Seperti apa model rumah minimalis 1 lantai impian Anda? Ternyata rumah minimalis kini menjadi sebuah tren di kalangan milenial, karena terkesan simple dan modern, namun tetap menarik.

Nah, Finansialku penasaran nih seperti apa sih desain rumah minimalis idaman Anda. Yuk isi polling-nya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mewujudkan Rumah Minimalis Impian dengan Aplikasi Finansialku

Kini, alternatif rumah yang dapat Anda pilih sudah sangat bervariasi. Mulai dari rumah mewah klasik hingga rumah minimalis sederhana. Ini sangat bergantung kepada selera Anda.

Seperti Anda ketahui, tren rumah minimalis memang sedang naik pesat belakangan ini. Hal ini disebabkan banyak sekali keuntungan membangun tempat tinggal minimalis.

Selain karena hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah.

Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis 02 Rumah Minimalis 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Desain Rumah Minimalis: 21 Tips Renovasi Rumah Biasa Jadi Minimalis (Gak Pake Mahal!)]

 

Ditambah lagi, biaya perawatan pun akan jauh lebih murah dibanding dengan hunian mewah.

Hunian tapak minimalis modern dewasa ini seringkali diadopsi oleh para keluarga milenial. Sayangnya, masih banyak generasi milenial yang kesulitan dalam mewujudkan rumah minimalis impiannya karena terkendala biaya.

Namun jangan khawatir, semuanya bisa Anda peroleh selama ada perencanaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam merencanakan dana untuk membeli rumah minimalis idaman, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Rumah adalah kebutuhan pokok (NEEDS), tetapi rumah mewah adalah keinginan (WANTS). Prioritaskan terlebih dahulu kebutuhan Anda dan pilih rumah yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.
  • Persiapkan uang muka rumah, kurang lebih 30%. Berdasarkan Surat Edaran No. 15/40/DKMP tanggal 24 September 2013, Bank Indonesia mewajibkan calon pembeli rumah membayar uang muka minimal 30% dari harga total rumah.
  • Pastikan juga Anda mempersiapkan biaya-biaya tambahan, seperti biaya balik nama, biaya notaris, biaya KPR, PPN dan lain sebagainya. Biasanya besaran biaya tambahan ini mencapai 5% – 10% dari harga rumah.
  • Pastikan angsuran bulanan yang harus Anda bayarkan tidak melebihi 30% pendapatan per bulan Anda.
  • Sebisa mungkin ambil KPR dengan rentang waktu 5 – 15 tahun.

 

Nah, mungkin terlihat ribet kan melihat semua angka-angka tersebut? Bagaimana kita bisa tahu rumah seperti apa yang sesuai dengan kondisi finansial kita?

Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Perencanaan Dana Membeli Rumah. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa melihat simulasi perhitungan dana yang dibutuhkan sesuai dengan rumah minimalis idaman Anda. Dari sini Anda bisa tahu harus berinvestasi berapa dan memilih instrumen investasi seperti apa.

Jadi, Anda tidak lagi meraba-raba dan memiliki gambaran jelas soal rumah yang bisa Anda miliki dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Praktis sekali bukan?

Namun sebelumnya Finansialku kepo nih! Kira-kira rumah minimalis seperti apa sih yang Anda idam-idamkan selama ini? Berikan jawabannya dengan langsung isi polling-nya berikut ini ya:

Kira-kira rumah minimalis seperti apa sih yang Anda idam-idamkan selama ini?

 

Nah, setelah mengisi polling-nya, saya yakin Anda penasaran kan seperti apa sih desain rumah idaman para pembaca Finansialku?

Untuk itu, Finansialku akan menjabarkan jawaban-jawaban teratasnya disini:

 

10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman

Memang betul setiap orang memiliki desain rumah idamannya masing-masing. Tapi tak jarang juga Anda kebingungan mendesain rumah idaman agar tetap nyaman dan modern bukan?

Oleh karena itu, Finansialku akan menjabarkan hasil jawaban favorit para pembaca melalui polling ini. Semoga ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah Anda:

 

#1 Rumah Modern Sederhana

Jika luas tanah terbatas, kamu bisa membangun rumah modern sederhana yang tetap terkesan nyaman dan luas. Caranya, maksimalkan lahan yang ada dengan desain yang minimalis dan praktis.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

 

Sebagai contoh, desain rumah standar untuk luas tanah terbatas adalah rumah dengan 2 kamar, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

Untuk rumah semacam ini, umumnya dapur akan dipadukan dengan kebun kecil di bagian belakang rumah.

Jangan lupa, desain kamar sedemikian rupa sehingga meski luasnya kecil namun tetap terlihat nyaman dan tidak sempit. Akali dengan perabot multifungsi yang tidak menghabiskan banyak tempat.

 

#2 Rumah Bernuansa Hijau

Jika rumahmu punya space lebih, Anda bisa membangun rumah bernuansa hijau yang pastinya adem dan nyaman.

Hal ini bisa dilakukan dengan mendesain rumah dengan kebun di tengah rumah, alih-alih di depan atau belakang rumah saja.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis Paling Populer dan Digemari]

 

Akan semakin menarik jika Anda tambahkan kolam kecil yang semakin menonjolkan nuansa alam di rumah. Namun jangan lupa, rumah semacam ini akan membutuhkan perawatan lebih karena kebun harus tetap dirawat sehingga sehat dan tetap menarik untuk dipandang.

 

#3 Rumah Tanpa Kebun yang Tetap Hijau

Jika luas tanah terbatas namun Anda ingin memaksimalkan lahan, Anda bisa mengakalinya dengan membuat desain rumah hijau sederhana.

Caranya adalah dengan memaksimalkan lahan untuk 2 kamar, 2 kamar mandi, ruang tamu, serta dapur seperti umumnya.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Model dan Desain Pagar Rumah Berkualitas dan Murah]

 

Lalu dimana kebunnya? Anda bisa mengakali ketidakadaan kebun dengan menambahkan banyak tanaman hias di dalam rumah. Percantik coffee table dan sudut-sudut rumah dengan tanaman hias yang menarik dan mudah dirawat.

 

#4 Rumah Keluarga Minimalis

Punya anak lebih dari 1 tapi dana belum cukup untuk membuat landed house minimalis nan mewah? Tenang, Anda bisa menyiasatinya dengan penggunaan single bed. Jadi, jumlah kamar bisa diakali menjadi 3 buah.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kreatif! Ide Desain Ruang Tamu yang Bikin Tamu Nyaman di Rumahmu]

 

Meski kamar akan lebih sempit, tapi bisa menampung lebih banyak orang. Anak pun tidak perlu berantem karena sekamar.

Namun jangan lupa, tetap upayakan kamar mandi bersama sehingga tidak menghabiskan banyak tempat. Tempatkan kamar mandi sehingga mudah dijangkau kedua kamar anak.

 

#5 Rumah Bernuansa Kayu

Senang rumah minimalis namun tetap klasik? Anda bisa menambahkan kesan kayu pada rumah melalui perabot dan juga lantai parket. Kesan kayu ini akan membuat rumah tetap terasa hangat meski membawa kesan modern.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mengintip 10 Desain Interior Apartemen Minimalis Super Nyaman]

 

Selain itu, warna coklat dari kayu pastinya menambah kesan klasik yang sesuai dengan rumah minimalis Anda.

Untuk floor plan Anda tetap bisa mendesain rumah dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, dan dapur serta ruang tamu. Namun berikan sekat kayu antara ruang tamu dengan isi rumah sehingga tampak cantik dan luas.

 

#6 Rumah Industrial

Jenis rumah minimalis lainnya adalah rumah dengan desain yang kerap dijadikan café-café bertema industrial belakangan ini.

Ciri khas dari desain yang satu ini adalah sangat jelas terlihat dinding-dinding kayu yang dipadukan dengan lantai semen.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 07 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip Model dan Desain Rumah Kolonial Belanda nan Klasik dan Elegan]

 

Bahan dasar yang biasa digunakan untuk mendesain rumah bergaya industri adalah kayu, beton, dan baja. Namun alih-alih difurnish, biasanya rumah sejenis ini mempertahankan tampilan kulit kayu yang alami.

Rumah semacam ini akan menimbulkan kesan modern namun tetap cantik dan sangat kuat kesannya.

Anda bisa meminimalkan bahan karena lantai tidak perlu menggunakan keramik. Anda bisa membuat lantai semen layaknya café-café modern belakangan ini.

 

#7 Rumah Asimetrik

Berada di tengah kota, bayangkan rumah Anda menarik perhatian para pejalan kaki karena modelnya yang minimalis namun tetap unik dan modern. Yap, Anda bisa memanfaatkan desain asimetrik yang sedang tren belakangan ini.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 08 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Desain Kamar Tidur yang Murah! Dijamin Betah Lama Di Kamar]

 

Anda bisa menunjukkan kesan asimetrik dari atap rumah yang miring, atau kerangka rumah berbentuk trapesium dapat membuat desain rumah minimalis modern 1 lantai tampil lebih dinamis dan tidak membosankan.

 

#8 Rumah Beraksen Gelap

Meski rumah dengan luas tanah kecil cenderung diberi warna-warna cerah agar tampak luas, namun tidak ada salahnya juga membangun rumah beraksen gelap yang keren.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 09 - Finansialku

[Baca Juga: Intip Desain Kamar Tidur Anak yang Buat Anak Betah Di Rumah]

 

Warna gelap akan membuat rumah terkesan lebih elegan dan berkelas? Cobalah aplikasikan warna-warna gelap seperti hitam dan cokelat tua dalam skema warna rumahmu.

Jangan lupa untuk tetap menanam berbagai jenis tanaman pada area depan rumah agar rumah terlihat lebih hidup dan asri.

 

#9 Rumah Bergaya Tropis

Mengingat Indonesia adalah salah satu negara yang beriklim tropis, maka rumah dengan nuansa tropis pun kerap dipilih. Untuk menekankan nuansa tropisnya, maka tak jarang rumah dibuat dengan bahan kayu layaknya pepohonan tropis.

Desain ini mengedepankan kesan yang natural dengan adanya beberapa pohon (umumnya pohon palem) dan juga beberapa jendela-jendela besar untuk memaksimalkan sirkulasi udara.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 10 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Desain Kamar Tidur yang Santai, Nyaman dan LOW BUDGET. Cocok untuk Keluarga Muda]

 

Barang-barang yang terbuat dari kayu juga cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah bergaya tropis ini.

Desain semacam ini akan membuat rumah tampak modern namun tetap bernuansa alam. Selain itu, jendela besar juga akan membuat rumah tetap asri dan tampak besar.

 

#10 Rumah Super Modern

Ingin rumah dengan kesan minimalis namun modern dan unik dipandang? Anda tetap bisa memanfaatkan floor plan pada umumnya namun dengan desain yang luar biasa unik.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 11 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Indah Dekorasi Kamar Tidur Di Bawah Ini Bisa irit Anggaranmu, Lho!]

 

Anda bisa mengaplikasikan olahan bentuk simetrik dari bentuk-bentuk dasar yang sederhana juga bisa tampil menarik. Misalnya saja kusen yang menonjol dan potongan di tengah rumah.

Dengan aplikasi ragam dimensi segiempat pada kerangka rumah, kamu bisa hadirkan konsep desain rumah minimalis modern 1 lantai yang tetap terlihat estetik.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Pertimbangkan dengan Tepat dan Bangun Rumah Minimalis yang Modern dan Nyaman

Secara singkat, saat Anda merencanakan untuk membangun rumah minimalis yang modern dan nyaman, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pilih model rumah yang sesuai preferensi Anda dan temanya
  • Tentukan bahan yang dipilih serta furnishnya
  • Tentukan kombinasi material lain yang mungkin digunakan
  • Pilih perabot yang sesuai dengan model rumah
  • Yang terpenting semuanya harus sesuai dengan kondisi keuangan Anda

 

Membangun rumah tentunya bisa merogoh kocek cukup dalam bukan? Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan keuangan Anda dengan tepat.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai dengan tepat sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai model rumah kayu yang pas untuk keluarga Indonesia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share artikel ini bagi teman-teman atau kerabat yang juga sedang galau dalam membangun rumah impiannya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Kania Dekoruma. 10 Juli 2019. 7 Ide Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai. Dekoruma.com – http://bit.ly/2m5Nzrg
  • Admin. 11 Januari 2019. 10 Desain Rumah Minimalis Terbaru 2019 sebagai Sumber Inspirasi Anda. Lamudi.co.id – http://bit.ly/2k5Xyfp
  • Andhika Lady Maharsi. Buat Pasangan Muda yang Masih Berjuang, 10 Desain Rumah Minimalis 2 Kamar Ini Wajib Disimpan. Hipwee.com – http://bit.ly/2k2cbjQ

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Minimalis 1 Lantai 1 – http://bit.ly/2m6firN
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 2 – http://bit.ly/2lDIkPo
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 3 – http://bit.ly/2m01L4T
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 4 – http://bit.ly/2lHa5X9
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 5 – http://bit.ly/2k7dvC6
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 6 – http://bit.ly/2kA3PQQ
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 7 – http://bit.ly/2lCbsX7
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 8 – http://bit.ly/2m7nOH2
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 9 – http://bit.ly/2kpJ0Yt
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 10 – http://bit.ly/2kzsRj1
  • Rumah Minimalis 1 Lantai 11 – http://bit.ly/2kzsVPN