Hampir semua kegiatan yang dulunya dilakukan secara offline, kini dapat lebih mudah dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, laptop, tablet, maupun ponsel. Dalam hal perbankan pun, kini nasabah dapat melakukan kegiatan transaksinya dengan internet banking. Sebetulnya, apa itu internet banking? Bagaimana cara kerjanya? Yuk simak pembahasan berikut.

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memahami Internet Banking

Internet banking adalah suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan. Aktivitas transaksinya dapat dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan jaringan internet.

Fasilitas internet banking pertama kali digunakan oleh salah satu bank di Dunia yaitu Security First Network Bank.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak bank-bank Indonesia yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Niaga, dan bank lainnya.

Internet banking juga terkadang dikenal dengan istilah Electronic Banking atau E-Banking. Selain kedua istilah tersebut, internet banking juga disebut sebagai Virtual Banking, Cyber Banking, Online Banking dan Home Banking.

Mobile Banking internet banking

[Baca Juga: Transaksi Elektronik dari ATM, sampai Mobile Banking]

Proses penggunaannya relatif sangat mudah, cukup dengan mengunjungi situs bank tersebut untuk melakukan transaksi perbankan.

Transaksi yang bisa dilakukan melalui internet banking pun bermacam-macam, dimulai dari cek saldo, transfer dana, mutasi rekening, hingga keperluan rumah tangga seperti membayar tagihan telepon dan tagihan listrik.

 

Mendaftar Internet Banking

Untuk dapat menikmati manfaat dan keuntungannya, pertama kita harus mendaftar internet banking baik melalui ATM maupun langsung melalui bank yang bersangkutan.

Untuk mendaftar di mesin ATM pun, Anda hanya perlu memasukkan kartu debit di mesin ATM lalu input pin, buka menu pilihan internet banking dan mendaftar sesuai dengan panduan yang ada.

Setelah selesai mendaftar, proses selanjutnya adalah aktivasi internet banking melalui login ke situs bank yang bersangkutan, dan tinggal mengikuti panduan yang ada di situs tersebut.

Hingga tahap ini, status Anda masih hanya sebatas cek transaksi.

Bila Anda ingin agar bisa melakukan transaksi perbankan, Anda bisa datang ke customer service untuk mendapatkan token atau One Time Password (OTP).

Bagi pengguna token, maka proses transaksi menggunakan alat ini sangat mudah, yaitu kunjungi situs bank kemudian pilih layanan Internet banking.

Anda bisa masukkan user ID dan password, pilih menu yang diinginkan dan ikuti saja perintah sesuai dengan yang tertera di menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya.

Ketika Anda sudah selesai bertransaksi, maka Anda akan menerima email dari bank terkait mengenai transaksi yang dilakukan, sekaligus menjadi salah satu pemberitahuan bahwa bukti transaksi berhasil.

atm internet banking

[Baca Juga: Cara Pakai Mesin ATM dan Biayanya]

 

Manfaat dan Keuntungan Internet Banking

Fasilitas internet banking memiliki berbagai keuntungan bagi nasabah sebuah bank.

Pada awalnya, fasilitas ini memang disediakan oleh bank dengan tujuan memudahkan nasabah maupun pihak bank dalam melakukan transaksi perbankan.

Keuntungannya yang paling utama adalah kita sebagai tidak perlu keluar rumah pergi ke bank atau ATM untuk bertransaksi, kecuali tarik tunai.

Dengan menggunakan jaringan internet, nasabah dapat melakukan berbagai transaksinya. Dengan demikian, nasabah diuntungkan dalam hal waktu dan biaya.

Dalam hal ini, terutama bagi nasabah yang selalu melakukan transaksi perbankan dalam bisnis.

Nasabah pun dapat melakukan transaksi dengan cepat di mana saja dan kapan saja asalkan ada jaringan internet.

Selain membawa manfaat bagi nasabah, internet banking juga memberikan manfaat bagi pihak bank yang mengoperasikannya.

Dengan mengoperasikan fasilitas tersebut, bank terbantu dalam hal pengurangan biaya operasional.

Keuntungan lainnya bagi bank, dengan adanya fasilitas ini akan menggiring nasabah-nasabah baru yang memang membutuhkan fasilitas ini.

Nasabah bisa melakukan beberapa transaksi perbankan melalui fasilitas internet banking. Berikut adalah keuntungan-keuntungan menggunakan internet banking bagi nasabah.

 

#1 Melakukan Transfer Uang Non Tunai

Dengan menggunakan internet banking, kita sebagai nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transfer uang.

Nasabah cukup login ke situs bank yang bersangkutan, memasukkan rekening tujuan serta nominal rupiah atau dolar yang akan ditransfer, lalu dalam hitungan menit bahkan detik, dengan cepat uang akan berpindah ke rekening yang dituju.

online banking internet banking

[Baca Juga: Transaksi Aplikasi Finansialku]

 

#2 Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

Jika ingin melihat saldo rekening, nasabah tidak perlu lagi pergi ke ATM terdekat, cukup dengan memanfaatkan fasilitas dalam internet banking, maka nasabah bisa mengecek saldo kapan pun di mana pun dengan laptop, tablet, atau gadget lainnya, plus koneksi internet.

Di internet banking pun, nasabah bisa melihat data transaksi keuangan (mutasi rekening) dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir

 

#3 Membayar Tagihan Bulanan

Dengan internet banking, kini pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlangganan, bahkan pajak bisa dilakukan tanpa harus datang ke tempat pembayaran seperti biasa.

Tentunya tempat pembayaran tersebut harus terdaftar dan terhubung dengan bank.

Pembayaran bulanan ini bisa di-setting sesuai keperluan dan kebutuhan, sehingga pada waktu jatuh tempo pembayaran akan debit otomatis saldo Anda.

 

#4 Isi Ulang Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik untuk ponsel, modem, atau listrik juga dapat Anda beli dengan mudah dengan layanan internet banking.

Pembelian pulsa elektrik ini juga sudah didukung oleh kebanyakan operator seluler di Indonesia.

Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke outlet atau ke toko pulsa lagi untuk mengisi ulang pulsa elektrik. Harganya pun relatif lebih murah.

Biasanya minimal pembelian adalah Rp25.000 untuk pulsa elektrik.

 

#5 Pembayaran e-Commerce

Jika berminat ingin membeli tiket pesawat, hotel, barang barang elektronik, buku, aksesoris, baju, games, dan pembayaran lain-lain, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan internet banking.

Pembayaran bisa dilakukan ke pihak-pihak e-commerce yang sudah bekerja sama dengan pihak bank. Daftarnya bisa dilihat di akun Anda.

Jika biasanya Anda membeli tiket pesawat di bandara, atau agen travel terdekat, maka tentunya dengan internet banking hal ini akan jauh lebih mudah.

 

#6 Informasi Kartu Kredit

Informasi tagihan kartu kredit, Informasi saldo, data transaksi dan informasi lain-lain juga bisa dilihat di internet banking.

Kartu kredit di sini tentunya kartu kredit yang diterbitkan oleh pihak bank. Anda bisa menanyakan ke customer service pihak bank Anda untuk lebih jelasnya.

bunga kartu kredit

[Baca Juga: Horee.. Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 2,25%, Namun Jangan Lakukan 8 Kesalahan Ini]

 

#7 Melihat Informasi Kurs

Nilai jual beli mata uang atau kurs bisa Anda lihat di situs resmi internet banking pada bank Anda, informasi kurs yang disajikan selalu up to date, sehingga Anda bisa melihat jatuh naiknya mata uang mata uang terhadap Rupiah seperti:

  • Dolar Amerika (USD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Euro (EUR)
  • Yen Jepang (JPY)
  • Dolar Hong Kong (HKD)
  • dan mata uang lainnya

 

#8 Mengetahui Program Bank

Bank selalu menginformasikan kepada nasabahnya jika ada program program baru, seperti investasi, angsuran pinjaman, deposito, dan program lainnya.

Hal ini bisa Anda ketahui melalui situs resmi atau situs internet banking bank Anda.

 

Kelemahan Internet Banking

Selain berbagai kelebihan di atas, internet banking juga memiliki kelemahan.

Kelemahan-kelemahannya ini dapat ditemui bila Anda sebagai nasabah kurang waspada, atau mempunyai kesibukan yang mengharuskan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat.

 

#1 Adanya Kejahatan Cyber oleh Hacker

Kelemahan utama dari internet banking ini terutama bila nasabah kurang waspada. Nasabah dan Bank sangat perlu waspada atas risiko pencurian data nasabah oleh hacker yang bisa menyusup ke dalam sistem pengaman.

Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Pencurian data bisa melalui teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah.

Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosedur penggunaan internet banking sehingga keamanan dana lebih terjamin, sedangkan dari pihak bank juga perlu rajin melakukan pengawasan terhadap transaksi perbankan nasabahnya.

hacker internet banking

[Baca Juga: Apakah Aman Transaksi Keuangan melalui Aplikasi Pembayaran Online?]

Jika akses internet nasabah tergolong murah dan lancar, memang disarankan memakai internet banking untuk menghemat biaya.

Namun, perangkat komputer atau gadget harus tertanam antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking.

Dan yang penting juga, hindari penggunaannya di layanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

 

#2 Ketidaknyamanan Bagi Nasabah Dengan Mobilitas Tinggi

Untuk beberapa daerah tidak semua orang memiliki komputer, laptop, dan koneksi internet yang bagus. Selain itu, internet banking juga dirasa tidak praktis bagi orang yang memiliki kegiatan berpindah secara cepat.

Saat ini, memang semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan mudah.

Namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengakses internet banking melalui smartphone.

Yang jelas tentunya tidak akan senyaman saat menggunakan laptop atau komputer.

 

Tips Menggunakan Internet Banking

Internet banking memang memberikan banyak kemudahan kepada kita melalui internet.

Namun disisi lain, seperti yang kita ketahui tidak menutup adanya kemungkinan tindakan tindakan kejahatan cyber yang merugikan nasabah dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu kejahatan cyber ini adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker.

Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan internet banking ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet.

Fasilitas bank yang satu ini memang memudahkan urusan kita, namun pergunakanlah secara bijak dan berhati-hati.

Untuk menghindari hal-hal yang merugikan tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda.

Berikut ini sedikit tips untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi via internet banking:

  1. Pastikan Anda mengunjungi situs resmi bank Anda saat transaksi perbankan. Jangan terkecoh dengan situs situs palsu yang mengatasnamakan bank.
  2. Jangan pernah sesekali menginformasikan username dan PIN atau Password internet banking Anda, gantilah PIN secara berkala.
  3. Hapus rekaman history pada komputer setelah melakukan transaksi perbankan, terutama jika Anda mengakses melalui komputer umum seperti warnet, kantor, wifi, dan lain-lain.
  4. Jangan sesekali meminjamkan atau memindah tangankan atau memberitahukan PIN Token akses kepada pihak manapun. Hal ini untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab. PIN Token ini sebaiknya digunakan hanya pada saat transfer, pembayaran, dan pembelian saja.
  5. Pastikan komputer atau gadget yang Anda gunakan untuk mengakses internet banking terbebas dari Virus/Worm, Trojan, Spyware, Malware, maupun Bot (robot).
  6. Segera melapor kepada pihak bank bila Anda mendapati ada yang tidak wajar pada Akun Anda.

aman internet banking

[Baca Juga: Trick Mengamankan Online Password]

Khusus untuk penggunaan PIN atau Password, gantilah secara berkala.

Hal ini sebetulnya berlaku untuk semua akun internet, namun karena internet banking berkaitan dengan uang, maka Anda harus lebih ekstra waspada.

Beberapa bank mewajibkan nasabahnya untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka dalam membuat password sehingga benar-benar susah diterobos hacker dengan teknik enkripsi data sekalipun.

Hal ini sudah cukup membantu untuk mengamankan akun Anda.

 

Langkah Bila Lupa Password Internet Banking

Kombinasi huruf dan angka ini pun juga memiliki kekurangan, yaitu bila Anda lupa karena rumitnya password tersebut.

Hal yang harus Anda lakukan ketika lupa password adalah menghubungi pihak bank untuk melakukan reset password.

Jika memungkinkan segera kunjungi kantor bank terdekat atau bisa juga melakukan pergantian lewat call center.

Beberapa bank juga telah menyediakan layanan customer service 24 jam via telepon, sehingga Anda pun bisa mengadu melalui call center.

Hanya saja perlu diingat, petugas bank seharusnya tidak akan pernah menanyakan langsung password Anda. Jadi, ketika mereka menanyakan password, Anda tidak perlu menjawabnya.

Waspadalah, Ini Celah-Celah Penipuan Perbankan yang Dapat Merugikan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Waspadalah, Ini Celah-Celah Penipuan Perbankan yang Dapat Merugikan]

 

Bertransaksi Dengan Internet Banking

Dengan memahami keuntungan internet banking di atas, maka Anda dapat mengoptimalkan penggunaannya. Layanan pun semakin mudah, aman, dan nyaman saat digunakan.

Selain itu, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar keamanan akun internet banking Anda tetap terjaga. Anda sendiri sebagai nasabah perlu untuk menjaga kewaspadaan

Perlu diketahui bahwa tidak semua fitur keuntungan yang disebutkan di atas sama persis antara satu bank dengan bank lainnya, namun fitur tersebut sudah dimiliki oleh beberapa bank di Indonesia.

Sudahkah Anda mempunyai fasilitas internet banking? Mari ceritakan pendapat Anda mengenai kelebihan dan tingkat keamanan fasilitas ini dengan menulis komentar di kolom berikut. Terima kasih.

Sumber Referensi:

  • BerbagiInfo4U. 2014. Keuntungan Internet banking Bagi Nasabah Bank. https://goo.gl/cttqr1
  • Mandalamaya. 2014. Pengertian Internet banking. https://goo.gl/pNhGJR
  • Rizki Abadi. 2015. Internet banking: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya. Cermati.com -https://goo.gl/ff1YyZ

Sumber Gambar:

  • Hand on Computer – https://goo.gl/ncfTZM
  • Tabs – https://goo.gl/I3tPX4
  • Smartphone – https://goo.gl/A0xBCK
  • Laptop Lock – https://goo.gl/dCl5ds
  • ATM – https://goo.gl/gqU6DE

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana