Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?

Bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap, kadang-kadang ingin memulai bisnis kecil-kecilan sebagai kerja sampingan. Bisnis seperti apakah yang tidak membutuhkan modal tinggi dan fleksibel waktu? Salah satu bisnis yang terus berkembang adalah bisnis makanan. Mari kita lihat bisnis makanan apa saja yang berpotensi menjadi kerja sampingan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Makanan, Modal Kecil dan Fleksibel Waktu

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN. Nyatanya, tidak peduli seberapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang membutuhkan makan. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut.

Bagi Anda para pekerja yang ingin memulai bisnis sebagai kerja sampingan, bisnis makanan merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda. Pertanyaan kedua yang mungkin muncul di benak Anda adalah, “Makanan seperti apa yang akan laku di pasaran?” Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda pertimbangkan, contohnya makanan ringan atau bahkan makanan olahan.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Kini banyak sekali bisnis kecil makanan yang berkembang, misalkan saja jajanan seperti batagor atau keripik. Atau mungkin makanan olahan seperti olahan tahu yang kini dikembangkan menjadi pangsit tahu, seblak tahu, dan sebagainya. Tetapi, apapun jenis usahanya, berikut beberapa tips untuk sukses di bidang bisnis makanan:

 

#1 Kualitas Makanan Baik dan Terjaga

Tidak peduli sebagus apapun strategi pemasaran yang dilakukan, tidak akan berhasil jika kualitas produk yang dijual buruk. Pembeli hanya akan membeli lebih dari sekali jika produk tersebut berkesan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas makanan secara konstan.

 

#2 Mementingkan Inovasi Baik dalam Produk dan Pemasaran

Jika Anda menawarkan produk yang sudah umum, maka pesaing Anda sangatlah banyak, ada yang lebih enak, lebih murah, atau lebih bervariasi. Demi menonjol di tengah-tengah persaingan, Anda perlu menciptakan sebuah produk dan strategi pemasaran yang unik sehingga memancing banyak pembeli.

 

#3 Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Hubungan baik memiliki sebuah tujuan jangka panjang, yakni membuat konsumen menumbuhkan loyalitas terhadap brand tersebut. Mengembangkan hubungan baik sesungguhnya bisa dicapai dengan memberi pelayanan yang baik dan berkesan.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

#4 Memilih Strategi Penjualan yang Sesuai dengan Segmen Pasar

Tips ini merupakan sesuatu yang masih sulit bahkan bagi pebisnis profesional sekalipun. Mengapa demikian? Karena menemukan strategi penjualan yang sesuai dengan keinginan pasar itu tidaklah mudah. Sebagai contoh, jika Anda membuka kedai kopi bagi anak muda, tentunya pemasaran yang lebih sesuai adalah harga yang lebih murah dan tampilan yang menarik bukannya porsi besar dan rasa yang tradisional.

 

#5 Berpikir Besar dan Selalu ke Depan

Untuk berhasil dalam sebuah bisnis, Anda selalu harus berpikir out of the box dan membuat rencana jangka panjang. Dengan demikian bisnis Anda dapat berkembang dengan baik. Jika Anda hanya berpikir jangka pendek, maka lama kelamaan Anda akan kalah dengan para pesaing baru. Selalu buatlah rencana jangka panjang dengan ide-ide dan inovasi yang terus diperbarui secara berkala.

 

Contoh Bisnis Makanan Ringan

Makanan ringan banyak dijajakan di mall atau bahkan pinggir jalan. Jenis makanannya juga sangat beragam, mulai dari makanan tradisional hingga makanan internasional yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Adapun beberapa contoh bisnis makanan ringan yang dapat Anda coba adalah sebagai berikut:

 

#1 Kedai Kopi (Coffee House)

Kini kedai kopi menjadi salah satu tempat nongkrong favorit anak muda lho. Lihat saja banyaknya kedai kopi yang berkembang saat ini. Karena umumnya segmen pasar yang diincar adalah pelajar dan karyawan muda, maka beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam membangun kedai kopi adalah:

  1. Tempat dengan desain menarik dan instagrammable
  2. Tampilan minuman dan penyajian yang unik
  3. Harga yang sesuai dengan kantong pelajar
  4. Promo-promo bagi kelompok pelajar atau karyawan

 

#2 Minuman Olahan Teh atau Susu

Bisnis minuman yang tak kalah suksesnya dibandingkan dengan kedai kopi adalah bisnis minuman olahan seperti milk tea atau fruit tea. Tanpa perlu memiliki kedai yang besar dan mewah, Anda dapat mengembangkan bisnis ini dengan mencari resep-resep unik seputar minuman olahan.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

#3 Kedai Mie Modern

Walaupun sudah ada sejak dulu, bisnis mie tidak pernah mati hingga kini. Makanan sederhana ini bahkan kini sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga menarik pasar. Contohnya adalah bisnis mie dengan beragam topping menarik yang kini selalu ramai pelanggan, seperti mie sambal matah dan mie saos keju mozzarella.

 

#4 Kedai Roti Bakar Tradisional atau Modern

Jenis makanan ringan yang tidak kalah pamor dengan makanan mewah adalah roti. Roti dapat divariasikan dengan beragam cara mengolah dan topping menarik. Mulai dari roti bakar coklat keju yang dilengkapi dengan secangkir kopi hitam, hingga kini banyak berkembang roti bakar dengan topping unik seperti selai srikaya, nutella, atau green tea cream.

 

#5 Ragam Jajanan dan Gorengan

Siapa sih yang tidak suka dengan jajanan seperti batagor atau gorengan? Selain murah, makanan ini juga praktis sehingga dapat dijadikan cemilan di sore hari. Lalu dimana letak peluang inovasinya? Jangan salah, kini banyak sekali jajanan unik seperti siomay goreng saus mayo, cakue hotdog, dan kentang goreng saus bolognaise.

 

#6 Ragam Keripik

Jenis makanan ringan yang juga digemari segala kalangan adalah keripik. Anda dapat mengembangkan jenis keripik mulai dari bentuknya, bahan utamanya, rasanya, atau yang kini sedang trend yaitu dengan tingkat kepedasan yang beragam. Kini banyak sekali keripik yang unik seperti keripik singkong cabe ijo atau keripik ubi saos balado.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jalankan 6 Cara Mengembangkan Usaha Sampingan Anda]

 

Contoh Bisnis Makanan Olahan

Anda telah mengetahui beberapa contoh makanan ringan, lalu bisnis makanan menarik kedua adalah bisnis makanan olahan. Makanan olahan seperti apa yang bisa Anda coba sebagai kerja sampingan? Finansialku merangkum beberapa ide jenis makanan olahan sebagai berikut:

 

#1 Olahan Singkong

Selain sebagai sumber karbohidrat, banyak sekali olahan singkong yang menarik untuk dijadikan jajanan. Contohnya saja singkong goreng keju yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Selain itu, singkong juga dapat dijadikan keripik lho. Singkong juga termasuk jenis jajanan yang murah dan sehat sehingga Anda dapat mengincar pasar yang lebih luas, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

 

#2 Olahan Mie

Mie juga merupakan satu jenis bahan makanan olahan yang tidak akan pernah berhenti dikembangkan. Selain bisa dilengkapi dengan beragam topping seperti telah dijelaskan sebelumnya, mie juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya. Banyak sekali makanan olahan berbahan mie yang diperdagangkan di pasaran. Contohnya adalah kerak telur dari mie, atau sosis lapis mie, dan sebagainya. Unik bukan?

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

#3 Olahan Tahu

Apakah Anda pernah melihat sebuah restoran ternama di Bandung yang mengolah tahu menjadi beragam makanan tradisional yang nikmat? Tentunya tahu sangat mudah diolah dan rasanya pun nikmat. Contoh olahannya adalah tahu gejrot, seblak tahu, dan pangsit goreng tahu. Anda juga dapat mengolah tahu menjadi berbagai makanan unik, seperti mengolahnya menjadi makanan penutup. Contohnya adalah pudding tahu susu, es tahu green tea, dan sebagainya.

 

Contoh Bisnis Makanan Lainnya

Selain makanan ringan dan makanan olahan, masih banyak sekali jenis makanan yang dapat disasar sebagai bisnis awal karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Beberapa jenis makanan lain yang dapat Anda kembangkan bisnisnya antara lain adalah:

 

#1 Makanan Berat

Jika Anda tertarik dan memiliki modal yang lebih besar, maka Anda dapat membuat sebuah bisnis makanan berat atau restoran. Ragam jenis makanan yang dijual tentunya sangat luas, mulai dari makanan barat, makanan sunda, chinese food, dan sebagainya. Jika Anda tidak mau repot mempersiapkan seluruh kebutuhan dan resepnya, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba (franchise) makanan yang sudah terkenal.

 

#2 Makanan Beku

Bisnis ini mungkin dahulu merupakan bisnis yang sulit dijalani karena terbatasnya alat dan mesin. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini banyak bisnis makanan yang merambah ke bisnis ini. Misalkan saja penjual gorengan mulai mengembangkan pisang goreng beku, bisnis online pizza goreng beku, dan juga restoran yang menawarkan gepuk yang sudah siap santap atau gepuk beku sebagai oleh-oleh.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 06 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

#3 Makanan Siap Saji

Siapa yang tidak tahu makanan siap saji? Tentu Anda sudah pernah mencobanya bukan? Makanan siap saji ini terus berkembang dengan beragam jenisnya dan peminatnya tidak pernah sepi lho. Anda juga bisa mencoba bisnis ini dengan melihat berbagai contoh pengembangan makanan siap saji yang sudah ada, misalkan chicken wing dengan berbagai jenis sa0s (fire sauce, garlic sauce, atau cheese sauce), katsu dengan topping saos pizza dan keju mozzarella, dan fried chicken geprek keju.

 

#4 Catering atau Nasi Boks

Bagi ibu rumah tangga yang membutuhkan bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dan dengan memanfaatkan waktu yang terbatas, mungkin bisnis ini dapat dicoba. Bisnis catering dapat dijadikan penyaluran hobi bagi para ibu rumah tangga dan tidak membutuhkan modal besar. Pengerjaannya biasa dilakukan di malam hari atau pagi hari sehingga tidak mengganggu aktivitas. Menarik bukan?

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 07 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Rencanakan dan Raih Bisnis Sampingan yang Sukses

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan bisnis apa yang sesuai bagi Anda? Apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda dapat juga terlebih dahulu melakukan riset pasar dan melakukan analisis kelayakan usaha sehingga rencana Anda terpampang jelas ke depan.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bisnis makanan yang dapat menjadi kerja sampingan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cermati. 16 Februari 2016. Peluang Usaha: 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula. Cermati.com – https://goo.gl/Qaq1mR
  • Vikri Shafira Putri. 25 Usaha Olahan Paling Menguntungkan Modal Kecil. Erakini.com – https://goo.gl/3dpUJz
  • Vikri Shafira Putri. 35 Usaha Makanan Modal Kecil Bisa Sampingan. Erakini.com – https://goo.gl/sZJcv2

 

Sumber Gambar:

  • Makanan – https://goo.gl/ZcCHk4
  • Bisnis Makanan – https://goo.gl/GJz2en dan https://goo.gl/Ri23Dt
  • Minuman Olahan Teh dan Susu – https://goo.gl/fpdVFZ
  • Keripik – https://goo.gl/fQdLkx
  • Mie – https://goo.gl/Wfj5V8
  • Makanan Beku – https://goo.gl/bAkjMy
  • Catering – https://goo.gl/ce6PzX

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-07-07T13:53:04+00:00July 7th, 2017|Categories: Bisnis, Entrepreneur|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Peluang Usaha Menjanjikan 23 August 2017 at 08:18 - Reply

    sya pengen berbisnis kuliner ,,tapi maslahnya saya belum bisa membuat makanan yang enak,,,,kasih solusinya

    • Finansialku
      Finansialku 25 August 2017 at 09:25 - Reply

      Hi terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com.
      Saran kami, Anda mungkin bisa mulai mencari partner bisnis yang dapat melengkapi kekurangan Anda.
      Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave A Comment