8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau!

Bagaimana tips membeli asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga?

Jika berbicara mengenai asuransi, asuransi kesehatan masih merupakan salah satu asuransi yang paling sering menjadi pilihan masyarakat.

Tetapi asuransi kesehatan yang ada di masyarakat biasanya memiliki harga premi yang relatif lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa dan manfaat asuransi lainnya.

Jadi bagaimana caranya membeli asuransi kesehatan agar anggaran Anda efisien dan mendapatkan perlindungan yang optimal?

Jika Anda memang sedang ingin membeli asuransi kesehatan, mari kita simak 8 tips membeli asuransi kesehatan berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Memahami dan Membeli Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memang merupakan salah satu asuransi yang digemari banyak orang. Jarang sekali orang mempertimbangkan untuk membeli asuransi jiwa tanpa mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan.

Pada umumnya risiko sakit dan biaya rumah sakit yang relatif mahal adalah faktor-faktor mengapa masyarakat sering membeli asuransi kesehatan.

Tetapi banyak sekali orang yang membeli asuransi kesehatan karena penawaran yang luar biasa dari agen penjual asuransi, bukan karena orang tersebut paham dan mengetahui kebutuhannya akan asuransi kesehatan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tips untuk membeli asuransi kesehatan, tentunya Anda sudah memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan.

8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti seberapa sering Anda masuk ke rumah sakit, apakah Anda mempunyai riwayat penyakit keturunan, apakah Anda dapat mengelola dana asuransi kesehatan Anda sendiri.

Apakah kebutuhan asuransi jiwa dan sakit kritis Anda sudah terpenuhi adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli asuransi kesehatan.

Saya tidak akan membahas hal tersebut lebih dalam di artikel ini. Saya yakin Anda sudah mempertimbangan semua pertanyaan tersebut sehingga Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan.

 

8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan untuk Anda dan Keluarga

Berikut ini adalah tips membeli asuransi kesehatan, baik untuk Anda maupun keluarga Anda ketika Anda ingin membeli asuransi kesehatan.

 

#1 Belilah Sesuai Dengan Anggaran Anda

Tentu saja ini adalah hal yang paling penting, bahwa Anda harus membeli asuransi kesehatan sesuai dengan anggaran Anda. Ketika Anda membaca ini, mungkin Anda berpikir bahwa, semua orang pasti sudah tahu tentang hal ini.

Tetapi saya ingin mengajak Anda untuk memahami hal ini lebih dalam lagi.

Arti dari tips ini adalah Anda benar-benar melakukan anggaran untuk dana asuransi Anda, bukan memikirkannya setelah Anda ditawarkan harga premi dari agen penjual asuransi.

Konsultasi Bagaimana Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Pas Usia 30 an Punya 2 Anak dan Penghasilan Pas-Pasan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Berarti Andalah yang menentukan di harga premi berapa asuransi kesehatan Anda, setelah tentu saja Anda menganggarkan hal lainnya seperti menabung, berinvestasi dan lain sebagainya.

Hal ini penting agar Anda tidak menghabiskan seluruh dana Anda hanya karena penawaran asuransi kesehatan dari agen penjual kenalan Anda sangat menggiurkan. Tentukan dan beli asuransi kesehatan sesuai dengan anggaran.

 

#2 Tentukan Kenyamanan Anda

Ini adalah hal lain yang harus Anda tentukan terlebih dahulu. Perawatan seperti apa yang ingin Anda dapatkan? Semua orang ingin mendapatkan kenyamanan lebih tetapi belum tentu semua orang sanggup untuk membayar harganya.

Tentukan batas yang paling rendah yang dapat ditoleransi oleh Anda tentang kenyamanan.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Kamar kelas berapakah yang nyaman untuk Anda? Seberapa pentingkah untuk dapat dirawat di kamar VIP atau VVIP?

Jika Anda tidak masalah untuk dirawat di kamar kelas 2, ambillah asuransi kesehatan yang sesuai agar Anda tidak membayar premi lebih banyak daripada yang seharusnya sehingga uang Anda dapat Anda alokasikan ke tujuan keuangan lainnya.

 

#3 Manfaatkan Asuransi Kantor atau Asuransi BPJS

Jika Anda memiliki asuransi kantor, Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Anda harus mengetahuinya agar saat Anda membeli asuransi kesehatan, Anda dapat membeli asuransi kesehatan yang saling melengkapi dengan asuransi kantor Anda.

Sehingga dana yang Anda alokasikan untuk membayar sendiri premi asuransi kesehatan pribadi Anda efisien dan Anda tetap dapat memperoleh perlindungan yang optimal.

Apakah Biaya Pengobatan Kanker Ditanggung Oleh Perusahaan Asuransi Sepenuhnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pernah Lupa Akan 4 Hal Penting BPJS Kesehatan]

 

Jika Anda tidak keberatan dengan mengantre, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan pemerintah BPJS kelas 1, Anda dapat menghemat banyak pengeluaran biaya rumah sakit dengan adanya BPJS.

 

#4 Pilih Jenis Asuransi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada dua jenis asuransi yang dapat Anda pilih ketika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, antara lain asuransi kesehatan tradisional berjangka (term) atau asuransi kesehatan unitlink.

Asuransi kesehatan berjangka akan melindungi Anda untuk jangka waktu tertentu, kelebihannya adalah harga premi yang jauh lebih murah daripada asuransi unitlink.

Asuransi kesehatan unitlink merupakan manfaat tambahan dari manfaat dasar asuransi jiwa unitlink, oleh karena itu harga premi tentu lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa berjangka.

Anda harus memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#5 Pilih Asuransi Kesehatan Yang Dapat Melengkapi

Asuransi kesehatan berdasarkan cara klaimnya dibagi lagi menjadi dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimbursement.

Asuransi kesehatan cashless berarti saat masuk ke rumah sakit, Anda tidak perlu untuk membayar terlebih dahulu, pihak asuransi akan langsung menanggungnya. Anda hanya perlu membayar kelebihannya.

Tetapi sistem cashless membutuhkan kuitansi asli, sehingga Anda tidak dapat klaim ke asuransi lainnya lagi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Berbeda dengan asuransi kesehatan reimbursement. Sistem reimbursement berarti Anda harus membayarkan terlebih dahulu, baru Anda dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Sistem reimbursement biasanya dapat menggunakan fotokopi kuitansi yang dilegalisir oleh pihak rumah sakit, sehingga Anda tetap dapat mengklaimnya meskipun kuitansi aslinya sudah diambil untuk klaim ke perusahaan asuransi lainnya.

Jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan cashless yang cukup baik dan lengkap dalam melindungi Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan asuransi kesehatan reimbursement agar dapat saling melengkapi dengan asuransi kesehatan yang lainnya.

 

#6 Asuransi Kesehatan Unitlink Harus Dipisahkan Dari Manfaat Asuransi Lainnya

Jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan unitlink, akan jauh lebih baik jika Anda membelinya terpisah dari manfaat tambahan lainnya.

Mengapa? Karena Anda tidak memiliki lebih dari satu asuransi kesehatan dengan sistem cashless di satu perusahaan asuransi yang sama (tidak boleh memiliki lebih dari satu kartu kesehatan asuransi).

Ketika Anda ingin mendapatkan manfaat asuransi kesehatan yang lebih baik, maka Anda harus meng-upgrade manfaat asuransi kesehatan Anda.

Pahami 4 Alasan Dasar Mengapa Anda Perlu Asuransi Syariah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink]

 

Jika Anda memasukkan semua manfaat tambahan unitlink di dalam satu polis, maka akan sangat disayangkan karena semua manfaat tambahan di polis unitlink Anda semuanya disesuaikan ulang berdasarkan usia Anda pada saat ingin meng-upgrade manfaat tersebut.

 

#7 Memiliki Beberapa Polis Asuransi Kesehatan BUKAN Kesalahan

Ini adalah salah satu tips yang perlu Anda perhatikan. Masih banyak orang menganggap bahwa kita hanya perlu memilih satu buah polis asuransi. Padahal kenyataannya banyak orang yang memiliki polis asuransi lebih dari satu.

Anda tidak dapat membeli satu buah polis yang langsung memenuhi seluruh kebutuhan asuransi Anda dan keluarga, karena polis asuransi tersebut akan relatif mahal harganya, dan juga asuransi Anda akan terus berkembang seiring bertambahnya penghasilan dan kebutuhan Anda, sehingga Anda harus meng-upgrade asuransi Anda.

Begitu pula dengan asuransi kesehatan. Anda dapat memiliki beberapa polis asuransi kesehatan selama asuransi kesehatan tersebut saling melengkapi sehingga setiap ada risiko sakit penyakit, semua asuransi kesehatan Anda dapat dimanfaatkan.

 

#8 Bandingkan Asuransi Kesehatan Dari Beberapa Perusahaan

Ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, jangan terlalu cepat untuk memutuskan membeli sebuah produk.

Ambil waktu beberapa hari atau minggu untuk membandingkan produk asuransi kesehatan dari perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Cari asuransi kesehatan yang benar-benar Anda inginkan, sesuai dengan anggaran Anda dan dapat memenuhi kebutuhan Anda.

 

Beli Asuransi Kesehatan Dengan Perencanaan Yang Saksama

Dengan adanya tips membeli asuransi kesehatan, Anda harus dapat membeli asuransi kesehatan sesuai dengan perencanaan asuransi Anda yang sudah Anda pertimbangkan secara saksama.

Ketika Anda membelinya dengan pertimbangan dan pemahaman, serta melakukan tips membeli asuransi kesehatan, maka Anda dapat membeli asuransi kesehatan dengan menggunakan dana Anda secara efisien untuk manfaat yang optimal.

Selamat merencanakan asuransi kesehatan Anda!

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah Anda mendapatkan manfaat dan wawasan dari artikel ini? Apakah informasi di dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam membeli asuransi kesehatan?

Apakah Anda ingin membantu teman-teman atau rekan kerja Anda atau orang lain yang membutuhkan untuk mendapatkan informasi ini? Bagikan artikel ini kepada mereka!

 

Sumber Gambar:

  • Tips Membeli Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/CoHKfK
  • Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/f8kGxN

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download