Asuransi merupakan sebuah perlindungan yang ada di pikiran setiap orang yang sudah berkeluarga. Bagaimana tidak? Musibah dan kondisi buruk bisa saja datang tanpa diduga.

Jika tak memiliki asuransi, apakah tabungan cukup untuk membayar tagihan rumah sakit saat kondisi kesehatan anak dan pasangan memburuk?

Padahal, tidak hanya asuransi kesehatan saja lho yang dibutuhkan keluarga! Ada juga asuransi lain yang wajib dimiliki demi menjalani kehidupan yang nyaman dan tenang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apa Betul Asuransi Kesehatan Paling Penting Untuk Keluarga?

Hiruk pikuk kota besar yang semakin tidak aman, seolah memaksa kita untuk bersiap menghadapi risiko apapun.

Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, pasti secara naluriah Anda ingin memberikan yang terbaik untuk seluruh anggota keluarga Anda.

Naluri tersebut merupakan hal yang wajar di era kehidupan saat ini, di mana penawaran perlindungan keluarga tersedia di mana-mana dan bisa diakses di mana saja, bahkan di smartphone Anda sekalipun.

Ketahui Jenis Asuransi Terbaik Untuk Keluarga Anda Finansialku 1

[Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik: Sekarang Masuk Rumah Sakit Cukup Perlihatkan Kartu!]

 

Dengan memiliki asuransi, segala risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan mengganggu kesejahteraan keluarga dapat dibagi atau dipindahkan kepada perusahaan asuransi.

Dengan asuransi pula, keluarga dapat terlindungi dan terpenuhi kebutuhan hidupnya serta dapat terus melangsungkan kehidupan seperti biasa walau mengalami peristiwa yang tak diduga.

Oleh karena itulah perencanaan asuransi keluarga memang harus Anda pikirkan baik-baik.

Di zaman now, hampir setiap keluarga memiliki satu produk asuransi. Setidaknya, asuransi kesehatan yang bisa meng-cover biaya pengobatan saat jatuh sakit.

Tak sedikit perusahaan besar di Indonesia yang memberikan jaminan asuransi kesehatan bagi para pegawainya, baik dalam bentuk BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta.

Memang sepenting apa sih asuransi kesehatan? Percaya atau tidak, keuangan keluarga bisa terganggu karena menyepelekan hal ini. Biaya dokter dan rawat inap di rumah sakit selama satu minggu saja bisa melebihi pendapatan selama sebulan, lho!

Tak heran, kebanyakan masyarakat lebih fokus untuk memiliki asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi kesehatan dapat membantu meringankan kerugian finansial yang terjadi akibat besarnya biaya dokter dan rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Terbaik Finansialku 1

[Baca Juga: Rangkuman: Kenali Produk Asuransi yang Ada di Dunia Ini]

 

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari kantor?

Jika kurang puas dengan pelayanan asuransi yang disediakan kantor, Anda juga bisa mencari asuransi kesehatan yang sesuai untuk keluarga Anda.

Sudah banyak perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan secara lengkap dengan premi terjangkau, misalnya perusahaan asuransi AXA.

Sebelum membeli asuransi kesehatan untuk keluarga Anda, ketahui dulu hal-hal yang mesti diperhatikan:

 

Perlukah asuransi jiwa, kesehatan & penyakit kritis? Simak video selengkapnya di Youtube Finansialku.

 

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Asuransi Kesehatan

Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan.

Pertama, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan keluarga Anda. Banyak orang yang membeli asuransi kesehatan yang mahal tapi ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan keluarganya.

Sebelum memutuskan untuk membeli, wajib bagi Anda untuk mencermati polis asuransi terlebih dahulu. Ketahui seberapa jauh hak-hak yang dilimpahkan pada Anda.

Poin berikutnya, jika Anda ingin memiliki asuransi kesehatan, sangat disarankan untuk memilih paket keluarga, alih-alih paket pribadi.

Pasalnya, tidak ada yang menjamin anggota keluarga lainnya tidak akan jatuh sakit. Jangan sampai Anda bayar mahal premi bulanan untuk diri Anda sendiri, tapi ternyata harus tetap membayar biaya rumah sakit karena anak atau pasangan lah yang jatuh sakit.

Panduan Lengkap dan Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan]

 

Intinya, Anda harus cermat dalam memilih asuransi, apalagi kalau bayar preminya sendiri. Carilah produk asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan menyeluruh, baik untuk rawat jalan maupun rawat inap tanpa biaya tambahan.

Nah, selain asuransi kesehatan, penting pula bagi Anda yang telah berkeluarga untuk memiliki asuransi yang cakupannya meliputi asuransi rumah, kendaraan, perjalanan, serta kecelakaan diri.

Yuk cari tahu, produk asuransi apa saja yang dibutuhkan bagi Anda yang sudah berkeluarga!

Eits, tapi sebelum masuk ke pembahasan di bawah ini, saya rasa Anda wajib download ebook kiat mempersiapkan dana pendidikan dari Finansialku!

Sebagai orangtua, Anda tentu ingin memberikan pendidikan terbaik untuk buah hati Anda. Ebook ini bisa Anda jadikan pegangan untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak Anda. Yuk download sekarang!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Asuransi Keluarga dalam Pusaran Perencanaan Keuangan

Selain asuransi kesehatan, Anda juga perlu merencanakan kepemilikan asuransi jenis lain untuk keluarga Anda.

Masih banyak lho jenis asuransi lain yang harus dimiliki, bahkan kalau bisa dimiliki terlebih dahulu sebelum kita mengalokasikan dana untuk asuransi kesehatan.

Di bawah ini asuransi-asuransi yang recommended untuk dimiliki Anda dan keluarga:

 

#1 Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang seharusnya menjadi prioritas utama bagi seorang kepala keluarga.

Mengapa demikian? Karena semua manusia pasti meninggal dunia, tidak ada yang tahu kapan waktunya dan bagaimana caranya.

Kematian dapat membawa kerugian yang sangat besar apalagi jika terjadi pada tulang punggung keluarga.

Bukan saja kerugian mental karena rasa duka, tetapi kerugian materiil pun harus dihadapi oleh keluarga yang ditinggalkan.

8 Tips Jitu Asuransi-Jiwa-Murah-2-Finansialku

[Video: Anda KARYAWAN? Ini Dia TIPS BIJAK Dalam Memilih Asuransi Jiwa]

 

Meski kematian adalah takdir yang tak bisa dihindari, kerugian materiil dari kematian ini bisa diminimalisasi. Untuk itulah asuransi jiwa sangat penting dimiliki terutama bagi kepala keluarga.

Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat dimanfaatkan untuk membayar biaya pengobatan sebelum meninggal, untuk pembayaran biaya akhir (biaya rumah duka dan penguburan), untuk pelunasan utang, perlindungan dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Selain itu, biaya asuransi atau premi asuransi jiwa lebih murah dibandingkan dengan premi asuransi untuk manfaat lainnya, seperti asuransi penyakit kritis atau asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, asuransi jiwa adalah asuransi yang harus Anda pikirkan pada saat Anda ingin merencanakan asuransi keluarga Anda.

Sudah pernah coba fitur perhitungan uang pertanggungan di Aplikasi Finansialku? Saat merencanakan asuransi keluarga, gunakan fitur ini untuk membantu Anda melakukan perhitungan!

 

 

#2 Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah asuransi penyakit kritis.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, penyakit kritis adalah penyakit yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan dapat menyebabkan kematian.

Banyak sekali orang yang sampai menjual semua asetnya untuk membayar biaya pengobatan penyakit kritis.

Biasanya, asuransi kesehatan biasa tidak dapat menanggung biaya sebesar itu atau jika bisa biaya premi asuransi kesehatan tersebut tidaklah murah.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Punya Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah Asuransi Jiwa?]

 

Oleh karena itu, ada asuransi penyakit kritis yang dapat meringankan kerugian finansial yang timbul akibat penyakit kritis.

Karena uang pertanggungan asuransi penyakit kritis hanya dapat diklaim pada saat mengalami penyakit kritis, maka biaya preminya pun lebih murah daripada asuransi kesehatan.

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan asuransi penyakit kritis setelah merencanakan asuransi jiwa.

 

#3 Asuransi Rumah

Asuransi yang juga Anda butuhkan ketika Anda sudah berkeluarga adalah asuransi rumah.

Setelah Anda selesai merencanakan asuransi untuk diri Anda dan keluarga, sekarang saatnya Anda mengasuransikan tempat tinggal Anda, yaitu rumah Anda.

Ketika risiko datang menimpa tempat tinggal Anda, Anda tidak terlalu khawatir dan terbeban untuk mencari tempat tinggal yang baru.

Kerugian finansial yang ada akan ditanggung oleh pihak asuransi. Bahkan, ada beberapa produk asuransi rumah di mana pihak asuransi menyediakan tempat tinggal sementara pada saat rumah Anda direnovasi kembali pada saat terjadi risiko.

 

#4 Asuransi Kendaraan

Asuransi terakhir yang harus direncanakan adalah asuransi kendaraan. Meskipun asuransi ini adalah asuransi yang letaknya paling terakhir tetapi bukan berarti asuransi ini tidak penting.

Anda juga harus benar-benar memikirkan dan merencanakan asuransi kendaraan Anda. Apalagi jika kendaraan Anda merupakan sarana transportasi utama bagi Anda untuk menjadi produktif dan mendapatkan penghasilan.

Alokasikan dana Anda untuk membeli asuransi kendaraan apalagi saat kendaraan masih dicicil dan belum lunas.

 

Jangan Sepelekan Perlindungan untuk Keluarga Anda

Itu dia asuransi-asuransi yang penting dimiliki bagi Anda dan keluarga. Merencanakan dana perlindungan untuk keluarga adalah hal yang tak kalah penting selain merencanakan dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun, dan dana-dana lainnya.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu merencanakan tujuan keuangan Anda dan keluarga!

Sudahkah Anda memiliki Aplikasi Finansialku di smartphone Anda? Kalau belum, segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pendapat lain, silakan tulis di kolom komentar! Jangan sungkan untuk share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Keluarga – https://goo.gl/wreS6K
  • Asuransi Keluarga 2 – https://goo.gl/23Fyae