Penting! Selain Asuransi Kesehatan Keluarga, Anda Perlu Membeli Asuransi-asuransi Ini!

Coba bayangkan, asuransi apa yang Anda pikirkan pertama kalinya pada saat Anda sudah berkeluarga? Apakah asuransi kesehatan keluarga?

Biasanya ketika sebuah keluarga merencanakan asuransi, asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang paling sering terpikirkan oleh sebagian besar keluarga.

Tetapi apakah hanya asuransi kesehatan saja yang harus dipikirkan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan Keluarga

Biaya rumah sakit mahal harganya. Itulah yang biasanya menjadi pemikiran banyak keluarga yang ingin merencanakan asuransi untuk keluarga mereka.

Oleh karena itu, biasanya memang asuransi kesehatan menjadi pilihan yang paling utama bagi keluarga yang ingin mengambil asuransi.

Padahal jika boleh dikatakan, asuransi kesehatan yang dipikirkan oleh sebagian besar keluarga bukanlah asuransi yang menjadi prioritas utama bagi sebuah keluarga.

Meskipun memang asuransi kesehatan dapat membantu meringankan kerugian finansial yang terjadi akibat sakit penyakit, tetapi asuransi kesehatan bukanlah prioritas yang utama.

Penting! Selain Asuransi Kesehatan Keluarga, Anda Perlu Membeli Asuransi-asuransi Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau!]

 

Karena selain mahal harganya (biaya untuk membeli asuransinya), asuransi kesehatan biasanya terbatas hanya kepada seluruh biaya yang timbul pada saat di rumah sakit.

Jika Anda memang menginginkan asuransi kesehatan untuk keluarga, jauh lebih baik jika Anda tidak mengambilnya secara pribadi.

Anda dapat mengambil asuransi kesehatan kumpulan yang disediakan oleh perusahaan atau kantor Anda atau Anda dapat memanfaatkan asuransi pemerintah seperti BPJS. Hal ini akan membuat Anda dapat mengalokasikan dana asuransi Anda untuk perencanaan asuransi lainnya.

 

Perencanaan Asuransi Keluarga

Pada saat Anda memiliki sebuah keluarga, melakukan perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi keuangan keluarga Anda.

Memiliki pondasi keuangan yang baik merupakan hal yang utama sebelum Anda dapat mulai berinvestasi dan mengembangkan keuangan Anda untuk kenyamanan keuangan Anda dan keluarga.

Dan salah satu aspek dari fondasi keuangan adalah perencanaan asuransi.

Memang perencanaan asuransi keluarga menjadi salah satu hal yang penting karena dengan memiliki asuransi keluarga, risiko-risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar dan mengganggu kesejahteraan keluarga dapat dibagi atau dipindahkan kepada perusahaan asuransi.

Pada akhirnya keluarga tetap dapat terlindungi dan terpenuhi kebutuhan hidupnya serta dapat terus melangsungkan kehidupan seperti biasa. Oleh karena itu perencanaan asuransi keluarga memang harus Anda pikirkan baik-baik.

Baru Jadi Ibu Hindari 10 Kesalahan Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Mungkin Anda Tidak Sadari 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional?]

 

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, memang asuransi kesehatan merupakan salah satu asuransi yang seringkali menjadi pemikiran yang utama bagi sebuah keluarga, tetapi pada kenyataannya asuransi kesehatan bukanlah asuransi yang seharusnya menjadi prioritas utama bagi sebuah keluarga.

Artinya, masih banyak asuransi lainnya yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum kita memberikan alokasi dana yang besar untuk asuransi kesehatan.

Anggaran untuk perencanaan asuransi harus digunakan seefektif mungkin untuk beberapa asuransi berikut ini:

 

#1 Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang seharusnya menjadi prioritas utama untuk sebuah keluarga.

Mengapa demikian? Karena semua orang pasti meninggal dunia dan tidak ada yang tahu kapan waktunya dan bagaimana caranya.

Tetapi akibat dari risiko meninggal dunia sangatlah besar. Bukan saja kerugian secara mental karena kedukaan tetapi kerugian secara materiil pun tidaklah sedikit. Apalagi jika seseorang yang meninggal dunia merupakan kepala keluarga.

Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu!]

 

Karena kepastian bahwa setiap orang pasti meninggal dunia inilah maka asuransi jiwa sangatlah penting.

Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat dimanfaatkan untuk membayar biaya pengobatan sebelum meninggal, untuk pembayaran biaya akhir (biaya rumah duka dan penguburan), untuk pelunasan utang, perlindungan dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Selain itu, biaya asuransi atau premi asuransi jiwa lebih murah dibandingkan dengan premi asuransi untuk manfaat lainnya, seperti asuransi penyakit kritis atau asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, asuransi jiwa adalah asuransi yang harus Anda pikirkan pada saat Anda ingin merencanakan asuransi keluarga Anda.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah asuransi penyakit kritis.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, penyakit kritis adalah penyakit yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan dapat menyebabkan kematian.

Banyak sekali orang yang sampai menjual semua asetnya untuk membayar biaya penyakit kritis.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Biasanya asuransi kesehatan tidak dapat menanggung biaya sebesar itu atau jika dapat maka biaya premi asuransi kesehatan tersebut tidaklah murah.

Oleh karena itu, ada asuransi penyakit kritis yang dapat meringankan kerugian finansial yang timbul akibat penyakit kritis. Karena uang pertanggungan asuransi penyakit kritis hanya dapat diklaim pada saat mengalami penyakit kritis, maka biaya preminya pun lebih murah daripada asuransi kesehatan.

Anda harus mempertimbangkan asuransi penyakit kritis setelah merencanakan asuransi jiwa Anda.

 

#3 Asuransi Kesehatan

Setelah Anda memiliki asuransi jiwa dan asuransi penyakit kritis, asuransi kesehatan baru dapat menjadi salah satu perencanaan Anda.

Karena asuransi kesehatan mahal harganya dan hanya berhubungan dengan biaya yang terjadi di rumah sakit, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri dan keluarga sebagai pertimbangan untuk membeli asuransi kesehatan.

Hal itu harus Anda lakukan agar Anda dapat mengoptimalkan dana asuransi yang akan Anda anggarkan.

8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan?]

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti seberapa sering Anda dirawat di rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir, apakah Anda dapat mengelola dana asuransi kesehatan Anda sendiri dan lain sebagainya, dapat menjadi acuan dalam mengambil keputusan untuk merencanakan asuransi kesehatan.

Tetapi Anda juga dapat membeli asuransi kesehatan karena Anda ingin kenyamanan ketika Anda dirawat di rumah sakit.

Karena biasanya kebanyakan orang akan lebih cepat sembuh ketika mereka nyaman pada saat mereka dirawat di rumah sakit.

Ini dapat juga menjadi alasan Anda ketika Anda ingin membeli asuransi kesehatan.

 

#4 Asuransi Rumah

Asuransi yang juga Anda butuhkan ketika Anda sudah berkeluarga adalah asuransi rumah.

Setelah Anda selesai merencanakan asuransi untuk diri Anda sendiri, sekarang saatnya Anda mengasuransikan tempat tinggal Anda, yaitu rumah Anda.

Ketika risiko datang menimpa tempat tinggal Anda, Anda tidak terlalu khawatir dan terbeban untuk mencari tempat tinggal yang baru.

Kerugian finansial yang ada akan ditanggung oleh pihak asuransi. Bahkan, ada beberapa produk asuransi rumah dimana pihak asuransi menyediakan tempat tinggal sementara pada saat rumah Anda direnovasi kembali pada saat terjadi risiko.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#5 Asuransi Kendaraan

Asuransi terakhir yang harus direncanakan adalah asuransi kendaraan. Meskipun asuransi ini adalah asuransi yang letaknya paling terakhir tetapi bukan berarti asuransi ini tidaklah penting.

Anda juga harus benar-benar memikirkan dan merencanakan asuransi kendaraan Anda. Apalagi jika kendaraan Anda merupakan sarana transportasi utama bagi Anda untuk menjadi produktif dan mendapatkan penghasilan. Anda harus mengalokasikan dana Anda untuk membeli asuransi kendaraan.

Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakah Asuransi Mobil All Risk Selalu Lebih Untung Daripada Asuransi Mobil Total Lost Only?]

 

Memang sebenarnya jika diurutkan maka lebih penting Anda mengasuransikan diri Anda terlebih dahulu daripada aset Anda.

Jika diibaratkan seekor bebek bertelur emas, jauh lebih baik jika kita mengasuransikan bebek yang bertelur emas terlebih dahulu daripada mengasuransikan telur emasnya, karena bebek tersebut masih dapat terus bertelur emas selama masih hidup.

Sama seperti kita, selama kita masih dapat bekerja dan mencari penghasilan, maka aset apapun itu akan dapat kita miliki lagi.

Oleh karena itu rencanakan asuransi untuk diri Anda terlebih dahulu sebagai sumber pencari nafkah atau penghasilan.

 

Rencanakan Asuransi Untuk Keluarga Anda

Setelah Anda mengetahui pentingnya asuransi dan pentingnya menentukan prioritas dalam merencanakan asuransi keluarga Anda, saatnya Anda merencanakan dan menjalankannya.

Asuransi bukanlah sebuah beban untuk keluarga Anda tetapi asuransi adalah sebuah “payung” yang akan sangat berguna ketika “hujan” datang.

Selamat merencanakan asuransi keluarga Anda.

 

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang asuransi yang dibutuhkan oleh keluarga Anda? Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang asuransi yang dibutuhkan oleh keluarga?

Apakah Anda mempunyai teman atau rekan kerja yang juga membutuhkan informasi ini? Silahkan bagikan artikel ini kepada mereka.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan Keluarga 1 – https://goo.gl/ZZsWud
  • Asuransi Kesehatan Keluarga 2 – https://goo.gl/9KhePq

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment