Pertumbuhan ekonomi yang merosot membuat Presiden giat mengajak masyarakat mengonsumsi produk lokal untuk naikan ekonomi Indonesia.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jokowi, ”Beli Produk Lokal”

Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2020 tercatat minus 5,32%. Merespon hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk lokal serta produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

Menurutnya, daya beli masyarakat terhadap produk lokal dalam negeri dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

“Bukan hanya pada penguatan daya beli petani, nelayan dan UMKM, tapi akan menjadi mesin penggerak bagi pertumbuhan Ekonomi nasional pada kuartal ketiga 2020 ini,” kata Jokowi mengutip dari Akurat, Minggu (09/08).

Jokowi meminta kerja sama untuk membangkitkan pelaku ekonomi kecil yang sangat terdampak oleh kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Saya berharap dengan cara itu maka produksi petani, produksi nelayan, produksi UMKM akan ikut bergerak. Yang kita harapkan menjadi daya ungkit.” tandasnya.

Meski begitu, Jokowi, menekankan penanganan kesehatan masyarakat tetap menjadi yang utama saat ini. Namun masalah penanganan dampak ekonomi juga tidak boleh berhenti karena menyangkut kehidupan masyarakat luas.

Jokowi Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal Untuk Naikkan Ekonomi 02

[Baca Juga: Sejumlah Prediksi Ekonomi Indonesia Setelah Covid-19]

 

Dia kembali mengingatkan pentingnya disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19

“Jangan sampai kita masuk ke gelombang kedua, second wave yang memperlambat kita untuk pulih kembali. Kuncinya adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan tidak ada satupun negara yang siap dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, hingga saat ini, sudah 18 juta penduduk dunia terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan ini dan 696 ribu di antaranya meninggal dunia.

Pandemi ini juga telah menyebabkan kontraksi yang dalam terhadap pertumbuhan Ekonomi berbagai negara di dunia.

Sejumlah negara dengan ekonomi maju juga mengalami penurunan produktivitas yang cukup dalam.

Misalnya, berdasarkan data terbaru, kata Presiden, pertumbuhan ekonomi Prancis minus 19 persen, India minus 18,9 persen, Inggris minus 17,9 persen, Uni Eropa minus 14,4 persen, Singapura minus 12,6 persen dan lain sebagainya.

Kepala Negara mengajak segenap bangsa dan negara untuk terus optimistis Indonesia pasti bisa mengatasi persoalan pandemi Covid-19 Hal itu karena Indonesia adalah bangsa pejuang.

“Semangat inilah yang harus terus kita gelorakan saat menghadapi situasi yang sangat-sangat sulit ini,” kata dia.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Indra Arief Pribadi. Jokowi : Beli produk lokal, tingkatkan pendapatan petani nelayan UMKM. Antaranews.com – https://bit.ly/3irUVxb
  • Admin. 08 Agustus 2020. Jokowi Ajak Borong Produk Lokal Biar RI Tak Jatuh ke Jurang Resesi. Detik.com – https://bit.ly/2Pym9ps
  • Wayan Adhi Mahardika. 08 Agustus 2020. Jokowi Ajak Masyarakat Belanja Produk Lokal Agar Ekonomi Tak Masuk Jurang Resesi. Akurat.co – https://bit.ly/3gLMrjW

 

Sumber Gambar:

  • Support Locals 01 – https://bit.ly/3aal2px
  • Support Locals 02 – https://bit.ly/3kCiMw2