Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko

Apakah Anda tahu bahwa asuransi kendaraan all risk tidak melindungi semua risiko? Nah kali ini Finansialku akan membahas mengenai fakta-fakta unik asuransi kendaraan all risk.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kendaraan All Risk, Tidak Melindungi Semua Risiko

Pemilik kendaraan tentunya lebih tertarik dengan asuransi kendaraan all risk, dibanding asuransi kendaraan total lost only. Asumsinya asuransi kendaraan all risk akan memberikan perlindungan terhadap semua risiko yang bakal terjadi. Kenyataannya tidak semua risiko dapat terlindungi dengan asuransi all risk.

 

Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pilih Asuransi yang Mana TLO atau All Risk?]

 

Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu mengetahui apa saja risiko-risiko yang ditanggung di dalam polis. Pertanyaannya, apakah Anda pernah membaca polis asuransi tersebut? Apakah Anda tahu apa saja yang dapat terlindungi dengan asuransi all risk kendaraan?

Sebagai konsumen, kita perlu cermat dan teliti memilih asuransi all risk kendaraan dan besaran preminya. Jangan sampai premi yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan pertanggungannya. Berikut ini fakta mengenai asuransi kendaraan all risk.

 

#1 Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Mengcover Aksesoris

Tidak semua asuransi kendaraan all risk mengcover atau memberikan perlindungan untuk aksesoris kendaraan. Memang ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan untuk aksesoris kendaraan. Pastikan Anda sudah  bertanya dan memahami tentang cakupan perlindungan sebelum membeli asuransi kendaraan.

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Sebaiknya Anda Miliki]

 

#2 Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Memberikan Nilai Tambah, saat Menjual Kendaraan

Banyak orang berasumsi asuransi kendaraan akan tetap berlangsung, jika mobil dijual. Asuransi tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain. Kenyataanya perlindungan kendaraan (asuransi) akan hilang jika mobil dijual. Jadi tidak ada nilai tambahnya, jika Anda menjual mobil dengan asuransi all risk.

 

#3 Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Memiliki Double Claim

Tahukah Anda bahwa asuransi kendaraan all risk tidak dapat di klaim berganda (double claim) dan koordinasi manfaat dengan asuransi lainnya (coordination of benefit). Jadi tidak banyak manfaatnya memiliki asuransi kendaraan all risk lebih dari satu.

 

#4 Asuransi Kendaraan Second Lebih Murah Dibandingkan Asuransi Kendaraan Baru

Perusahaan asuransi biasanya memiliki suatu nilai atau harga untuk asuransi kendaraan all risk. Jadi tidak ada perbedaan antara asuransi kendaraan all risk mobil baru dengan mobil second.

[Baca Juga: Pilih Produk Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan]

 

#5 Tidak ada Asuransi untuk Pihak Ketiga

Perusahaan asuransi tidak memberikan perlindungan untuk pihak ketiga, kecuali Anda membeli perluasan asuransi. Jadi jika sampai terjadi tabrakan dengan pengguna kendaraan lain, perusahaan asuransi jiwa hanya melindungi Anda sebagai pemilik polis.

[Baca Juga: Jangan Pusing Pilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik]

 

Cermat dalam Memilih Produk Asuransi Kendaraan

Setelah mengetahui pembahasan di atas, sebaiknya Kita lebih cermat dalam memilih dan menentukan produk asuransi kendaraan all risk yang lebih cocok. Jangan sampai kita BERASUMSI perusahaan asuransi akan membayar segala risiko, padahal ada beberapa risiko yang tidak termasuk dalam polis.

 

Sumber gambar:

  • Car Insurance – https://goo.gl/YsLQV1

 

Sudahkah Anda memiliki polis asuransi kendaraan all risk? Apakah Anda sudah membaca dan memahami polis asuransi kendaraan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download