Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing?

Lebih baik memilih kredit mobil melalui bank atau di leasing? Apa kekurangan dan keuntungan dari masing-masing lembaga penyedia kredit kendaraan tersebut? Pada artikel ini, Finansialku akan mengupas lebih lanjut pro dan kontra untuk masing-masing pembiayaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

KPM (Kredit Pemilikan Mobil)

KPM adalah suatu fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh lembaga pembiayaan kredit terutama apabila pembeli tidak memiliki uang tunai untuk membeli kendaraan tersebut secara langsung. Sistemnya, lembaga tersebut akan membayar dealer sejumlah harga mobil, kemudian sebagai pembeli, Anda bertanggung jawab untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Cicilan ini biasanya harus dibayar selama tenor kredit, dimana jangka waktunya berbeda dan harus disesuaikan dengan lembaga tersebut. Cicilan yang harus dibayarkan terdiri dari utang pokok dan bunga pinjaman. Terdapat banyak pilihan lembaga pembiayaan kredit, dua yang paling besar adalah bank dan leasing.

Pilih Mana, Kredit Mobil di Bank atau Kredit Mobil di Leasing 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 3 Cara Jitu untuk Menghadapi Kredit Macet]

 

Bank

Selain menjadi lembaga keuangan yang memfasilitasi transaksi simpan dan pinjam uang, bank juga memberikan fasilitas kredit pemilikan, salah satunya adalah kredit pemilikan kendaraan.  Kredit pemilikan yang ditawarkan oleh bank dapat digunakan untuk mobil baru maupun bekas. Pada saat pengajuan aplikasi, pengaju harus memenuhi beberapa syarat seperti:

  • Bukti identitas diri (KTP, KK atau Surat Nikah)
  • Bukti penghasilan (Slip Gaji, Surat Keterangan Kerja)
  • Bukti pajak (NPWP)

Setelah pengaju memenuhi syarat tersebut, pihak bank kemudian akan memproses aplikasi. Proses aplikasi membutuhkan waktu yang beragam, paling cepat ada yang 1 (satu) hari hingga paling lambat, 7 (tujuh) hari. Setelah disetujui, berarti kredit diterima, pengaju mendapatkan kendaraan dan harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai peminjam dengan membayar cicilan bulanan.

Mau Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru Pertimbangkan Beberapa Poin Ini! 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru?]

 

Keuntungan Pembiayaan Melalui Bank

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan jika Anda mengajukan kredit melalui bank:

  • Suku bunga yang rendah sehingga cicilan Anda setiap bulannya akan lebih ringan
  • Terdapat pilihan untuk melunasi sebagian utang jika Anda memiliki cukup uang tunai sehingga tagihan yang tersisa tidak memberatkan Anda

 

Kerugian Pembiayaan Melalui Bank

Jika Anda memilih pembiayaan kredit melalui bank, maka beberapa kerugian yang harus Anda hadapi adalah:

  • Proses pengajuan yang cukup rumit, karena Anda membutuhkan berbagai dokumen yang menunjukkan identitas serta kelayakan Anda mendapatkan kredit
  • Pengajuan Anda mungkin akan ditolak, bahkan pihak bank akan melakukan berbagai survei untuk memastikan kebenaran data yang Anda berikan.

Panduan Contoh Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Bekas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Panduan Contoh Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Bekas]

 

Leasing

Leasing berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti menyewakan, dalam istilah keuangan, leasing berarti sebuah aktivitas pembiayaan yang diberikan oleh sebuah perusahaan (lessor) kepada pelanggan (lesse) dengan bentuk peminjaman atau pengadaan barang modal dalam bentuk sebuah perjanjian dengan ketentuan seperti:

  • Penyewa mempunyai kewajiban untuk membayar uang sewa secara periodik, umumnya sebulan sekali.
  • Terdapat tenor sewa dengan kurun waktu yang beragam, seperti 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun hingga lebih dari 7 tahun.
  • Perusahaan memiliki pilihan untuk membeli atau menyerahkan barang modal yang telah disewakan tersebut pada akhir masa perjanjian.

Leasing biasanya diajukan oleh pemohon yang dapat berupa sebuah organisasi, perusahaan atau perorangan, dengan barang yang diajukan dapat berupa kendaraan untuk kebutuhan industri, kebutuhan sehari-hari dan lainnya yang didapatkan dari supplier. Di dalam pembiayaan dengan menggunakan leasing, Anda juga harus menyertakan asuransi dari pihak supplier atau penyedia jasa asuransi dengan pilihan asuransi seperti all-risk, total lost only (TLO) atau asuransi gabungan.

Kenali Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Bekas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kenali Istilah-Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Bekas]

 

Di Indonesia, pengajuan kepemilikan mobil dengan menggunakan leasing cukup terkenal dan setiap tahunnya, angka pengajuan mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Keuntungan Pembiayaan Melalui Leasing

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan memilih leasing sebagai lembaga pembiayaan Anda:

  • Proses pengajuan cukup mudah dengan syarat yang tidak berbelit dan cepat
  • Beberapa perusahaan leasing ada yang bersedia untuk datang ke rumah Anda untuk menjelaskan penawaran mereka

 

Kerugian Pembiayaan Melalui Leasing

Berikut adalah beberapa kerugian leasing dibandingkan dengan pembiayaan kredit melalui bank:

  • Bunga yang dikenakan kepada pelanggan cukup tinggi
  • Terdapat biaya-biaya tambahan seperti biaya fidusia, biaya provisi serta biaya asuransi
  • Wajib memiliki asuransi, baik TLO maupun all-risk

 

Persamaan Bank dan Leasing

Di antara kedua lembaga tersebut, terdapat 1 kesamaan yaitu Anda membutuhkan DP (Down Payment) minimal 30% dari harga jual mobil, baik baru maupun bekas, yang mana harga tersebut telah disetujui oleh kedua belah pihak. Ketentuan ini didasarkan pada Surat Edaran Ekstern No. 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan]

 

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Untuk memilih pembiayaan mana yang sebaiknya Anda pilih, harus kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. Jika Anda telah mengajukan kredit kepada pihak perbankan dan ditolak, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba pengajuan kredit melalui pihak leasing. Yang penting adalah ketahui dengan jelas seluruh persyaratan serta ketentuan di dalam perjanjian dan lunasi cicilan Anda tepat waktu.

 

Apakah Anda pernah menggunakan salah satu dari pembiayaan kredit tersebut? Bagaimana cara yang tepat agar pengajuan Anda dapat segera diterima? Bagikan pengalaman Anda dalam mengajukan kredit di kolom bawah ini untuk membantu para pengaju kredit lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Siti Hadijah. 25 November 2016. Leasing Mobil: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya? Cermati.com – https://goo.gl/iixP8N
  • Dian Kartika. 23 Agustus 2016. Daftar Perusahaan Leasing/ Kredit Mobil Terpercaya & Termurah di Indonesia. Harga.web.id – https://goo.gl/NJwvcH
  • 29 Agustus 2016. Kredit Mobil, Mau Pilih di Bank atau Leasing? Cermati.com – https://goo.gl/ubSVfo

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Mobil – https://goo.gl/pGhstS
  • Leasing – https://goo.gl/5AY6zD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-11-14T13:40:45+00:00 March 22nd, 2017|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor, Utang|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download