Jangan menyerah! Dalam perjalanan menuju kesuksesan, Anda pasti akan dihadapkan dengan pilihan untuk menyerah atau lanjut.

Tidak mudah untuk memilih lanjut, apalagi jika rintangan di depan mata menjadi lebih sulit.

Mungkin terdapat 1000 alasan di mana Anda ingin menyerah, tetapi pada artikel ini, Finansialku akan memberikan 8 alasan mengapa Anda harus tetap berusaha dan berjuang!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menyerah VS Berjuang

Kemampuan Anda untuk terus berjuang tidak akan didapatkan di bangku kuliah atau pelatihan manapun. Kegigihan Anda adalah salah satu kunci yang paling utama untuk menjadi sukses.

Tidak peduli apapun tujuan sukses Anda, baik itu dalam masalah karier, keuangan, pendidikan atau pun sosial. Dengan ketekunan, Anda pasti akan menjadi sukses.

Jangan Menyerah Dahulu! 8 Alasan Anda Harus Tetap Bangkit Berdiri dan Berjuang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Mudah Menyerah, Selalu Kerja Keras dan Berusaha]

 

Ketekunan Anda ditantang ketika Anda menghadapi sebuah masalah besar. Masalah besar ini tentunya membuat Anda ingin menyerah, tetapi apakah menyerah adalah jalan keluar yang tepat?

Berikut adalah 8 alasan mengapa Anda tidak seharusnya menyerah dan harus tetap berjuang dan bangkit berdiri:

 

Jangan Menyerah! Ada 8 Alasan Untuk Terus Berjuang

8 alasan yang perlu Anda pikirkan sebelum Anda mengambil keputusan untuk menyerah.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#1 Saya Tidak Ingin Anda Menyerah

Katakan kalimat tersebut pada diri Anda. Seringkali alasan untuk Anda menyerah datang dari diri Anda sendiri. Untuk itu, jangan biarkan diri Anda untuk menyerah.

Bayangkan kerja keras yang telah Anda berikan agar Anda sampai pada tahap sekarang. Lalu bayangkan uang dan waktu yang telah Anda habiskan untuk bertemu dengan orang-orang yang membantu Anda sampai saat ini.

“Hanya mereka yang berani gagal yang dapat meraih keberhasilan” (Robert F. Kennedy)

 

#2 Apa Hal Terburuk yang Dapat Terjadi?

Di setiap situasi yang menegangkan, tanyakan pada diri Anda sendiri,

Hal terburuk apa yang dapat terjadi?

 

Jika Anda mencoba dan gagal, yang terburuk adalah Anda harus mencoba lagi.

Layaknya Anda belajar bersepeda, jika Anda mencoba dan jatuh, hal terburuk yang dapat terjadi adalah Anda terluka.

 

Tetapi apakah luka tersebut harus menghentikan Anda untuk mencoba? Tentu tidak! Oleh karena itu, apabila Anda mencoba kemudian gagal, teruslah mencoba sampai Anda berhasil.

“Jika kita memulainya dengan kepastian, kita akan berakhir dalam keraguan, tetapi jika kita memulainya dengan keraguan, dan bersabar menghadapinya, kita akan berakhir dalam kepastian” (Francis Bacon)

 

#3 Terdapat Alasan Mengapa Anda di Sini

Anda telah berusaha untuk sampai pada tahap yang sekarang, apakah Anda langsung ingin menyerah?

Untuk mengembangkan ketekunan, Anda hanya perlu melakukan langkah kecil, langkah kecil tersebut akan menghasilkan pencapaian kecil, dan beberapa pencapaian kecil akan menciptakan kesuksesan.

Bayangkan proses ini seperti ketika Anda menyusun puzzle, di mana Anda menambahkan potongan gambar untuk mendapatkan gambaran utuh.

Jangan Menyerah Dahulu! 8 Alasan Anda Harus Tetap Bangkit Berdiri dan Berjuang 04 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Harus Bisa dan Jangan Menyerah]

 

Terdapat banyak alasan mengapa Anda di sini, baik hal sederhana seperti uang atau misi di dalam hidup. Dengan menemukan arti hidup Anda, Anda akan lebih gigih menjalani proses yang sulit.

Temukan alasan tersebut dan jangan pernah melepaskannya. Jadikan alasan tersebut motivasi untuk Anda terus maju.

“Kegagalan tidak diukur dari apa yang telah Anda raih, namun kegagalan yang telah Anda hadapi, dan keberanian yang membuat Anda tetap berjuang melawan rintangan yang bertubi-tubi” (Orison Swett Marden)

 

#4 Tenangkan Diri Anda

Gerak gerik tubuh Anda memberikan banyak arti. Misalnya seseorang yang tidak semangat tentunya akan berwajah lesu, duduk membungkuk atau berjalan dengan malas-malasan.

Keinginan untuk menyerah tidak hanya datang dari otak, melainkan dari seluruh tubuh Anda.

Ubahlah sikap Anda! Berjalan dengan tegap, lakukan percakapan dengan penuh percaya diri, dan sebagainya.

Jika Anda membutuhkan waktu untuk istirahat, maka luangkanlah waktu Anda.

Rekreasi, olahraga atau berkumpul bersama teman dan keluarga merupakan cara yang baik untuk menyegarkan kembali fisik dan mental Anda untuk terus berjuang.

“Orang-orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama” (Norman Vincent Peale)

 

#5 Salurkan Energi Anda untuk Hal yang Lain

Menyerah tentunya membutuhkan energi. Dibandingkan Anda menggunakan energi yang Anda miliki untuk menyerah, salurkanlah energi tersebut untuk hal lainnya.

Misalnya Anda dapat menginvestasikan energi Anda untuk mempelajari hal yang baru guna mencapai tujuan utama. Pengetahuan juga dapat membantu Anda untuk terus maju.


Bahkan Anda dapat menyalurkan energi yang Anda miliki untuk menginspirasi orang lain. Dengan memberikan inspirasi kepada orang lain, Anda akan mendapatkan energi yang positif dari orang tersebut.

Anda pun akan lebih bangga dengan diri Anda sendiri dan pencapaian yang telah Anda gapai hingga saat ini.

“Dan bahwa setiap pengalaman mestilah dimasukkan ke dalam kehidupan, guna memperkaya kehidupan itu sendiri. Karena tiada kata akhir untuk belajar seperti juga tiada kata akhir untuk kehidupan” (Annemarie S.)

 

#6 Komunikasikan Rencana Anda untuk Menyerah

Jika Anda mengatakan pada orang-orang yang telah Anda berikan inspirasi bahwa Anda akan menyerah, pastinya mereka akan sangat menyayangkan hal tersebut.

Mereka tidak akan membiarkan Anda menyerah. Hal ini dikarenakan jika Anda menyerah atas hal yang telah diapresiasi orang, orang tersebut pun akan merasakan dampak negatif.

Kurangnya kegigihan Anda akan menghancurkan impian orang lain sekaligus Anda sendiri.

“Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu untuk kerjakan, orang lain mengukur kita dengan mengukur dari apa yang telah kita lakukan” (Henry Wadsworth Longfellow)

 

#7 Masalah yang Ada Tidak Seburuk yang Anda Bayangkan

Walaupun menyerah terasa seperti salah satu pilihan, jangan pernah mengambil pilihan tersebut karena masih banyak orang di luar sana yang bernasib lebih buruk dari Anda.

Anda kehilangan uang, tertipu, diberhentikan dari perusahaan, mungkin alasan tersebut cukup bagus untuk membuat Anda menyerah, tetapi pada kenyataannya, Anda tidak seharusnya menyerah.

Jangan Menyerah Dahulu! 8 Alasan Anda Harus Tetap Bangkit Berdiri dan Berjuang 05 - Finansialku

[Baca Juga: CEO Snapchat, Evan Spiegel Memberikan Kata-kata Motivasi Agar Jadi Anak Muda Terkaya di Dunia]

 

Situasi tersebut memang tidak menyenangkan, tetapi di luar sana ada orang bangkrut, tempat tinggalnya disita, dan keluarganya berantakan. Hal tersebut lebih buruk daripada yang Anda hadapi sekarang.

Sering kali Anda membayangkan hal buruk terjadi, sebelum hal tersebut benar-benar terjadi.

Dan di dalam bayangan anda, hal tersebut menjadi lebih buruk dibandingkan kenyataannya.

“Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan” (General Collin Power)

 

#8 Anda Adalah Narator Diri Anda Sekarang

Menyerah adalah hal yang Anda katakan pada diri Anda sendiri. Dan untuk menghilangkannya, semangat tersebut harus timbul dari dalam.

Motivasi diri Anda untuk terus berjuang, carilah inspirasi dari membaca buku atau bercakap dengan orang yang lebih sukses dibandingkan Anda. Kembangkan diri Anda untuk lebih gigih dalam menghadapi masalah.

Jika Anda berhasil mengalahkan pribadi Anda yang negatif maka jalur yang akan Anda lalui akan lebih mudah.

“Urusan kita dalam kehidupan bukanlah untuk melampaui orang lain, tetapi untuk melampaui diri sendiri, untuk memecahkan rekor kita sendiri, dan untuk melampaui hari kemarin dengan hari ini” (Stuart B. Johnson)

 

Tidak Ada Kesuksesan Tanpa Kegagalan

Anda tidak mungkin menjadi sukses jika tidak gagal terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah belajar dari kesalahan tersebut dan terus bergerak maju.

Jangan menyerah karena kunci untuk menuju kesuksesan adalah terus memberikan usaha untuk mencapai tujuan Anda walaupun tidak berhasil sejak dari pertama.

Jika keuangan pribadi menjadi akar permasalahan Anda saat ini, bicarakanlah dengan ahlinya, karena selama ada hari esok, pasti akan ada jalan keluar.

Hubungi Perencana Keuangan Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku untuk konsultasikan permasalahan keuanganmu. Perencana Keuangan Finansialku siap membantu memperbaiki keuangan Anda.

Download aplikasi Finansialku di bawah ini dan dapatkan free trial fitur premium selama 30 hari untuk pengguna baru. Pengguna lama? Dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat upgrade aplikasi Finansialku Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Simak apa kata Michael Jordan jika kamu saat ini merasa gagal dalam video Finansialku berikut ini.

 

Ingatlah bahwa hidup ini bagai sebuah roda yang berputar, terkadang kita berada di atas, terkadang kita berada di bawah. Bahkan jalur yang harus dilewati pun ada yang rata, ada yang bebatuan, tetapi jika roda terus berputar, suatu saat ia akan sampai pada tujuannya.

 

Sumber Referensi:

  • Tim Denning. Don’t Ever Give Up – The Advice That Will Inspire You Forever. Addicted2success.com – https://goo.gl/rdRDQX
  • Anna LeMind. 16 Februari 2012. Perseverance in Achieving Success. Learning-mind.com – https://goo.gl/c6DXRR
  • Admin. Maret 2016. Puluhan Kata Bijak Untuk Si Pantang Menyerah. Duniakata.com – https://goo.gl/7MzyyT

 

Sumber Gambar:

  • Pantang Menyerah – https://goo.gl/s1eunV
  • Pantang Menyerah 2 – https://goo.gl/d4tGxR
  • Pantang Menyerah 3 – https://goo.gl/ijx7Br
  • Pantang Menyerah 4 – https://goo.gl/P2Cq5g