Jadi salah siapa, kalo kena tipu investasi bodong? Salah yang jual atau salah investornya? Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas mengenai ciri-ciri investasi bodong.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Salah Siapa, Kena Investasi Bodong?

Sebagai awal dari artikel ini, saya ingin tahu pendapat teman-teman semua. Kira-kira kalau saya sebagai investor kena investasi bodong, apakah itu salah saya atau yang jual? Ditunggu ya jawaban teman-teman di bagian bawah artikel ini. Terima kasih.

 

Jadi Salah Saya, Kalo Kena Tipu Investasi Bodong - SCAM - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Biasanya dalam hidup berlaku hukum rimba yang mengatakan: yang kuat mengalahkan yang lemah. Yang lebih cerdas mengalahkan yang kurang cerdas. Nah kalau saya sampai kena tipu investasi bodong jadi, siapa yang lebih cerdas?

 

OJK Bilang: 5 Ciri Investasi Bodong

Mengutip dari sumber CNN Indonesia, melaporkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan 5 ciri investasi bodong. Salah satu investasi yang masih dipertanyakan oleh OJK adalah MMM atau manusia membantu manusia. Berikut ciri-ciri investasi bodong:

  1. Kegiatan usaha dan investasi tidak ada izin usaha dari instansi yang berwenang.
  2. Tidak adanya penjelasan tentang underlying usaha kegiatan investasi yang memenuhi aspek kewajaran dan kepatuhan di setiap kegiatan investasi.
  3. Tidak adanya penjelasan tentang cara pengelolaan investasinya.
  4. Struktur kepengurusan, kepemilikan, kegiatan usaha dan alamat domisili usaha tidak jelas.
  5. Kegiatan yang dilakukan menyerupai permainan uang dan ponzi scheme yang sangat berisiko menyebabkan terjadinya kegagalan untuk mengembalikan dana masyarakat.

 

Biasanya kalau sudah tahu imbal hasilnya tinggi mereka jadi tidak logis berpikirnya,

Rusli Nasution – Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK

 

Seperti kata Pak Rusli, orang gatel telingannya kalau mendengar hasil investasi mencapai 20% setahun, atau 2% sebulan. Langsung deh buru-buru investasi tanpa mikir lebih panjang. Menurut saya pribadi ada beberapa permasalahan kenapa hal tersebut terjadi. Salah satu nya adalah kurangnya pendidikan keuangan.

[Baca juga: Pendidikan Keuangan Sangat Penting Karena … ]

 

Salah Kalau ada Investasi dengan Hasil Besar?

Apakah dapat disimpulkan, kalau ada investasi dengan hasil besar maka itu investasi bodong? Jawabannya: Tidak dapat disimpukan seperti itu. Satu hal yang membedakan investasi bodong atau tidak, yaitu legalitas usaha dan legalitas investasi.

 

Pastikan Anda mengecek keabsahan investasi dan mempelajari aturan berinvestasinya (dalam bahasa kerennya: prospektus). Setelah mempelajari baik-baik baru buat keputusan yang bijak.

 

Kesimpulan

Setelah baca artikel ini, Jadi Anda sudah sadar kan bagaimana cara mewaspadai tawaran investasi bodong. Setidaknya OJK punya 5 tanda atau ciri investasi bodong. Jadi kalau Anda ragu ada baiknya hubungi OJK.

 

 

Kira-kira kalau saya sebagai investor kena investasi bodong, apakah itu salah saya atau yang jual?

 

 

Sumber Berita: 

  • Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia. Kamis, 09/04/2015 18:25 WIB. Waspadai Lima Ciri Investasi Bodong Versi OJK. CNN Indonesia – http://goo.gl/cCjm0z. Diakses pada 6 Oktober 2015.

 

Image Credit:

  • Scam – http://goo.gl/GGJVJZ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang