Biaya kebutuhan hidup kini semakin meningkat, dan secara tidak langsung membuat Anda mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan berhemat. Namun berhemat bukan berarti Anda tidak dapat menikmati hidup. Bagaimanakah solusi berhemat yang tepat? Mari kita lihat bagaimana cara untuk tetap menikmati hidup sambil berhemat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berhemat di Zaman Modern

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa uang merupakan salah satu kebutuhan utama di zaman modern ini. Dengan terus meningkatnya biaya kebutuhan hidup, Anda dituntut untuk dapat mengalokasikan uang dengan baik. Salah satu solusinya adalah dengan berhemat. Tapi hal seperti apakah yang harus dihemat? Bagaimanakah cara berhemat tanpa merugikan diri sendiri? Finansialku akan membahas cara-cara berhemat yang dapat Anda gunakan sehingga Anda tetap dapat menikmati hidup.

Menikmati Hidup dengan 7 Cara Berhemat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat]

 

#1 Temukan Alternatif yang Lebih Murah atau Gratis

Jika Anda berpikir bahwa kini semua membutuhkan uang banyak, Anda salah besar. Masih banyak alternatif yang menawarkan Anda untuk mengeluarkan lebih sedikit uang atau bahkan gratis. Salah satunya adalah dengan cara meminjam. Sebagai contoh, daripada membeli buku yang hanya akan dibaca satu kali, tentunya meminjam buku di perpustakaan adalah solusi yang tepat bukan? Anda dapat mencari perpustakaan dengan biaya sewa yang murah atau bahkan gratis. Selain itu, Anda dapat menjual barang-barang bekas di rumah Anda. Dengan menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan, Anda dapat merapikan rumah sambil membantu orang lain yang membutuhkan.

 

#2 Kerjakanlah Sendiri

Solusi selanjutnya yang dapat digunakan adalah menjadi mandiri dan mengurangi bantuan orang lain dalam pekerjaan sehari-hari. Jika Anda dapat melakukannya sendiri, mengapa harus meminta tolong kepada orang lain? Dengan mengerjakan sesuatu sendiri, Anda dapat menghemat upah yang biasa Anda keluarkan untuk bantuan dari orang lain. Sebagai contoh, Anda dapat memulai dari hal yang sederhana seperti mencuci mobil sendiri, mencuci baju sendiri, dan mungkin bahkan memotong rumput di pekarangan Anda sendiri.

7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat yang Menyenangkan untuk Anda]

 

#3 Gunakan Kembali Barang yang Telah Anda Gunakan

Mulailah menjadi kreatif dan pikirkanlah barang apakah yang dapat Anda gunakan kembali. Dibandingkan membeli produk sekali pakai dan membuang produk setelah selesai digunakan, cobalah untuk mencari alternatif lain untuk memanfaatkan barang bekas tersebut. Banyak barang yang dapat digunakan berulang kali lho, contohnya gunakanlah sobekan kalender bekas untuk menjadi notes, proseslah sampah organik di rumah Anda menjadi pupuk, atau gunakan baju bekas yang sudah tidak terpakai sebagai kain lap.

 

#4 Kerja Sama

Pernahkah Anda kesulitan membagi waktu untuk menjaga anak? Atau kesulitan untuk memperbaiki atap yang rusak? Dibandingkan membayar babysitter atau memanggil tukang reparasi, Anda dapat bekerja sama dengan tetangga sekitar untuk saling membantu. Contohnya, bagilah tugas setiap minggu untuk menjaga anak secara bergilir dan Anda dapat saling membantu memperbaiki atap masing-masing. Dengan demikian, bukan hanya menghemat uang, Anda juga dapat menghemat waktu.

Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

#5 Manfaatkan Program Promosi dan Membership

Beberapa industri hiburan, seperti restoran, bioskop, dan industri olahraga menawarkan berbagai macam program promosi atau keanggotaan (membership). Manfaatkanlah keuntungan dari program-program tersebut. Salah satu contohnya adalah Anda dapat memanfaatkan program keanggotaan Anda untuk mendapatkan 1 tiket nonton gratis setiap Anda membeli 1 tiket nonton dengan harga normal. Dengan demikian Anda dapat berhemat dengan jumlah yang cukup signifikan tanpa harus merelakan aktivitas favorit Anda.

tips-liburan-hemat-dengan-memanfaatkan-situs-online-1-finansialku

[Baca Juga: Tips Liburan Hemat dengan Memanfaatkan Situs Online]

 

#6 Manfaatkan Keuntungan Gift Card

Selain program promosi, biasanya beberapa department store atau supermarket menawarkan gift card dengan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah tambahan bonus dengan pembelian tertentu. Mungkin terlihat sederhana dan tidak signifikan, namun untuk kegiatan belanja bulanan yang rutin dilakukan, keuntungan seperti ini akan terasa manfaatnya dalam jangka panjang. Manfaatkanlah berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh department store atau supermarket tersebut, dan Anda akan merasakan keuntungannya.

 

#7 Temukan Penawaran Menarik yang Ditawarkan

Karena tingginya persaingan antar produsen akhir-akhir ini, berbagai penawaran menarik tentunya ditawarkan oleh seluruh produsen untuk menarik konsumennya. Penawaran menarik tersebut tidak sulit untuk dicari, karena maraknya iklan pada iklan televisi, internet, media sosial, dan berbagai media lainnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui dan membandingkan penawaran menarik di berbagai tempat dengan mudah. Dengan memanfaatkan penawaran menarik yang ditawarkan, Anda dapat berhemat sambil tetap menikmati produk atau jasa dengan puas.

hemat-biaya-bangun-rumah-gunakan-jasa-arsitek-gratis-2-finansialku

[Baca Juga: Hemat Biaya Bangun Rumah, Gunakan Jasa Arsitek Gratis]

 

Berhematlah Sambil Tetap Menikmati Hidup

Melalui 7 hal yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat berhemat tanpa merugikan diri sendiri. Jangan berusaha untuk menghemat hal-hal yang penting bagi hidup Anda, tetapi cobalah mencari alternatif yang lebih murah atau bahkan gratis bagi hal-hal tersebut. Jika Anda memang harus mengurangi beberapa hal untuk berhemat, kurangilah hal-hal yang tidak bernilai sehingga Anda tetap dapat menikmati hidup sambil berhemat.

 

Apakah Anda mengetahui tips berhemat lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sustainable PF. 8 Ways to Save Money While Still Enjoying Life. Thesustainablepersonalfinance.com – https://goo.gl/7K9fXd

 

Sumber Gambar:

  • Family – https://goo.gl/7Vd1VC
  • Menabung – https://goo.gl/KN7Iwo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku