Imunisasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan agar meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap suatu penyakit. Pemerintah telah mengeluarkan jadwal imunisasi yang wajib diikuti oleh anak berumur 0-2 tahun.

Jadwal yang ada sudah sepatutnya diikuti karena pasti telah diperhitungkan secara medis.

Terlambat melakukan imunisasi, risiko yang mengancam akan semakin besar dan berbahaya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jadwal Imunisasi Bayi 0 – 2 Tahun

Imunisasi adalah cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh.

Tanpa imunisasi, tubuh seseorang akan sangat berisiko terkena penyakit dan tubuh tidak memiliki cara untuk melawan penyakit tersebut dari dalam.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mewajibkan anak yang berumur 0-18 bulan untuk melakukan imunisasi.

Bahkan melalui Peraturan Menteri, imunisasi wajib diberikan sesuai dengan jadwal yang telah direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Dengan mengikuti jadwal imunisasi yang telah diberikan, manfaat dari imunisasi tersebut akan dapat diperoleh secara maksimal. Apabila tidak mengikuti jadwal yang telah disediakan, maka yang akan terjadi adalah sebaliknya.

Pemberian vaksin atau imunisasi bahkan langsung harus dilakukan ketika si buah hati baru saja lahir.

Vaksin yang pertama kali diberikan adalah vaksin Hepatitis B. Pemberian vaksin ini baiknya diberikan tidak lebih dari 12 jam setelah bayi dilahirkan.

Vaksin Hepatitis B berguna untuk mencegah terjadinya infeksi virus yang mengakibatkan kanker hati atau penyakit liver.

Setelah itu, pada usia satu bulan, bayi harus diimunisasi kembali.

Imunisasi kali ini untuk menyuntikkan vaksin Polio dan BCG. Vaksin Polio berguna untuk mencegah buah hati terkena polio, sementara BCG merupakan vaksin yang berguna untuk mencegah infeksi tuberculosis (TBC).

Pada bulan berikutnya, ketika bayi sudah berumur dua bulan. Bayi harus melakukan beragam imunisasi. Seperti vaksin DTP yang mencegah penyakit seperti difteri, pertussis hingga tetanus.

Jadwal Imunisasi Bayi Usia 0 – 2 Tahun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perlengkapan Baju Bayi Baru Lahir dan Berapa Biayanya?]

 

Pada usia dua bulan, bayi juga harus mendapatkan imunisasi lainnya. Seperti vaksin PCV untuk mencegah terkena penyakit pneumokokus, vaksin Rotavirus untuk mencegah diare, vaksin campak, Hib, Influenza dan lain sebagainya.

Pemberian vaksin-vaksin tersebut tidak hanya sekali suntik. Bayi memerlukan penyuntikkan kembali setelah periode tertentu.

Untuk lebih mudahnya, simak jadwal lengkap imunisasi yang direkomendasikan oleh IDAI:

Jadwal Imunisasi Bayi Usia 0 – 2 Tahun 03 - Finansialku

 

Estimasi Biaya Imunisasi

Imunisasi merupakan hal yang wajib hukumnya untuk menjamin kesehatan anak. Oleh karena itu, anggaran harus disiapkan terlebih dahulu agar pengeluaran tetap terkontrol. Harga imunisasi sendiri bervariatif tiap jenisnya.

Beberapa vaksin memang di-cover ­oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan dan asuransi kesehatan lainnya secara gratis. Beberapa vaksin tersebut diantaranya adalah vaksin BCG, Vaksin Polio, Vaksin Campak dan Vaksin DPT.

728x90 - Ibu hamil
300x250 Kotak - Ibu hamil

 

Namun, bila Anda ingin memberikan imunisasi tambahan yang vaksinnya tidak disediakan oleh pemerintah, Anda bisa mencarinya di pasaran. Harga vaksin cukup beragam, tergantung dari merek yang dijual.

Vaksin buatan lokal memiliki harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan vaksin buatan luar negeri. Meski memiliki harga yang berbeda, bukan berarti vaksin lokal memiliki kualitas yang buruk.

Baik vaksin lokal dan vaksin luar negeri sama-sama mempunyai kegunaan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kedua jenis tersebut juga telah sama-sama masuk rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

Mengatur-Keuangan-Setelah-Bayi-Lahir-3-Finansialku

[Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius]

 

Jadi tak perlu khawatir bila menggunakan vaksin lokal yang harganya lebih murah. Vaksin luar negeri lebih mahal karena biasanya tidak menimbulkan efek demam setelah penyuntikkan.

Selain itu, vaksin luar juga biasanya merupakan kombinasi dari berbagai vaksin. Dalam artian, bayi hanya perlu disuntik satu kali saja. Sementara vaksin lokal cenderung satu vaksin untuk satu penyakit, sehingga memerlukan suntikan berulang kali.

Dalam memberikan gambaran estimasi biaya yang mesti Anda keluarkan untuk imunisasi, Finansialku telah menyiapkan anggaran yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Harga-harga vaksin berikut bisa saja berbeda di setiap klinik atau rumah sakit karena akan ditambah lagi dengan biaya dokter dan administrasi.

Jadwal Imunisasi Bayi Usia 0 – 2 Tahun 04 - Finansialku

 

Oleh sebab itu, manfaatkan asuransi kesehatan agar Anda bisa mengalokasikan dana untuk keperluan lain.

Anda harus menyiapkan kurang lebih dana sebesar itu apabila menggunakan vaksin secara mandiri. Artinya, tidak menggunakan BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan.

 

Playgroup Tiga Tahun Lagi

Tak hanya harga vaksin yang perlu dipikirkan. Biaya pendidikan juga harus segera dipikirkan. Dari suntikan vaksin pertama menuju hari pertama di playgroup hanya berjarak tiga tahun. Rentang waktu tersebut tidak terasa lho.

Oleh karena itu, segera siapkan rencana biaya pendidikan anak dari jauh-jauh hari.

Biaya pendidikan itu tidak murah, apalagi jika ingin sang buah hati mendapat pendidikan yang terbaik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dana pendidikan anak adalah kewajiban utama yang harus disiapkan oleh orangtua. Seluruh orangtua di dunia pasti mendambakan anaknya menjadi orang yang sukses. Pendidikan adalah salah satu cara untuk membuat anak menjadi sukses.

Namun, jika para orangtua hanya sekadar mempunyai keinginan tanpa persiapan yang matang. Semua dilakukan serba mendadak seperti menyiapkan dana ketika anak hendak sekolah.

Dapat dipastikan para orangtua akan kelimpungan mencari dana.

Salah dalam mengambil keputusan bisa berujung pada jerat utang atau menunda anak untuk sekolah sembari menyiapkan terlebih dahulu dananya. Maka dari itu, anggaran dan rencana biaya pendidikan menjadi kunci penting terwujudnya pendidikan bagi anak.

Mom and Dad! Ketahui 15 Cara Jitu Mengajarkan Anak Tentang Keuangan 1 Finansialku

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Terbaik Memulai Tabungan Pendidikan Anak]

 

Bila sejak jauh hari para orangtua telah menghitung berapa biaya yang diperlukan dan darimana uang tersebut didapatkan. Besar kemungkinan anak akan menempuh akses pendidikan sesuai yang diinginkan dan tepat waktu.

Seperti yang dilakukan Ibu Muria, ia sadar bahwa biaya pendidikan terus naik tiap tahunnya. Sementara aset yang ia miliki tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

Tak mau terus khawatir, Ibu Muria memutuskan datang ke Finansialku untuk menyusun rencana biaya pendidikan anak.

Simak kelanjutan kisah Ibu Muria yang telah kami rangkum ke dalam ebook berjudul Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Segera Buat Strategi Rencana Pendidikan

Bersama Finansialku, saat itu Ibu Muria menjelaskan segala kekhawatiran dan keinginannya terkait biaya pendidikan anak. Mengetahui itu semua, kami kemudian menyusun strategi yang harus dilakukan oleh Ibu Muria demi mewujudkan keinginannya.

Dalam menyusun strategi dan menghitung biaya pendidikan anak Ibu Muria, berikut framework yang kami gunakan:

Framework Perencanaan Dana Pendidikan Anak - Finansialku

Framework Perencanaan Dana Pendidikan Anak – Finansialku

 

Jadi, saat itu kami melakukan:

  1. Mencari tahu berapa dana pendidikan yang diperlukan.
  2. Melakukan perhitungan secara finansial: berapa kekurangan biayanya (dengan memperhatikan inflasi), berapa yang harus diinvestasikan, periode investasi dan lain sebagainya.
  3. Memilih produk asuransi yang tepat sebagai strategi manajemen risiko.
  4. Memilih produk investasi yang tepat sebagai strategi memenuhi kebutuhan dana pendidikan.
  5. Melakukan

Hingga tulisan ini dibuat, jadwal dan rencana yang telah kami buat dengan Ibu Muria masih berjalan dan target investasinya sesuai dengan yang kami susun.

Saat ini, giliran Anda yang memulai untuk menyiapkan rencana biaya pendidikan Anda.

Anda bisa melakukannya sendiri dengan bantuan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau meminta bantuan para perencana keuangan profesional yang ada di Finansialku.

Biaya pendidikan anak merupakan suatu hal yang penting, jadi pastikan jangan sampai salah mengambil keputusan. Tidak ada kata terlambat, jadi segera mulai rencana biaya pendidikan anak Anda.

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

Sumber Referensi:

  • Abby Fadly. 11 Februari 2018. Jadwal Imunisasi Bayi. Abituggal.id – https://goo.gl/qLavcL
  • Jefamela. 13 Maret 2018. Pentingnya Imunisasi Anak. Criminovelistdiary.com – https://goo.gl/Cctb2B

 

Sumber Gambar:

  • Imunisasi Bayi 01 – https://goo.gl/UkMSym
  • Imunisasi Bayi 02 – https://goo.gl/3ng7sD
  • Jadwal Imunisasi – https://goo.gl/cpjqkG