Whazup!! Yuk simak hal-hal penting ini sebelum investasi emas untuk mahasiswa. Kami akan memaparkan melalui rubrik berikut ini. Selamat berinvestasi emas ya guys.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mahasiswa Berinvestasi – Kamu Termasuk Orang Luar Biasa

Masih duduk di bangku mahasiswa tapi udah terpikir buat investasi?

Kamu termasuk orang-orang luar biasa, guys.

Asal kamu tahu, ga semua orang terpikir buat mengalokasikan anggaran bulanan mereka buat investasi masa depan. Bahkan mereka yang sudah bertahun-tahun bekerja sekali pun.

Kebanyakan anak-anak muda, terutama mereka yang baru pertama pegang uang sendiri — ga terpikir untuk investasi. Di benak mereka biasanya gimana caranya ngabisin uang mereka.

Jangankan investasi, ada duit nganggur alias sisa aja pasti bawaannya pengen ngabisin. Bener ga?

Yuk Simak Hal Penting Sebelum Investasi Emas Mahasiswa Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Perantau yang Harus Anda Ketahui]

 

Itulah kenapa, buat kamu para mahasiswa dengan usia kisaran 18-25 tahun yang sudah berpikir buat investasi, kamu memang tergolong orang-orang hebat dan calon orang-orang sukses!         

Sebelum masuk dalam pembahasan rubrik ini, sebagai hadiah dari Finansialku buat kamu para mahasiswa calon orang-orang sukses, kami berikan secara gratis e-book berikut ini:

  1. Panduan Mengelola Keuangan Untuk Usia 20-an
  2. Panduan Investasi Reksa Dana bagi Pemula
  3. Panduan Investasi Emas bagi Pemula

 

For Your Information, kamu pasti pernah denger Warren Buffet kan? Dia salah satu dari 10 orang terkaya di dunia.

Warren Buffet yang dikenal sebagai bapak investasi ini menaiki tangga kesuksesannya melalui investasi saat usianya yang masih belasan tahun.

Ga percaya? Simak aja kisahnya di salah satu artikel Finansialku yang judulnya:

Rahasia Sukses Investasi ala Warren Buffet - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Baca Juga: Anda Bisa Kaya Hanya Dengan 10 Tips Sukses Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun Ala Warren Buffet]

 

Investasi Emas – Bisa Jadi Pilihan

Salah satu kendaraan menuju kebebasan keuangan adalah investasi. Tapi, investasi yang seperti apa? Ada begitu banyak jenis investasi seperti, Reksa Dana, Properti, Saham, Obligasi dan juga Emas.

Setiap jenis investasi tersebut di atas memiliki keuntungan dan juga risiko yang berbeda-beda.

Melalui rubrik ini, kita akan memfokuskan pembahasan pada investasi emas, terutama untuk kalian para mahasiswa.

 

Alasan Investasi Emas

Mungkin dalam benak kalian sempat terpikir, kenapa harus investasi emas?

Berikut ini beberapa alasan, mengapa investasi emas bisa menjadi pilihan.

 

#1 Aman (SECURE)

Investasi logam mulia berupa emas yang bersertifikat memang dipercaya dan diakui oleh dunia secara global sebagai investasi yang aman. Harap digaris bawahi bahwa emas ini adalah emas yang bersertifikat, bukan yang abal-abal

Memangnya ada emas yang abal-abal?

Jawabannya, bener-bener ada dan banyak kasus yang udah terkuak mengenai emas bersertifikat palsu.

Wow! Investasi Emas Pakai Kartu Kredit Ini Baru Keren 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Investasi Bodong, Berkedok Investasi Emas]

 

Salah satunya pada Bulan Mei 2017 yang lalu didapati di sebuah toko di kawasan Pasar Balaraja, Kabupaten Tangerang. Kamu bisa cari tahu sendiri informasinya di surat kabar online.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berinvestasi emas dengan jenis emas bersertifikat PT Aneka Tambang (ANTAM). Sertifikat dari PT ANTAM ini diakui mancanegara lho. Jadi, kamu ga perlu takut kalau emas kamu bersertifikat palsu.

 

#2 Menguntungkan (PROFITABLE)

FYI, harga emas itu cenderung naik setiap tahunnya, guys.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan harga emas ditentukan oleh nilai emas itu sendiri dan ditentukan oleh pasar internasional. Peningkatan harga emas bisa sebesar 18%, pernah terjadi antara bulan Januari 2016 hingga bulan Agustus 2016.

Emas dikenal dengan harganya yang stabil dan cenderung naik, berbeda dengan investasi saham yang cenderung fluktuatif dan risiko yang tinggi.

Emas bisa menjadi investasi jangka panjang dan tentu saja memberikan potensi keuntungan bagi para investornya.

 

#3 Mudah Dicairkan (HIGH LIQUIDITY)

Oleh karena emas bersertifikat, terutama emas yang bersertifikat PT ANTAM ini diakui oleh mancanegara, akan membuat emas memiliki likuiditas tinggi.

Artinya, kamu bisa menjual emas bersertifikat tersebut dan mendapatkan uang tunai dengan cepat.

Berbeda halnya ketika kamu berinvestasi properti atau investasi saham yang memerlukan pihak kedua untuk membeli investasi yang akan dijual.

Wow! Investasi Emas Pakai Kartu Kredit Ini Baru Keren 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda 7 Hal ini Mempengaruhi Harga Emas Antam Lho Ini Sebabnya Harga Emas Berubah Setiap Hari]

 

Di samping itu, kamu bisa mencairkan emas dimanapun. Tidak perlu repot untuk mencairkannya. Karena tingkat likuiditasnya yang tinggi, investasi emas bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin mempersiapkan dana darurat.

Kamu udah siapin dana darurat? Udah tahu kan jumlah dana darurat yang harus kamu siapin? Kalau belum tahu, gunakan Aplikasi Finansialku aja dan temukan berapa besarnya dana darurat yang harus kamu siapin. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Risiko Rendah (LOW RISK)

Tentu kamu punya uang simpanan di bank atau tabungan. Berapa besarnya biaya administrasi yang harus kamu bayarkan setiap bulannya?

Apakah bunga tahunan bisa menutupi biaya administrasi tabunganmu?

Jika kamu memilih investasi emas, uang kamu tidak akan terkikis seperti tabunganmu di bank.

Tahukah kamu bahwa inflasi tidak menjadi hambatan dalam berinvestasi emas? Kamu ga perlu pusing memikirkan risiko harga emas yang fluktuatif akibat goncangan ekonomi.

Terbaru! BukaLapak Rilis Buka Emas, Tawarkan Investasi Emas Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak?]

 

Itulah sebabnya investasi emas memiliki risiko yang cukup rendah. Kamu tinggal fokus aja sama tugas-tugas kuliahmu sambil mencari penghasilan tambahan untuk menambah jumlah investasimu. Setuju?

Bingung mencari pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu kosong saat kuliah? Baca beberapa artikel mengenai peluang kerjaan buat kamu para mahasiswa dari Finansialku.

 

#5 Ga Perlu Dana Besar

Harga emas saat ini bekisar Rp540 ribu – Rp600 ribu untuk setiap gramnya. Ga terlalu mahal kan? Jika kamu punya uang jajan Rp500 ribu per minggunya, coba belajar buat ngirit dan tabung uang jajanmu.

Apalagi jika kamu seorang mahasiswa yang masih dibiayai oleh orangtuamu, kamu pasti bisa!

Berbeda hanya jika kamu membayar uang kuliah dari hasil kerjamu, tentu kamu harus berusaha lebih keras. Ayo berjuang demi meraih kebebasan finansialmu.

Masih ingat peribahasa, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bukan?

Memang kita harus bersakit-sakit dahulu dan kelak kita akan bersenang-senang kemudian.

Tenang aja, hasil kerja kerasmu tidak akan sia-sia kok!

 

Info Penting Investasi Emas Buat Kamu

Setelah melihat berbagai alasan yang bikin kamu tertarik buat investasi emas, kamu juga perlu tahu informasi penting seputar investasi emas berikut ini.

 

#1 Miliki Tujuan Investasi

Setiap langkah memang memerlukan tujuan. Seperti hidup ini yang perlu adanya tujuan sehingga kita menjadi bergairah saat menjalaninya.

Demikian juga investasi guys!

Apa tujuan investasimu? Sudah jelaskah tujuan dari rencana investasimu?

Tahukah kamu bahwa kesalahan pertama saat membeli emas untuk investasi adalah ga adanya tujuan yang jelas saat berinvestasi?

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Kamu perlu mengetahui secara jelas mengenai rencana investasimu seperti:

  • Berapa gram jumlah emas yang harus dibeli?
  • Berapa harga beli emas?
  • Berapa harga jual emas?
  • Kapan waktu untuk membeli emas?
  • Kapan waktu untuk menjual emas?
  • Apakah membeli emas secara berkala?
  • dan lain sebagainya.

 

Dengan adanya tujuan dari sebuah investasi, maka sudah bisa dipastikan bahwa investasi yang kamu lakukan akan jauh lebih efektif dan terarah.

Belum punya rencana keuangan? Coba aja Aplikasi Finansialku. Gunakan free trial-nya dulu guys, rasakan manfaatnya.

Kalau merasa perlu buat perpanjang masa berlangganan, ga perlu kuatir, harga berlangganan per bulannya ga bikin kantongmu cekak. Murah kok, tapi kualitasnya ga murahan!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Jangan Beli Emas Tanpa Fisik

Dilansir dalam surat kabar, sekitar tahun 2011-2013 yang lalu, terjadi banyak penawaran investasi tanpa fisik. Penawaran ini dilakukan hanya dalam bentuk surat kepemilikan emas, saham berada di luar negeri dan lain sebagainya.

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan (kamu bakal ga asing dengan badan pemerintah yang satu ini) menetapkan beberapa perusahaan tersebut sebagai investasi bodong.

Di bawah ini ciri penawaran investasi bodong yang harus kamu curigai jika mendapati hal-hal berikut:

  • Hasil yang ditawarkan berada di luar batas kewajaran dalam waktu singkat.
  • Penekanan utama pada perekrutan, bukan skema investasi.
  • Tidak dijelaskan bagaimana cara mengelola investasinya.
  • Tidak dijelaskan aset yang mendasari (underlying) usaha yang memenuhi asas kewajaran dan kepatutan di sektor investasi keuangan.
  • Tidak jelasnya struktur kepengurusan, struktur kepemilikan, struktur kegiatan usaha dan alamat domisili usaha.
  • Kegiatan yang dilakukan menyerupai money game dan skema ponzi. Menyebabkan terjadinya kegagalan untuk mengembalikan dana masyarakat yang diinvestasikan.
  • Bila ada barang, kualitas barang tidak sebanding dengan harganya.
  • Bonus dibayar hanya bila ada perekrutan.
  • Tidak memiliki prospektus investasi dan bank kustodian saat mengumpulkan dana dari masyarakat. Adanya langsung rekening perusahaan.
  • Tidak ada legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Tidak dikelola oleh manajer investasi, melainkan dikelola oleh perusahaan yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Calon nasabah mendapatkan keuntungan jika berhasil merekrut orang yang baru (dengan sistem biner, direct selling dan lain sebagainya).

 

Lagi-Lagi Investasi Bodong OJK Menutup 6 Perusahaan Kegiatan Investasi Ilegal finansialku

[Baca Juga: 7 Investasi Bodong Terbaru dari OJK dan Cara Menghindari Investasi Bodong]

 

Waspadai ciri investasi bodong di atas ya guys! Sebagai mahasiswa, jangan mau dibodohi sama keuntungan yang menggiurkan dari investasi semacam itu. Yang tadinya pengen untung malahan buntung!

Sekali lagi, hati-hati, jangan terpancing emosi buat investasi dengan cara ini!

 

#3 Beli dan Jual di Waktu yang Salah

Tentu orang mengejar keuntungan saat berinvestasi emas dengan:

“Membeli di saat harga sedang tinggi dan menjual di saat harga sedang rendah”

 

Kesalahan semacam itu kerap terjadi karena asumsi harga emas yang selalu. Sebetulnya asumsi tersebut tidaklah tepat.

Coba kamu lihat harga emas di KITCO. Harga emas pada rentang tahun antara 2000-2011 dilansir mengalami kenaikan sangat tinggi. Namun, tidak demikian di beberapa tahun terakhir karena harga emas cenderung bergerak stabil.

Jika kamu ingin terhindar dari keputusan investasi yang mendadak dan tidak terarah, sebaiknya kamu memiliki rencana keuangan.

 

#4 Kesalahan Menyimpan Emas

Kamu disarankan untuk menyimpan emas di brankas pribadi atau safe deposit box (SDB) di bank. Mengapa demikian?

Awas, Logam Mulia Palsu! Tips Membeli Logam Mulia untuk Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Tempat tersebut sangat aman untuk menyimpan emas dan tidak membuat emas menjadi rusak. Tahukah kamu bahwa emas yang warnanya pudar membuat harganya menjadi turun?

 

#5 Jangan Membeli Emas dengan Utang

Kamu sangat disarankan untuk tidak berutang saat berencana berinvestasi emas.

Membeli emas dengan berutang tidak disarankan karena kenaikan harga emas yang belum tentu dapat menutup bunga dari utang tersebut.

Jika belum ada uangnya untuk membeli emas, kamu bisa menabung emas atau mencicil emas di pegadaian.

 

#6 Investasi Emas Batangan BUKAN Emas Perhiasan

Investasi emas yang menguntungkan adalah investasi emas batangan, BUKAN emas dalam bentuk perhiasan.

Ketika kamu membeli perhiasan emas, ada penyesuaian harga seperti pembuatan perhiasan, risiko kerusakan jika sering digunakan dan risiko hilang.

Selain itu, biasanya perhiasan emas memiliki kadar 18 hingga 22 karat.

 

Investasi Emas Mahasiswa

Ga ada salahnya buat mencoba investasi emas. Ayo segera miliki tujuan investasimu secara jelas agar tujuanmu terarah.

 

Bagikan artikel ini kepada teman-teman kuliahmu di kampus agar mereka juga menjadi orang-orang sukses sepertimu. Bagikan juga pengalamanmu saat berinvestasi emas melalui kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Rikhi Ferdian. 23 Mei 2017. Hati-Hati, Pengedar Emas Palsu Beraksi di Tangerang! Okezone.com – https://goo.gl/8rQm1r

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Emas Mahasiswa – https://goo.gl/2ZoUDF
  • Investasi Emas – https://goo.gl/zwE5GW

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up