Bagaimana caranya membuat taman canti di rumah dan tetap on budget? Ternyata ada banyak hal yang dapat kita lakukan, untuk memastikan taman di rumah tetap indah dan budget tidak sakit di kantong.  Pastikan Anda baca sampai selesai, untuk mengetahui cara menghemat anggaran Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pertimbangkan Ini agar Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget

Salah satu cara untuk mempercantik rumah atau hunian adalah dengan taman. Banyak pasangan muda atau orang yang baru akan membeli rumah, merasa cemas dengan anggaran untuk membuat taman. Ternyata biaya pembuatan taman di rumah, sangat bervariasi tergantung pada tema taman, jenis tanaman, kombinasi rumput, batu hias, kolam ikan dan segala detil pada kolam.

begini-caranya-punya-taman-di-rumah-dan-tetap-on-budget-2-finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisa Renovasi Rumah dengan Menggunakan Kredit?]

 

Semua orang, pastinya setuju bukan taman yang indah di halaman rumah dapat mempercantik tampilan rumah Anda sekaligus juga dapat menghibur Anda dari penatnya pekerjaan serta lalu lintas. Sebagian orang bahkan bisa mendapatkan inspirasi dari taman yang di milikinya untuk menulis sebuah buku hingga melukis. Oleh karenanya bagi Anda yang sudah berencana menyusun sebuah taman di halaman Anda yang minimalis, berikut beberapa langkah yang harus dipersiapkan agar Anda dapat mewujudkan taman di rumah dengan budget yang rendah, antara lain :

 

#1 Lahan yang dimiliki

Seberapa besar lahan yang akan Anda gunakan? Luas lahan, memang pertimbangan utama dan prioritas untuk memastikan konsep taman, jenis tanaman, batu hias dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda memaksakan diri dengan lahan yang ada sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. Semakin besar lahan yang akan dijadikan taman, maka akan semakin besar biaya untuk membuat taman yang cantik. Pastikan luas lahan yang dimiliki sebelum berdiskusi dengan kontraktor taman.

 

#2 Budget yang Dibutuhkan

Untuk mengetahui sebesar apa budget yang dibutuhkan, maka hitung terlebih dahulu kemampuan keuangan Anda. Perlu diingat Taman yang dimiliki tidak hanya dibuat dengan mengeluarkan uang saja, namun juga dari segi perawatannya akan mengeluarkan biaya agar tetap terlihat indah. Jadi sesuaikanlah dengan kemampuan keuangan Anda agar dapat taman yang sudah dihasilkan dapat terawat dengan baik.

 Keuangan Keluarga Semua Serba Salah, Kalau Tidak Ada Anggaran - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Keuangan Keluarga akan Serba Salah Jika Tidak Memiliki Anggaran]

 

#3 Material yang digunakan

Ada banyak cara untuk mengetahui material dan spesifikasi bahan yang dibutuhkan, misal Anda cari inspirasi melalui internet, bertanya pada kontraktor taman dan lain sebagainya. Buat daftar elemen atau pernak-pernik untuk taman Anda, misalnya jenis rumput, jenis tanaman hiasnya, pohon buah-buahan, kolam ikan, hiasan taman dan lain sebagainya. Pastikan Anda menyesuaikan budget dengan material yang Anda gunakan. Berikut referensi harga untuk taman:

  • Rumput gajah mini, jenis rumput yang warna hijaunya khas ini dijual dengan ukuran 3×3 meter saja di kisaran harga Rp 500,000.
  • Jenis tanaman hias biasa yang berwarna kuning di kisaran harga Rp 25,000 per buah
  • Batu hias ukuran satu kilo yang berwarna putih gading di kisaran harga Rp 40,000/kg
  • Umumnya untuk ukuran air mancur minimalis dihargai dikisaran Rp 500,000 hingga Rp 1,000,000.

 

Beberapa material taman, memang membutuhkan biaya tambahan seperti air mancur atau kolam ikan. Untuk membuat sebuah air mancur membutuhkan biaya lebih dari satu jutaan. Jadi bagi Anda yang memperhitungkan sekali biaya tidak boleh lebih besar namun tetap ingin terdapat Air mancur, maka dapat gunakan yang ukuran minimalis terlebih dulu. Suara dari air mancur memang menambah kesan asri pada rumah dan sejuk sehingga dapat membius orang yang sedang ada di taman menjadi lebih tenang dan rileks.

Sebagai tambahan jika budget yang Anda miliki tidak lebih dari satu jutaan, maka tambahkan batu alam untuk menambah kesan alami sebagai pengganti air mancur. Sehingga kesarn asri sejuknya tetap bisa Anda dapatkan dari taman minimalis yang Anda wujudkan dengan biaya minimalis yang Anda persiapkan.

 

#4 Biaya tambahan

Biaya yang dimaksud adalah yang akan dikeluarkan ketika taman yang dimiliki mengalami permasalahan dari segi perkembangannya yang kurang subur atau justru tumbuh tidak terawat dengan baik sehingga membutuhkan jasa penebang pohon yang biayanya berkisar lima ratus ribu rupiah. Biaya ini perawatan yang selama ini dikeluarkan untuk memotong rumput hingga pemberian pupuk bisa jadi kurang, oleh karenanya persiapkan anggaran untuk biaya tambahan seandainya terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

 Membedah Bagian dari Anggaran Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Membedah dari Bagian Anggaran Rumah Tangga]

 

Perawatan intensif memang dibutuhkan setidaknya 2-3 bulan sekali untuk menghindari biaya tambahan yang lebih besar. Sebagai contoh saja renovasi rumah yang mengharuskan menebang pohon di taman Anda, ikan yang ada di kolam taman sakit bahkan mati sehingga harus diganti dan masih banyak lagi.

 

Bagaimana Cara Mempersiapkan Budget untuk Membuat Taman di Rumah?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buat anggaran atau RAB (Rencana Anggaran Biaya Bangunan). Jangan lupa alokasikan biaya lain-lain sebagai dana cadangan. Bagaimana cara mempersiapkan pendanannya? Satu hal yang pasti, taman di rumah adalah kebutuhan sekunder, bukan tujuan keuangan utama dan merupakan pengeluaran konsumtif. Jangan gunakan utang kartu kredit dan KTA (kredit tanpa agunan) untuk membiayai pembuatan taman. Buatlah perencanaan untuk menghitung dana yang harus ditabung atau diinvestasikan setiap bulannya. Silahkan gunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan pembuatan taman.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Setelah Anda menghitung kebutuhan, baru Anda berinvestasi atau menabung. Dengan perencanaan yang baik, maka rumah makin indah dengan adanya taman plus buku tabungan tetap indah. Jadi sesuaikanlah kebutuhan taman yang ingin Anda wujudkan dengan keuangan yang Anda miliki Agar Anda pun tidak terbebani hanya untuk memiliki taman indah yang minimalis. Bagaimana sudah siap memiliki taman indah di halaman rumah Anda? Wujudkan langkah-langkah tersebut sekarang.

 

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman membuat taman di rumah atau kolam ikan koi? Silahkan share pengalaman Anda dalam menyusun anggaran (RAB) pada kolom komentar. Terima kasih.

 

Sumber Referensi

  • Kurniasih Miftakhul Jannah. 24 Oktober 2015. Ingin Punya Taman Kecil di Rumah? Yuk, Atur Budget-nya, Okezone.com – https://goo.gl/IdvBsa

 

Sumber gambar :

  • Minimalist Garden – https://goo.gl/TU1SYU

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]