Investasi bisa dilakukan oleh fresh graduate juga lho, tidak hanya melulu untuk orang yang sudah berpenghasilan mapan. Apa jenis investasi yang cocok untuk fresh graduate?

Yuk ketahui jenis investasi yang cocok untuk fresh graduate dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Investasi yang Cocok untuk Fresh Graduate

Fresh graduate merupakan masa transisi dari mahasiswa yang masih menerima uang jajan menjadi pekerja yang memiliki penghasilan sendiri.

Oleh karena itu, cara mengatur keuangan mahasiswa ke fresh graduate tentu saja bisa berbeda.

Di masa-masa baru bekerja ini, biasanya banyak keinginan yang ingin dicapai seperti ingin membeli gadget baru, ingin liburan, dan lain-lain.

Selain itu, semakin gencarnya investasi di era digital ini membuat para fresh graduate tertarik untuk memulai investasi.

Namun, jenis investasi apa yang sebenarnya cocok untuk fresh graduate? Untuk investasi yang tepat sebenarnya tergantung dari tujuan keuangan kamu.

Selain itu, seberapa cepat kamu ingin mencapai tujuan keuangan tersebut juga mempengaruhi pemilihan instrumen investasi. Ada banyak instrument investasi, salah satunya adalah reksa dana.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui cara memilih reksa dana yang tepat, kamu bisa mendengarkannya secara gratis melalui audiobook di bawah ini.banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

Misalnya A mau pergi ke Surabaya, sedangkan B mau pergi ke Depok. Walaupun A dan B berangkat dari tempat yang sama, yaitu Jakarta namun tentunya kendaraan yang digunakan oleh A dan B bisa berbeda.

Dimana A disarankan naik pesawat karena ingin ke Surabaya dalam waktu singkat, sedangkan B bisa dengan naik mobil saja sudah cukup.

Begitu juga dalam strategi investasi dan pemilihan jenis investasi, kamu harus mengetahui tujuan keuangan yang jelas dan detail. Apa tujuan keuangan kamu, berapa target dana yang kamu butuhkan, serta jangka waktu untuk mencapainya.

[Baca Juga: Panduan Keuangan Untuk Fresh Graduate]

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi

Agar kamu tidak salah langkah dalam memulai investasi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai investasi.

 

#1 Jangan FOMO (Fear Of Missing Out)

Ketika kamu ingin memulai investasi sebaiknya jangan FOMO/takut ketinggalan atau hanya sekedar ikut-ikutan saja. Karena sebenarnya investasi itu bukan untuk gaya-gayaan atau sekedar ikut-ikutan aja ya.

 

#2 Memiliki Tujuan Keuangan

Investasi merupakan kendaraan yang membantu untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Jadi,  sebelum kamu mulai berinvestasi sebaiknya kamu sudah memiliki tujuan keuangan ya.

Kalau kamu masih bingung untuk menentukan tujuan keuangan, kamu bisa mengambil waktu sebentar untuk memikirkan tujuan keuangannya.

[Baca Juga: Mindset Keuangan Agar Sukses Meraih Tujuan Keuangan]

Misalnya, untuk menyiapkan dana pernikahan, menyiapkan modal bisnis, naik haji, ataupun tujuan keuangan lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan kapan kamu akan merealisasikan tujuan tersebut.

Setelah itu, kamu bisa konsultasi langsung ke perencana keuangan Finansialku untuk menentukan jenis instrumen investasi yang tepat sesuai dengan tujuan keuangan dan kondisi keuangan kamu.

 

#3 Memenuhi Keamanan Keuangan

Sebelum kamu memulai investasi, kamu perlu untuk memenuhi keamanan keuangan dulu ya. Keamanan keuangan meliputi manajemen arus kas keuangan kamu, dana darurat, serta asuransi.

[Baca Juga: Apakah Perlu Asuransi Kesehatan Untuk Fresh Graduate?]

Arus kas kamu harus positif ya, jadi pastikan pemasukan kamu lebih besar dari pengeluaran kamu ya. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dana untuk kondisi yang tak terduga atau mendesak seperti dana darurat.

Kalau kamu masih single dan belum ada tanggungan, maka kamu bisa menyiapkan dana darurat sebesar 6 x pengeluaran bulanan kamu.

Untuk instrumen yang dipilih untuk menempatkan dana darurat harus aman, likuid/mudah dicairkan, dan mudah diakses ya.

Beberapa instrumen yang bisa kamu pertimbangkan untuk menempatkan dana darurat adalah tabungan bank, reksa dana pasar uang, emas, atau deposito.

Setelah keamanan keuangan kamu sudah terpenuhi, maka kamu bisa lanjut ke fase selanjutnya yaitu kenyamanan keuangan.

Pada fase kenyamanan keuangan, kamu melakukan kegiatan investasi untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Jenis Investasi Apa Yang Cocok Untuk Fresh Graduate - 02 - FInansialku

Investasi. Sumber: https://bit.ly/2TZPwpZ

 

#4 Memiliki Pengetahuan Tentang Investasi

Sebelum kamu masuk ke instrumen investasi yang akan kamu investasikan, maka sebaiknya kamu menambah wawasan dan pengetahuan tentang investasi tersebut terlebih dahulu ya.

Kamu perlu mengetahui cara kerja investasinya, risikonya, dan lain-lain.  

Sekarang juga sudah ada berbagai cara untuk bisa menambah pengetahuan tentang investasi. Salah satunya adalah melalui aplikasi Finansialku.

Kamu bisa belajar sendiri mengenai investasi dari materi yang ada di aplikasi Finansialku seperti e-book, artikel, video, audiobook, dan podcast.

Ada berbagai topik tentang investasi, mulai dari memahami konsep investasi, cara memulai investasi, mengenal jenis-jenis instrumen investasi, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa memilih topik sesuai dengan preferensi belajar kamu ya.  

Apalagi kalau kamu memiliki akun premium, maka kamu bisa download materi-materi tersebut tanpa batas. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi melalui chat dengan perencana keuangan yang bersertifikasi CFP di Finansialku.

Salah satu instrumen investasi yang cocok untuk pemula adalah reksa dana. Apa itu reksa dana?

Reksa dana adalah wadah kumpulan dana investor yang dikelola oleh Manajer Investasi ke berbagai instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi, dan saham. Reksa dana ini cocok untuk fresh graduate karena dikelola oleh profesional, yaitu Manajer Investasi.

 

Selain itu, reksa dana juga memiliki berbagai jenis yang memiliki tingkat risiko dan tingkat imbal hasil yang berbeda. Pada umumnya ada 4 jenis reksa dana yaitu, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

[Baca Juga: Kira-Kira Kamu Investor Seperti Apa? Cek Yuk]

Reksa dana yang paling rendah risiko adalah reksa dana pasar uang. Kamu bisa menggunakan reksa dana sebagai salah satu instrumen investasi untuk mencapai tujuan keuangan kamu ya.

Jika kamu ingin mengetahui tentang reksa dana lebih dalam, kamu bisa ikut Group Belajar Reksa Dana Finansialku. Setiap bulannya akan ada webinar reksa dana yang dapat menambah pengetahuan kamu seputar investasi reksa dana.

Kamu bisa langsung gabung komunitasnya dengan klik tombol di bawah ini ya.

komunitas reksa dana

Join Sekarang

 

Investasi Sesuai dengan Tujuan Keuangan

Jadi, jenis investasi yang cocok disesuaikan dengan tujuan kamu ya. Seberapa cepat kamu ingin mencapai tujuan kamu juga akan mempengaruhi instrumen investasi yang cocok.

Jangan berinvestasi hanya karena ikut-ikutan atau FOMO ya. Sebelum memulai investasi, kamu juga bisa menambah pengetahuan kamu tentang investasi terlebih dahulu.

Jika masih bingung pilih instrumen investasi yang cocok untuk tujuan keuangan kamu, kamu bisa konsultasi dengan perencana keuangan di aplikasi Finansialku ya.

Selain dapat digunakan untuk konsultasi keuangan, aplikasi Finansialku juga bisa kamu pakai untuk melakukan financial check up untuk mengetahui kesehatan keuanganmu lho!

Kalau dirasa tidak tahu harus mulai dari mana, Sobat Finansialku bisa mulai melakukan Financial Check Up untuk mengetahui kondisi keuangan teman-teman yang sebenarnya lewat aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store .

Setelah mendapatkan hasilnya, teman-teman bisa melakukan konsultasi langsung bersama saya di mana pun dan kapan pun secara EKSKLUSIF lewat fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi yang sama, lho!

Untuk bisa menikmati fitur ini, teman-teman hanya perlu berlangganan akun premium Rp 350 ribu untuk 365 hari alias SATU TAHUN PENUH! Ini sama dengan Sobat Finansialku membayar seribu per hari. Murah, ‘kan? Jadi, yuk, unduh aplikasinya dan konsultasi bersama saya sekarang!

Jadi, apakah kamu sudah memiliki tujuan keuangan? Apa tujuan keuangan kamu? Yuk share di kolom komentar yang telah tersedia. Kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan kamu yang masih bingung dalam memilih jenis investasi yang cocok. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Editor: Maria Christianti

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Fresh Graduate 01 – https://bit.ly/35oIeyA