Dalam kondisi perekonomian yang semakin sulit, kini banyak orang jual mobil yang masih kredit.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika Anda berencana menjual mobil yang masih kredit dan menginginkan harga jual tinggi, ketahui cara mudahnya disini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mau Jual Mobil yang Masih Kredit?

Mobil merupakan aset yang sekaligus menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Selain itu, mobil juga dapat menjadi hobi bagi para peminatnya.

Sayangnya, harga aset yang satu ini cukup tinggi, sehingga banyak yang memanfaatkan fasilitas kredit dalam pembiayaannya.

Kredit mobil termasuk dalam Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang merupakan salah satu alternatif pembiayaan untuk memperoleh mobil atau motor baik baru ataupun bekas dengan sistem mengangsur.

Kredit dapat diajukan kepada bank atau lembaga keuangan lainnya yang menyediakan produk pinjaman tersebut.

Umumnya, jaminan yang digunakan dalam KKB adalah kendaraan itu sendiri, sehingga jika Anda gagal bayar, kendaraan tersebut akan disita.

Tetapi ada kalanya orang harus menjual mobilnya, entah karena alasan finansial atau justru ingin ganti dengan mobil jenis lain.

Keuntungan Take Over Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?]

 

Kasus-kasus ini bisa terjadi kapan saja, entah dalam jangka waktu yang lama ataupun dalam waktu dekat. Bahkan dapat terjadi saat mobil tersebut masih dalam masa kredit alias belum lunas.

Jika itu terjadi pada Anda, ada baiknya mobil yang dalam masa kredit tersebut bisa terjual dengan cepat dan dengan harga yang tinggi.

Seperti Anda ketahui, mobil merupakan sebuah aset yang harganya terus turun. Dengan demikian penting untuk menjual mobil dengan cerdas agar Anda bisa meminimalisasi kerugian tersebut.

Bagaimana dong caranya agar bisa jual mobil yang masih kredit dengan harga tinggi? Untungnya Finansialku sudah mempersiapkan jawabannya disini:

 

Cara Cepat Jual Mobil yang Masih Kredit dengan Harga Tinggi

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, mobil adalah aset yang harganya terus turun seiring waktu.

Dengan demikian, Anda yang terpaksa menjual mobil yang masih kredit harus memutar otak agar bisa menjualnya dengan harga yang tetap tinggi.

Terlebih saat Anda membutuhkan dananya dengan urgen, artinya Anda harus mencari ide agar mobil bisa dijual dengan cepat. Bagaimana caranya? Yuk cari tahu jawabannya disini:

 

Cara Jual Mobil yang Masih Kredit 1: Over kredit

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjual mobil tersebut dengan cara over kredit.

Cara ini lumayan menguntungkan bagi Anda yang memang ‘kebelet’ ingin membeli mobil baru karena Anda akan langsung mendapatkan dana dari pembeli.

Over kredit mobil merupakan sebuah tindakan pengalihan kredit sebuah kendaraan kepada pihak lain yang dilakukan secara sah berdasarkan sebuah perjanjian yang berlaku di bawah aturan hukum tertentu.

Adapun beberapa alasan dilakukannya over kredit mobil ini antara lain:

  1. Memperoleh suku bunga yang lebih ringan
  2. Membeli sebuah mobil yang lebih baik (upgrade)
  3. Kebutuhan keuangan mendesak untuk keperluan lain

 

Singkatnya, over kredit adalah sebuah cara untuk ‘melimpahkan’ kredit mobil tersebut ke orang lain. Jadi Anda bisa menjual mobil Anda saat ini meski masih dalam status kredit belum lunas.

Bijak Mengambil Take Over Kredit 03 Kredit Mobil 3 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas ?]

 

Tapi yang namanya over kredit tidak dapat dilakukan sembarangan loh!

Hal ini tertuang dalam undang-undang, dimana dijelaskan bahwa dilarang untuk transaksi jual beli, sewa, gadai, atau mengalihkan kendaraan yang masih dalam masa kredit/fidusia tanpa seizin perusahaan pembiayaan.

Jadi, saat Anda akan melakukan over kredit mobil sebaiknya perhatikan beberapa hal seperti dilansir dari Seva.id berikut ini:

  • Pastikan Calon Pembeli

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan calon pembeli Anda tertarik dengan mobil dan harga. Anda dapat menawarkan mobil yang ingin dijual kepada keluarga, teman, tetangga, atau masukkan ke dalam situs jual-beli mobil.

Calon pembeli nantinya pasti akan menawar harga yang sudah Anda patok untuk mobil tersebut. Memang, rata-rata mobil over kredit akan lebih murah dibandingkan dengan membeli mobil baru secara kredit, tapi setidaknya mobil yang ingin Anda over kredit tersebut dapat menjadi dana segar untuk membeli mobil baru.

  • Patuhi Prosedur Leasing

Setelah mendapat pembeli, Anda harus berkomunikasi dengan leasing untuk mengetahui prosedur apa saja yang harus dilakukan untuk over kredit tersebut agar sesuai dengan hukum yang berlaku.

Jangan melakukan over kredit diam-diam tanpa sepengetahuan leasing karena akan merugikan bagi Anda.

Misalnya, jika pembeli mobil Anda telat membayar cicilan, maka Anda yang akan dikejar-kejar oleh leasing karena nama Anda yang masih tercantum di perusahaan leasing tersebut.

Apalagi jika pembeli mobil Anda kabur dan tidak dapat dihubungi, itu akan sangat merugikan Anda.

Risiko yang paling buruk adalah Anda dapat berurusan dengan pengadilan karena melanggar pasal 1365 kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Pasal 1365 yang berbunyi perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Jadi, serahkan semua data dan bukti dari kedua belah pihak, yaitu Anda dan calon pembeli, kepada leasing.

Siapkan seluruh kebutuhan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu keluarga, dan lain-lain. Jangan lupa serahkan juga bukti cicilan Anda yang sudah dibayarkan.

Data-data tersebut berguna bagi leasing untuk mengurus semua proses over kredit tersebut dan nantinya juga akan digunakan untuk penggantian nama dalam BPKB dan STNK.

 

Cara Jual Mobil yang Masih Kredit 2: Refinancing

Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan refinancing. Apakah Anda pernah mendengar istilah refinancing sebelumnya?

Refinancing tidak lain adalah mengganti suatu pinjaman yang Anda telah miliki dengan pinjaman lain. Refinancing dapat dilakukan dengan pemberi pinjaman saat ini atau Anda dapat berpindah pada pemberi pinjaman yang lain.

Dengan ini, Anda dapat mengalihkan cicilan mobil ke leasing lain. Jadi, cicilan Anda yang tersisa di leasing saat ini akan dilunasi oleh leasing pengganti, dan selanjutnya proses cicilan akan dibayarkan ke leasing pengganti.

Adapun alasan umum dilakukannya refinancing kredit mobil ini adalah saat Anda memperoleh suku bunga yang lebih ringan di tempat lain. Jadi, bisa dibilang Anda bisa melunasi kredit mobil lebih cepat dengan cara ini.

Pindah Asuransi Mobil 04 Asuransi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Kredit Mobil Lagi, Jika Anda Belum Tahu Aturan Mainnya]

 

Untuk melakukan refinancing tidaklah sulit. Anda akan dibantu oleh pihak pemberi kredit dalam mayoritas prosesnya. Namun sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut seperti dilansir dari Seva.id:

 

  • Pastikan Suku Bunga Pengganti Memang Lebih Rendah

Refinancing ke leasing pengganti pastinya juga akan dikenakan bunga. Untuk mendapatkan keuntungan, lebih baik pastikan bunga di leasing pengganti lebih kecil daripada leasing sebelumnya. 

Jadi, sebelum menentukan leasing baru, pastikan Anda sudah mendapat informasi yang lengkap tentang leasing baru tersebut, mulai dari bunga sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Anda juga dapat membandingkan leasing pilihan Anda dengan yang lainnya di internet ataupun brosur untuk mendapatkan leasing terbaik pilihan Anda.

  • Hitung Dana yang Bisa Didapatkan

Setelah mendapatkan leasing pengganti yang sesuai dengan kriteria Anda, langkah selanjutnya adalah menghitung dana yang bisa Anda dapatkan dari refinancing tersebut. Setiap leasing memiliki prosedur yang berbeda, jadi pastikan Anda menghitung dengan teliti. 

Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan leasing pilihan Anda agar mendapatkan informasi detail tentang dana yang bisa didapat.

 

  • Siapkan Data dan Dokumen yang Dibutuhkan

Sama seperti over kredit, siapkan semua data dan dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi permohonan refinancing tersebut, termasuk bukti pembayaran angsuran setiap bulannya, karena itu dapat menentukan diterima atau ditolaknya permohonan refinancing Anda.

Biasanya, jika Anda sering telat membayar cicilan, kemungkinan refinancing Anda akan ditolak oleh leasing baru karena akan menimbulkan risiko kredit macet. Jadi, harus disiplin dalam membayar cicilan.

 

Jadi sebenarnya refinancing itu menguntungkan tidak sih? Apa bisa membantu pelunasan kredit mobil lebih cepat?

Jawabannya: refinancing akan menguntungkan dan mampu membantu meringankan cicilan kredit mobil bahkan membantu pelunasan lebih cepat, asalkan:

  1. Dilakukan tepat waktu
  2. Menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin merugikan
  3. Mengukur kemampuan finansial terlebih dahulu
  4. Mencari kreditur baru dengan biaya dan suku bunga yang kompetitif
  5. Mengumpulkan informasi terkait info kreditur lama dan baru kemudian melakukan analisis kelayakan refinancing terlebih dahulu

 

Jangan cemas, dengan informasi yang lengkap dan analisis yang tepat, Anda bisa melakukan refinancing dan menikmati benefitnya. Kini sudah banyak kok sumber informasi tentang keuangan, misalnya saja di situs Finansialku.com.

Finansialku.com menyediakan banyak artikel-artikel keuangan terbaru yang pastinya dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan pengetahuan Anda.

Yuk segera bekali diri dengan lebih banyak pengetahuan keuangan dengan browsing artikel terbaru Finansialku.

 

Selamat Menjual Mobil Kredit dengan Harga Tinggi

Kredit mobil tergolong kredit jangka menengah yang memakan waktu antara 3 hingga 5 tahun. Oleh karena itu, Anda harus selalu teliti saat akan membeli mobil di awal untuk menghindari kerugian jangka panjang.

Contohnya saat Anda diharuskan menjual mobil dengan cepat meski masih kredit, Anda sebaiknya manfaatkan kedua tips di atas tadi. Selamat mencoba!

Eits, Anda juga harus merencanakan keuangan Anda dengan maksimal ya, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda ingin menjual mobil baru? Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara cepat jual mobil yang masih kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Apabila artikel ini memberi pencerahan bagi Anda, jangan lupa share artikel ini kepada teman yang juga sedang mencari cara menjual mobilnya yang masih kredit ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. A lower monthly payment on your car loan doesn’t always mean you’re saving money. Here’s how car loans work. Bankofamerica.com – http://bit.ly/2LEp146
  • Justin Pritchard. 7 Juni 2017. Banking and Loans: When to Refinance a Car Loan. Thebalance.com – http://bit.ly/32LtBTu
  • Ferdi Julias. 20 Juni 2018. Ingin Jual Mobil yang Masih Kredit? Ini Caranya. Seva.id – http://bit.ly/2Ydf0fT
  • Admin. 2 April 2019. Cara Over Kredit Mobil Tanpa Melanggar Hukum. Otosia.com – http://bit.ly/32KBwjX

 

Sumber Gambar:

  • Jual Mobil – http://bit.ly/2yfAUoB