Simak tips untuk memilih kacamata yang cocok dengan wajahmu. Ragam pilihan bentuk kacamata pasti  bikin kamu bingung, kan?

Bentuk kacamata yang sedang tren belum tentu sesuai lho dengan tipe wajahmu. Kacamata itu sifatnya cocok-cocokan.

Kalau bentuknya pas di wajah memang akan membuatmu jadi tampil lebih fashionable, namun jika tidak sesuai maka kamu justru akan kelihatan aneh.

Nah supaya gak salah pilih, ikuti tips dalam memilih kacamata yang tepat di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Beda Bentuk Wajah, Beda Tipe Kacamatanya

Penggunaan kacamata kini lebih dari sekedar alat bantu baca atau alat pelindung mata dari radiasi sinar UV.

Kacamata juga memiliki fungsi estetik yang digunakan sebagai aksesori fashion para penggunanya.

Bahkan, ragam bentuk kacamata sengaja didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kepribadian seseorang. Baik dari segi pemilihan warna maupun bentuk frame dari kacamata itu sendiri.

Cara Memilih Bingkai Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips Mengatur Keuangan Untuk si Hobi Fashion, Tetap Sehat]

 

Namun terlepas dari pilihan jenis kacamata yang beraneka ragam tersebut, kamu perlu menyadari bahwa tidak semua jenis kacamata akan terlihat cocok di wajahmu.

Kamu harus bisa memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajahmu supaya kacamata tersebut dapat menonjolkan fitur wajah dan menyempurnakan bentuknya.

Jadi, jangan memilih kacamata hanya berdasarkan modelnya yang sedang up-to-date ya. Perhatikan faktor kecocokan antara bentuk wajah dan tipe kacamata. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut tips yang dirangkum khusus untuk kamu dalam memilih kacamata yang cocok dengan bentuk wajahmu.

 

Cari Tahu Bentuk Wajahmu

Ketika kamu ingin membeli kacamata, pastikan kamu sudah memahami betul bagaimana bentuk wajahmu.

Seringkali, seseorang salah lho dalam melihat bentuk wajahnya sendiri. Terdapat 7 kategori bentuk wajah dan kamu harus tahu karakterisitik wajah kamu masuk ke dalam bentuk wajah yang mana. Begini nih cara melihatnya.

 

#1 Pelajari Bentuk Dasar Wajahmu

Secara umum, bentuk wajah dapat digolongkan ke dalam 7 kategori yaitu wajah berbentuk bulat, segitiga, hati (segitiga terbalik), kotak, oval, wajik, dan oblong.

Sebelum membahasnya satu persatu, kamu dapat menarik rambutmu ke belakang dengan bantuan jepit sampai wajahmu terlihat dengan jelas. Jika sudah, simak pembahasannya berikut.

 

1. Wajah Bulat

Seseorang dengan wajah bulat cenderung memiliki tulang pipi, dahi, serta rahang yang sama lebarnya.

Inilah mengapa wajah jadi nampak berbentuk bulat. Pemilik wajah jenis ini juga biasanya memiliki pipi yang agak chubby dan dahi yang cukup lebar.

 

2. Wajah Segitiga

Kamu yang memiliki wajah segitiga akan merasa bahwa kamu memiliki tulang pipi yang lebar dengan rahang yang kuat, namun pada bagian dahi justru terlihat sempit.

Coba deh bercermin, apakah kamu termasuk pemilik wajah segitiga?

 

3. Wajah Hati

Bentuk wajah hati sebenarnya mirip dengan segitiga terbalik di mana kamu memiliki dahi yang lebar namun menyempit ke bawah menuju dagu.

Biasanya, si pemilik wajah hati memiliki tulang pipi yang menyempit sehingga rahang akan terlihat membentuk sudut seperti segitiga terbalik.

 

4. Wajah Kotak

Dahi lebar dan kuat serta dagu yang lebar pula.

Untuk kamu pemilik wajah kotak, kamu memiliki panjang dan lebar wajah yang proporsional dengan kesan yang cukup tegas karena sudut-sudut wajah yang tajam seperti membentuk persegi.

 

5. Wajah Oval

Wajah oval memiliki ciri khas di mana pada bagian tulang pipi terlihat lebar sedangkan pada bagian dahi dan rahang lebih sempit.

Kombinasi tersebut membuat wajah kamu terlihat proporsional karena meskipun agak membulat di bagian pipi namun kamu memiliki dagu yang lancip.

 

6. Wajah Wajik

Layaknya bentuk wajik, tipe wajah wajik memiliki dahi dan dagu yang sempit dengan tulang pipi yang cukup lebar.

Tipe wajah ini menggambarkan wajah yang cukup ramping dan lancip.

 

7. Wajah Oblong

Seringkali, seseorang dengan wajah oblong mengatakan bahwa wajahnya masuk ke dalam tipe wajah oval.

Padahal, wajah yang dimilikinya lebih mengarah ke tipe oblong. Wajah oblong mirip dengan wajah oval, hanya saja wajahnya lebih panjang dibandingkan wajah oval.

 

#2 Jika Masih Bingung Melihat Tipe Wajah, Gunakan Trik Gambar di Cermin

Terkadang, kita akan sulit mengetahui kategori bentuk wajah kita jika dengan hanya melihatnya. Kamu bisa menggunakan trik menggambar wajah di cermin untuk memastikan.

Caranya mudah saja. Kamu cukup menyiapkan sebuah cermin yang lebih besar dari kepalamu, lalu siapkan pula satu spidol yang tidak permanen.

Tegakkan kepalamu ke arah cermin dan mulailah menggambar lekuk wajahmu. Telusuri garis wajahmu di cermin dengan hati-hati mulai dari garis dahi, turun ke masing-masing pipi dan berakhir di dagu tanpa menyertakan bagian telinga.

Kini, kamu dapat melihat garis wajahmu. Garis wajah tersebut akan memperlihatkan bagaimana bentuk wajahmu yang sesungguhnya.

Kamu bisa mencocokkan gambar wajah tersebut dengan 7 kategori wajah yang telah dijelaskan sebelumnya. Kamu termasuk yang mana?

 

Tipe Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajahmu

Apapun bentuk wajahmu, kamu bisa tampil sangat menarik dengan menggunakan kacamata yang sesuai.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bentuk wajahmu. Waktunya mencari tipe kacamata yang sesuai nih! Kamu siap? Berikut penjelasannya.

 

#1 Kacamata Persegi untuk Si Wajah Bulat

Si wajah bulat paling pas kalau pakai bingkai kacamata yang berbentuk persegi dengan posisi gagang kacamata yang tinggi. Mengapa?

Bentuk persegi akan membuat wajah kamu tidak terlihat terlalu bulat. Sudut-sudut kacamata dengan bentuk menyerupai persegi juga akan membuat ilusi wajah yang lebih panjang.

So, jangan sekali-sekali menggunakan bingkai bundar dengan gagang kacamata yang tebal kalau tidak mau terlihat semakin bulat dan penuh!

 

#2 Kacamata Cat Eye dengan Half Frame untuk Si Wajah Segitiga

Kamu memiliki dahi yang sempit dengan dagu yang lebar. Untuk menyeimbangkan bentuk wajahmu, pilihlah kacamata dengan bentuk cat eye di mana bagian atas kacamata akan lebih lebar dibandingkan bagian bawah kacamata.

Untuk tipe frame, kamu dapat memilih tipe half frame atau bingkai nylor. Dengan demikian, wajah kamu akan terlihat lebih proporsional dan sempurna.

 

#3 Kacamata Frameless dengan Detail Melebar Pada Bagian Dasar untuk Si Wajah Hati

Wajah berbentuk hati biasanya terlihat menarik dengan bingkai yang lebih lebar di bagian dasar atau memiliki detail pada setengah bagian bawah bingkai.

Selain itu, pilihlah kacamata tanpa frame untuk membuat ilusi dahi menjadi terlihat lebih ramping dan seolah menarik mata ke bagian bawah wajah kamu.

Dengan ilusi tersebut, kamu dapat menyeimbangkan dahi dan rahang secara bersamaan.

 

#4 Kacamata Oval atau Bundar untuk Si Wajah Kotak

Kamu yang berwajah kotak cenderung memiliki tekstur rahang yang tegas. Untuk menguranginya, kamu bisa memilih kacamata dengan bentuk oval atau bundar.

Cara Memilih Bingkai Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah 03 - Finansialku

[Baca Juga : 10 Kacamata Termahal Di Dunia, Harganya Setara Rumah, WOW!]

 

Kacamata jenis ini mampu menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung wajah kamu dan membuat wajah lebih panjang. Sebaliknya, hindari pemakaian kacamata berbentuk persegi yang memiliki sudut tajam, ya.

 

#5 Semua Jenis Kacamata dapat Digunakan Si Wajah Oval

Berbahagialah kamu jika terlahir dengan bentuk wajah oval karena kamu akan sangat mudah mencari kacamata! Tipe wajah oval cocok dengan segala macam tipe kacamata.

Jadi, kamu akan tetap terlihat menarik menggunakan kacamata apa saja yang kamu suka dengan warna apapun dan mode apapun. Bisa banget nih bereksperimen dengan tren kacamata kekinian! Namun walaupun demikian, sebaiknya hindari frame dengan bentuk ekstrim yang lebarnya melebihi bagian terluas wajah supaya tidak terlihat memaksakan.

 

#6 Kacamata Cat Eye dengan Half Frame untuk Si Wajah Wajik

Sama halnya dengan pemilik wajah segitiga, seseorang dengan wajah wajik  akan sangat cocok menggunakan frame kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya.

Model half frame atau nylor juga dapat menonjolkan sisi manis wajahmu. Sebaliknya, penggunaan kacamata yang cukup sempit atau kecil akan membuat wajah kamu tidak proporsional. Jadi sebaiknya dihindari.

 

#7 Kacamata Melengkung atau Sisi yang Sama untuk Si Wajah Oblong

Wajah yang lonjong terlihat lebih manis dengan kacamata yang memiliki sisi melengkung.

Lengkungan ini akan mengurangi kesan panjang wajah dan menekankan pada sisi lebar. Kamu juga dapat memilih frame di mana bagian atas dan bawahnya memiliki bentuk yang sama.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tak Hanya Model, Kenyamanan Kacamata Juga Penting

Selain memperhatikan bentuk wajah dan menyesuaikannya dengan model kacamata yang tepat, maka selanjutnya kamu harus jeli dalam memilih kacamata yang nyaman digunakan.

Jangan sampai terlihat keren tapi gak nyaman dipakai. Ada beberapa tips yang dapat kamu catat nih sebelum membeli sebuah kacamata. Berikut penjelasannya.

 

#1 Pilih Frame yang Tepat

Supaya nyaman saat menggunakan kacamata, kamu harus memperhatikan bentuk frame-nya.

Pilih frame yang sesuai atau sedikit lebih lebar dari kepalamu. Frame juga harus menonjol alias tidak menempel pada wajah.

Hal ini menjadi penting untuk memaksimalkan kenyamanan temple pada sisi kepala.

 

#2 Pastikan Ujung Temple Tidak Menekan Telinga

Kacamata yang kamu gunakan sepanjang hari akan dikaitkan ke telinga. Maka pastikan lekukan ujung temple tidak menekan terlalu keras. Kalau telingamu tertekan maka kamu akan sangat tidak nyaman menggunakan kacamata berlama-lama.

Disarankan agar kamu datang langsung ke optik saat akan berbelanja kacamata. Tujuannya agar kamu dapat meminta bantuan optisien secara langsung untuk menyesuaikan lekukan temple sampai kacamata cukup nyaman untuk dikenakan.

 

#3 Utamakan Kacamata dengan Nose Pad

Biasanya, kacamata memiliki fitur bantalan hidung atau yang sering disebut sebagai nose-pad. Nose-pad terbuat dari silikon empuk yang digunakan untuk menyangga kacamata pada jembatan hidung.

Cara Memilih Bingkai Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah 04 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku!]

 

Dengan nose-pad, kacamata dapat lebih nyaman digunakan. Nah, apabila kacamata pilihanmu tidak mempunyai nose-pad, baiknya pilih kacamata yang tidak menimbulkan tekanan pada jembatan hidung.

 

#4 Jangan Ragu untuk Mencoba Kacamata Sambil Menggerakkan Kepala

Kamu dapat mencoba kacamata berulang kali untuk memastikan bahwa kacamata pilihanmu sudah sangat nyaman. Cobalah gerakkan kepala kamu ke atas dan ke bawah saat menggunakannya.

Setelah itu, membungkuklah seakan-akan kamu tengah mengambil sesuatu di lantai. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan apakah kacamata tersebut sudah pas di wajahmu. Ingat, kacamata yang baik adalah kacamata yang dapat melekat sempurna pada wajahmu tanpa rasa sakit.

 

Tampil Menarik dengan Gaya Kacamata yang Pas dan Nyaman Digunakan

Perkara memilih kacamata nyatanya tak semudah itu. Kamu perlu memperhatikan bentuk wajahmu secara seksama terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu dapat memilih gaya kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan kepribadianmu.

Tak sembarang pilih, ternyata ragam model kacamata sifatnya cocok-cocokan juga! Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kenyamanan dari kacamata itu sendiri, ya.

Jangan sampai niat bergaya malah berujung tidak nyaman saat menggunakan.

Rencanakan keuanganmu untuk membeli kacamata lewat aplikasi Finansialku.

Yuk download aplikasinya!

playstore icon
appstore icon

 

Dari 7 kategori bentuk wajah di atas, kamu masuk ke kategori yang mana nih?

Semoga dengan mengetahui tips memilih kacamata yang tepat, kamu dapat mulai mengeksplorasi gaya kacamata yang sesuai. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah. Optik Tunggal – https://bit.ly/3mt7bAg
  • Admin. Tips Memilih Kacamata yang Nyaman. Optik Melawai – https://bit.ly/2E4DFiO
  • Admin. Cara Memilih Bingkai Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah. Wikihow – https://bit.ly/3koZ31P

 

Sumber Gambar:

  • Tips Memilih Kacamata 01 – https://bit.ly/2Rwwbbz
  • Tips Memilih Kacamata 02 – https://bit.ly/2ZRaabY
  • Tips Memilih Kacamata 03 – https://bit.ly/2FHxVfy
  • Tips Memilih Kacamata 04 – https://bit.ly/2FUCuTA