8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu!

Calon bapak dan calon ibu, apakah Anda mau asuransi menjadi bermanfaat? Ada 8 tips membeli asuransi jiwa untuk calon bapak dan calon ibu.

Ketahui informasi selengkapnya dalam rubrik Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Perencanaan Asuransi Untuk Calon Bapak dan Calon Ibu

Apa yang ada di benak Anda ketika Anda akan menjadi seorang bapak atau seorang ibu? Pasti Anda akan memikirkan untuk memberikan yang terbaik bagi sang buah hati.

Salah satunya adalah dengan memberikan perlindungan yang terbaik bagi keluarga Anda jika terjadi suatu risiko yang tak terduga. Disinilah asuransi jiwa mengambil peran yang cukup penting di dalam keluarga.

8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Orangtua Perlu Beli Asuransi untuk Bayi Baru Lahir?]

 

Seperti yang sudah kita ketahui, hidup selalu dipenuhi dengan risiko yang tidak dapat kita duga. Kita sering berharap agar hidup selalu baik-baik saja, tetapi pada kenyataannya tidak demikian.

Seringkali risiko yang tidak terduga yang dapat mengakibatkan kerugian finansial datang dan kita harus menanggung kerugian tersebut.

Salah satu cara untuk meringankan kerugian finansial yang harus kita tanggung adalah dengan melakukan perencanaan asuransi, karena asuransi adalah membagikan risiko (risk sharing) atau mentransfer risiko (risk transferring).

Bagi para calon bapak dan calon ibu, perencanaan asuransi merupakan hal yang cukup penting untuk dipikirkan dan dilakukan.




Perencanaan asuransi yang biasanya harus terlebih dahulu dipertimbangkan adalah perencanaan asuransi jiwa, karena asuransi jiwa dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk meringankan kerugian finansial akibat risiko yang tak terduga.

 

8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu

Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk merencanakan dan membeli asuransi jiwa.

 

#1 Ketahui Tujuan Anda Membeli Asuransi Jiwa

Seperti yang sudah saya katakan, asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat bagi Anda. Manfaat asuransi jiwa tergantung dari tujuan Anda membeli asuransi jiwa.

Oleh karena itu, hal yang terpenting dalam membeli asuransi jiwa adalah Anda harus mengetahui tujuan Anda membeli asuransi jiwa. Apakah tujuan Anda untuk melindungi penghasilan Anda (sebagai pengganti penghasilan) atau untuk melindungi dana pendidikan anak atau untuk tujuan-tujuan lainnya.

Anda harus menentukan tujuan tersebut agar Anda dapat fokus kepada tujuan tersebut.

 

#2 Ketahui Besar Jumlah Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa Yang Anda Butuhkan

Salah satu hal penting lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menghitung besarnya uang pertanggungan asuransi jiwa yang ingin Anda beli.

Ini juga merupakan salah satu hal yang penting agar ketika Anda membeli asuransi jiwa, Anda membeli apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang ditawarkan.

Uang pertanggungan asuransi jiwa Anda besarnya tergantung dari tujuan asuransi jiwa yang telah Anda tentukan.

 

Untuk menghitung besarnya uang pertanggungan asuransi jiwa, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Contoh perhitungan uang pertanggungan dengan Aplikasi Finansialku.

8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Premi Asuransi Syariah Lebih Murah dan Lebih Aman daripada Asuransi Konvensional?]

 

Anda dapat memilih menu rekening keuangan lalu dana asuransi jiwa. Lalu Anda akan dihadapkan pada tampilan berikut ini.

8 Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Calon Ibu! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Pas? Usia 30 an Punya 2 Anak dan Penghasilan Pas-Pasan]

 

Langkah berikutnya Anda harus mengisi anggota keluarga yang sedang dalam tanggungan Anda, seperti pasangan Anda, ibu Anda atau anak Anda nantinya. Selanjutnya Anda mengisi pengeluaran bulanan.

Tingkat inflasi digunakan sebagai asumsi kenaikan biaya hidup atau pengeluaran bulanan Anda.

Estimasi hasil investasi digunakan sebagai asumsi hasil pengembalian, apabila nantinya uang pertanggungan tersebut diinvestasikan sambil digunakan untuk membiayai kebutuhan bulanan. Lalu Anda tinggal menghitungnya.

Hitunglah uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda butuhkan sebelum Anda membeli asuransi jiwa.

 

#3 Anggarkan Dana Untuk Asuransi Jiwa Sesuai Dengan Keuangan Anda

Setiap keluarga memiliki kapasitas keuangan yang berbeda-beda, artinya kemampuan keuangan keluarga yang satu dengan yang lainnya berbeda.

Salah satu tips membeli asuransi jiwa yang harus Anda lakukan berkaitan dengan hal tersebut adalah Anda harus menentukan atau menganggarkan seberapa besar premi asuransi jiwa yang dapat Anda bayarkan setiap bulannya atau setiap tahunnya untuk asuransi Anda.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda tidak disarankan untuk membeli di atas kemampuan Anda meskipun produk yang ditawarkan kepada Anda terlihat menjanjikan, karena asuransi jiwa adalah produk berjangka, yang jangka waktunya cukup lama.

Oleh karena itu, anggarkan dana untuk asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

 

#4 Beli Produk Yang Menjawab Kebutuhan Anda

Di masyarakat sekarang ini, banyak sekali produk asuransi jiwa yang ditawarkan. Terkadang bagi sebagian masyarakat akan membuatnya menjadi bingung.

Hal ini membuat mereka hanya melihat apa yang ditawarkan tanpa melihat apakah produk tersebut dapat menjawab kebutuhan mereka dan sesuai dengan tujuan perencanaan asuransi mereka atau tidak.

Apakah Penting Membeli Asuransi Ruko Berapa Uang Pertanggungan dan Preminya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi Jiwa Sesuai Dengan Kebutuhan Anda]

 

Tips membeli asuransi jiwa lainnya adalah Anda harus membeli produk yang dapat menjawab kebutuhan Anda.

Anda jangan terganggu dengan produk yang bagus atau tidak bagus, Anda harus fokus dengan kebutuhan Anda dan cari produk yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.

 

#5 Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Sebelum Membeli

Tips membeli asuransi jiwa satu ini cukup penting untuk dilakukan. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya dari tenaga penjual asuransi jiwa tersebut sebelum membeli.

Anda harus banyak bertanya hingga paham apa yang Anda beli. Apalagi jika produk asuransi jiwa adalah asuransi jiwa jenis unitlink. Ada banyak sekali fitur yang harus Anda ketahui disana.

Jika tenaga penjual Anda tidak dapat menjawab apa yang Anda tanyakan, Anda dapat mencari tenaga penjual atau orang lainnya untuk menjawab pertanyaan dan membuat Anda mengerti tentang produk yang akan Anda beli.

 

#6 Lihat Manfaat Asuransinya, Bukan Investasinya

Seiring berkembangnya produk asuransi jiwa, seperti asuransi jiwa unitlink belakangan ini, kebanyakan orang seringkali mulai mengalihkan manfaat produk asuransi sebagai instrumen investasi. Hal tersebut adalah hal yang kurang tepat untuk dilakukan.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Jika Anda ingin membeli asuransi jiwa, Anda harus fokus pada besarnya manfaat pertanggungan asuransi jiwa tersebut, jangan tergiur dengan janji investasi yang diberikan atau asumsi hasil investasinya.

Bagaimanapun juga, Anda membeli sebuah produk asuransi, bukan investasi.

 

#7 Beli Asuransi Jiwa Secara Bertahap

Jika kemampuan keuangan Anda belum dapat menjawab kebutuhan uang pertanggungan Anda, atau anggaran Anda belum dapat memenuhi seluruh premi yang dibutuhkan, tips membeli asuransi jiwa yang ini dapat membantu Anda.

Anda tidak perlu langsung membeli seluruh uang pertanggungan asuransi jiwa Anda seluruhnya, Anda dapat membelinya secara bertahap dan menambahnya nanti.

Ada banyak orang yang mempunyai polis asuransi jiwa lebih dari satu dan dari perusahaan yang berbeda-beda. Ketika risiko datang, semua asuransi jiwa itu tetap dapat diklaim dan memberikan uang pertanggungan kepada penerima manfaat yang ditunjuk di dalam polis asuransi jiwa.

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign) 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign)]

 

Manfaat yang harus Anda utamakan agar Anda dapat membeli asuransi jiwa secara bertahap adalah manfaat yang memberikan uang pertanggungan secara sekaligus atau lump sum, seperti manfaat meninggal atau sakit kritis atau kecelakaan, bukan manfaat kesehatan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Anda belum dapat memenuhi keseluruhan uang pertanggungan asuransi jiwa Anda, belilah asuransi jiwa Anda secara bertahap.

 

#8 Lakukan Review Terhadap Polis Asuransi Jiwa Anda

Ini adalah tips membeli asuransi jiwa yang terakhir.

Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya, ada lebih baik Anda melakukan review polis asuransi jiwa Anda sebelum Anda membeli yang baru lagi.

Dengan melakukan review, Anda mengetahui dimana posisi Anda sekarang ini dan berapa besar uang pertanggungan asuransi jiwa yang sudah Anda miliki sebelum Anda membeli lagi.




 

Rencanakan Asuransi Untuk Perlindungan Keluarga Anda

Memang asuransi jiwa merupakan hal yang cukup penting bagi Anda yang ingin menjadi bapak dan ibu, tetapi jangan lupa bahwa asuransi jiwa pun butuh perencanaan sehingga asuransi jiwa yang Anda miliki dapat secara efektif dan optimal memenuhi kebutuhan Anda.

Selamat merencanakan asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga Anda.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah rubrik kali ini menambah wawasan Anda, calon bapak dan calon ibu, pada saat Anda ingin merencanakan dan membeli asuransi jiwa? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda?

Jika rubrik kali ini bermanfaat untuk Anda, rubrik ini juga dapat bermanfaat untuk orang lain seperti teman-teman atau rekan kerja Anda. Bantu mereka untuk mendapatkan informasi ini dengan membagikan rubrik ini kepada mereka!

 

Sumber Gambar:

  • Tips Membeli Asuransi Jiwa untuk Calon Bapak dan Ibu – https://goo.gl/QC3CFu
  • Tips Membeli Asuransi Jiwa – https://goo.gl/8NMvsD

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download