Bagi Anda yang ingin jual perhiasan emas, sudah tahukah Anda mengenai perhitungan harga jualnya?

Agar tidak merugi, kenali dahulu serba serbi harga emas dan kapan sebaiknya menjual. Penasaran kan? Mari kita simak berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mau Jual Emas? Kapan dan Berapa?

Mengapa banyak orang yang mempertimbangkan emas atau logam mulia sebagai salah satu instrumen investasi?

Emas atau logam mulia menjadi salah satu alternatif investasi yang sangat digemari, karena emas memiliki beberapa kelebihan umum, antara lain:

  1. Emas biasanya likuid dan tidak mudah tergerus inflasi
  2. Emas atau logam mulia harganya cenderung stabil bahkan naik
  3. Emas tidak mudah rusak dan mudah disimpan, misalkan dalam kasus banjir atau kebakaran, emas lebih aman daripada uang tunai

 

Memang betul ada kemungkinan penurunan harga emas, namanya investasi selalu ada risiko dan ada fluktuasi harga. Namun dalam jangka panjang emas dinilai lebih aman karena layaknya properti, emas juga semakin langka.

Kelangkaan ini akan menyebabkan harga emas akan terus naik. Sesuai logika, dimana dengan demand yang tetap dan supply-nya semakin menurun, harga sebuah benda akan semakin naik.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Nah, emas umumnya dijadikan instrumen investasi dalam bentuk emas batangan. Namun demikian, tak jarang investor memilih bentuk perhiasan emas dalam berinvestasi.

Selain berinvestasi, perhiasan emas memang sahabat baik wanita yang bisa digunakan untuk mempercantik penampilan.

Tetapi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini banyak yang terpaksa merelakan perhiasan emasnya demi kebutuhan lain. Apakah tepat menjual perhiasan emas pada saat seperti ini? Berapa sih harga jualnya?

Yuk simak ulasan lengkapnya berikut:

 

#1 Kapan Momen Tepat Jual Emas?

Bagi sebagian orang, menjual aset termasuk logam mulia atau emas yang selama ini disimpan menjadi salah satu cara untuk bertahan hidup dalam kondisi pandemi ini.

Apakah keputusan yang tepat untuk menjual emas pada saat seperti ini?

Melansir merdeka.com, Andi, Pemilik Toko Emas Agung di kawasan Cikini, Jakarta Pusat menjelaskan bahwa memang saat ini adalah momen yang sesuai untuk menjual emas.

Menurutnya, saat ini harga emas sedang tinggi-tingginya akibat dipicu sentimen global karena tertekannya sejumlah negara raksasa ekonomi dunia. Jadi, saat ini merupakan momen yang tepat bagi masyarakat untuk melepas logam mulianya.

 

#2 Berapa Harga Jual Emas?

Nah, jika Anda juga memutuskan untuk menjual perhiasan emas dalam waktu dekat ini, tentu Anda juga perlu tahu berapa harga jual emas dan bagaimana cara menghitungnya.

Perlu Anda ketahui, beberapa tahun terakhir ini harga emas terus melonjak naik. Bagi sebagian orang yang sudah berinvestasi emas tentunya ini merupakan kabar baik. Nilai ini bahkan terus naik dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

Analis emas sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memprediksi bahwa harga jual emas Antam bisa tembus Rp 1 juta/gram, apabila harga emas global menembus USD 1.800 per troy ounce.

Hal ini disebabkan Amerika Serikat dikabarkan menghabiskan stimulus sebesar USD 2,2 triliun di April dan Mei 2020, karena sedang mengalami tekanan ekonomi akibat pandemi ini.

Selain itu, kebijakan pemerintah Indonesia yang akan menjual obligasi tentu memberikan pengaruh besar terhadap lonjakan harga emas. Sebagai ilustrasi, Finansialku mempunyai video singkat tentang hal-hal yang mempengaruhi harga emas.

 

Bagaimana dengan harga perhiasan emas?

Mengutip tirto.id, harga jual perhiasan di toko emas dan berlian Semar Nusantara ditawarkan mulai dari Rp 370 ribu per gram (untuk perhiasan kuning 12 karat atau 50%) per 6 Juli 2020. Adapun harga jual lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Harga emas perhiasan kuning 12 karat 1 gram – Rp 370.000
  • Harga emas perhiasan kuning 12 karat 2 gram – Rp 740.000
  • Harga emas perhiasan kuning 12 karat 3 gram – Rp 1.110.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 1 gram – Rp 395.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 2 gram – Rp 790.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 3 gram – Rp 1.185.000
  • Harga emas perhiasan kuning 18 karat 1 gram – Rp 640.000
  • Harga emas perhiasan kuning 18 karat 2 gram – Rp 1.250.000
  • Harga emas perhiasan kuning 12 karat 3 gram – Rp 1.920.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 1 gram – Rp 655.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 2 gram – Rp 1.310.000
  • Harga emas perhiasan putih 12 karat 3 gram – Rp 1.965.000

Sumber: https://tirto.id/fNWx

 

Namun, Anda harus tahu bahwa harga jual dan harga buyback di toko emas tentu berbeda.

Menurut mojok.co, beberapa toko perhiasan emas pada umumnya memberikan margin buyback perhiasan senilai Rp 20.000 per gram untuk produk perhiasan lama dan Rp 50.000 per gram untuk produk baru. 

Selisih harga tersebut bisa dikatakan sebagai laba kotor yang diterima oleh pihak toko dari setiap gram emas yang mereka jual.

Memang terlihat tinggi, namun harga tersebut merupakan kompensasi toko untuk biaya penyusutan dan pencucian emas untuk bisa dijual kembali.

Harga Emas Meroket, Catat Dulu Tips Jual Emas Ini Agar Untung Maksimal! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Perencanaan Biaya Umroh Masa Kini? Benarkah Bisa Umroh dengan Emas?]

 

Selain potongan tadi, ada juga toko mas yang menerapkan potongan normal untuk perhiasan yang dijual kembali oleh pembeli dengan kisaran Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 per gram.

Jadi, jika ditambahkan dengan ongkosnya, nilai margin buyback­-nya bisa menjadi Rp 20.000 sampai dengan Rp 50.000 per gram barang. 

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, untuk barang yang diterima dalam kondisi rusak, biasanya pemilik toko emas punya dua kebijakan.

Pertama, jika barang tersebut masih dapat diperbaiki, mereka akan mengenakan biaya perbaikan kepada pembeli di samping potongan normal.

Dan kebijakan yang kedua, jika barang tersebut tidak memungkinkan untuk diperbaiki sebab terlalu parah kerusakannya, biasanya pemilik toko akan memberikan harga emas leburan pada pihak pembeli. 

 

#3 Contoh Perhitungan Menjual Perhiasan Emas

Asumsi perhiasan emas yang dimiliki adalah 2 gram emas kuning 18 karat (Harga jual per 6 Juli 2020: Rp 1.250.000 per 2 gram)

Kondisi emas adalah baru dan masih dalam kondisi baik

Jika menggunakan contoh kebijakan toko emas di atas maka potongan yang berlaku adalah potongan emas baru senilai Rp 50.000 per gram dan potongan normal Rp 10.000 per gram. Karena perhiasan emas dalam kondisi baik maka tidak ada biaya perbaikan.

Maka nilai buyback-nya adalah sebagai berikut:

Rp1.250.000 – (2 * Rp50.000) – (2 * Rp10.000)       = Rp1.130.000

 

Nah, dari contoh ini Anda bisa mengestimasi berapa sih nilai yang bisa Anda terima saat menjual perhiasan emas.

Untuk detailnya mohon kunjungi toko emas terdekat atau langganan Anda, karena nilai potongan dan kebijakan setiap toko berbeda.

Di sini kami hanya menjabarkan bagaimana Anda mengestimasi nilai jual perhiasan emas Anda dengan kondisi yang ada.  

 

Semoga Bermanfaat!

Melihat rangkuman dalam artikel tadi, maka Anda sudah lebih mengenal mengenai momen tepat jual perhiasan emas emas dan sudah memahami bagaimana cara menghitung harga jualnya?

Kami berharap artikel ini membantu Anda menentukan penjualan perhiasan emas Anda. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan juga kepada teman-teman Anda yang masih ragu dalam menjual perhiasan emasnya.

Memang tidak mudah untuk menjual perhiasan emas begitu saja. Perlu perhitungan yang matang agar kita tidak rugi. Perhitungan diatas tentu sangat bisa untuk Anda praktikkan.

Namun mungkin ada kalanya Anda masih ragu untuk menjual perhiasan Anda. Tidak perlu khawatir! Di Finansialku, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk menemukan solusinya.

Fitur konsultasi dengan perencana keuangan ini bisa Anda temukan di aplikasi Finansialku. Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mengetahui harga emas lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 April 2020. Momen Tepat Jual Emas Perhiasan untuk Sambung Hidup di Tengah Pandemi Corona. Merdeka.com – https://bit.ly/2BUXBUn
  • Edy Pranoto. 03 Juli 2020. Info Harga Logam Mulia Emas di Pegadaian Hari Ini, 3 Juli 2020, Antam, UBS, Lotus Ar, dan Galeri 24. Portaljember.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3fdEpzt
  • Dinda Silviana Dewi. 06 Juli 2020. Harga Jual Emas Perhiasan Semar Nusantara 6 Juli 2020. Tirto.id – https://bit.ly/3fdYHci
  • Muhammad Adib Mawardi. 23 April 2020. Begini Cara Toko Emas Menghitung Harga dan Ongkos dalam Jual Beli Perhiasan Emas. Mojok.co – https://bit.ly/2W0zZo8