Saat pergi ke Jawa Timur, jangan lupa mencoba aneka jajanan gurih khas Jawa Timur. Bukan hanya enak, tapi juga punya citarasa yang khas.

Yuk, temukan kesukaanmu di artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Aneka Jajanan Khas Jawa Timur Dengan Rasa Lezat

Jajanan khas Jawa Timur sudah sangat populer di dunia kuliner, banyak sekali yang menjadi favorit banyak orang selain warga asli Jawa Timur.

Baik yang manis maupun gurih, semuanya menjadi kuliner yang khas di Indonesia. Makanan yang menjadi kuliner populer di Indonesia salah satunya berasal dari daerah ini, bahkan banyak yang juga bisa dibuat sendiri.

Makanan Enak Tips Wisata Kuliner on Budget 02 Review - Finansialku

[Baca Juga: Yummy! Ini 7 Kuliner Medan Manis Manis Murah Meriah]

 

Pilihan Jajanan Gurih Khas Jawa Timur

Di daerah Jawa Timur terdapat beberapa jajanan kuliner khas yang banyak orang ketahui, beberapa diantaranya mungkin kamu juga sudah tahu.

Bagi yang menyukai makanan gurih ala jajanan tradisional, beberapa pilihan makanan Jawa Timur ini bisa  menjadi rekomendasi pecinta kuliner. Di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Opak Gambir

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 01 - Finansialku

Opak Gambir

 

Makanan gurih dari Jawa Timur salah satunya adalah opak gambir, jajanan atau camilan yang berupa seperti kerupuk dan berasal dari Blitar.

Makanan ini terbuat dari tepung beras, garam, gula pasir, santan, kayu manis bubuk, dan minyak goreng.

Dengan tekstur yang sedikit garing serta kaya rempah, membuat makanan ini sangat terasa gurihnya, bahkan aromanya yang kuat sangat menggiurkan.

 

#2 Kue Manco

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 02 - Finansialku

Kue Manco

 

Salah satu yang bisa dikatakan sebagai jajanan pasar Jawa Timur adalah kue Manco, sejenis kue-kuean yang tidak hanya gurih tapi juga sedikit variasi rasa manisnya. Bentuk makanan yang satu ini garing di luar, tapi empuk di bagian dalam.

 

#3 Rujak Cingur

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 03 - Finansialku

Rujak Cingur

 

Rujak yang biasa orang ketahui terbuat dari campuran buah-buahan yang dilumuri sambal khusus, tapi untuk jajanan khas Jawa Timur memiliki makanan yang bernama rujak cingur.

Bedanya dengan jenis rujak pada umumnya, rujak cingur ini berisi buah-buahan yang dicampur dengan beberapa jenis sayuran seperti krai, toge, kangkung, kacang panjang, nanas, kedondong, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, bahan-bahan tersebut masih dicampur dengan bahan lainnya seperti tempe, tahu, lontong serta cingur atau hidung sapi yang menjadi kekhasannya.

Selain itu, bumbunya menggunakan bumbu kacang dan bumbu petis yang digiling dalam cobek besar.

 

#4 Tahu Tek

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 04 - Finansialku

Tahu Tek

 

Satu lagi yang  menjadi camilan populer dari ujung pulau Jawa ini, yaitu dikenal dengan nama tahu tek. Jenis makanan ini pasti kamu sudah tahu dan sudah sangat familiar, merupakan makanan berbahan dasar tahu.

 

 

#5 Pecel

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 05 - Finansialku

Pecel

 

Mungkin masih banyak yang belum tahu dan menyadari kalau makanan pecel ternyata berasal dari Jawa Timur, padahal sudah banyak orang yang mengenal jenis makanan ini.

Rasanya, belum sarapan di Jawa Timur jika belum coba pecel Madiun atau Blitar.

 

#6 Lontong Balap

5+ Jajanan Gurih Khas Jawa Timur yang Bisa Kamu Bikin Sendiri 066 - Finansialku

Lontong Balap

 

Jajanan gurih khas Jawa Timur berikutnya adalah lontong balap, dari namanya kamu pasti tahu kalau makanan ini adalah makanan jajanan yang sedikit berat karena berupa lontong yang dibuat dari beras.

Isinya terdiri dari lontong, toge, tahu goreng dan kecap yang disiram dengan kuah khas yang terasa sangat gurih.

Biasanya lontong balap ini disajikan dengan makanan pengiring seperti sate kerang dan lentho, yaitu jenis makanan berupa gorengan dari kacang tolo.

Meskipun sebagian orang sudah merasa kenyang dengan makanan ini, tapi lontong balap memang dikategorikan sebagai jajanan berat, lho!

 

Jajanan Gurih Mudah Dibuat Sendiri

Selain populer sebagai jajanan kuliner favorit, beberapa makanan yang menjadi ciri khas kuliner Jawa Timur.

Tidak hanya sekedar menikmati, hampir sebagian masyarakat khususnya warga asli Jawa Timur sendiri bisa membuat atau mengolahnya sendiri.

Karena tidak hanya enak, makanan-makanan tersebut juga mudah dibuat. Bagi yang bukan warga asli, tidak ada salahnya mencoba belajar membuat sendiri jika memang makanan tersebut tidak diragukan kenikmatannya.

Selain menjadi jajanan khas Jawa Timur, juga bisa menjadi sumber penghasilan kamu.

Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Tempat Wisata Kuliner Mie Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi]

 

Jika kamu ingin memulai usaha kuliner ini, rencanakan usaha kamu dari sekarang. Catatlah apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha kuliner ini.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk memudahkan kamu dalam mencatat keuangan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan dan merencanakan keuangan kamu, lho.

Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Jadi, Sobat Finansialku mau coba jajanan gurih khas Jawa Timur yang mana?

Yuk, berwisata kuliner bareng teman-teman travelers ke provinsi ini dan jelajahi aneka keunikan di setiap kota dengan membagi artikel ini, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Resep Kue Khas Jawa Timur. Cookpad.com – https://bit.ly/31eaZgb
  • Putriana Cahaya. 21 Oktober 2019. 10 Makanan Khas Jawa Timur Paling Enak, yang Mana Favoritmu? Idntimes.com – https://bit.ly/2Yk8TJI
  • Admin. 09 Januari 2018. Ini Jajanan Jawa Timur yang Tak Kalah Enaknya dengan Makanan Modern. Pergikuliner.com – https://bit.ly/3iZclRZ

 

Sumber Gambar:

  • Jajanan 1 – https://bit.ly/31i1kFk
  • Jajanan 2 – https://bit.ly/2CNhr4h
  • Jajanan 3 – https://bit.ly/3giZvwe
  • Jajanan 4 – https://bit.ly/3gh7QR8
  • Jajanan 5 – https://bit.ly/325YB0M
  • Jajanan 6 – https://bit.ly/2QfFQCN