Apakah kamu ingin membeli laptop baru? Apakah dengan investasi sukuk untuk mahasiswa bisa membantu kamu untuk membeli laptop baru?

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan, kalau salah satu tujuan keuangan kamu tahun ini adalah membeli laptop. Yuk ketahui investasi sukuk berikut ini untuk mahasiswa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membeli Gadget Baru Sebagai Resolusi Awal Tahun

Memiliki tujuan keuangan pasti sudah menjadi salah satu resolusi keuangan setiap individu. Untuk kamu, para mahasiswa, pasti memiliki tujuan keuangan untuk membeli gadget baru.

Selain itu, membeli gadget baru ini juga bisa menjadi investasi untuk kamu yang sedang menghadapi semester akhir. Lalu, bagaimana caranya mewujudkan tujuan keuangan kamu?

Sebelum kamu mengetahui bagaimana caranya berinvestasi sukuk, ada baiknya kamu merencanakan dahulu berapa yang seharusnya kamu tabung untuk membeli laptop.

Pertama, kamu tentukan dahulu jenis laptop apa yang ingin kamu beli dan harganya. Misalkan kamu ingin membeli laptop dengan spesifikasi tertentu dengan harga Rp8.000.000

Setelah itu, tentukan dulu berapa lama kamu akan membeli laptop tersebut. Misalkan, kamu menargetkan untuk membeli laptop pada akhir tahun ini pada bulan Desember 2019 atau Januari 2020.

Jadi, pada bulan januari atau februari, kamu sudah bisa mulai hunting laptop yang kamu incar. Sekarang, kamu tinggal merencanakan tujuan keuangan kamu dengan bantuan Aplikasi Finansialku.

Buat kamu yang belum punya Aplikasi Finansialku, kamu bisa download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. Aplikasi Finansialku bisa membantu kamu untuk merencanakan tujuan keuangan kamu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kalau kamu sudah download Aplikasi Finansialku, kamu tinggal klik rencana keuangan. Lalu kamu klik tanda tambah, kemudian klik dana membeli barang. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut.

Mau Beli Laptop Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa 02 - Finansialku

Tampilan Rencana Keuangan Dana Membeli Barang – Aplikasi Finansialku

 

Kamu tinggal isi data yang perlu diisi, misalkan kamu mau beli laptop dengan harga Rp8.000.000 dengan jangka waktu membeli 12 bulan. Kamu bisa mengosongkan dana yang telah tersedia kalau belum tersedia.

Selanjutnya, isi inflasi barang tersebut, misalkan inflasi gadget yang kamu incar ini adalah 5% dan estimasi hasil investasi yang kamu harapkan kalau dari sukuk adalah 8% per tahunnya. Langkah terakhir, kamu tinggal klik hitung.

Mau Beli Laptop Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa 03 - Finansialku

Kesimpulan Rencana Keuangan

 

Nanti akan muncul kesimpulan seperti gambar di atas, kamu memerlukan dana sebesar Rp8.409.295 dan kamu harus berinvestasi per bulan sebesar Rp675.449 per bulannya selama 12 bulan.

Sekarang kamu sudah tahu kan berapa yang harus kamu investasikan per bulannya. Lalu, kalau kamu mau berinvestasi pada sukuk tabungan, sebaiknya kamu ketahui hal berikut ini.

 

Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa

Buat kamu yang sudah mulai berinvestasi, mungkin kamu sering mendengar apa itu sukuk. Kalau kamu yang baru mendengar tentang sukuk, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Apa sih sukuk itu? Sukuk ini merupakan Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk Negara ini adalah instrumen pembiayaan dan investasi Syariah yang diterbitkan oleh pemerintah.

Sukuk ini terdiri dari 2 jenis, yaitu sukuk tabungan dan sukuk ritel dan sukuk tabungan. Sukuk tabungan ini memiliki jangka waktu 2 tahun dengan minimum pembelian Rp1 juta dan maksimum pembelian Rp3 miliar.

Mau Beli Laptop Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa 04 Sukuk - Finansialku

[Baca Juga: Mau Hemat? Lakukan Tips Mengatur Uang Saat Weekend Bagi Para Mahasiswa]

 

Sukuk tabungan ini tidak diperdagangkan tetapi sukuk tabungan ini memiliki fasilitas early redemption. Sedangkan untuk sukuk ritel ini, biasanya investasinya memiliki jangka waktu 3 tahun.

Minimum pembelian untuk sukuk ritel ini adalah Rp5 juta dengan maksimum pembelian sebesar Rp5 miliar. Untuk sukuk ritel ini dapat diperdagangkan dengan ada potensi sebagai capital gain.

Investasi sukuk ini merupakan investasi Syariah. Sukuk ini diterbitkan di bawah fatwa MUI dengan kendali Dewan Syariah Nasional. Maka dari itu, keabsahan sukuk yang diterbitkan jelas bisa dipertanggungjawabkan secara Syariah.

 

Salah satu produk sukuk yang akan terbit adalah sukuk tabungan ST-003. Sukuk tabungan ST-003 ini memiliki imbalan mengambang (floating with floor) sebesar 8,15% p.a dan mengacu pada BI 7 Days Reverse Repo Rate.

Apa yang dimaksud dengan mengambang? Artinya, sukuk tabungan ini dapat memberikan imbalan yang akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Days Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Dengan imbalan yang mengambang ini maka imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Maka, jika BI 7 Days Repo Rate turun, kamu masih tetap mendapatkan imbal hasil sebesar 8,15% p.a.

Mau Beli Laptop Pahami Dulu Investasi Sukuk Untuk Mahasiswa 05 BI 7 Days Reverse Repo Rate - Finansialku

[Baca Juga: Mudah Banget! Cek Langkah Memulai Investasi Reksadana untuk Mahasiswa]

 

Jadi, kalau pada bulan April 2019, BI 7-DRRR naik menjadi 6,25%, maka pada periode Juni-Agustus 2019 imbalan yang berlaku dan akan kamu dapatkan adalah sebesar 8,40% p.a.

Kalau pada bulan April 2019, BI 7-DRRR turun menjadi 5,75%, maka pada periode Juni-Agustus 2019, imbalan yang berlaku bukanlah 7,90% (5,75% + spread 215 bps), melainkan sebesar 8,15% p.a. yang merupakan imbalan minimal.

Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi di sukuk tabungan ini, kamu harus tau kalau sukuk tabungan ST-003 ini adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, tapi masih terdapat fasilitas Early Redemption.

Apa sih Early Redemption ini? Early Redemption ini adalah salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan ST-003 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Apa saja sih keuntungan dari memiliki investasi sukuk ini? Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu pertimbangkan untuk berinvestasi Sukuk.

  1. Risiko gagal bayar sangat kecil sekali, sehingga dari segi investasi jelas menguntungkan. Sampai dengan hari ini, belum ada sukuk yang diterbitkan pemerintah mengalami gagal bayar, maka dapat dikatakan bahwa sukuk ini resmi dan dijamin oleh pemerintah.
  2. Pajak yang harus dibayarkan untuk sukuk ritel ini lebih rendah dibandingkan obligasi konvensional pemerintah yaitu 15% untuk sukuk ritel dan 20% untuk obligasi konvensional atau ORI.
  3. Jika dilihat dari perolehannya, bagi hasilnya jelas lebih tinggi karena bunga deposito bisa saja fluktuatif.
  4. Imbalan/kupon dibayar setiap bulannya.
  5. Berpotensi memperoleh capital gain bila dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder.
  6. Dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai dengan kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.
  7. Berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah.

 

Setelah kamu mengetahui keuntungan dari sukuk ini, kamu juga harus mengetahui tentang risiko yang akan kamu hadapi ketika berinvestasi sukuk.

  1. Risiko gagal bayar, sukuk tabungan ini bebas risiko gagal bayar.
  2. Risiko likuiditas, sukuk ini tidak likuid karena tidak dapat diperdagangkan dan dialihkan, tetapi dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas early redemption.
  3. Risiko tingkat imbalan, sukuk ini bebas risiko tingkat imbalan karena tingkat imbalan yang ditetapkan saat penerbitan merupakan jaminan tingkat imbalan minimal sampai jatuh tempo.

 

Yuk Investasi Sesuai dengan Tujuan Keuangan Kamu

Sudah saatnya kamu berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Salah satu investasi yang bisa kamu pertimbangkan adalah sukuk.

Kalau kamu masih bingung gimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu bisa download Aplikasi Finansialku, supaya kamu bisa ngobrol sepuasnya sama perencana keuangan Finansialku.

Kamu bisa dapatkan Aplikasi Finansialku dengan mengklik link di bawah ini. Aplikasi finansialku ini gratis lho download-nya!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kalau kamu masih ingin belajar banyak soal investasi dan cara mengatur keuangan kamu, kamu bisa membaca ebook perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui investasi sukuk untuk mahasiswa.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui investasi sukuk untuk mahasiswa. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Sukuk Ritel Indonesia. Dbs.com – https://goo.gl/RUdHU1
  • Admin. Sukuk Tabungan seri ST-003. Kemenkeu.go.id – https://goo.gl/7jrjD5

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Laptop – https://goo.gl/uXMWMG
  • Sukuk – https://goo.gl/wfUkxN
  • BI 7 Days Reverse Repo Rate – https://goo.gl/QvLR1y