Tahukah Anda, Sekarang Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Syarat dan Caranya!

Kacamata adalah salah satu alat bantu yang sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki kelemahan, baik itu minus, plus maupun silindris. Bagi beberapa orang, harga sebuah kacamata bisa tergolong mahal. Tetapi sekarang BPJS Kesehatan milik pemerintah juga menanggung biaya beli kacamata. Bagaimana caranya? Mari simak artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah salah satu badan pemerintah yang berperan untuk pemerataan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hampir semua masalah kesehatan bisa mendapatkan bantuan pendanaan dari pihak BPJS Kesehatan jika memiliki keanggotaan pada BPJS Kesehatan. Salah satu bidang yang mendapat bantuan pendanaan dari BPJS Kesehatan adalah untuk beli kacamata.

Tapi tidak banyak orang yang mengetahui cara beli kacamata yang ditanggung oleh BPJS kesehatan. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah dan dari badan terkait membuat pengguna BPJS Kesehatan merasa ragu ketika ingin beli kacamata, apakah biaya tersebut dapat ditanggung atau tidak. Jika Anda salah satunya yang tidak mengetahui tentang beli kacamata dengan menggunakan BPJS Kesehatan, ada beberapa informasi yang berguna untuk Anda.

Tahukah Anda, Sekarang Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan Ini Syarat dan Caranya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Askes dan BPJS Kesehatan, Apa Persamaan dan Perbedaannya?]

 

Berapa Harga Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan?

Ketika Anda akan mendaftar BPJS kesehatan, Anda biasanya diminta memilih jenis kelas yang Anda inginkan. Pada dasarnya ada 3 kelas pada BPJS kesehatan, kelas yang tertinggi adalah kelas 1, kelas 2 dan yang terendah adalah kelas 3. Jenis kelas ini akan menentukan jumlah iuran wajib yang harus Anda bayarkan setiap bulan dan juga jumlah biaya berobat yang Anda bisa klaim dari BPJSKkesehatan ketika Anda berobat.

Begitu pula untuk beli kacamata, jika Anda memiliki BPJS kelas 1, Anda akan mendapatkan subsidi sebanyak Rp300 ribu, untuk kelas 2 Anda akan mendapatkan penggantian sebanyak Rp200 ribu dan untuk kelas 3 Anda akan mendapatkan pengurangan biaya sebanyak Rp150 ribu.

Layanan beli kacamata akan diberikan kepada peserta 2 tahun sekali, jadi Anda tidak bisa ganti kacamata lebih dari 1x selama 2 tahun. Oleh karena itu, jaga baik-baik kacamata Anda, jangan sampai rusak. BPJS Kesehatan hanya akan menanggung biaya kacamata untuk beberapa ketentuan ukuran kacamata, yaitu:

  • Untuk lensa spheris, minimal 0,5 Dioptri;
  • Untuk lensa silindris minimal 0,25 Dioptri.

 

Prosedur Pembuatan Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Anda yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, perlu mengetahui tata cara atau prosedur penggunaan fasilitas kesehatan yang sudah kita bayar tiap bulan, termasuk juga salah satunya prosedur pembuatan kacamata yang dijamin oleh BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan Online Daftar, Cara Cek Iuran dan Faskesnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Kesehatan Online: Daftar, Cara Cek Iuran dan Faskesnya]

 

Berikut ini adalah prosedur pembuatan kacamata dengan BPJS Kesehatan:

  1. Peserta datang ke fasilitas kesehatan pertama (Faskes 1), seperti dokter keluarga, puskesmas, atau klinik yang sudah ditunjuk oleh BPJS Kesehatan untuk mendapatkan Surat Rujukan ke Dokter Spesialis Mata atau Poliklinik Mata.
  2. Setelah itu, peserta datang ke Dokter Spesialis Mata atau Poliklinik Mata yang ditunjuk untuk mendapatkan resep kacamata.
  3. Setelah mendapatkan resep kacamata, peserta harus kembali mendatangi loket BPJS Kesehatan untuk melegalisir (meminta cap) resep kacamata tersebut.
  4. Peserta datang ke optik kacamata, yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dengan membawa resep kacamata yang sudah di legalisir, fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Peserta BPJS.
  5. Setelah itu, peserta dapat membeli kacamata di optik tersebut, apabila harga kacamata melebihi penggantian oleh BPJS Kesehatan, maka sisanya harus dibayar sendiri oleh peserta.

 

Pelayanan kesehatan mata yang dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan adalah sesuai dengan prosedur pelayanan dan sesuai dengan indikasi medis. Pengobatan mata dengan laser, saat ini belum dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, hanya peserta yang berkacamata dan lensa yang dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Mengcover Perawatan Gigi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Meng-cover Perawatan Gigi?]

 

Pengalaman Membeli Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Berikut adalah pengalaman seseorang yang bernama Faisal dalam menggunakan BPJS Kesehatan untuk beli kacamata. Di webblog-nya dituliskan,

“Nah kalau udah punya kartu BPJS, silakan datang ke dokter keluarga atau puskesmas yang agan pilih pas daftar BPJS, seperti yang tertulis di kartu agan masing-masing. Di dokter keluarga tersebut bilang aja mau bikin kacamata/keur mata, dokternya pasti udah ngerti gan. Di tahap ini, agan bakal dapet surat rujukan dari dokter tersebut sebagai tiket agan buat menuju ke rumah sakit sesuai yang agan pilih.”

 

Ini adalah langkah pertama dalam prosedur pembuatan kacamata. Selanjutnya Faisal juga menuliskan,

“Berbekal surat rujukan tadi, silakan datang ke RS yang udah dipilih gan. Jangan lupa bawa kartu BPJS-nya. Sampai di rumah sakit pastikan dulu agan udah punya kartu berobat di RS tersebut. Kalau sebelumnya agan belum pernah berobat ke RS tersebut sama sekali maka agan harus daftar baru di RS tersebut. Fungsi kartu berobat ini adalah sebagai rekam medis selama agan berobat di RS tersebut gan. Biasanya gratis kok ga bayar. Kalau udah dapet kartu berobat silakan tanya di mana tempat loket BPJS atau BPJS center di rumah sakit tersebut. Serahkan rujukan, kartu BPJS, dan kartu berobat ke petugas yang ada. Setelah itu agan bakal dikasih beberapa lembar kertas buat diserahkan di poliklinik mata tempat agan mencari resep.”

 

Langkah keduanya pun sesuai dengan prosedur yang harus dilakukan, hingga mendapatkan resep kacamata. Lalu langkah ketiganya, ditulis bahwa kita harus melegalisir resep tersebut agar mendapatkan jaminan dari BPJS kesehatan bahwa BPJS Kesehatan menanggung biaya kacamata itu sesuai dengan kelas yang kita ambil.

“Eiiitsss, jangan buru-buru ke optik gan. Pekerjaan agan di RS belum selesai. Sampai step 4 agan itu baru selesai proses mendapatkan resep kacamata. Bisa sih agan langsung ke optik bawa resepnya tapi bantuan dari BPJS ga dapet karena agan perlu datang lagi ke BPJS Centre di RS tersebut. Di BPJS Centre tersebut, serahkan kembali semua berkas agan, termasuk resep yang baru didapat tadi ke petugas. Nanti petugas akan mencetak kertas sakti yang bisa dibawa ke optik sebagai tanggungan dana BPJS untuk pembuatan kacamata. Tapi kalau agan pas lagi apes, kaya yang ane alamain dulu, server BPJS-nya lagi error gan. Hasilnya harus nunggu sampai besok dan harus datang ke BPJS Centre nya lagi buat dapat bukti penjaminan BPJS-nya.”

 

Ini adalah tulisan Faisal tentang bagaimana kita harus melegalisir resep kacamata tersebut sebelum dibawa ke optik yang melakukan kerja sama dengan BPJS kesehatan.

“Terakhir, silakan datang ke optik yang menerima pasien BPJS gan. Oh iya, biasanya pas di BPJS Centre, agan juga dapet kertas fotokopian yang isinya optik mana aja yang menerima pasien BPJS yang ada di kota agan. Kalau agan punya waktu, bisa cek satu persatu optiknya buat mendapatkan harga terbaik. Tapi kalau yang sibuk kerja, kaya ane carinya yang paling deket aja. Waktu itu ane pakai optik yang lokasinya di depan rumah sakit tempat ane bikin resep. Biar ga usah wira-wiri jadi tinggal nyebrang aja ke Optiknya. Di optik tersebut agan tinggal serahkan berkas yang didapat sebelumnya beserta resep. Nanti biasanya dari optiknya melakukan cek ulang apakah resep dari dokter tersebut nyaman buat agan atau tidak. Silakan di optiknya agan cari frame yang paling cocok lalu pilih jenis lensa apa yang pengen dipasang. Nanti akan ditotal berapa harga Frame dan Lensa itu, kalau harganya diatas plafon BPJS agan, dalam kasus ane Rp300rb, maka agan akan nombok sisanya. Jadi misal harga frame dan lensa yang agan pilih total Rp550rb, jika agan peserta BPJS kelas 1 maka agan masih harus nombok Rp250rb. Kalau udah tinggal bayar, dapat nota, pulang deh sambil nunggu kabar dari optiknya kalau kacamatanya udah jadi.”

 

Daftar BPJS Online untuk BPJS Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar BPJS Online untuk BPJS Kesehatan]

 

Daftar Optik Rekanan BPJS Kesehatan

Sampai disini, Anda tinggal menunggu kacamata Anda jadi, sama seperti pengalaman Faisal dalam menggunakan BPJS. Anda dapat membaca pengalaman lengkap Faisal membeli kacamata di dalam web blog-nya.

 

Optik yang Melayani Beli Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Beberapa optik rekanan yang melayani beli kacamata dengan BPJS kesehatan:

Jakarta Utara

  • Optik Indo Astar 1, Jl. Taman Sunter Indah Blok KI
  • Optik Indo Astar 2, Jl. Danau Sunter Utara Blok R
  • Optik Indo Astar 3, Jl. Gorontalo Barat No. 10 A
  • Optik Tokyo, Jl. Kramat Jaya No.5
  • Optik Mikeda, JL. Boulevard Artha Gading
  • Optik Warakas, Jl. Tawes No. 18-20
  • Optik Internasional, Jl. Gunung Sahari Raya no. 1

Jakarta Barat

  • Optik Trend, Roxy Square Lt UG Blok A1 No.1

Jakarta Pusat

  • Optik Nusa Indah, Jl. Cempaka Putih Tengah I/1
  • Optik RSPAD, Jl. Abdul Rahman Saleh No. 24
  • Optik SEIS, JL. Pasar Baru No. 101
  • Optik Kasoem, JL. Cikini Raya No. 18

Jakarta Selatan

  • Optik Prikasih (JST), RS Fatmawati No. 47
  • Optik Internasional, RS Fatmawati No. 22A

Jakarta Timur

  • Optik Mikeda, Jl. Perserikatan No. 3
  • Optik Nusa Indah, Jl. Nusa Indah
  • Optik Kimia Farma, Jl. Matraman Raya No. 55
  • Optik Internasional, Jl. Mayjen Sutoyo No. 76

  • Optik Internasional, Mega Bks Hypermall Lt.1 No.16A
  • Optik Diplomat, Jl. Ir. H. Juanda No.20 Bekasi
  • Optik Perkasa, Jl. KH. Agus Salim No.7 Bekasi

  • Optik Yoeda, Jl. Sukajadi No. 18D, Bandung
  • Optik BHO, Desa Cipadung No. 37 Ujungberung, Bandung
  • Optik ABC ABC No. 26, Bandung
  • Optik Internasional Lengkong Besar No. 5, Bandung
  • Optik RS. Cicendo Cicendo No. 4, Bandung
  • Optik Niko Kiaracondong No. 218, Bandung
  • Optik Billah Buah Batu No. 88, Bandung
  • Optik Raya Raya Cimahi No. 597 Kel. Setiamanah, Cimahi
  • Optik Indra Utama Gandawijaya No. 74, Cimahi
  • Optik Suci RS. Dustira No. 114, Cimahi

  • Optik Sukses, Jl. Gandekan Lor No. 90, Yogyakarta
  • Optik Candi Putra, Jl. Sumarwi No. 30, Wonosari Gunung Kidul
  • Optik Wates Baru, Komplek Perdagangan Gawok Wates, Kulon Progo
  • Optik Akur, Jl. Urip Sumoharjo no. 71, Yogyakarta
  • Optik Akur KHA Dahlan, Jl. KH Ahmad Dahlan no. 35, Yogyakarta
  • Optik Abakura, Jl. Bantul km 5,5 no. 265, Bantul
  • Optik Internasional, Jl. Mataram no.64, Yogyakarta
  • Optik Kurnia, Jl. Baron No. A16, Gunung Kidul
  • Optik Argus, Jl. Jenderal Sudirman No. 4, Yogyakarta
  • Optik Marlin, Jl. Brigjen Katamso No. 206, Yogyakarta
  • Optik Akur Bantul, Jl. Jenderal Sudirman No. 76, Bantul
  • Optik Ismail, Jl. Magelang km 12, Krapyak Triharjo, Sleman
  • Optik Arif, Jl. KH Ahmad Dahlan No. 143, Yogyakarta
  • Optik Puas, Jl. Gito Gati Grojogan Pandowoharjo, Sleman
  • Optik Pranoto, Jl. C Simanjuntak No. 6 Terban Gondokusuman, Yogyakarta

  • Optik Sinar, Rungkut Kidul No.09 Surabaya
  • Optik Internasional Manukan, Manukan Tama 44R-1 Surabaya
  • Optik Marlin Kapas, Jl. Kapas Krampung 12 C Surabaya
  • Optik Marlin Urip, Jl. Urip Sumoharjo No.63 Surabaya
  • Optik Merlin Kendangsari, Jl. Kendangsari No.40 Surabaya
  • Optik Merlin Rungkut, Jl. Rungkut Kidul No.19 Surabaya
  • Optik Star Bg-Junction, Optik Star Bg-Junction
  • Optik Idong, Jl. Juwet 23 Surabaya
  • Optik Internasional Blauran, Jl. Blauran No. 82 Surabaya
  • Optik Star Blauran, Jl. Kedungdoro No.36-46
  • Optik Nusantara, Jl. Pasar Kembang No.12-A
  • Optik SEIS, Jl. Tunjungan No.23 Surabaya
  • Optik 99, Jl. Barata Jaya 59 A 4 Surabaya
  • Optik Berlian, Jl. Manukan Tama A 2/37 Surabaya
  • Optik President, Jl. Manyar Tirtoyoso No.85 Surabaya

  • Optik Internasional, Jl. Letda Made Putra, Pertokoan
  • Optik Sahabat, Jl. Diponegoro No. 46, Denpasar
  • Sinar Optikal, Jl. Gajah Mada No. 23, Denpasar
  • Optik Diponegoro, Jl. Diponegoro No.100 Komp. Perto
  • Tiara Optikal, Jl. Letjen Sutoyo Tiara Dewata
  • International Optikal GJ. Mada , Jl. Gajah Mada No.133, Denpasar
  • Optik Sekar, Jl. Diponegoro No. 135-137 Blok 22

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penggantian kacamata oleh BPJS Kesehatan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk lebih memanfaatkan BPJS Kesehatan yang Anda punya.

 

Manfaatkan beli kacamata milik BPJS Kesehatan dengan sebaik-baiknya. Ikuti prosedur yang ada dan bagikan pengalaman Anda. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2016. Proses dan Syarat Penting Pengajuan Klaim Kacamata BPJS. Caraklaim.com – https://goo.gl/TZrCmS
  • Admin. 24 Agustus 2016. Apakah Alat Bantu Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan? Panduanbpjs.com – https://goo.gl/U5IBrr
  • Neneng Aminah Mirawati. 4 Agustus 2016. Daftar Optik Yang Kerja Sama Dengan BPJS Wilayah Jakarta. Kreasitanganmudah.co.id – https://goo.gl/HRXiKC
  • Robi Hidayat. Januari 2015. Daftar Fasilitas Kesehatan Kota Bandung. 4pri.com – https://goo.gl/QfPzci
  • Admin. Maret 2016. Daftar Optik Yang Bekerja Sama Dengan BPJS. Inacbg.co.id – https://goo.gl/DBDACH
  • Infoberita. 14 November 2014. Daftar Alamat dan Kode Faskes BPJS Kesehatan Kota Bekasi. Infoberita2014.co.id – https://goo.gl/ZuhBR9
  • Panduan BPJS. 28 April 2016. Optik Yang Bekerjasama Dengan BPJS di Denpasar. Panduanbpjs.com – https://goo.gl/iKRtOV
  • Infosurabaya. 25 September 2014. Daftar Alamat + Kode Faskes Apotek dan Optik BPJS Surabaya. Insurabaya.co.id – https://goo.gl/6gJs4P

 

Sumber Gambar:

  • Eyesight Check – https://goo.gl/MNVjAC
  • Kacamata – https://goo.gl/f3gBgm

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-11-08T10:40:46+00:00 May 30th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Kesehatan|Tags: , , , , |12 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

12 Comments

  1. aminkwan 25 August 2017 at 14:01 - Reply

    Emang ada kacamata yg 150rb….? Kalau harga kacamatanya 400rb, bagi orang yg gk mampu, trus gk punya uang buat nambahin, brati gk bisa pakai kacamata dong….!

    • Finansialku
      Finansialku 2 September 2017 at 21:43 - Reply

      Hi Pak Amin, terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Terima kasih atas pendapat Bapak. Beberapa pasar dan apotek yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah memiliki produk yang sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan.

  2. Lalu Ramdan 25 September 2017 at 08:10 - Reply

    Artikelnya sangat berguna, mantab.

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:58 - Reply

      Hi Pak Ramdan
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  3. Achmad Nur Fikri 7 October 2017 at 18:15 - Reply

    Terimakasih, artikel yg cukup membantu buat saya

    • Finansialku
      Finansialku 8 October 2017 at 08:26 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  4. Siti Fatih 12 October 2017 at 21:09 - Reply

    Selama mengurus dari awal (puskesmas -> rumah sakit) dikenakan biaya nggak ?

    • Finansialku
      Finansialku 13 October 2017 at 07:58 - Reply

      Hi Bu Siti
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Seharusnya tidak dikenai biaya Bu,
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat

  5. Rahma 4 November 2017 at 11:57 - Reply

    Min, kalo mata kita minus 3 berarti berapa dioptri ? Dan apakah kita akan mendapatkan kacamata gratis dgn menggunakan bpjs ?

    • Finansialku
      Finansialku 8 November 2017 at 09:21 - Reply

      Hi Bu Rahma
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Mengenai berapa dioptri, kami sarankan Ibu pergi ke dokter mata atau ke optik.
      Dari situ ibu Rahma bisa menentukan apakah mungkin mendapat kacamata gratis atau tidak.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. Doni Rianto 12 November 2017 at 23:35 - Reply

    Kalo Kartu Indonesia Sehat (KIS), bisa ggak digunakan untuk beli kacamata?

    • Finansialku
      Finansialku 15 November 2017 at 09:54 - Reply

      Hi Pak Doni
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pak, untuk KIS kami belum mendapat konfirmasinya.
      Namun untuk BPJS Kesehatan bisa menggunakannya untuk beli kacamata.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download