Banyak orangtua yang bingung memilih investasi pendidikan anak terbaik yang bisa menjamin agar biaya pendidikan anak terus ter-cover.

Pasalnya, tidak mudah mempersiapkan biaya pendidikan anak, apalagi dengan berkembangnya zaman, pendidikan anak sudah semakin mahal.

Artikel ini akan membahas cara-cara untuk menyiapkan dana untuk pendidikan anak melalui berbagai cara investasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Sebagai orangtua, Anda pasti akan mengusahakan seluruhnya agar sang buah hati dapat menjadi orang sukses.

Pendidikan pun bisa dibilang menjadi modal terbesar yang dapat diberikan oleh orangtua kepada anaknya.

Tapi seperti yang sudah Anda ketahui, pendidikan anak menguras biaya yang cukup besar, apalagi jangka waktunya cukup panjang.

Mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, seluruhnya membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Itulah mengapa, menyiapkan biaya pendidikan anak tidak mudah. Anda memerlukan kerja keras dan pengelolaan keuangan yang benar.

Investasi-Pendidikan-Anak-Terbaik-1-Finansialku

[Baca Juga: 10 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan yang Dilakukan Oleh Orangtua]

 

Menyusun anggaran bulanan, berhemat, rajin menabung, mencari penghasilan tambahan adalah beberapa cara yang dilakukan untuk menyiapkan pendidikan anak.

Namun, di balik berbagai usaha tersebut, ada satu cara yang cukup jitu yang sering dilupakan orang, yakni berinvestasi.

Dengan investasi, uang Anda akan bertambah dan Anda dapat membuat uang bekerja untuk Anda.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Pilihan Investasi untuk Pendidikan Anak

Tabungan konvensional merupakan salah satu pilihan investasi yang sering dipilih oleh masyarakat karena caranya yang mudah serta kapanpun Anda membutuhkannya, Anda dapat langsung menariknya. Dengan disiplin diri, pastinya tabungan tersebut lama kelamaan akan bertambah jumlahnya.

Akan tetapi, sebenarnya saat ini telah banyak pilihan investasi lainnya yang tidak kalah mudah dan memberikan keuntungan yang jauh lebih tinggi dari tabungan konvensional.

Pilihan investasi di bawah ini sangat sesuai untuk pendanaan pendidikan anak. Berikut adalah beberapa contoh pilihan investasi yang dapat Anda coba.

 

#1 Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan merupakan sebuah produk perbankan di mana Anda dapat membuka rekening khusus yang digunakan untuk tabungan pendidikan. Satu syarat utama adalah Anda harus memiliki rekening utama di bank tersebut.

Setelah itu, hanya dengan melengkapi dokumen (KTP, buku tabungan dan akta kelahiran anak), maka Anda dapat membuka rekening tabungan pendidikan di bank yang bersangkutan.

Sistemnya pun sangat mudah, setiap bulannya, akan ada sejumlah uang yang diambil dari rekening utama dengan sistem auto-debet. Jumlah uang ini berbeda dan disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan Anda dan telah disepakati di awal perjanjian.

Guru-Bertanggung-Jawab-Mengajarkan-Pendidikan-Keuangan-1-Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua Butuh Tahu Cara Menghitung Dana Pendidikan Anak, Simak Caranya Berikut Ini]

 

Setelah itu, setiap bulannya selama jangka waktu yang telah ditentukan, uang dari rekening utama Anda akan dipotong dan disalurkan ke tabungan pendidikan.

Jika Anda tidak mampu membayar selama 3 bulan berturut-turut, Anda tidak perlu khawatir, uang yang telah terkumpul di dalam tabungan pendidikan akan disalurkan kembali ke rekening utama setelah dipotong oleh biaya administrasi dan sebagainya.

Selain menawarkan kemudahan, tabungan pendidikan dari perbankan ini juga memberikan fasilitas asuransi jiwa. Jadi misalnya Anda meninggal dunia, anak Anda akan mendapatkan tunjangan sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Sudah banyak lembaga perbankan yang menyediakan fasilitas tabungan pendidikan ini, beberapa yang cukup terkenal adalah Bank BCA, Bank Mandiri, serta Bank CIMB Niaga.

 

#2 Deposito

Deposito merupakan sebuah produk perbankan yang menawarkan bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.

Selain tingkat bunga, perbedaan deposito dan tabungan biasa adalah Anda tidak dapat mengambil uang Anda kapanpun yang Anda inginkan. Anda hanya dapat mengambil uang sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan atau Anda akan terkena denda.

Deposito-1

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

Jangka waktu yang ditawarkan juga beragam, semakin lama Anda menyimpan deposito tersebut, semakin tinggi pula bunga yang akan diberikan.

Dengan adanya pilihan jangka waktu, konsumen akan lebih mudah menyesuaikan produk deposito dengan kebutuan dana pendidikan anak. Bagi Anda yang memiliki profil risiko rendah dan ingin mencari produk investasi yang mudah, deposito adalah salah satu pilihan yang tepat.

 

#3 Logam Mulia

Likuiditas tinggi, kebal terhadap inflasi, mudah didapatkan, tidak diperlukan pengetahuan dasar, adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan berinvestasi pada logam mulia.

Logam mulia sangat sesuai bagi Anda yang ingin menabung untuk dana pendidikan anak dengan jangka waktu investasi 3-5 tahun karena harganya yang akan meningkat dan tidak termakan oleh inflasi.

Salah satu kelemahan dari investasi ini adalah tempat penyimpanannya yang harus aman. Pastikan bahwa Anda menyimpan logam mulia di tempat yang cukup aman dan tidak mudah dirampok.

Pelajari investasi emas lebih dalam lewat ebook gratis dari Finansialku:

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Reksa Dana

Reksa dana merupakan sebuah wadah yang menghimpun dana dari para investor dan kemudian melalui Manajer Investasi (MI) dana tersebut akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek.

Terdapat beberapa jenis reksa dana yang beredar di Indonesia, masing-masing berbeda dari jangka waktu investasinya.

Jika Anda membutuhkan dana untuk pendidikan dalam waktu yang cukup singkat, maka jenis reksa dana yang sesuai adalah reksa dana pasar uang.

Reksa dana pasar uang menginvestasikan sebagian besar dananya pada instrumen pasar uang seperti deposito, obligasi dengan jangka pendek dan surat berharga komersil.

Daftar Reksadana Juara 2017 - Finansialku

[Baca Juga: Bila Nanti Saatnya T’lah Tiba, Apakah Dana Pendidikan Telah Tersedia?]

 

Reksa dana pasar uang memiliki return yang lebih tinggi dibandingkan tabungan bank tetapi lebih rendah dibandingkan reksa dana lainnya. Jika jangka waktu Anda berkisar antara 3-5 tahun, maka Anda dapat memilih reksa dana campuran yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang, tetapi keuntungan yang lebih tinggi pula.

Reksa dana campuran menginvestasikan dana dari masyarakat pemodal ke instrumen saham, obligasi serta pasar uang. Jika jangka waktu investasi panjang, mungkin Anda dapat mempertimbangkan reksa dana saham tetapi ingat bahwa risikonya adalah yang tertinggi di antara semua jenis reksa dana.

Pelajari investasi reksa dana lebih dalam lewat ebook gratis dari Finansialku:

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Asuransi Pendidikan

Jangan heran jika Anda mendengar tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan karena sebenarnya keduanya mempunyai sistem yang sama, tetapi mereka adalah dua produk yang berbeda.

Asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi bukan perbankan. Selain itu, tidak seperti tabungan pendidikan yang mana Anda dapat mengambil sejumlah uang setelah kewajiban selesai atau berhenti, di asuransi pendidikan, dana hanya dapat dicairkan apabila jatuh tempo atau ketika Anda meninggal.

Asuransi pendidikan bekerja seperti perlindungan pendidikan anak, yang mana anak Anda dapat dijamin pendidikannya.

Sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan program asuransi pendidikan. Masing-masing memiliki sistem dan penawaran yang berbeda. Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ingatlah untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik.

 

Mulailah Sejak Dini

Banyak yang sering salah paham dan menganggap bahwa menabung hanya perlu dilakukan ketika ada keperluan. Padahal, semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak pula dana yang nantinya akan terkumpul.

Dan semakin lama Anda menunda, semakin sulit Anda mencapai tujuan Anda dengan cepat. Mulailah dari sekarang untuk masa depan anak yang lebih cemerlang.

 

Apa yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa pendidikan anak Anda terjamin? Sudahkah anda melakukan investasi ke salah satu dari produk investasi di atas?

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 15 Juni 2015. 6 Strategi Menyimpan Uang Untuk Pendidikan Anak. https://goo.gl/AV7Dmi
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 11 Mei 2017. 5 Investasi yang Pas untuk Biaya Pendidikan Anak. Liputan6.com – https://goo.gl/Mjr4Bs

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Pendidikan – https://goo.gl/qqNiE5
  • Investasi Pendidikan 2 – https://goo.gl/23bi9L

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang