidak akan dilupakan selama bertahun-tahun. Di samping itu akan mudah menyadari betapa berartinya nilai uang yang Anda miliki. Di satu sisi akan terasa berat untuk mengeluarkan uang, di sisi lain Anda memahami jumlah uang tersebut dapat membantu kehidupan orang lain. Dengan begitu Anda akan berpikir berkali-kali untuk menghambur-hamburkan uang secara tidak bijaksana. Jika memungkinkan, sebaiknya memberikan sumbangan dalam bentuk uang tunai. Efek yang didapatkan akan lebih terasa daripada memberikan sumbangan dalam bentuk cek atau transfer melalui bank.

investor-pemula-ini-modal-dasar-untuk-berinvestasi-saham-yang-penting-2-finansialku

[ Baca Juga :Investor Pemula, Ini Modal Dasar untuk Berinvestasi Saham yang Penting]

 

#9 Gunakan Aplikasi Keuangan

Di jaman modern ini kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Saat ini membuat perencanaan keuangan tidak lagi harus secara fisik. Ada banyak aplikasi keuangan yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengatur keuangan bulanan. Aplikasi ini dapat diakses dari gadget yang Anda bawa setiap hari sehingga akan sangat membantu bagi Anda yang tidak ingin repot.

 

#10 Membaca Buku Keuangan Setiap Bulan

Jangan takut dulu ketika mendengar buku keuangan. Anda mungkin menganggap buku keuangan adalah buku yang merepotkan, membosankan dan tidak berguna. Padahal anggapan ini kurang tepat, ada banyak buku yang memberikan informasi mengenai keuangan untuk pemula. Carilah buku yang sesuai dengan tahap pemahaman Anda tentang keuangan. Jika sering membaca dan mendengar mengenai suatu hal, lama-kelamaan Anda akan menjalankannya secara otomatis. Begitu pula halnya dengan perencanaan keuangan. Semakin sering Anda mendapatkan informasi mengenai perencanaaan keuangan, akan semakin mudah untuk memahami dan menjalankannya.

 

Resolusi Bukan Sekedar Wacana

Ada banyak tips-tips yang berguna untuk menjalankan resolusi di tahun baru. Tetapi setiap tips tidak akan berarti jika Anda tidak memiliki komitmen dalam menjalankannya. Sebaiknya setiap resolusi bukan hanya sekedar menjadi wacana, melainkan benar-benar dijalankan. Pastikan Anda benar-benar berkomitmen menjalan tips-tips tersebut agar resolusi keuangan setiap tahun dapat terpenuhi.

 

Bagaimana dengan Resolusi keuangan Anda? Apakah Anda sudah menyiapkannya? Silakan share resolusi Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi : 

  • Joshua Kennon. 27 Desember 2016. 10 Financial Resolutions for the New Year. The Balance – https://goo.gl/SSQKiu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download