7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign)

Apa yang terlintas di pikiran Anda sebagai karyawan mengenai asuransi jiwa untuk karyawan?

Apakah Anda sangat memperhatikan asuransi jiwa yang Anda miliki atau Anda hanya bergantung pada perusahaan Anda dalam memberikan asuransi jiwa?

Bagaimana jika Anda tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut, apakah asuransi jiwa Anda masih akan melindungi keluarga Anda?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Jiwa Sebagai Perlindungan Keluarga

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, tidak banyak karyawan yang mementingkan asuransi jiwa untuk karyawan yang mereka miliki sebagai karyawan. Sebagian besar karyawan hanya bergantung dan menerima begitu saja asuransi yang diberikan oleh perusahaan dimana mereka bekerja.

Mungkin Anda juga tidak begitu memperhatikan asuransi jiwa untuk karyawan yang diberikan oleh perusahaan Anda.

Tetapi, jika Anda sudah berkeluarga, akan lebih baik jika Anda memperhatikan asuransi jiwa apa yang Anda dapatkan dari perusahaan Anda, karena asuransi jiwa tersebut dapat melindungi keluarga Anda.

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi Jiwa Sesuai Dengan Kebutuhan Anda]

 

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi jiwa yaitu perlindungan terhadap kerugian finansial akibat risiko yang tidak terduga seperti meninggal dunia, kecelakaan, sakit kritis dan cacat tetap total.

Oleh karena itu, baik perusahaan Anda yang memberikan asuransi jiwa untuk karyawan ataupun Anda sendiri yang membeli asuransi jiwa, asuransi jiwa diperlukan sebagai perlindungan bagi Anda dan keluarga.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa

Jika memang Anda belum memiliki asuransi jiwa dan ingin memiliki asuransi jiwa, dibawah ini ada 7 tips untuk memilih asuransi jiwa.

 

#1 Hitung Dulu Kebutuhan Keluarga Anda

Salah satu yang terpenting dari memilih asuransi jiwa adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa kebutuhan Anda dan keluarga jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Anda dapat menghitung kebutuhan keluarga Anda dengan menghitung penghasilan atau pengeluaran bulanan Anda.

Kenapa pengeluaran bulanan? Karena jika terjadi risiko seperti meninggal dunia atau sakit kritis ataupun risiko lainnya, kebutuhan bulanan Anda dan keluarga tetap harus dipenuhi.

Dari penghasilan Anda, Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa Anda nantinya.

HRD Memahami Perjalanan Keuangan Karyawan Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

Anda dapat mengalikan dengan cara manual sebanyak jumlah tahun dimana Anda ingin uang pertanggungan asuransi membiayai kebutuhan keluarga Anda (tanpa menghitung inflasi atau tingkat pengembalian investasi yang ada).

Untuk lebih mudah, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku.com untuk menghitung berapa besar kebutuhan Asuransi Anda dan keluarga.

Contoh aplikasi perhitungan kebutuhan asuransi jiwa.

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Pasangan Muda Harus Memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Premi Rp500 Ribu Cukup?]

 

Anda dapat mengisi pengeluaran bulanan Anda, estimasi inflasi dan estimasi hasil investasi pada Aplikasi Finansialku.com.

Lalu, Anda akan mendapatkan hasil kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa Anda.

 


 

#2 Buat Anggaran Untuk Asuransi Anda

Asuransi jiwa memang penting, tetapi jika untuk membeli asuransi jiwa, membuat Anda kesulitan dengan cash flow atau arus kas keuangan keluarga Anda, tentu hal tersebut juga bukanlah hal yang baik.

Oleh karena itu, sebelum memilih asuransi jiwa, Anda harus terlebih dahulu membuat anggaran untuk asuransi Anda. Andalah yang menentukan seberapa besar Anda ingin membayar premi asuransi jiwa, tetapi tidak mengganggu cash flow Anda.

Setelah itu Anda dapat mencari produk asuransi jiwa berdasarkan anggaran Anda yang juga dapat mencukupi kebutuhan asuransi jiwa Anda dan keluarga.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Pahami Produk Asuransi Yang Ditawarkan Kepada Anda

Ada banyak sekali produk asuransi yang beredar di masyarakat. Mulai dari produk asuransi jiwa tradisional sampai dengan produk asuransi jiwa unitlink, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda harus dapat memilih produk yang sesuai dengan anggaran Anda dan dapat memenuhi kebutuhan asuransi jiwa keluarga Anda.

Para HR, Ketahui Kapan Karyawan Mulai Berinvestasi! Ayo Bantu Mereka! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Asuransi Jiwa di Sepanjang Usia]

 

Produk asuransi jiwa tradisional seperti asuransi jiwa berjangka lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan asuransi jiwa dwiguna (endowment) atau asuransi jiwa unitlink.

Jika Anda ditawarkan unitlink, Anda juga harus memahami apa saja manfaat dan fitur yang Anda dapatkan, serta biaya-biaya yang dibebankan kepada Anda.

 

#4 Utamakan Manfaat Yang Anda Dapatkan

Dalam membeli asuransi jiwa, yang terpenting adalah manfaat uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Karena ketika terjadi suatu risiko, uang pertanggungan yang akan membantu Anda dan keluarga Anda.

Manfaat uang pertanggungan di dalam asuransi jiwa memiliki nilai yang dijamin.

Oleh karena itu, meskipun ada beberapa produk asuransi jiwa yang memiliki tabungan ataupun investasi, tetap saja yang menjadi hal utamanya adalah manfaat yang dapat diberikan oleh asuransi jiwa tersebut pada saat risiko datang.

Anda harus mengutamakan manfaat yang dapat Anda peroleh pada saat memilih produk asuransi jiwa.

 

Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Bandingkan Beberapa Produk Asuransi Dari Perusahaan Yang Berbeda

Semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan manfaat membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan.

Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja.

Anda sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan asuransi lainnya dan membandingkan produk-produk asuransi mereka.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membandingkan produk asuransi antara lain premi yang harus dibayarkan, manfaat yang ditawarkan, prosedur klaim yang ada, dan fitur-fitur lainnya dari produk yang ditawarkan.

 

#6 Lihat Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asuransi adalah produk jangka panjang. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang kredibel.

Cara mudah untuk melihat kredibilitas perusahaan adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan dan proses klaimnya.

6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia]

 

Jangan tergiur dan cepat mempercayai premi murah yang ditawarkan dengan manfaat serta jenis perawatan yang lengkap.

Setiap perusahaan asuransi memiliki jenis perawatan dan premi yang berbeda-beda untuk nasabahnya dengan rincian pertanggungan yang berbeda-beda pula.

Semua informasi tercantum dalam proposal dan polis asuransi jiwa, jadi bacalah proposal serta polis asuransi jiwa Anda dengan teliti.

 


 

#7 Ketahui Syarat-Syarat Klaim Asuransinya

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mengetahui persyaratan klaim dari asuransi jiwa yang Anda pilih.

Karena asuransi hanya akan berguna jika pada saat terjadi risiko, Anda dapat mengklaim uang pertanggungan yang tertera di dalam polis asuransi jiwa Anda.

Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Anda setidaknya mengetahui sebagian dari persyaratan klaim yang harus dipenuhi agar klaim Anda berjalan dengan lancar.

Anda juga harus mengetahui pengecualian apa saja yang dapat membuat klaim Anda tidak diterima atau ditolak. Itu merupakan bagian dari persyaratan klaim yang harus Anda ketahui.

Para HRD 7 Alasan Pentingnya Dana Darurat untuk Karyawan di Perusahaan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Do’s and Don’ts Saat Membeli Asuransi Jiwa]

 

Pilih Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan Keluarga Anda

Asuransi jiwa untuk karyawan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan karyawan itu sendiri.

Jika Anda tidak ingin bergantung pada asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan, Anda harus dapat memilih sendiri asuransi jiwa Anda, sehingga meskipun Anda berhenti dari perusahaan Anda atau pindah ke perusahaan yang lebih baik, Anda tidak perlu khawatir akan perlindungan kepada keluarga Anda.

Semoga beberapa tips di atas membantu Anda untuk memilih asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga Anda!

 

Apakah Anda sudah memiliki asuransi jiwa? Bagaimana dengan pengalaman Anda? Apakah ada tips lain yang dapat Anda bagikan?

Jika artikel ini menambah wawasan Anda dalam memilih asuransi jiwa, bantu sebarkan artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Herman Yudiono. 2017. 10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/tBm85B

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Jiwa Untuk Karyawan – https://goo.gl/BKT7vm
  • Asuransi Jiwa – https://goo.gl/r75F94

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-10-06T12:45:47+00:00 October 3rd, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Jiwa|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download