Apakah ada jasa arsitek gratis untuk bantu desain bangun rumah? Ternyata ada lho, jasa arsitek gratis yang dapat kita manfaatkan untuk menghemat biaya bangun rumah. Yuk cari tahu caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gunakan Jasa Arsitek Gratis untuk Menghemat Biaya Bangun Rumah Minimalis Anda

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun rumah, sudah pasti Anda akan dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup besar. Harga lahan perumahan saat ni terbilang cukup tinggi, terutama jika lahan perumahan yang Anda inginkan terletak di kawasan yang cukup strategis dan diminati oleh banyak orang. Bisa dibayangkan, berapa biaya yang harus Anda keluarkan hanya untuk mendapatkan sebidang lahan perumahan saja.

hemat-biaya-bangun-rumah-gunakan-jasa-arsitek-gratis-2-finansialk

[Baca Juga : Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

 

Bukan hanya itu saja, berbagai biaya lainnya juga akan ikut serta membebani keinginan Anda tersebut. Katakan saja harga bahan material dan juga biaya jasa tenaga yang Anda butuhkan untuk membangunnya kelak, ini tentu tidak bisa dibilang kecil, mengingat harga-harga tersebut senantiasa mengalami kenaikan setiap tahunnya. Selain berbagai harga di atas, hal utama yang juga wajib Anda penuhi adalah pengurusan izin untuk mendirikan bangunan tersebut, di mana untuk mengurus hal ini Anda juga akan membutuhkan sebuah desain arsitektur rumah yang akan Anda bangun nanti. Desain arsitektur bangunan, tentu ini akan membutuhkan sejumlah biaya lagi, bukan?

 

Gunakan Layanan Arsitek Gratis

Ketika akan mengurus perizinan mendirikan bangunan, maka Anda diwajibkan untuk membawa serta desain arsitektur bangunan tersebut, hal ini termasuk ketika Anda akan membangun sebuah rumah. Peraturan seperti ini tentu sangat masuk akal, untuk mempermudah pihak yang berwenang dalam menilai kelayakan rumah yang akan Anda bangun nanti. Pemerintah tentu memiliki kriteria tersendiri terkait dengan kelayakan arsitektur bangunan ini.

Namun, hal ini tentu bukan sebuah perkara yang mudah, mengingat jasa desain arsitektur ini juga terbilang cukup mahal dan tentunya akan menambah besar biaya yang harus Anda keluarkan dalam pembangunan rumah tersebut. Meskipun pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah digratiskan, tetap saja sejumlah biaya desain arsitektur ini mungkin akan menjadi biaya yang cukup besar, jika Anda harus membayarnya.

begini-cara-klaim-asuransi-kebakaran-rumah-yang-perlu-anda-tahu-1-finansialku

[Baca Juga : Apa itu Asuransi Rumah Tinggal dan Bagaimana Cara Kerjanya?]

 

Untungnya pemerintah cukup tanggap mengenai hal ini dan mengeluarkan layanan desain arsitektur bangunan gratis bagi Anda dan masyarakat lainnya yang berniat untuk membangun sebuah rumah. Namun tentu saja layanan ini dibarengi dengan sejumlah ketentuan, sebagaimana tertulis dalam Peraturan Gubernur No.129 tahun 2012 tentang  Tatacara Pemberian Pelayanan Bidang Perizinan Bangunan, yang mengatakan bahwa: setiap pengajuan IMB baik baru maupun renovasi, wajib menyertakan gambar rencana arsitektur dan mendapat rekomendasi dari Tim Perencana Arsitektur Kota (TPAK).

 

Pada awalnya, layanan ini hanya diperuntukkan khusus untuk lahan bangunan seluas 100 m2 saja. Namun sesuai dengan aturan terbaru, layanan ini juga berlaku untuk lahan bangunan seluas 200 m2. Hal ini tentu menjadi sebuah berita baik, bagi Anda yang berniat membangun rumah di lahan yang cukup luas atau sekitar 200 m2. Sebagai pengingat saja, layanan arsitek gratis ini tidak bisa digunakan  oleh Anda yang berencana membangun rumah di dalam cluster. Artinya, layanan ini hanya bisa digunakan oleh Anda maupun masyarakat luas lainnya yang berencana membangun rumah di lahan kosong atau lahan yang berada di kawasan perkampungan saja.

 

Proses dan Persyaratan

Mengingat layanan jasa arsitek gartis ini cukup diminati oleh banyak masyarakat, maka ada baiknya Anda mengetahui cara pengajuannya sejak awal Hal ini akan membuat semua proses dapat berjalan sengan baik dan lancar. Saat akan mengajukan permohonan layanan jasa arsitek gratis, Anda hanya perlu mendatangi loket Palayanan Terpadu Satu Pintu yang terdapat di tingkat kecamatan. Di sana, Anda akan mendapatkan layanan ini dengan cepat, tentunya dengan membawa beberapa syarat yang memang wajib untuk disertakan, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).
  • Fotocopy sertifikat tanah.
  • Fotocopy Surat Tagihan dan Bukti Pembayaran PBB tahun berjalan.

dapat-warisan-rumah-ingat-bayar-pajak-dan-bphtb-dulu-finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara Investasi yang Efektif untuk Bayar Uang Muka Rumah?]

 

Jika semua persyaratan tersebut telah Anda penuhi dengan baik, maka proses permohonan layanan jasa arsitek gratis tersebut akan berjalan dengan lancar. Bukan hanya itu saja, urusan IMB Anda juga bisa dilakukan dengan cukup mudah nantinya. Hal ini bahkan tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan juga biaya sepeserpun untuk pengurusannya.

 

IMB One Day Service

Beberapa waktu yang lalu, pengurusan IMB menjadi salah satu kendala yang banyak memperlambat proses pembangunan yang direncanakan oleh mereka yang berniat untuk segera memiliki sebuah rumah, mengingat proses ini bisa saja berlangsung hingga sekitar 20 hari. Itu tentu waktu yang cukup panjang, bukan?

 

Beruntunglah Anda dan mereka yang baru akan mengurusnya saat ini, sebab sekarang proses pengurusan IMB ini bahkan tidak membutuhkan waktu berhari-hari seperti dulu. Layanan yang disebut IMB One Day Service ini, bahkan hanya akan membutuhkan proses selama 1 hingga 2 jam saja. Sangat singkat dan cepat, Anda bahkan tidak perlu menginapkan berkas permohonan Anda di sana. Namun selalu pahami sejak awal bahwa layanan ini hanya diberikan di hari Selasa dan Kamis saja, itupun hanya terbatas kepada 5 orang pemohon saja.

 

Proses dan Persyaratannya

Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan layanan IMB One Day Service, maka Anda wajib melewati beberapa tahap di bawah ini:

  • Memasukkan permohonan IMB rumah tinggal ke loket PTSP di kecamatan.
  • Petugas PTSP akan melakukan pengecekan dan juga verifikasi terhadap permohonan dan juga berkas yang dilampirkan.
  • Selanjutnya, petugas PTSP kecamatan akan menerbitkan Surat Ketetapan Retribusi Daerah, dan Anda selaku pemohon wajib untuk membayarnya sesuai dengan ketentuan Perda Retribusi.
  • Petugas PTSP kecamatan akan menerbitkan IMB rumah tinggal.

begini-cara-klaim-asuransi-kebakaran-rumah-yang-perlu-anda-tahu-2-finansialku

[Baca Juga : Begini Cara Klaim Asuransi Kebakaran Rumah yang Perlu Anda Tahu]

 

Syarat permohonan IMB One Day Service:

  • Sudah memiliki Ketetapan Rencana Kota (KRK) yang diterbitkan PTSP.
  • Merupakan bangunan rumah tinggal dengan ketinggian maksimal tiga lantai dan tidak memakai basement, lantai mezanin, dan rongga atap.
  • Merupakan lahan kosong (belum ada bangunan) atau pembongkaran bangunan lama sebelumnya.
  • Bukan termasuk bangunan golongan pemugaran

 

Lebih Mudah dan Praktis

Ketika dihadapkan pada proses pengurusan IMB, maka Anda akan wajib memenuhi pengadaan desain arsitek bangunan dalam permohonan tersebut. Gunakan layanan jasa arsitek gratis yang diberikan oleh pemerintah, agar Anda bisa menghemat biaya dan juga waktu. Bukan itu saja, Anda juga bisa menggunakan layanan IMB One Day Service yang begitu mudah dan cepat, sehingga pembangunan rumah Anda bisa segera dilakukan.

 

Sumber Gambar

  • Architect – https://goo.gl/SXcOzA dan https://goo.gl/135oBh

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang