Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan

Asuransi kesehatan wajib dimiliki oleh setiap orang dan keperluan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, Finansialku akan mengajak para pembaca untuk menimbang kembali asuransi kesehatan yang sesuai dan memberikan cara untuk memilih asuransi kesehatan agar sesuai dengan kebutuhan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi di mana tertanggung berhak mendapatkan perlindungan keuangan atas biaya rumah sakit, biaya perawatan dan pengobatan dan segala keperluan lainnya, atas penyakit atau kecelakaan yang menimpa tertanggung.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, tertanggung wajib membayar sejumlah premi untuk sebuah periode baik bulanan maupun tahunan.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang paling umum dimiliki oleh setiap orang, akan tetapi banyak dari asuransi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan.

Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan 02 Asuransi Kesehatan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Asuransi Kesehatan yang Bagus? Ketahui Sebelum Anda Membeli]

 

Memilih Asuransi Kesehatan sesuai dengan Kebutuhan

Terdapat beberapa faktor di dalam asuransi kesehatan yang harus Anda pertimbangkan. Beberapa faktor ini akan membutuhkan biaya serta memberikan manfaat yang berbeda.

Dengan menyesuaikan faktor-faktor ini dengan kebutuhan Anda, maka Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang paling tepat, berikut adalah faktor tersebut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dibagi menjadi dua jenis, asuransi kesehatan konvensional dan asuransi kesehatan unitlink. Yang berbeda dari keduanya adalah pada asuransi kesehatan unitlink, terdapat tambahan investasi.

Karena manfaat tambahan ini, biasanya asuransi kesehatan unitlink biayanya lebih mahal dari yang konvensional.

Sebelum Anda memilih asuransi kesehatan unitlink, Anda harus mengetahui dengan jelas segala informasi mengenai pengembalian keuntungan hasil investasi serta periode investasi yang diharuskan.

Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari unitlink.

Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan 03 Asuransi Kesehatan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Selain Asuransi Kesehatan Keluarga, Anda Perlu Membeli Asuransi-Asuransi Ini!]

 

#2 Pertanggungan

Pertanggungan yang diberikan oleh sebuah produk asuransi kesehatan akan berbeda dengan lainnya. Pertanggungan ini terdiri dari manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi serta perlindungan atas keuangan yang ditawarkan.

Terdapat beberapa faktor di dalam sebuah pertanggungan asuransi yang perlu Anda pertimbangkan, berikut adalah di antaranya.

 

#1 Perawatan

Ada beberapa asuransi kesehatan yang hanya memberikan perlindungan antara rawat jalan atau rawat inap.

Di antara keduanya, pasti rawat jalan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Oleh karena itu, Anda dapat mencari asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan atas rawat inap.

 

#2 Biaya Perawatan

Semakin kritis dan sulit penyembuhan penyakit Anda, semakin mahal pula biaya perawatan yang dibutuhkan. Untuk melindungi tertanggung dari beban finansial tersebut, perusahaan asuransi melakukan kebijakan yang berbeda.

Ada yang memberikan batasan maksimal pada keseluruhan biaya yang dibutuhkan, ada yang ditentukan dari biaya kamar rumah sakit yang dipilih, ada pula yang memberikan keleluasaan penggantian biaya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tertanggung.

 

#3 Dana Santunan

Biasanya asuransi kesehatan memiliki manfaat perlindungan jiwa berupa uang santunan. Uang santunan ini akan diberikan kepada keluarga tertanggung apabila tertanggung meninggal dunia.

Besarnya dana santunan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar dana santunan, semakin besar premi yang harus dibayar.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

#3 Perluasan Perlindungan

Setiap asuransi kesehatan biasanya memiliki penawaran produk yang serupa, tetapi perluasan perlindungan yang ditawarkan biasa berbeda.

Perluasan perlindungan sangat beragam, ada yang dapat digabung dengan asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan diri ada pula yang dapat digabung dengan asuransi perjalanan.

Pilih produk asuransi yang memiliki perluasan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#4 Cara Penggantian Biaya

Produk asuransi yang telah beredar sudah sangat banyak di Indonesia, oleh karena itu, masing-masing produk asuransi akan memberikan penawaran yang menarik bagi calon pembeli.

Salah satunya adalah sistem cashless. Sistem cashless adalah sebuah sistem di mana Anda hanya memerlukan sebuah kartu dan Anda tidak perlu membayar biaya rumah sakit.

Pengobatan THT Dengan BPJS Kesehatan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless? Apakah Bermanfaat?]

 

Sistem cashless memberikan kemudahan bagi tertanggung dan mereka tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit dan hanya perlu fokus pada penyembuhan.

Kebalikan dari sistem cashless adalah sistem reimbursement di mana tertanggung harus membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu, lalu kemudian pihak asuransi akan menggantikan biaya tersebut.

Sistem klaim ini termasuk sistem lama, dan seringkali karena kurangnya informasi yang diketahui tertanggung, ada beberapa biaya yang tidak dapat digantikan.

 

#5 Premi yang Perlu Dibayar

Premi merupakan kewajiban yang harus dituntaskan oleh tertanggung. Premi merupakan biaya yang dibutuhkan agar tertanggung dapat menikmati manfaat dari asuransi.

Banyak faktor yang menentukan rendah tingginya premi, salah satunya manfaat dan fasilitas yang disediakan.

Semakin tinggi manfaat dan fasilitas yang disediakan, semakin mahal pula premi yang harus dibayar. Selain manfaat dan fasilitas, usia, pekerjaan, serta riwayat kesehatan seseorang juga dapat menentukan jumlah premi.

Oleh karena itu, Anda harus membandingkan beberapa produk asuransi untuk memilih premi sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

 

#6 Rumah Sakit Rekanan

Sebelum memilih asuransi, Anda harus mengetahui juga rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi.

Pilihlah asuransi yang bermitra dengan rumah sakit yang lebih mudah Anda jangkau atau yang lebih sering Anda kunjungi.

Dengan memilih produk asuransi sesuai dengan rumah sakit rekanan, maka Anda akan lebih mudah menikmati manfaat dari asuransi

Apakah BPJS Kesehatan Cover Biaya Cek Darah dan Pemeriksaan Laboratorium Lainnya 01 Kesehatan - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

#7 Cara Pengajuan Klaim

Sebuah produk asuransi akan lebih menarik jika cara pengajuan klaim mudah. Misalnya Anda dapat mengajukan klaim via internet sehingga dapat dilakukan di mana saja dan prosesnya pun tidak rumit.

Apalagi bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota, cara online ini akan memudahkan proses klaim. Oleh karena itu, pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

 

#8 Kredibilitas Perusahaan

Tentu Anda harus mempercayakan kesehatan Anda pada rumah sakit yang telah terdaftar dan memiliki reputasi baik. Begitu pula dengan perusahaan asuransi.

Setiap bulannya, Anda akan membayar sejumlah biaya dan biaya tersebut seharusnya Anda berikan pada perusahaan yang kredibel.

Pilih perusahaan asuransi yang telah memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya. Selain perusahaan asuransi, Anda juga harus memilih agen asuransi yang realistis dan jujur dan tidak pelit informasi.

Dengan mempertimbangkan faktor ini, Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang lebih tepat.

 

Sesuaikan Faktor Asuransi Kesehatan dengan Kebutuhan

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang ada di dalam sebuah asuransi, maka Anda harus menyesuaikan faktor tersebut dengan kebutuhan Anda.

Mulai dari kebutuhan rumah sakit, uang pertanggungan hingga kebutuhan keuangan Anda. Seluruh kebutuhan tersebut akan menuntun Anda kepada asuransi kesehatan yang paling sesuai.

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat lebih mudah memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sembarangan memilih asuransi kesehatan hanya karena ditawari atau ikut dengan teman.

Bagikan artikel ini bagi teman dan keluarga Anda yang sedang mempertimbangkan membeli asuransi kesehatan.

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Fauzi. 24 Juli 2018. Ingin Punya Asuransi Kesehatan yang Sesuai? Cek Kiat-kiat Ini. Cekaja.com – https://goo.gl/rv5RxM

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan 1 – https://goo.gl/QfkQZT
  • Asuransi Kesehatan 2 – https://goo.gl/CFC8Nk
  • Asuransi Kesehatan 3 – https://goo.gl/vziiKs
Summary
Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan
Article Name
Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan
Description
Asuransi kesehatan wajib dimiliki setiap orang. Finansialku akan mengajak pembaca untuk menimbang kembali asuransi kesehatan yang sesuai.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Ellen Chandra
Ellen Chandra, B. Sc, B. Econ, adalah seorang penulis freelance dengan fokus pada bidang finansial dan gaya hidup. Ellen Chandra menyelesaikan studi di jurusan Financial Mathematics dari universitas Xian Jiatong Liverpool

Leave A Comment