Transaksi Elektronik di Indonesia ternyata jenisnya beragam. Salah satu rekan Finansialku.com akan membahas jenis-jenis transaksi elektronik.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

DuitPintar

 

Jenis-Jenis Transaksi Elektronik di Indonesia

Transaksi elektronik adalah transaksi yang terjadi di luar teller bank. Transaksi elektronik di Indonesia, terdiri dari transaksi melalui ATM, mesin EDC, SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking. Nah mari kita bahas transaksi elektronik satu per satu.

 

ATM

Jenis transaksi elektronik pertama adalah Mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine). Seperti yang kita ketahui fungsi-fungsi utama mesin ATM adalah untuk menarik uang secara otomatis. Dalam buku Bijak Ber-E-Banking yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan, disebutkan ada empat jenis ATM yaitu: ATM tunai, ATM non-tunai, ATM yang menerima setor tunai dan  ATM yang melayani semua transaksi.

[Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis ATM di Indonesia]

 

EDC

Jenis transaksi elektronik kedua adalah transaksi dengan menggunakan mesin EDC. Mesin EDC atau Electronic Data Capture adalah mesin yang digunakan untuk menggesek kartu (kartu debit atau kredit). EDC dapat dipakai untuk transaksi di toko-toko dan pusat perbelanjaan yang sudah bekerja sama dengan bank pemilik EDC. Mesin EDC dapat digunakan dengan menggesek atau menempelkan kartu ke mesin.

 

Internet Banking

Jenis transaksi elektronik ketiga adalah internet banking. Internet dapat digunakan untuk bertransaksi: cek saldo, transfer uang dan melakukan pembayaran kartu kredit. Internet banking adalah layanan bank untuk nasabah yang mau melakukan transaksi lewat Internet. Anda dapat mengakses internet banking melalui web browser dan ketik nama bank, contoh www.klikbca.com, https://ib.bankmandiri.co.id/, https://ibank.bni.co.id/ dan lainnya.

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik

 

SMS banking

Jenis transaksi elektronik berikutnya adalah SMS Banking. Sebenarnya mirip dengan fitur internet banking, tetapi cara penggunannya dengan pilihan menu di SMS. Pastikan Anda memiliki cukup pulsa untuk menggunakan fasilitas sms banking. Salah satu syarat penggunaan SMS banking adalah Anda harus mendaftar dulu ke bank terkait.

 

Mobile banking

Jenis transaksi elektronik yang paling sering digunakan adalah mobile banking. Anda perlu download aplikasi mobile banking di Android Play Store atau Apps Store. Namanya mobile banking pastikan Anda memiliki internet dan daftarkan SIM card-nya terlebih dahulu. Ada juga beberapa aplikasi bank yang terlah terpasang di smartphone atau tablet.

 

Kesimpulan

Transaksi elektronik disiapkan untuk mempermudah orang untuk melakukan transaksi. Saat ini Anda memiliki banyak pilihan cara untuk transfer dana, mengecek saldo tabungan, melakukan pembayaran kartu kredit dan lain sebagainya. Gunakan kemudan transaksi elektronik dengan cara yang bijak.

 

Jenis transaksi eletronik Apa yang sering Anda gunakan?

 

 

Image Credit:

  • Electronic Transaction – http://goo.gl/op8itE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang