Terkait kasus gagal bayar polis Saving Plan, Jiwasraya kini incar investor baru. Skema berbeda akan diterapkan kali ini, caranya melalui anak usaha Jiwasraya. Hal ini dipandang akan membuat semua pemegang polis merasa nyaman.

Mari simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jiwasraya Incar Investor Baru lewat Anak Usaha

Pemerintah melalui kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan cara untuk menyelamatkan perusahaan milik negara, Jiwasraya. Hal ini terkait kasus gagal bayar polis Saving Plan perusahaan asuransi tersebut.

Guna mengatasi masalah likuiditas tersebut, pemerintah akan mengundang BUMN dan investor asing untuk masuk menjadi pemegang saham di Jiwasraya. Namun investor baru itu nantinya tidak akan langsung masuk ke Jiwasraya, melainkan melalui anak usahanya yakni Jiwasraya Putra.

PT Asuransi Jiwasraya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Tergesa-gesa, Pikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan]

 

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan:

“Caranya melalui pembentukan anak usaha Jiwasraya yaitu Jiwasraya Putra.”

 

Jiwasraya Putra ini nantinya menjadi jalur investor asing maupun BUMN masuk ke Jiwasraya. Kendati demikian, hal ini berbeda dengan rencana semula yang mana investor bisa langsung masuk ke Jiwasraya.

Mengacu pada regulasi, partner bisa masuk jika ada fraud. Rupanya investor asing yang akan masuk ke Jiwasraya memandang ada kecenderungan fraud di Jiwasraya. Maka, pemerintah membentuk anak usaha yang asetnya bisa dipastikan bersih dari unsur kejahatan (fraud).

Terkait dugaan fraud ini, Direktur Utama Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko belum berani memutuskan. Namun, ia sudah menyiapkan cara agar bisa mengembalikan bisnis Jiwasraya.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Gatot juga memandang solusi mendatangkan investor ini merupakan opsi yang bagus, sehingga semua pemegang polis bisa merasa nyaman. Adanya suntikan likuiditas baru dari investor BUMN dan asing diharapkan pendapatan Jiwasraya dapat meningkat.

Gatot menyebut rencana ini harus melewati beberapa tahapan dan izin sudah didapatkan dari regulator industri asuransi.

Beberapa BUMN yang sudah tertarik menaruh investasinya ke Jiwasraya antara lain, Bank Tabungan Negara (BTN), Pegadaian, PT Kereta Api Indonesia (KAI) serta Telkomsel.

Harapannya, dengan investor masuk ke anak usaha Jiwasraya agar adanya likuiditas baru. Kemudian BUMN dan investor lain ini masuk sebagai costumer based dan berpartner dengan Jiwasraya serta melakukan sekuritisasi.

 

OJK Imbau Pemegang Polis Tetap Tenang

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK, Riswinandi meminta para pemegang polis untuk tetap tenang.

Riswinandi menilai manajemen Jiwasraya telah memiliki iktikad baik untuk para nasabahnya dengan menawarkan perpanjangan polis dengan bunga 7 persen dibayar di muka. disela acara Pertemuan Tahunan OJK di Jakarta, Jumat (11/1/2019), Riswinandi mengatakan kepada wartawan:

“Jiwasraya itu BUMN. Kita kasih kesempatan kepada pemegang saham untuk mencari solusi dan pemegang saham nggak akan tinggal diam.”

 

Dengan upaya yang telah ditempuh Jiwasraya, Riswinandi meminta agar seluruh pemegang polis mendukung langkah yang dipilih. Riswinandi menjelaskan:

“Tentu akan diupayakan yang terbaik untuk menjaga kepentingan para pemegang polis.”

 

Strategi Jiwasraya pada 2019

1

Akan mengarahkan ke produk-produk non

2

Tak lagi memasarkan produk saving plan di 2019

3

Fokus ke produk-produk proteksi yang sederhana

4

Melakukan program transformasi dan turn arround strategi

5

Memperbaiki internal bisnis review produk, sistem keagenan, model bisnis korporasi

6

Mengoptimalkan digitalisasi

Lima Besar Penempatan Investasi Jiwasraya 2017

1

Reksadana Rp19,17 triliun

2

Saham Rp6,63 triliun

3

Tanah dan bangunan Rp6,55 triliun

4

Deposito Berjangka Rp4,33 triliun

5

Obligasi korporasi Rp1,8 triliun

 

Apakah Anda tertarik untuk memiliki asuransi namun bingung dalam mengelola keuangan Anda? Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam merencanakan dan mengelola keuangan Anda.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store. Selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apa pendapat Anda setelah membaca berita mengenai strategi Jiwasraya? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Uji Sukma Medianti. 14 Januari 2019. Ini Komen OJK Soal Upaya Penyelamatan Gagal Bayar Polis Jiwasraya. Jawapos.com – https://goo.gl/BV9qWz
  • Galvan Yudistira. 14 Januari 2019. Lewat Anak Usaha, Jiwasraya Gandeng Investor Baru. Koran Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Jiwasraya – https://goo.gl/sr4fYm