Malapetaka Kredit Mobil, Jika Tanpa Perhitungan

Apa jadinya jika seseorang melakukan kredit mobil, jika tanpa perhitungan yang jelas? Kali ini Finansialku akan membahas mengenai malapetaka keuangan yang terjadi jika seseorang mengajukan kredit mobil tanpa perhitungan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Jangan Sampai Kredit Mobil tanpa Perhitungan yang Matang

Kendaraan menjadi sebuah kebutuhan bagi hampir seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di perkotaan. Mobil adalah salah satu pilihan kendaraan yang paling populer. Saat ini kita dapat membeli mobil LCGC (low cost green car) dengan biaya yang relatif terjangkau.

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Kredit Mobil Bekas?]

 

Berita baiknya, saat ini banyak sekali pilihan kredit kendaraan dari bank maupun perusahaan leasing. Sayangnya jika kita menggunakan kredit mobil tanpa perhitungan yang matang, akan mengakibatkan malapetaka. Berikut ini 5 alasan yang kurang tepat terkait dengan pengajuan kredit kendaraan:

 

#1 Alasan untuk Pamer

Penyakit yang palling parah adalah kredit mobil untuk alasan pamer dan gengsi. Memaksakan gaya hidup (lifestyle) adalah bukan cara yang tepat. Pernahkan Anda melihat ada seseorang yang sudah punya mobil mewah tetapi belum memiliiki rumah?

[Baca Juga: Ga Mau Dikatain Makan tu Gengsi, Hindari 9 Hal Ini]

 

#2 Ambil Kredit Tanpa Perhitungan

Ada juga lho orang yang mengajukan kredit, tanpa menghitung biaya-biayanya. Coba sebutkan biaya apa saja yang tiba-tiba muncul jika seseorang mengajukan kredit mobil? Ya betul pasti biaya – biaya terkait kredit mobil (bunga, biaya administrasi) dan juga biaya operasional (bahan bakar, biaya tol, biaya perawatan, biaya pengurusan surat-surat dan lain sebagainya).

[Baca Juga: Mau Hemat Sekarang Malah Jadi Boros, Karena Hal-Hal Ini]

 

#3 Asal-Asalan dalam Mengajukan Kredit Mobil

Biasanya orang yang sudah naksir berat dengan mobil, cenderung mengacuhkan sumber pembiayaan. Asal-asalan pilih bank atau perusahaan leasing tanpa melakukan pengecekan atau membandingkan dengan penawaran yang lain. Jadinya ya seringkali dapat penawaran yang kurang bagus (bunga mahal, biaya admnistrasi besar, provisi besar dan lain sebagainya). Nah oleh sebab itu lakukan perbandingan kredit mobil dari beberapa penyedia kredit sebelum memutuskannya.

[Baca Juga: Asuransi All Risk Ternyata Tidak untuk Semua Risiko]

 

#4 Nyicilnya Kelamaan

Permasalahan beirkutnya dalam kredit mobil adalah nyicilnya kelamaan. Ada lho orang yang mencicil mobil sampai lebih dari 4 tahun. Padahal harga mobil selalu mengalami penurunan (penyusutan / depresiasi) setiap tahunnya. Kalau Anda kelamaan nyicil, bisa-bisa jumlah cicilan lebih besar dibandingkan harga jualnya.

[Baca Juga : Mau Untung Malah Jadi Buntung, Karena Kelamaan Nyicil]

 

#5 Tidak Memperhatikan Biaya

Jangan pernah mengabaikan biaya-biaya yang terkait dengan kredit mobil. Mulai dari biaya kredit, biaya asuransi dan biaya operasional. Biasanya orang tidak menyadari berapa besar pengeluaran kendaraan dibandingkan dengan pendapatan.

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan yang Harus Dihindari]

 

Tips Memilih Kredit Mobil, Agar Anda Mendapatkan Keuntungan Tamabahan

Apa saja yang harus dilakukan agar dapat keuntungan tambahan dalam memilih kredit mobil:

  1. Pilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Misal jika memang kebutuannya untuk keluarga, pilihan family car lebih cocok dibandingkan city car yang sempit.
  2. Jangan malas untuk melakukan survey harga mobil, sebelum membelinya. Anda dapat mencari harga-harga mobil melalui internet. Pastikan Anda juga mengetahui berapa harga mobil secondnya, sebagai perbandingan.
  3. Perhatikan juga biaya operasional, jangan hanya memikirkan biaya belinya. Pikirkan juga konsumsi bahan bakar, biaya perawatan dan lain sebagainya.
  4. Beli asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membeli asuransi all risk pastikan Anda membaca polisnya. Asuransi all risk hanya menanggung semua risiko yang tertera dalam polis. Jadi kalau ada risiko di luar polis maka tidak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  5. Sebisa mungkin jangan berutang untuk uang muka pembelian mobil. Kami sangat menyarankan agar membayar cash uang muka pembelian mobil.

 

Jadilah Pembeli yang Bijak

Kredit mobil adalah solusi yang paling tepat untuk membantu mewujudkan mobil impian. Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya pilihlah kredit mobil dengan bijak dan hati-hati. Selamat mencoba.  

 

Menurut Anda berapa lama waktu yang pas untuk kredit mobil ?

 

Sumber Gambar

  • Leasing Car – http://goo.gl/ZcIiQR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2016-11-30T14:31:38+00:00 May 22nd, 2016|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download