Tol Trans Sumatera sejauh 2.765 km yang membentang dari Aceh hingga Lampung akan rampung di 2024!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Tol Trans Sumatera Bakal Rampung 2024!

Pembangunan tol bisa dipandang sebagai perkembangan negeri dalam menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain. Dengan hadirnya tol perjalanan antar provinsi dapat ditempuh lebih cepat dan lancar.

Di era pemerintahan Presiden Jokowi ada proyek tol Trans Sumatera, yang sedang dikebut pembangunannya secara paralel, dari bagian utara dan ujung selatan atau Aceh dan Lampung.

Dalam pembangunan jalan tol Trans Sumatera sebanyak 296.000 tenaga kerja ikut berkontribusi. Tol Trans Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Lampung ini memiliki jarak sejauh 2.765 km dengan waktu tempuh 53 jam.

“Waktu tempuh akan semakin cepat. Kalau konektivitas semakin lancar dan terhubung dengan transportasi udara, maka yang kita lihat ke depan pergerakan orang, pergerakan barang akan lebih cepat, sehingga biaya akan lebih efisien,” kata Jokowi mengutip dari Kompas, Rabu (26/08).

Rampung 2024, Jokowi Sebut Tol Trans Sumatera Bisa Dongkrak Ekonomi 02

[Baca Juga: Sudah Tak Sesuai, Meterai Rp 6.000 dan Rp 3.000 Akan Dihapus]

 

Selain itu juga, keberadaan tol Trans-Sumatera ini diharapkan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

Perjalanan orang dan logistik akan menjadi lebih cepat dan mudah. Jokowi menyebut tol ini akan memberi multiplier effect hingga 2-3 kali lipat.

Pasalnya, dengan keberadaan tol Trans Sumatera, kota-kota dan kabupaten-kabupaten di Pulau Sumatera akan terhubung. Hal itu membuat biaya logistik dan transportasi semakin murah

“Kita harapkan dapat mendorong pertumbuhan, akan mendorong pemerataan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera,” ujarnya.

Presiden juga menegaskan, bahwa pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur meski di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur bisa mempercepat pemulihan ekonomi nasional serta menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

Seperti diketahui, dampak pandemi tak hanya menyerang sektor kesehatan, tetapi sektor ekonomi juga terdampak.

“Meskipun kita tengah menghadapi pandemi covid, pembangunan infrastruktur tetap kita jalankan,” ucap Jokowi.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sementara itu, kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan dari total panjang Tol Trans Sumatera hampir 3.000 Km terdapat 2.000 Km koridor utama.

“Nah kami akan fokus koridor utama dari Banda Aceh menuju Bakauheni. Saat ini jumlah ruas tol beroperasi yang ada di Sumatera adalah 648 Km dan kita sekarang sedang melakukan konstruksi sepanjang 514 Km,” terangnya.

Melansir CNBC Indonesia, dalam waktu dekat, pihaknya juga bakal menuntaskan perjanjian konsesi untuk 7 ruas baru.

Adapun ketujuh ruas baru itu di antaranya; Petung-Jambi, Jambi-Rengat, Rengat-Pekanbaru, Rantau Prapat-Kisaran, Langsa-Lhokseumawe, dan Lhokseumawe-Sigli.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku apakah pembangunan tol Trans Sumatera bakal membantu gerak ekonomi? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini.

O iya, bagikan informasi ini pada kawan atau sanak-saudaramu agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Fransiskus Adhiyuda Prasetia. 25 Agustus 2020. Jokowi Sebut Tol TransSumatera Bisa Efisiensi Waktu Perjalanan Hingga 53 Jam. Tribunnews.com – https://bit.ly/31rQEUE
  • Muhammad Choirul Anwar. 25 Agustus 2020. Tol TransSumatera Dibangun Ujung ke Ujung, Ini Alasannya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2YRlXqv
  • Rakhmat Nur Hakim. 25 Agustus 2020. Jokowi Sebut Pembangunan Tol Trans-Sumatera Serap 296.000 Tenaga Kerja. Kompas.com – https://bit.ly/3licnGD
  • Admin. 25 Agustus 2020. Jokowi: Tol TransSumatera Bisa Hemat Waktu Tempuh hingga 53 Jam. Kompas.com – https://bit.ly/2FZAU35
  • Rakhmat Nur Hakim. 25 Agustus 2020. Jokowi Minta Tol TransSumatera Terhubung dengan Sentra Ekonomi. Kompas.com – https://bit.ly/2EuXZtQ

 

Sumber Gambar:

  • Tol Sumatera 01 – https://bit.ly/3grSKs0
  • Tol Sumatera 02 – https://bit.ly/3hyoLQh