Berikut ini adalah profil maskapai dari China Eastern Airlines yang pesawatnya terjatuh di wilayah Guangxi dan tengah mengangkut 132 orang. Simak pembahasan selengkapnya dalam artikel ini.

 

Pesawat Maskapai China Eastern Airlines Terjatuh di Guangxi

Dunia penerbangan kembali dikejutkan dengan kabar kecelakaan yang menimpa pesawat Boeing-737 milik maskapai China Eastern Airlines.

Diketahui pesawat tersebut tengah mengangkut 132 orang yang terdiri dari 123 orang penumpang serta 9 orang awak kabin,

Kecelakaan sendiri terjadi di wilayah Guangxi, pada Senin (21/03) waktu setempat. Efek dari terjatuhnya pesawat ini juga menyebabkan terjadinya kebakaran hutan di perbukitan Kabupaten Tengxi.

Mengutip informasi dari Fortune serta dilansir situs Liputan6.com (21/03), berdasarkan informasi Flightradar24, pesawat dengan nomor penerbangan MU5735 ini tengah melakukan perjalanan dari Kunming menuju Guangzhou.

Akan tetapi, radar mendeteksi bahwa pesawat tiba-tiba menukik tajam hingga akhirnya terjadi kecelakaan. 

 

Profil China Eastern Airlines

Terlepas dari musibah dan kabar duka yang tengah menyelimuti China Eastern Airlines (CEA), perusahaan ini merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar yang telah diakui dunia. Berikut ini adalah profil selengkapnya.

 

#1 Salah Satu Maskapai Terbesar Di Dunia

China Eastern Airlines, merupakan maskapai penerbangan yang telah berdiri sejak Januari 1957.

Pada saat awal beroperasi, maskapai ini hanya bermodalkan satu skuadron yang didirikan mantan Administrasi Penerbangan Sipil Shanghai. 

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, CEA bertransformasi menjadi maskapai yang masuk ke dalam tiga besar perusahaan penerbangan di China sekaligus termasuk yang terbesar di dunia.

Hingga saat ini, CEA telah mengoperasikan sebanyak 730 armada pesawat modern dengan destinasi penerbangan sebanyak 1.062 tujuan yang terdiri dari 177 negara. 

Frequent Flyer of Eastern Miles memiliki hak istimewa di 672 lounge di seluruh dunia dalam 20 maskapai anggota SkyTeam. Tak sampai di situ, CEA mengoperasikan armada dengan rata-rata usia hanya 5,5 tahun.

Berdasarkan catatan ini, CEA diklaim memiliki armada pesawat dengan usia termuda di antara maskapai-maskapai terbesar di dunia.

[Baca Juga: Terus Rugi, Ini Daftar BUMN yang Akan Dibubarkan Erick Thohir]

 

#2 Omzet Fantastis dan Melantai di Tiga Pasar Saham

Tahun 1988, setelah serangkaian reformasi yang dilakukan, CEA akhirnya melantai di bursa saham New York dan Hongkong. Kemudian tahun 1997 CEA terdaftar di bursa saham Shanghai.

Itu artinya, CEA menjadi maskapai penerbangan pertama yang dapat melantai di 3 (tiga) pasar saham berbeda. Kemudian omzet penumpang tahunan yang didapatkan CEA sangatlah fantastis yakni melebihi 130 juta.

Catatan tersebut mengantarkan CEA masuk ke dalam 10 besar peringkat maskapai terbesar dunia. 

 

#3 Segudang Penghargaan yang Diraih

Seiring dengan kredibilitas perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang, China Eastern Airlines juga memiliki segudang prestasi. Setidaknya hal tersebut dapat terlihat dari berbagai penghargaan yang berhasil mereka raih.

CEA berdedikasi pada pengabdian staf, loyalitas pelanggan, kepuasan pemegang saham, dan kepercayaan publik

Mereka pun menyabet penghargaan Diamond Flight Safety Award oleh Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC). Bahkan CEA diakui sebagai merek China paling berharga selama 5 tahun berturut-turut.

Selain itu, maskapai penerbangan ini juga mendapatkan penghargaan lain, meliputi:

  • Golden Ting Award
  • Golden Bauhinia Awards 
  • Perusahaan Publik Terbaik 
  • Maskapai Penerbangan Paling Berkembang di Dunia 
  • Maskapai Penerbangan Paling Populer di Asia

 

Musibah Terburuk Sejak Tahun 2004

Kecelakaan yang menimpa pesawat Boeing 737 milik China Eastern Airlines menjadi musibah terburuk bagi mereka dalam kurun waktu 18 tahun terakhir.

Tercatat musibah kecelakaan terakhir yang dialami maskapai ini terjadi pada tahun 2004 lalu.

Sebanyak 55 orang dilaporkan tewas pada kecelakaan tersebut. Kecelakaan tersebut akibat pesawat Bombardier CRJ-200 terjatuh ke sebuah danau beku tak lama setelah lepas landas.

Diduga kuat, es pada sayap menjadi penyebab utamanya. 

Tentu apa yang terjadi pada China Eastern Airlines menjadi duka mendalam bagi semua pihak, terlebih bagi keluarga para korban yang ditinggalkan.

Kita hanya bisa berdoa yang terbaik bagi para korban serta semua pihak yang terkait dengan musibah ini.

 

Di sisi lain, kita semua harus ingat bagaimana kematian adalah sebuah misteri. Kita tidak akan tahu bagaimana, di mana, dan kapan ajal akan menjemput.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memproteksi bagi keluarga yang kita tinggalkan.

Asuransi jiwa bisa menjadi solusi untuk memproteksi keluarga tercinta sepeninggal kita nanti. Akan tetapi tak sedikit orang yang belum mengetahui manfaat akan manfaat pentingnya.

Jika membutuhkan informasi lengkap seputar asuransi jiwa, Anda bisa mendapatkannya melalui ebook Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada.

Di dalamnya tersaji lengkap informasi mengenai pentingnya asuransi jiwa, perhitungan kebutuhan asuransi jiwa, jenis-jenis asuransi jiwa, dan informasi penting lainnya. 

Anda bisa mendapatkan ebook ini secara gratis dengan klik tombol di bawah ini. Dan untuk melihat koleksi ebook Finansialku lainnya, Anda bisa akses di Perpustakaan Finansialku. Semoga bermanfaat.

Download Ebook Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada

 

Jika Anda perlu bantuan dalam menentukan asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga, konsultasikan dengan perencana keuangan Finansialku untuk mendapat solusinya. Hubungi kami di WhatsApp 0851 5866 2940.

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Itulah informasi mengenai profil perusahaan maskapai China Eastern Airlines (CEA) yang pesawatnya terjatuh. Jangan lupa untuk share artikel ini dan nantikan berbagai update berita selanjutnya.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Yudi Setyowibowo. 21 Maret 2022. Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Ini Kecelakaan Terburuk Sejak 2004. Sindonews.com https://bit.ly/3irpncF
  • I Husni Isnaini. 21 Maret 2022. Ini Profil China Eastern Airlines yang Pesawatnya Jatuh: Salah Satu Maskapai yang Termuda dan Terbesar di Dunia. Sindonews.com – https://bit.ly/3qrkMLX
  • Elga Nurmutia. 21 Maret 2022. Mengenal Maskapai China Eastern Airlines yang Pesawatnya Jatuh di Guangxi. Liputan6.com – https://bit.ly/36DNylp
  • Asnida Riani. 21 Maret 2022. Profil China Eastern Airlines, Maskapai China yang Pesawatnya Jatuh di Gunung. Liputan6.com – https://bit.ly/36mNwyy