Moms, Ini Cara Hemat Keluar Uang untuk Makan di Resto

Makan di restoran atau café mungkin menjadi suatu cara untuk melepas jenuh dan tentunya digemari oleh kebanyakan ibu rumah tangga. Setelah lelah bekerja dan mengurus anak seharian, pastinya Anda malas memasak dan mencuci piring sehingga makan di luar menjadi salah satu solusinya. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa berhemat saat makan di restoran? Mari kita bahas bersama cara hemat untuk makan di restoran, Moms.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Makan di Restoran Bukan Berarti Boros

Moms, sama halnya dengan ibu rumah tangga kebanyakan, Saya dan suami juga gemar makan di restoran. Selain karena malas memasak dan mencuci piring, makan di luar juga dapat membantu mengganti suasana. Rasa lelah yang sudah menumpuk terasa berkurang saat kita dapat menikmati makan malam dengan tenang. Namun, makan malam di restoran bukan berarti boros lho. Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan budget makan Anda. Finansialku akan menjabarkan cara-cara hemat untuk makan di restoran.

Moms, Ini Cara Hemat Keluar Uang untuk Makan di Resto 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menikmati Hidup dengan 7 Rahasia Berhemat]

 

#1 Carilah Promo atau Kupon yang Menarik

Dengan semakin meningkatnya persaingan ekonomi saat ini, banyak sekali restoran dan tempat makan lainnya yang memberikan promo-promo menarik yang dapat Anda manfaatkan. Selain itu, banyak juga situs yang bekerja sama dengan restoran untuk menjual kupon murah yang dapat Anda nikmati. Salah satu contohnya adalah situs Groupon atau Disdus yang terus memberi berbagai penawaran berhemat yang menarik. Terkadang promo tersebut bisa membantu Anda untuk berhemat hingga 50%, bahkan lebih. Jangan pernah malu untuk menggunakan promo di restoran karena Anda akan lebih menikmati makan malam Anda tanpa rasa penyesalan.

 

#2 Manfaatkan Promo Menarik pada Jam Tertentu

Pernahkah Anda melihat restoran yang menawarkan promo menarik untuk happy hours? Atau mungkin saja ada promo beli satu gratis satu pada hari senin. Biasanya restoran memberi promo menarik untuk menarik pelanggan pada jam-jam tertentu yang biasanya sepi. Seperti di sore hari, atau pada hari Senin dan Selasa dimana kebanyakan orang sibuk bekerja. Memang tidak terlalu efisien untuk pergi makan di sore hari, tetapi tentunya dapat Anda manfaatkan untuk tetap menikmati makan di restoran bukan?

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera]

 

#3 Carilah Benefit melalui Media Promosinya

Restoran umumnya memiliki media dalam mempromosikan produknya. Sebagai contoh iklan pada surat kabar, media sosial, dan iklan televisi. Anda dapat mengetahui promo-promo terbaru dengan berlangganan koran atau hanya dengan mem-follow media sosial restoran tersebut. Praktis bukan? Sambil santai membaca koran di pagi hari, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mencari info promo-promo menarik untuk mengajak keluarga Anda makan di restoran lho, Moms.

 

#4 Atur Porsi Makan Anda

Beberapa restoran menawarkan harga yang lebih terjangkau untuk porsi besar, tetapi akan mubazir jadinya jika Anda atau anak Anda tidak mampu menghabiskannya. Membeli banyak porsi kecil akan lebih mahal daripada membeli satu porsi besar untuk dinikmati bersama. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah mengatur porsi makan Anda dan keluarga. Sebagai contoh, daripada Anda membeli 2 porsi pizza dalam ukuran regular, belilah 1 porsi dalam ukuran super besar untuk Anda sekeluarga. Anda dapat menghemat banyak uang hanya dengan mengatur porsi makan Anda.

Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Bisa Belanja Hemat Pakai Kartu Kredit yang Tepat]

 

#5 Rencanakan Budget Makan Anda

Perencanaan sederhana dapat membantu Anda untuk berhemat, misalkan dengan memberi batasan berapa biaya yang rela Anda keluarkan setiap minggu untuk budget makan di restoran. Perencanaan ini akan membantu Anda membatasi diri untuk pengeluaran berlebihan. Misalkan budget yang Anda tetapkan adalah satu juta rupiah per minggu untuk makan di luar, namun ternyata habis hanya dengan 2 kali makan di restoran, apakah Anda akan tetap memaksakan diri untuk makan di restoran keesokan harinya? Budget ini membantu Anda membatasi seberapa banyak pengeluaran untuk kebutuhan pangan Anda.

 

#6 Pilihlah Air Mineral Sebagai Teman Makan Anda

Minuman yang dijual di restoran umumnya tergolong mahal. Restoran yang memberikan paket hemat pun terkadang belum termasuk minumannya dan menawarkan untuk membayar lebih jika ingin menambahkan minuman. Belum lagi jika Anda makan malam di café, harga minuman terutama yang beralkohol dapat melebihi harga makan malam Anda. Jika restoran yang Anda tuju tidak menawarkan sistem refill untuk minumannya, salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah memilih air mineral sebagai pelengkap makan malam Anda. Selain lebih hemat, air mineral juga lebih baik lho untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Senang-Senang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Pecinta Kuliner dapat Berhemat dan Tetap Makan Enak]

 

Tetap Hemat Walau Makan di Restoran

Beberapa tips dan trik yang telah dibahas sebelumnya dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menjalani gaya hidup Anda sambil tetap berhemat. Yakinkanlah suami dan keluarga Anda bahwa makan di restoran bukan berarti sebuah pemborosan. Jika Anda dapat mengaturnya dengan baik, Anda dan keluarga dapat tetap menikmati makan malam di restoran dengan hemat lho, Moms.

 

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk tetap hemat saat makan di restoran? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hank Coleman. Ten Ways To Save Money Eating Out At Restaurants. Moneyqanda.com – https://goo.gl/qiS7BP

 

Sumber Gambar:

  • Makan Keluarga – https://goo.gl/Um6PkP dan https://goo.gl/djZDJW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-04-13T10:32:16+00:00March 9th, 2017|Categories: Keluarga, Keuangan Keluarga, Lifestyle|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning