Yuk, belajar atur keuangan pribadi kamu pakai aplikasi Finansialku biar keuangan kamu makin aman dan gak bocor.

Ternyata gak cuma genting yang bisa bocor, keuangan pribadi juga bisa mengalami kebocoran, lho! Jika kamu salah satunya yang mengalami kebocoran keuangan, simak tipsnya berikut ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Yuk, Atur Keuangan Pribadi

 

Hari gini masih kode-kodean ke boss buat kas bon alias gajian lebih awal?

Dari pada ngemis-ngemis ke boss, mending mulai atur keuangan pribadi dari sekarang biar gak bocor dan bisa menabung buat investasi masa depan.

Tapi sebelum lanjut membahas tipsnya, kamu bisa download dulu aplikasi Finansialku di Playstore atau Appstore, biar belajar atur keuangan pribadi kamu berhasil, ya.

 

#1 Catat Arus Keuangan Harian

Yang namanya kebocoran harus segera diperbaiki ya guys, sama halnya dengan keuangan pribadimu. Tips pertama belajar atur keuangan pribadi adalah dengan mencatat arus keuangan pribadi.

Jangan malas ya guys buat mencatat karena catatanmu ini akan sangat berguna buatmu pada waktunya nanti.

Apa sih gunanya mencatat?

Mencatat keuangan harian memberikan banyak manfaat, lho. Pertama, kamu bisa melacak ke mana saja uangmu kamu gunakan dalam satu bulan. Kamu bisa tahu persentase pengeluaran mana yang menyedot keuanganmu.

Selanjutnya, kamu jadi bisa mengetahui pengeluaran mana yang harus direm atau bisa dipangkas. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga dari satu toko dengan toko lainnya.

Misalnya, kamu belanja sebuah produk dengan merek A di toko A, lalu di lain hari kamu belanja barang dengan mereka A di Toko B namun dengan harga yang sedikit berbeda.

Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Inilah peranan catatan keuangan harianmu, kamu jadi bisa melacak pengeluaranmu sebelumnya. Kamu pun bisa mengetahui toko mana yang akan kamu tuju untuk berbelanja produk tertentu.

Bisa jadi lebih ekonomis kan, guys? Coba deh kamu praktikkan cara ini untuk mengatur keuanganmu supaya gak bocor.

Ingat, selalu catat arus pengeluaranmu sekecil apapun, ya! Dari uang parkir, uang yang dikasih buat pengamen jalanan sampai uang buat jajanin minuman kaleng buat temanmu, kamu catat semua di pencatatan keuangan.

Ribet? Engga kok?

Kamu gak bakalan ribet buat catat arus kas harian kalau pakai Aplikasi Finansialku dengan fitur Catatan Keuangan.

Hanya dengan Rp 800 per hari, kamu udah jadi Member PREMIUM, lho, asalkan kamu memanfaatkan kode promo CUAN50, ya!

 

#2 Buat Anggaran Bulanan

Tips berikutnya supaya keuangan pribadimu gak bocor adalah dengan membuat anggaran bulanan.

Pertama-tama, kamu harus memprioritaskan dahulu kebutuhan pokokmu, misalnya membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon, pulsa, pajak, asuransi (kalau sudah punya), dan berbagai tagihan wajib lainnya, termasuk kebutuhan belanja rumah.

Ingat ya, setiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda. Kamu sendiri yang tahu kebutuhanmu.

Sudah tahu kan bagaimana membedakan kebutuhan dan keinginan? Intinya, semua yang termasuk kebutuhan itu adalah semua hal yang harus kamu penuhi untuk menunjang kehidupanmu (kebutuhan pokok), seperti sandang, pangan, papan.

Anggaran bulanan ini bisa jadi berubah-ubah setiap bulannya, alias fleksibel sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, anggaran di bulan menjelang lebaran dan anggaran di bulan-bulan biasa tentu akan berbeda.

Atur anggaranmu sesuai kebutuhan agar tidak mengalami kebocoran dengan Aplikasi Finansialku, dari anggaran buat bayar tagihan bulanan, belanja bulanan, makanan, kendaraan dan lain sebagainya.

 

#3 Prioritaskan Tabungan Untuk Dana Darurat

Kalau kamu sudah terbiasa mencatat keuangan harian, membuat anggaran bulanan, saatnya kamu membuat pondasi keuanganmu supaya tidak rapuh untuk masa depan keuangan yang lebih cemerlang.

Siapkan dana darurat kamu dari sekarang dengan memprioritaskan tabungan bulanan.

Jika kamu masih single, kamu bisa siapkan 6x pengeluaran bulanan, sedangkan buat kamu yang sudah menikah tapi belum memiliki tanggungan anak, kamu perlu menyiapkan 9x pengeluaran bulanan.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan punya tanggungan anak, kamu perlu menyiapkan dana darurat sebesar 12x pengeluaran bulanan.

Hitung saja pengeluaran bulananmu di Aplikasi Finansialku dalam fitur Dana Darurat. Input total pengeluaran bulanan dan statusmu, maka keluarlah nominal yang harus kamu siapkan untuk memenuhi dana darurat.

 

#4 Proteksi Diri Dengan Asuransi

Tips belajar atur keuangan pribadi berikutnya adalah dengan memiliki payung proteksi kesehatan atau jiwa sesuai kebutuhanmu untuk melindungi aset dan kekayaan atau tabunganmu dengan asuransi.

Banyak orang masih menyepelekan pentingnya mempunyai asuransi kesehatan, jiwa atau penyakit kritis sekalipun.

Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Coba bayangkan, jika kamu suatu ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti musibah kecelakaan, penyakit demam berdarah atau setidaknya kamu harus dirawat di rumah sakit dan tidak dapat bekerja selama beberapa waktu lamanya.

Jika kamu masih single, mungkin kamu tidak perlu memikirkan adanya tanggungan istri dan anak yang harus dibiayai. Namun, tetap saja kamu perlu biaya untuk berobat dan memulihkan keadaanmu seperti sedia kala.

Biaya tersebut akan di-cover oleh perusahaan asuransi tempat kamu mempercayakan proteksi kesehatanmu.

 

#5 Mulai Belajar Investasi

Sambil menyelam minum air. Kamu bisa menabung dana daruratmu di instrumen investasi, lho. Tapi ingat, instrument investasi untuk dana darurat ini harus yang aman, likuid (mudah dicairkan) dan mudah diakses.

Misalnya, kamu bisa investasi emas atau Reksa Dana Pasar Uang. Kamu bisa menabung di instrument tersebut untuk mengembangkan uang dana daruratmu.

Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan? Dimana Carinya? Dan Apakah Menguntungkan?]

 

#6 Belajar dari Berbagai Sumber

Di era milenial ini, kita bisa mendapatkan banyak informasi seputar mengatur keuangan dari setiap web yang kita akses.

Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut melalui artikel Finansialku yang dapat kamu akses secara gratis dari website resmi, aplikasi dan ebook Finansialku.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki komunitas positif yang dapat mendukungmu dalam mengatasi kebocoran keuangan dan membangun portofolio investasi demi masa depan finansial yang lebih baik.

 

#7 Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Tips belajar atur keuangan pribadi berikutnya adalah dengan memanfaatkan saran dan arahan dari Perencana Keuangan Pribadi.

Meng-hire perencana keuangan pribadi itu memang mahal, lho. Tapi, kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan konsultasi dengan perencana keuangan dari Finansialku jika kamu sudah berlangganan sebagai member PREMIUM.

Kamu bisa mendapatkan saran dan rekomendasi jitu dalam membangun portofolio investasimu, menghitung setiap dana yang diperlukan untuk membeli barang atau kebutuhan, merencanakan dana pernikahan dan lain sebagainya.

Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi Yang Punya Hobi Menguras Kantong]

 

No Bocor Keuangan dengan Finansialku

Setelah kamu belajar sesuai tips di atas, sekarang waktunya kamu untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gak ada seorangpun yang mau mengalami bocor keuangan, oleh karena itu, ayo atur keuangan kamu sekarang juga dengan aplikasi Finansialku. Buat kamu yang belum punya aplikasinya, kamu bisa download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Bagaimana perjalanan finansialmu sampai saat ini? Apakah kamu masih mengalami kebocoran keuangan? Apa yang menjadi kendala terbesarmu dalam mengatur keuangan pribadi?

Tuliskan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini! Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/35p9kXp
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/33jwagN
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/3hgIOSG
  • Keuangan 4 – https://bit.ly/2Reg424