Mau Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru?

Kapan waktu yang Tepat untuk membeli mobil baru atau mobil bekas yang baru? Sebagai bahan pertimbangan perlu diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi mobil dan kesesuaiannya dengan kebutuhan. Apalagi harga mobil yang mahal, jadi jangan asal-asalan dalam membelinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kapan Saat yang Tepat Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru?

Memiliki sebuah mobil merupakan impian banyak orang. Dibutuhkan perencanaan dan pertimbangan dalam memilih mana mobil yang tepat agar tidak kecewa setelah memilikinya. Apakah mereka akan membeli mobil baru atau mobil bekas yang baru, itu semua perlu dipikirkan. Pasalnya, ini juga menyangkut seberapa besar uang yang akan dihabiskan demi memiliki sebuah mobil. Jika demikian alasannya, tentu mobil-mobil bekas bisa menjadi pilihannya karena harga yang lebih murah daripada mobil baru. Namun, jika yang diinginkan adalah mobil yang masih berpenampilan segar dan belum terpakai, mobil barulah opsinya.

apa-saja-kriteria-produk-asuransi-mobil-terbaik-yang-perlu-anda-ketahui-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Produk Asuransi Mobil Terbaik?]

 

Saat ini mudah saja bagi seseorang untuk memiliki sebuah mobil baru. Pasalnya, kini banyak leasing yang menawarkan pembiayaan suku bunga rendah dan tanpa down payment (DP). Hal ini bisa menjadi daya tarik tambahan untuk membeli mobil baru ketimbang mobil bekas. Lalu bagaimana dengan mobil bekas yang baru? Sepertinya ini adalah opsi menarik yang juga layak dipertimbangkan. Dengan harga yang tidak semahal mobil baru, mobil bekas yang baru masih memiliki performa dan penampilan yang tak beda jauh dengan mobil baru.

 

#1 Biaya Perbaikan atau Perawatan Mobil

Mau membeli mobil baru atau mobil bekas yang baru itu terserah Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa mobil yang Anda pilih pas dengan kebutuhan. Jika harga mobil baru cukup memberatkan, tidak perlu dipaksakan. Sebagai gantinya Anda dapat membidik mobil bekas yang baru. Tetapi ingat bahwa, mobil bekas terkadang perlu perhatian lebih jika terjadi kerusakan dan lain sebagainya.  Bisa dibilang, tetap mobil bekas. Namun, ini juga tergantung seberapa besar biaya perawatan dan perbaikan yang Anda keluarkan untuk mobil bekas tersebut. Jika biaya tersebut masih dalam kategori wajar, mobil bekas itu layak Anda miliki. Lain halnya jika biaya perawatan atau perbaikannya mahal, tentu lebih baik membeli mobil baru.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil? Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

#2 Seringnya Mobil Bekas Masuk Bengkel

Keluar masuk bengkel merupakan salah satu kebutuhan sebuah mobil yang sedang bermasalah. Yang jadi masalah adalah terlalu seringnya mobil berurusan dengan bengkel. Meskipun hanya masalah ringan dan biaya perbaikannya masih kategori standar, keadaan ini menyebabkan berkurangnya pemanfaatan mobil oleh si pemilik. Anda yang seharusnya memaksimalkan penggunaannya, justru lebih sering meninggalkannya menginap di bengkel berhari-hari. Jika memang seperti ini keadannya berarti Anda harus bersiap meninggalkannya dan mendapatkan yang baru.

 

#3 Anda Butuh Mobil dengan Perlengkapan yang Update

Teknologi mobil telah mengalami kemajuan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir. Karena kemajuan teknologi tersebut, mobil-mobil tua kemungkinan jarang dilirik. Faktor utamanya yaitu mobil bekas yang sudah tua tidak dibekali dengan jenis perlengkapan mutakhir yang Anda butuhkan. Misalnya saja fitur-fitur keselamatan yang tidak disematkan pada mobil tua. Mobil semacam ini tidak dilengkapi dengan fitur airbags, kamera backup atau fitur penghindar kecelakaan. Semua fitur tersebut adalah keunggulan-keunggulan yang terdapat pada mobil baru. Mobil semacam ini menjadi daya tarik bagi mereka yang telah memiliki anak kecil dan menginginkan jaminan keselamatan yang ekstra.

Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko]

 

Terlepas dari penggunaan fitur keselamatan tersebut, juga penting untuk meng-upgrade kapasitas teknologi kendaraan Anda. Anda dapat mempertimbangkan navigasi yang terintegrasi, koneksi Bluetooth dan port USB untuk dihubungkan dengan smartphone Anda.

 

#4 Jenis Mobil Tidak Selamanya Cocok dengan Gaya Hidup Anda

Sama halnya dengan fashion, mobil juga dipengaruhi trend dan gaya hidup seseorang. Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa orang-orang membeli mobil baru. Jika Anda telah mengalami perubahan dalam gaya hidup Anda, mobil tua yang Anda miliki tidak akan berjasa lebih lama lagi. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah mobil subcompact yang berbahan irit dan pada akhirnya Anda menikah dan memiliki anak anak-anak kecil, kemungkinan Anda memiliki kemauan yang kuat untuk memiliki mobil yang lebih besar.

Perubahan pekerjaan dapat juga mengakibatkan keputusan pembelian mobil baru. Misalnya saja Anda memiliki mobil tua yang sempurna untuk kebutuhan transportasi sehari-hari, kemudian Anda menjadi wirausahawan, Anda akan membutuhkan sebuah mobil dengan banyak ruang penyimpanan. Pasalnya, mobil seperti ini berguna untuk mengakomodasi keperluan perdagangan. Mobil yang dimaksud merujuk pada truk pick up atau SUV.

Begitupun halnya jika Anda berpindah dari daerah rural atau suburban ke kawasan urban, mobil truk pickup atau SUV yang saat ini Anda miliki tidak cocok dengan tipe jalanan perkotaan yang sempit dan memiliki lahan parkir yang terbatas.

Mau Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas yang Baru Pertimbangkan Beberapa Poin Ini! 1 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung Memilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik]

 

#5 Anda Dapat Mengendarai dengan Nyaman

Banyak orang yang berada dalam situasi mobil sebagaimana dijelaskan sebelumnya, tetapi mereka tidak mampu membeli mobil baru karena mereka kekurangan sumber daya finansial untuk melakukannya. Anda harus hidup dengan upaya Anda sehingga dalam situasi menyetir, Anda hanya akan membuat sebuah perubahan jika Anda mampu. Jika Anda membeli mobil yang sangat sederhana dalam hidup Anda, kemudian sumber daya keuangan Anda mumpuni, Anda tentunya dapat mempertimbangkan membeli sebuah mobil baru jika keuangan Anda mengalami peningkatan.

Pastikan jika Anda membeli sebuah mobil baru, Anda bisa mewujudkannya dengan aman dan nyaman. Ini tidak hanya pembayaran bulanan yang harus Anda bayarkan tetapi juga biaya asuransi mobil yang lebih tinggi.

 

Apa saja yang menjadi pertimbangan Anda dalam membeli sebuah mobil? Silakan Anda dapat memberikan pertimbangan Anda pada kolom di bawah ini. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada orang yang Anda ketahui hendak membeli mobil, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kevin Mercadante. 16 Januari 2017. When to Buy a New Car (a new used car). Money under 30. https://goo.gl/yHVMgH

 

Sumber Gambar:

  • Mobil baru dan bekas – https://goo.gl/h6C2Q9
  • Old and new car – https://goo.gl/yOg2Mp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download