Jenius merupakan tabungan yang  diliris oleh BTPN. Tabungan ini dinilai dapat memenuhi segala macam transaksi. Mau tahu lebih lanjut?

Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Tabungan Jenius BTPN?

Tabungan Jenius merupakan tabungan digital yang dirilis oleh BTPN. Secara sekilas, kamu bisa melihat persamaannya dengan e-money. Namun, tabungan jenius tetap memiliki kartu fisik seperti layaknya kartu debit.

Tujuan diciptakannya, yaitu untuk mengatur life finance kamu. Dengan memakai Jenius, kamu memiliki kendali penuh untuk mengatur keuangan hanya dengan menggunakan smartphone.

 

(Review 2019) Jenius BTPN, Kartu Debit Kaum Milenial 02

[Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Kartu ATM Tertelan]

 

Kamu bisa menabung dan bertransaksi hanya lewat sebuah aplikasi. Sangat kekinian dan pas untuk masyarakat urban.

Memang, tabungan digital dinilai canggih dan modern. Namun, segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi, jika tertarik untuk memiliki tabungan digital Jenius, kamu harus mengetahuinya baik-baik.

 

Kelebihan Tabungan Jenius

Berikut ini kelebihan tabungan Jenius yang bisa menguntungkanmu sebagai pengguna:

Jika kamu sudah memiliki tabungan digital Jenius, kamu akan mendapat tiga jenis tabungan di rekeningmu. Biasanya satu rekening hanya ada satu untuk menabung uang saja kan? Nah, Jenius BTPN berbeda.

Kamu akan memiliki 3 jenis tabungan, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing. Flexi Saver bisa digunakan untuk menyimpan dana-mu.

Dengan bunga 4% setiap tahunnya, kamu pun bisa melakukan transaksi pembayaran apapun termasuk di marketplace.

Dream Saver dapat membantumu untuk mewujudkan tujuan keuanganmu. Seperti namanya, Dream (mimpi). Jika kamu berencana berlibur ke suatu tempat yang kamu idamkan atau membeli barang, tabungan Dream Saver ini dapat berguna.

Sistem autodebet berlaku di sini. Tiap bulan dana akan diautodebet sesuai dengan komitmen yang dibuat di awal saat membuat tabungan. Bagaimana jika kamu butuh uangnya atau berubah rencana? Jangan khawatir.

Kamu bisa mengambil tabunganmu dari fitur Dream Saver ini. Bahkan, kamu bisa menariknya sebelum rencana atau cita-citamu tercapai.

Sedangkan Maxi Saver sama dengan deposito. Tabungan ini bisa kamu buka dengan minimal setoran Rp10 juta. Keuntungan bunga yang diberikan pun lumayan yaitu sebesar 6,25% per tahun.

Transaksi jual beli online cukup marak dilakukan. Kamu pun perlu memiliki kartu debit atau kredit untuk bisa bertransaksi. Kebanyakan membutuhkan kartu berlogo Visa. Dengan Jenius BTPN, kamu pun bisa bertransaksi.

Jenis kartu Jenius BTPN sudah berlogo Visa.

Jadi, jangan khawatir jika kamu butuh bertransaksi online. Jenius memfasilitasi transaksi apapun yang dilakukan secara online.

Biasanya, kita diharuskan untuk memberikan setoran awal untuk membuka tabungan. Namun, tidak begitu dengan Jenius BTPN. Kamu tidak perlu memberikan setoran awal. Ini dinilai sangat memudahkan.

Selain itu, jika mengajak teman untuk membuka tabungan ini, kamu bisa mendapatkan bonus. Bonus ini akan ditambahkan ke saldo tabungan Jenius kamu. Hmm, boleh juga tuh.

Ketika membuka tabungan, kamu perlu memperhatikan biaya lain-lain, seperti biaya pemotongan per transaksi atau biaya administrasi bulanan.

Untuk tabungan Jenius, BTPN memberikan tarif yang kompetitif.

Memiliki tabungan Jenius memang menguntungkan. Salah satunya nasabah bisa mendapatkan bunga yang setara deposito, lho! Padahal, ini tabungan. Bunga yang didapat sampai 5% per tahun.

E-wallet mulai marak dalam lima tahun belakangan ini. Mulai dari Gopay, OVO, E-money, dan sebagainya. E-wallet digandrungi kaum milenial yang sangat menjunjung tinggi kepraktisan. Membayar sesuatu hanya perlu bermodalkan smartphone.

Mengeluarkan dompet dan mencari uang cash dinilai ribet. Dengan e-wallet semuanya menjadi praktis. Dengan Jenius BTPN, top up saldo e-wallet menjadi lebih mudah. Pasalnya, tabungan digital semacam Jenius mendukung sekali uang digital.

 

Kekurangan Tabungan Jenius

Di samping kelebihannya, tabungan ini memiliki kekurangannya tersendiri, yaitu:

 

#1 Keterbatasan Jangkauan

Pengguna tabungan digital ini masih belum merata di seluruh Indonesia. Hanya ada di beberapa kota besar saja. Sebetulnya, pendaftaran pembukaan tabungan ini dapat dilakukan secara online.

Namun, kamu tetap harus mengaktivasinya. Artinya, kamu harus mengunjungi BTPN terdekat. Sedangkan lokasi kantor cabang BTPN masih terbatas.

 

#2 Kartu Tidak Terlalu Fleksibel

Selain melakukan aktivasi, kamu juga harus mendatangi kantor cabang BTPN untuk mendapatkan kartu fisik.

Nomor yang ada di kartu fisik tidak bisa diganti. Jika hal ini terjadi, akan membutuhkan waktu lama.

Dilihat dari dua kekurangan di atas, tabungan ini hanya ditujukan untuk masyarakat yang berada di kota besar. Kehidupan urban menuntut segalanya untuk cepat. Walaupun begitu, tak dipungkiri lagi, Jenius perlu memperbaiki kekurangannya supaya pelayanannya bisa merata di seluruh Indonesia.

 

Apa Tabungan Jenius BTPN Bisa Menjadi Pilihan?

Memang, segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Jenius BTPN pun memiliki kekurangannya sendiri seperti yang disebutkan di atas. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa zaman sekarang membutuhkan hal yang serba digital. Hal ini untuk memberikan kemudahan.

Tabungan digital pun bisa mengurangi tindak kriminalitas yang biasa terjadi jika kita memiliki kartu fisik.

(Review 2019) Jenius BTPN, Kartu Debit Kaum Milenial 03

[Baca Juga: Internet Banking: Pengertian, Manfaat, dan Keuntungannya]

 

Kamu tak perlu repot mencari uang pas atau menerima uang kembalian recehan yang memberatkan dompetmu.

Beberapa fitur yang dimiliki Jenius BTPN dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Hanya satu akun, kamu bisa memiliki 3 jenis fitur sekaligus.

Ini membuat Jenius termasuk tabungan yang simple, praktis, dan multifungsi. Pasalnya, kamu hanya perlu mengingat satu password saja untuk log in. Bisa menghemat space otakmu juga, sih.

Selain itu, BTPN pun menawarkan promo-promo menarik. Biasanya diadakan setiap hari Senin. Ini akan membuat haru Senin-mu cerah ceria kan?

Secara garis besar, Tabungan BTPN ini sangat direkomendasikan untuk masyarakat urban.

Praktis dan mudah, itulah salah satu daya tariknya. Masyarakat urban masa kini memang membutuhkan sesuatu yang cepat dan dapat menghemat waktu dan tenaga. Hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa bertransaksi. Cocok untuk digunakan siapa saja dan oleh berbagai umur.

Kamu sudah mengetahui ulasan produk tabungan BTPN. Tabungan digital ini memang cocok bagi kaum milenial di zaman yang menuntut segala sesuatu berjalan dengan cepat.

 

Apa kamu sudah memiliki tabungan Jenius BTPN? Jika ya, jangan sungkan untuk memberikan penilaianmu mengenai tabungan digital yang satu ini di kolom komentar, ya.

 

Sumber Gambar:

  • BTPN 1 – http://bit.ly/2t95Vey
  • BTPN 2 – http://bit.ly/2Qqu87Y
  • BTPN 3 – https://bit.ly/2SUgWLC