Moms, siapa bilang investasi saham untuk ibu rumah tangga susah dan mustahil dilakukan? Bisa, kok. Yuk, simak caranya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ibu Rumah Tangga, Yuk Kenalan dengan Investasi

Hello Moms

Apa kabar? Semoga selalu baik-baik saja ya. Oia Moms, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang investasi untuk Ibu Rumah Tangga.

Mungkin sebagian besar berpikir “…untuk apa sih kita belajar investasi, toh jadi ibu rumah tangga aja udah cukup repot, mengurus berbagai pekerjaan rumah, suami, dan juga anak

Yups, pemikiran itu juga yang awalnya ada di benak saya. Ketika memutuskan berhenti bekerja dan fokus pada keluarga, sama sekali tidak terbesit untuk mencari tahu tentang investasi.

Setelah mencoba jalani peran sebagai ibu rumah tangga dari yang sebelumnya ibu bekerja, kok cukup terasa beda ya?

Hahaha.. pasti tahu dong ya, salah satu perbedaannya yang sebelumnya punya penghasilan sendiri setiap bulan, sekarang ya kita nunggu dari suami.

Bukan berarti kebutuhan tidak terpenuhi sih, tapi hati ini kok greget aja pengen lebih produktif sekaligus bisa membantu menambah pemasukan keluarga tanpa menghilangkan tugas utama sebagai ibu rumah tangga.

Panduan Ajib Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga, Untung BESAR Menanti 02

[Baca Juga: Ingin Berinvestasi Saham? Inilah Tips Membeli Saham Untuk Investor Pemula]

 

Saya sempat sharing dengan beberapa teman juga nih Moms, ada yang menyarankan untuk bisnis, bikin produk sendiri, jadi reseller atau dropshipper. Tapi kok belum ada yang ‘ngepas’ di hati aja.

Sampe akhirnya, suami menyarankan untuk ‘bekenalan dengan investasi’. Agak ragu juga lho Moms, jujur aja ini tuh hal yang baru buat saya.

Apalagi banyak beredar informasi tentang investasi bodong, so wajar banget kan kalo hal-hal seperti ini bikin parno.

But anyway, setelah coba menyingkirkan berbagai ketakutan dengan mencari tahu apa itu investasi, ternyata menarik juga nih.

Apalagi Moms, berinvestasi adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih, misalnya investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

Buat para pemula seperti saya, pasti yang dicari investasi dengan risiko kecil sesuai kemampuan, karena memang keuntungan yang kita peroleh sebanding dengan risiko yang harus diterima.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah investasi saham, dari sinilah saya mulai mendalaminya. Moms tertarik? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Investasi Saham untuk Ibu Rumah Tangga? Kenapa Tidak?

Setelah mencari tahu tentang investasi saham, ternyata hal baru yang sempat membuat bingung soal trading dan nabung saham.

Melansir laman Ellenmay Institute, ternyata ada ulasan perbedaan trading dan nabung saham, bahwa disebutkan jika trading itu membeli serta menjual saham dalam jangka pendek.

Sebenarnya jangka pendeknya tersebut relatif sih, karena ada segelintir trader yang menggunakan metode jual beli saham dalam rentang waktu berbulan-bulan seperti yang banyak dilakukan pada strategi Super Trader.

Oia Moms, selain super trader ada juga beberapa strategi lainnya.

Seperti swing trading yang hanya memerlukan beberapa hari saja untuk jual beli saham, atau yang lebih kilat adalah strategi scalping yaitu jual beli saham dalam waktu beberapa jam saja.

Lain trading lain pula dengan investasi jangka panjang, karena Moms bisa membeli dan menyimpan dalam rentang waktu cukup lama.

Seperti trading, ada juga strateginya yang disebut dengan lump sum. Jadi Moms bisa membeli banyak saham sekaligus termasuk di dalamnya terdapat value investing atau growth investing.

Apakah Cocok Investasi P2P untuk Ibu Rumah Tangga Berikut Penjelasannya 04 Deposito - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Mengenali Model Bisnis Untuk Investasi Saham yang Memimpin Pasar]

 

Jangan khawatir Moms, membeli saham disini bisa dilakukan dengan menyicil lho, itulah yang disebut dengan nabung saham yaitu beli saham dengan nominal yang sama, dalam periode tertentu dan juga saham yang sama.

Saya kasih contohnya ya Moms, misalnya Moms mau nabung saham di salah satu sekuritas atau platform saham dengan nominal Rp500 ribu atau Rp1 juta per bulan, maka setiap bulannya hal ini harus dilakukan rutin.

Supaya lebih terkontrol dan konsisten, Moms bisa menabung rutin dengan nominal yang tetap di setiap bulannya.

Nabung saham ini termasuk yang banyak diminati Ibu Rumah Tangga dan para pemula yang tidak punya banyak waktu untuk belajar trading saham.

Moms nggak perlu galau dalam memilih saham, yang diperlukan hanya menghitung berapa dana yang dibutuhkan tiap bulan atau sesuai periode waktu tertentu yang Moms sanggupi.

Investasi saham bisa dibilang salah satu jenis investasi yang cukup berisiko, tapi hasil yang akan diperoleh juga sebanding. Oia, disarankan jika bermain saham cocok untuk investasi jangka panjang.

Supaya keuntungannya tinggi, Moms harus jeli saat sedang melakukan trading ya, kapan waktunya untuk mengambil atau membeli dan menjual saham di bursa saham.

 

Tips Investasi Saham untuk Ibu Rumah Tangga

Moms, makin penasaran nggak dengan investasi ini? Beberapa langkah awal yang harus dipelajari dalam berinvestasi saham, yaitu memperhatikan analisis teknikal.

Analisis teknikal ini ibarat GPS yang akan memberikan arahan dalam menentukan atau membaca arah market.

Misalnya, “kira-kira market akan naik atau turun ya? dan seberapa besar probability saham yang akan naik dan potensi saham apa saja yang potensial.

So, setelah Moms mulai bisa menentukan arah market saham apa yang paling bagus, selanjutnya pelajari money management dan psychology trading. Karena jual beli saham saja tidak cukup. Jadi, kita harus tahu mengatur risiko.

Misalkan, Moms ikut transaksi 10 kali, ruginya 7 kali, tapi ternyata nett-nya masih untung.

Contohnya, ruginya 7 kali sebanyak 5 persen, maka 7×5 = 35. Kemudian, saat untung tiga kali tadi anggap saja 20 persen besarannya, maka 60 kurangi 35 hasil nett profit-nya sama.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Dana Bulanan Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja 5 Pantangan Dalam Investasi Saham? Ketahui Sekarang]

 

Gimana Moms? Cukup tergambar kan alurnya berinvestasi saham seperti apa? Tapi kalau Moms bingung dan merasa belum punya cukup pengetahuan tentang saham, Moms bisa mengunduh aplikasi robot untuk menganalisis.

Selain itu, bisa dilakukan dengan mengikuti kelas online atau webinar yang diadakan oleh Finansialku, hal ini dapat memberikan banyak hal positif khususnya untuk memaksimalkan kemampuan dalam berinvestasi maupun membeli dan menjual saham.

Oia, Moms bisa juga membaca e-book dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Berinvestasi Saham? Cobain Kuy!

Segala sesuatu yang ada di hidup ini memang membutuhkan proses ya, termasuk dalam mempelajari hingga memutuskan untuk berani mengambil risiko berinvestasi saham.

Siapa bilang investasi saham hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bekerja kantoran saja?

Ibu rumah tangga juga bisa kok, walaupun masih harus menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah termasuk mengurus anak, selama ada usaha pasti aja jalan. Buktinya? Saya sudah menerapkannya kok Moms

So, tunggu apalagi Moms? Cobain kuy

 

Bagaimana pendapat Moms setelah membaca artikel tentang investasi saham untuk ibu rumah tangga? Berikan tanggapan di kolom komentar di bawah ini ya, termasuk jika ada pertanyaan yang ingin Moms diskusikan.

Jangan lupa, bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat supaya dapat menginspirasi mereka untuk lebih produktif dengan berinvestasi saham. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Team Ellen May Institute. 11 Februari 2019. Ibu Rumah Tangga, Bisa Trading Dan Investasi Saham. Ellenmay Institute- https://bit.ly/2NvHYV6

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga 01 – http://bit.ly/34Mqqer
  • Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga 02 – http://bit.ly/34MqsD5