Jangan sampai salah langkah! Sudahkah Anda mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan?

Simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Antisipasi Jasa Asuransi Kesehatan

Tingginya biaya pengobatan ketika sakit, membuat banyak orang memilih menggunakan asuransi kesehatan. Dengan harapan jika tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit, semua biaya pengobatan yang besar itu tidak terlalu membebani.

Namun sayangnya kadang banyak orang yang belum memahami ada syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap produk asuransi.

Jangan Tergesa-gesa, Fikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan]

 

Maka dari itu, sekalipun kata-kata manis dari marketing sebuah jasa asuransi kesehatan sangat menggoda, jangan lupa pikirkan hal-hal berikut ini sebelum mengambil keputusan menggunakan jasa asuransi kesehatan:

 

#1 Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Saat mendengarkan uraian marketing produk asuransi, kadang banyak menawarkan produk yang menggiurkan. Apalagi jika ditambah beberapa diskon. Namun sayangnya, terkadang produk yang ditawarkan dengan manis itu bukanlah produk yang kita butuhkan.

Untuk menghindari kekecewaan, pilihlah jasa asuransi yang menyediakan produk sesuai yang kita butuhkan.

 

#2 Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Seiring banyaknya permintaan atas produk jasa asuransi, sehingga banyak pula perusahaan asuransi baru bermunculan seperti jamur di musim hujan. Masing-masing akan menawarkan produk asuransi dengan berbagai macam kemudahan yang menggiurkan.

Sebaiknya hati-hati, pilihlah perusahaan asuransi yang sudah punya nama. Alasannya, perusahaan asuransi yang sudah punya nama itu merupakan perusahaan asuransi yang terpercaya. Sehingga menghindarkan kita dari risiko yang berlebihan.

 

#3 Perhatikan Rumah Sakit Yang Bekerja Sama

Setiap perusahaan asuransi kesehatan, pasti akan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit.

Pertimbangkan untuk memilih perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan rumah sakit yang pelayanannya lengkap, mudah dan dekat dengan rumah. Agar memudahkan kita jika sewaktu-waktu harus mencari rumah sakit dadakan.

 

#4 Bagaimana Kemampuan Kita Membayar Premi

Setiap asuransi kesehatan swasta mempunyai sistem pembayaran premi yang berbeda-beda jumlahnya, lihatlah beberapa asuransi kesehatan yang ada, lalu bandingkan berapa biaya premi yang harus kita bayarkan dengan fasilitas apa saja yang akan kita peroleh.

Jangan sampai alih-alih meringankan biaya pengobatan, memilih asuransi kesehatan justru malah memberi beban biaya premi yang memberatkan dan menguras kantong. Jadi banyaklah berpikir masalah premi ini sebelum memutuskan menjadi nasabahnya.

 

#5 Perhatikan Juga Cara Penggantian Dana

Ada 2 jenis cara penggantian biaya asuransi. Jenis reimbursement dan cashlessReimbursement mengharuskan kita untuk membayar biaya pengobatan dengan uang pribadi sebelum mengklaim dengan memberikan bukti dokumen pengobatan yang diminta oleh asuransi.

Sedangkan sistem cashless kita tidak perlu keluar dana apapun saat berobat. Hanya perlu membawa kartu data asuransi saja. Karena semua biaya langsung ditanggung oleh asuransi. Pilihlah yang sesuai kemampuan.

 

#6 Ketahui Jenis Pelayanan

Ada beberapa asuransi yang hanya menanggung biaya rawat inap saja. Sedangkan untuk rawat jalan tidak ditanggung.

Tanyakan lebih detail bagaimana sistem cover biaya pengobatan sebelum memutuskan membeli. Termasuk juga kelas rawat inap dan biaya apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung. Agar tidak merasa kecewa di kemudian hari.

 

#7 Limit Biaya Yang Ditanggung

Ada dua jenis biaya limit yang ditanggung asuransi. Limit total atau limit perawatan. Kami sarankan sebaiknya pilihlah asuransi yang menjamin biaya limit total.

Karena, jika asuransi hanya menanggung limit perawatan kelebihan biaya perawatan kita sendiri yang menanggung. Lebih amannya pilihlah asuransi yang menerapkan limit biaya total.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Memilih Asuransi Kesehatan dengan Tepat

Itulah beberapa hal yang bisa ditanyakan sekaligus sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan produk asuransi kesehatan tertentu.

Yang perlu diingat adalah, semua asuransi pasti ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Maka dari itu, pelajari dan cermati sebelum membeli.

Apakah Anda masih bingung bagaimana mengelola keuangan Anda terutama dalam mempersiapkan dana darurat kesehatan? Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mengatasi hal tersebut.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam merencanakan, mengelola dan mengatasi berbagai masalah keuangan, salah satunya dalam mempersiapkan dana darurat. Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman mengenai asuransi kesehatan? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pelayanan Rumah Sakit – https://goo.gl/7XLhWQ
  • Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/1gEQT1

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Puji Khristiana Dyah Nugrahaini

Seorang ibu rumah tangga dengan satu anak yang hobi memasak, membaca dan menulis. Telah lama berkecimpung dalam dunia literasi dan berprofesi sebagai content writer.