10 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Ini Wajib Kamu Cicipi

Apakah kalian pecinta kuliner Indonesia? Apa saja sih kuliner khas Indonesia yang mendunia?

Faktanya, ada banyak kuliner yang pamornya sangat tinggi di kelas internasional lho!

Supaya tidak ketinggalan berita, yuk baca artikel Finansialku yang satu ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Makanan Lokal Bercitarasa Internasional

Siapapun pasti setuju bahwa makanan Indonesia memang mempunyai cita rasa khas tersendiri yang tidak akan ditemukan dalam makanan dari negara lain. Makanan khas Indonesia memiliki banyak rempah di dalamnya dan mampu memikat hati siapa pun untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Saking lezatnya, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno, selalu membawa bumbu pecel dalam setiap perjalanannya ke luar negeri.

Begitu juga dengan Presiden Indonesia ke dua, Moh. Soeharto, yang selalu membawa sambal teri dan kering tempe setiap kunjungan kerja ke luar negeri.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, sudahkah kamu melakukan pencatatan keuangan hari ini?

Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga dapat lebih mengontrol arus keuangan kamu.

Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu kamu untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat mengetahui hal apa saja yang dapat kamu rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa kamu sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah pembahasan beserta simulasi yang dapat membantu kamu agar lebih mudah dalam memahaminya.

Semua ilmu tersebut, dapat kamu peroleh secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk miliki, praktikkan, dan rasakan manfaatnya!

 

10 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

Bukan hanya lezat, ternyata 10 makanan Indonesia di bawah ini sudah berhasil mendunia dan sangat digemari oleh masyarakat di luar negeri lho!

Penasaran apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya.

 

#1 Rendang dan Nasi Padang

Di daerah Sumatera barat, rendang biasanya disajikan untuk menu Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Idul Fitri, hajatan, atau acara istimewa lainnya.

Rendang berasal dari kata “merendang” yang artinya memasak dengan menghabiskan air.

Berbeda dengan rendang Malaysia yang berwarna kemerahan, rendang khas Sumatera Barat berwarna hitam dan teksturnya lebih kering.

[Baca Juga: Moms, Ini Cara Hemat Keluar Uang untuk Makan di Resto]

 

Rendang memiliki cita rasa pedas yang khas dan dibuat dengan banyak rempah-rempah seperti: cabai, serai, lengkuas, bawang putih, jahe, dan kunyit. Proses memasak yang dibutuhkan cukup lama, yaitu sekitar 4 jam.

Rempah-rempah yang telah meresap ke dalam potongan daging sapi yang empuk, mampu mengantarkan rendang menjadi salah satu dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Travel.

Sedangkan, hidangan nasi padang menjadi viral di mancanegara karena seorang turis asal Norwegia, bernama Audun, yang langsung jatuh hati dengan nasi padang sejak pertama kali menyantapnya.

Audun yang mengaku sangat terinspirasi, sampai-sampai membuat sebuah lagu yang berjudul nasi padang.

 

#2 Sate

Orang Indonesia biasanya menyantap sate dengan nasi atau lontong. 3 jenis sate yang terkenal di Indonesia yaitu Sate Padang, Sate Ayam Khas Ponorogo, serta Sate Madura.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengaku sangat suka makan sate ayam saat tinggal di Indonesia.

Bahkan, olahan daging ayam yang ditusuk kemudian dibakar hingga matang dan disantap dengan bumbu kacang ini ternyata telah go internasional, lho!

Kabarnya, kini telah tersedia restaurant yang khusus menjual sate di New York, Amerika Serikat, yang bernama Satay Junction.

 

 

#3 Soto

Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan soto yang khas. Sebut saja Soto Betawi, Soto Padang, Soto Kudus, atau Coto Makassar.

Ternyata, soto tidak hanya terkenal di Indonesia saja lho. Kini, soto sudah terkenal sampai ke Jepang.

Orang Indonesia yang tinggal di negeri sakura tersebut telah mengenalkan soto kepada masyarakat Ibaraki, Jepang.

Ternyata, masyarakat Ibaraki sangat menyukai cita rasa olahan soto khas Indonesia yang gurih dan segar.

[Baca Juga: Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Makan Enak]

 

#4 Mie Goreng

Di Indonesia, menu Indomie sangat identik dengan makanan khas anak kost karena harganya yang sangat murah dan cukup mengenyangkan.

Saat ini, mie instan telah tersebar ke 80 negara di berbagai belahan dunia. Faktanya, Indomie bukan hanya menjadi primadona di negeri sendiri lho.

Diberitakan bahwa anak-anak sekolah di Afrika yang berani untuk disuntik imunisasi akan diberi hadiah sebungkus mie goreng.

Selain di Afrika, mie instan Indonesia juga digunakan sebagai kado natal di Amerika Serikat.

Kuliner Khas Indonesia 11 (Mie Goreng) - Finansialku

 

 

#5 Gado-gado

Bagi Masyarakat Indonesia yang terbiasa menyantap gado-gado pasti berpikir bahwa tidak ada yang spesial dari hidangan yang satu ini. Bagi kita, gado-gado hanyalah hidangan sayuran yang ditemani bumbu kacang dan kerupuk di atasnya.

Namun jangan salah, bagi orang luar negeri, gado-gado merupakan makanan yang memiliki nilai estetika dan cita rasa sangat tinggi.

Komposisi bahan yang dianggap sempurna dapat mengangkat gado-gado sebagai pemenang dalam acara festival makanan daerah di Italia. Kita turut bangga, bukan?

Kuliner Khas Indonesia 12 (Gado-gado) - Finansialku

 

 

#6 Gudeg

Makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar tewel atau nangka muda ini sangat terkenal di mancanegara khususnya di daerah Melbourne, Australia.

Biasanya, di Indonesia, satu porsi lengkap nasi gudeg dijual mulai harga Rp25 ribu hingga Rp50 ribu rupiah.

Sejarah penamaan gudeg disebabkan karena proses memasak yang lama dan terus diudek atau diaduk.

Rasa manis yang khas membuat permintaan gudeg untuk bisa diawetkan di dalam kaleng sehingga bisa di ekspor ke luar negeri terus meningkat dan semakin digemari setiap tahunnya.

Kuliner Khas Indonesia 13 (Gudeg) - Finansialku

 

 

#7 Sop Buntut

Hidangan sop buntut telah terkenal kelezatannya di Negeri Matador, Spanyol. Sop buntut dimasak menggunakan bahan dasar buntut sapi kemudian diberi rempah-rempah seperti: merica, pala, dan cengkeh.

Sop buntut sapi yang sudah matang akan diberi pelengkap seperti irisan kentang, wortel, bawang goreng, tomat, seledri, beserta daun bawang. Rasa kuah yang segar mampu menggoyang  lidah siapa saja yang memakannya.

Kuliner Khas Indonesia 14 (Sop Buntut) - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

#8 Nasi Goreng Khas Indonesia

Nasi goreng tidak hanya terkenal di Indonesia saja lho!

Pembuatannya yang mudah dan bisa dikreasikan dengan berbagai lauk makanan membuat nasi goreng menjadi primadona kedua seletah Indomie.

Salah satu jenis hidangan nasi goreng yang terkenal di luar negeri yaitu Nasi Goreng Khas Jawa yang dimasak denga terasi sehingga bercita rasa lezat.

Kuliner Khas Indonesia 15 (Nasi Goreng Khas Jawa) - Finansialku

 

 

#9 Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sudah menjadi makanan favorit hampir seluruh masyarakat di dunia. Bahkan, Masyarakat Jepang telah lama mengkonsumsi tempe.

Begitu fenomenalnya tempe membuat banyak pengusaha tempe yang membuka warung tempe di negaranya masing-masing, salah satunya warung tempe di London, Inggris, yang diberi nama “Street Food Tempeh”.

Kuliner Khas Indonesia 16 (Tempe) - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

#10 Bakso Khas Indonesia

Meski awalnya berasal dari daratan China, bakso khas Indonesia sukses menjadi makanan favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, selain hidangan sate ayam.

Kata bakso memiliki arti “Bak” yang berarti daging dan “So” yang berarti kuah.

Di Indonesia, bakso disajikan dengan kuah bening dan lezat yang terbuat dari kaldu sapi. Dalam penyajiannya, bakso ditemani dengan tahu goreng atau tahu rebus, siomay basah, atau siomay goreng.

Bakso menjadi semakin populer dan mendunia saat banyak varian baru rasa bakso mulai bermunculan. Seperti bakso keju, bakso telur puyuh, dan lain sebagainya.

Kuliner Khas Indonesia 17 (Bakso) - Finansialku

 

Mana yang Paling Unik dan Fenomenal?

Nah, itulah tadi 10 makanan khas Indonesia yang telah mendunia dan disukai oleh masyarakat di luar negeri.

Makanan Indonesia memang memiliki cita rasa tersendiri dan tentu saja membuat rindu apabila kita tinggal jauh dari tanah air.

 

Bagi kamu yang tinggal jauh dari Indonesia, setelah membaca artikel di atas tentu rasanya ingin cepat-cepat pulang untuk dapat menyantap 10 hidangan tersebut, bukan? Bagikan info ini ke semua teman yang hobi kuliner ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Narisha Zulkarnain. 8 Kuliner Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia. Blog.reservasi.com – https://goo.gl/X8WBb4

 

Sumber Gambar:

  • Kuliner Khas Indonesia 1 – https://goo.gl/V9FE8L
  • Kuliner Khas Indonesia 2 (Rendang) – https://goo.gl/KCx1jy
  • Kuliner Khas Indonesia 3 (Nasi Padang) – https://goo.gl/fYmNbs
  • Kuliner Khas Indonesia 4 (Sate Padang) – https://goo.gl/MLQqmP
  • Kuliner Khas Indonesia 5 (Sate Ayam Khas Ponorogo) – https://goo.gl/XZjSxs
  • Kuliner Khas Indonesia 6 (Sate Madura) – https://goo.gl/2qNa7v
  • Kuliner Khas Indonesia 7 (Sate Betawi) – https://goo.gl/P6VeZK
  • Kuliner Khas Indonesia 8 (Soto Padang) – https://goo.gl/nd6csw
  • Kuliner Khas Indonesia 9 (Soto Kudus) – https://goo.gl/Kc2Dhr
  • Kuliner Khas Indonesia 10 (Coto Makassar) – https://goo.gl/frfAzG
  • Kuliner Khas Indonesia 11 (Mie Goreng) – https://goo.gl/wKw2cs
  • Kuliner Khas Indonesia 12 (Gado-gado) – https://goo.gl/2F3qtb
  • Kuliner Khas Indonesia 13 (Gudeg) – https://goo.gl/xNHZud
  • Kuliner Khas Indonesia 14 (Sop Buntut) – https://goo.gl/5Eq1PH
  • Kuliner Khas Indonesia 15 (Nasi Goreng Khas Jawa) – https://goo.gl/NX2v7a
  • Kuliner Khas Indonesia 16 (Tempe) – https://goo.gl/GywmqQ
  • Kuliner Khas Indonesia 17 (Bakso) – https://goo.gl/Dr9wuV
By |2019-03-16T10:26:26+07:00March 16th, 2019|Categories: Lifestyle|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment