Bagaimana cara seseorang meningkatkan karisma dan dapat mempengaruhi orang lain? Beginilah rahasia yang diajarkan pakar komunikasi dan kepemimpinan – Brian Tracy.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

5 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Karisma dan Mempengaruhi Orang Lain

Brian Tracy adalah seorang penulis dan pembicara kelas international yang sudah mengajarkan ke lebih dari 300.000 orang mengenai topik keuangan, komunikasi dan lainnya.

Finansialku tertarik membagi sebuah artikel yang penting untuk Kita, yaitu cara meningkatkan karisma dan mempengaruhi orang lain.

Inilah Cara Karyawan Meningkatkan Karisma & Mempengaruhi Orang Lain - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Menangani Kegagalan, yang Harus Kita Tiru]

 

#1 Emosi Seseorang itu Ternyata Menular

Menurut Brian Tracy, kekuatan yang harus dimiliki oleh setiap orang (karyawan, pimpinan, wirausaha) adalah membangun antusiasme (enthusiasm) dan semangat (excitement).

Antusiasme dan semangat adalah dua hal yang penting dan harus kita miliki. Semakin kita antusias dan bersemangat terhadap pekerjaan yang kita lakukan, semakin antusias orang lain untuk mendengar dan membantu kita.

Antusiasme dan semangat kita dapat menarik antusiasme orang lain, karena antusiasme dan semangat itu bersifat menular. Semakin Kita antusias, menjalankan dengan minat (passion), maka kita akan tampak semakin berkarisma dan orang lain akan tertarik untuk membantu.

 [Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Seseorang Susah Jadi Pengusaha]

 

Brian Tracy mengatakan setiap laki-laki dan perempuan yang hebat, pasti memiliki komitmen untuk tujuan-tujuan yang mulia. Hal tersebut akan mendorong orang lain untuk mendukung dan membantu mewujudkan idenya.

 

#2 Kunci dari Sebuah Karisma

Rahasia Kedua yang harus Kita lakukan adalah mengembangkan kepribadian dan kemampuan Kita. Khususnya kemampuan yang terkait dengan kompetensi di pekerjaan atau bidang kita.

Semakin Kita mengetahui dan menguasai suatu bidang, Kita akan semakin percaya diri dan tentu saja meningkatkan karisma.

Setiap orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya dengan baik dan memiliki hasil yang memuaskan, cenderung akan mendapat perhatian lebih dari orang lain. Hal ini dapat menarik dukungan dari orang lain.

 

#3 Siapkan Secara Matang Setiap Anda, Disetiap Acara

Persiapan yang matang adalah hal yang harus kita lakukan dalam setiap waktu, setiap acara dan setiap kesempatan. Buatlah persiapan yang matang, detil dan jangan pernah menyepelakan.

Entah itu kita sedang mengunjungi calon pembeli, calon investor, meeting dengan atasan atau berbicara dengan orang banyak harus selalu dilakukan dengan persiapan yang matang. Ketika kita sudah mempersiapkan dengan matang, segala sesuatunya akan menjadi lebih teratur dan lebih jelas untuk lawan bicara kita.

[Baca Juga: Rahasia Hidup Senang dan Bahagia di Kantor]

 

#4 Benar-Benar Kuasai Bidang Pekerjaan Anda

Usahakan untuk up-to date atau mengetahui setiap perkemabangan dan pengetahuan terkait dengan bidang yang kita kerjakan.

Anda dapat meningkatkan pengetahuan Anda melalui internet, baca buku, seminar atau mengunjungi pameran-pameran industri.

 

#5 Bangun Track Record yang Baik

Pengakuan dari orang lain, selalu berpihak pada orang-orang yang sudah melakukan persiapan dan pelaksanaan yang baik (berhasil).

  • Atasan akan lebih mendengarkan dan mengandalkan anak buahnya yang berprestasi.
  • Investor akan lebih percaya pada entrepreneur yang bekerja keras dan mampu memberikan hasil yang paling baik.
  • Guru / dosen juga akan lebih mendengarkan murid yang lebih rajin.

 

Segala sesuatu yang kita lakukan sebelumnya, telah tersimpan dalam ingatan dan semuanya masuk dalam perhitungan. Bangun sebuah kredibelitas terhadap personal brand Kita.

Ketika Kita melakukan sesuatu terkait dengan pekerjaan dan karir, usahakan lakukan yang terbaik dan benar di awal.

 

2 Hal yang Harus Kita Lakukan, Sekarang

Setelah Kita mengetahui, hal-hal yang dapat meningkatkan karisma dan mempengaruhi orang lain, langkah berikutnya adalah memulai.

Berikut ini 2 langkah yang dapat Kita lakukan sekarang juga untuk segera mengubah ide Kita menjadi sebuah tindakan (dan mulai melangkah).

  1. Bersemangatlah mewujudkan tujuan-tujuan dan pekerjaan-pekerjana yang Kita lakukan. Jika Kita ingin orang lain juga bersemangat, tunjukkan keyakinan dan komitmen Kita kepada orang lain dalam setiap kesempatan.
  2. Dedikasikan diri Kita dalam proses untuk perbaikan yang berkelanjutan dari hari ke hari. Lakukan perbaikan pada pekerjaan Kita dan persiapkan secara matang diri Kita disetiap acara. Carilah seorang teladan atau tokoh yang dapat menginspirasi Kita di setiap pekerjaan yang Kita lakukan.

 

Apakah Anda sudah mengetahui tujuan yang ingin Anda capai dan sudah melakukan perencanaan untuk mewujudkan tujuan tersebut?

 

Referensi

  • Brian Tracy. Three Keys To Personal Power. BrianTracy.com – http://goo.gl/b0APjn

Sumber

  • charismatic – http://goo.gl/MA9cJc

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang