Sedang marak beredar penipuan dengan motif bagi-bagi internet gratis di Whatsapp, jika Anda mendapat pesan berantai ini, jangan percaya begitu saja!

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Modus Penipuan Internet Gratis Di Whatsapp 

Menjelang satu dekade perayaan hari jadi Whatsapp, ada oknum yang memanfaatkannya menjadi motif penipuan dengan dalih bagi-bagi internet gratis.

Penipuan ini dilayangkan dalam bentuk berantai dengan iming-iming “hadiah ulang tahun” berupa paket data internet 1.000 GB secara gratis untuk para pengguna WhatsApp.

Hati-Hati Kena Tipu Internet Gratis Di Whatsapp 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Suka Dapat SMS Penipuan? Waspada! Begini Cara Mengatasinya!]

 

Jika Anda mendapatkan “WhatsApp Offers 1000 GB Free Internet!” dan berisi tautan yang apabila di-klik akan membawa Anda pada ke sebuah situs berisi logo WhatsApp, dengan sejumlah survei yang mesti dijawab untuk mendapatkan internet gratis, Berhati-hatilah!

Padahal internet gratis yang di janjikan di sini sekadar omong kosong belaka karena situs yang dituju tautan itu juga bukan situs resmi milik WhatsApp.

Ujung-ujungnya, Anda akan diminta meneruskan pesan terkait ke 30 pengguna whatsapp lainnya sebagai syarat untuk mendapatkan “1.000 GB internet gratis”.

Motif di balik pesan penipuan ini adalah “click fraud scheme“. Pembuatnya berusaha mendatangkan klik sebanyak-banyaknya untuk mendulang pemasukan dari iklan di situs WhatsApp abal-abal tadi.

Untungnya, sejauh ini situs jebakan tersebut tidak melakukan hal-hal berbahaya terhadap perangkat pengguna, seperti misalnya memasang malware atau mencuri data. Namun, situs itu bisa saja berubah sewaktu-waktu dan dipasangi program jahat.

Karenanya, langkah terbaik apabila menerima pesan berbau penipuan seperti di atas adalah dengan didiamkan saja. Jangan klik tautan ataupun meneruskannya ke orang lain.

Mengutip dari Tekno.kompas.com, Rabu (31/7/19), WhatsApp sendiri diimbau oleh ESET agar melancarkan kampanye edukasi, supaya penggunanya lebih awas dengan jenis-jenis pesan penipuan alias scam.

 

Cara Menghindari Modus Kejahatan Scamming

Salah satu tautan palsu sangat memungkinkan oknum kejahatan Scamming dapat memungkinkan untuk mereka memasang cookie di browser yang melacak aktivitas online Anda.

Jika Anda telah mengklik salah satu tautan jahat, disarankan untuk menghapus riwayat penjelajahan situs web Anda dan menghapus semua cookies. Anda bisa melakukan ini di menu Settings pada browser Anda.

Selain itu, sebagai pengguna Anda pun disarankan untuk mewaspadai pesan yang mencakup kesalahan ejaan atau kesalahan tata bahasa, meminta Anda untuk memanfaatkan tautan, meminta Anda untuk berbagi informasi pribadi, serta meneruskan pesan.

Ayo cerdas memanfaatkan teknologi mulai sekarang!

Jangan lupa! Anda juga harus memperhatikan kondisi keuangan Anda ya, sudah siapkan dana darurat belum? Sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik?

Jangan ditunda-tunda, penyesalan datang terlambat loh.. Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel di atas? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bill Clinten. 31 Juli 2019. Awas, Ada Penipuan Berkedok Internet Gratis 1.000 GB di WhatsApp. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/2YyU2fU
  • Dythia Novianty. 10 November 2017. Jadi Korban Scam WhatsApp? Ini yang Harus Dilakukan. Suara.com – https://bit.ly/2ytZa6g

 

Sumber Gambar:

  • Whatsapp 1 – http://bit.ly/2OvIiqE
  • Whatsapp 2 – http://bit.ly/2ZnWcfx