Kalender 2019 tahun ini punya banyak warna warni loh! Jangan lupa untuk menandainya, karena Anda bisa punya agenda liburan yang lebih terencana jika mengetahuinya sejak awal. 

Jadi, jangan lupa untuk terus menyimak tentang daftar hari libur nasional, cuti bersama dan harpitnas 2019 dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rencana Liburan dengan Acuan Tanggal Merah

Sudah memiliki rencana untuk pelesir menuju ke berbagai daerah di Indonesia? Atau bahkan keluar negeri pada tahun 2019 ini?

Seperti pada tahun-tahun yang lalu Anda dapat memanfaatkan libur panjang di momen long weekend juga pada Harpitnas atau singkatan dari hari kejepit nasional.

Tidak menunggu lama berikut akan diulas mengenai daftar long weekend, hari libur nasional dan dan hari kejepit nasional 2019.

 

Daftar Tanggal Merah di Tahun 2019

Tanggal merah bisa jadi merupakan hari libur nasional, hari besar suatu agama, atau hari kejepit nasional.

Terkait hal ini hari kejepit disini dapat diartikan satu atau dua hari kerja yang terletak diantara dua hari libur dan biasanya antara hari besar dan hari Sabtu atau Minggu.

7 Destinasi Liburan Akhir Tahun Indonesia Dalam Menyambut Tahun Baru 2019 01 - Finansialku

[Baca Juga: Minim Budget? Lakukan Tips Liburan Gak Over Budget Supaya Liburanmu Tetap Menyenangkan]

 

Hari kejepit nasional sendiri sebenarnya merupakan istilah yang tidak baku. Pada hari kejepit ini sering kali menjadi alasan bagi pegawai untuk mengambil cuti atau membolos.

Untuk hari kejepit yang berada di dekat hari libur idul fitri atau natal sering dijadikan cuti bersama yang ditentukan oleh pemerintah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Hari kejepit yang pasti ada setiap tahunnya adalah hari setelah hari raya kenaikan yesus kristus yang selalu jatuh pada hari Kamis. Dan hari Jumat setelah hari Kamis tersebut merupakan hari kejepit nasional.

Perbedaan sistem penanggalan yang digunakan untuk penentuan hari libur membuat hari kejepit tidak selalu dapat ditentukan pada tanggal yang sama setiap tahunnya.

 

Daftar Tanggal Merah Lengkap Kalender 2019

Berikut ini daftar tanggal merah lengkap kalender 2019 yang dapat Anda catat.

 

#1 Januari

Mendapati hari libur pada awal tahun tentunya telah Anda lewati di penghujung tahun kemarin. Libur tersebut telah jatuh pada hari Selasa 1 Januari 2019.

Masih dalam rangka perayaan tahun baru karena masih di bulan yang sama maka masih bisa dimanfaatkan untuk liburan awal tahun.

 

#2 Februari

Pada Februari nanti akan terdapat libur tahun baru imlek 2570 Kongzili yang akan jatuh pada hari Selasa 5 Februari 2019.

Pada momen tersebut Anda dapat memanfaatkan libur cukup panjang selama empat hari. Anda dapat mengambil cuti atau libur pada hari Senin 4 Februari 2019 untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Maret

Akan ada pada tanggal merah tepatnya pada hari Kamis 7 Maret 2019 dalam rangka perayaan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1941.

Anda yang menginginkan untuk ikut merayakan Nyepi di Bali dapat segera mengambil libur atau cuti pada hari Jumat 8 Maret 2019.

Tarif Bagasi Lion Air Hingga Rp 930.000, Apa Kata Pakar Transportasi 02 Koper Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan dengan Dana Minim? Siasati Dengan 10 Cara Ampuh Ini!]

 

Dengan begitu Anda akan dapat memanfaatkan hari libur selama empat hari penuh sampai pada tanggal 10 Maret 2019 agar dapat merayakan dan ikut merasakan suasana Nyepi di Bali atau liburan ke tempat-tempat lainnya di Bali.

 

#4 April

Pada bulan April 2019 nanti akan ada peringatan hari wafatnya Isa Al Masih yang akan jatuh pada Jumat 19 April 2019.

Bagi Anda yang menginginkan untuk persiapan liburan, maka dapat memilih tanggal 19, 20 sampai dengan 21 April 2019.

 

#5 Mei

Sesuai dengan libur yang ditetapkan oleh pemerintah, maka pada Mei ini masyarakat diliburkan dalam rangka kenaikan Isa Almasih tepatnya jatuh pada hari Kamis 30 Mei 2019.

 

#6 Juni

Pada bulan Juni ini, cukup banyak tanggal merah seperti di rentang 5-6 Juni 2019 libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Lalu berturut-turut adalah 3, 4 dan 7 Juni 2019 memasuki cuti bersama hari Lebaran.

 

#7 Agustus

Karena di bulan Juli tidak ada hari libur nasional, maka jangan lewatkan tanggal merah di bulan Agustus tepatnya tanggal 11. Pada tanggal itu, umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha sehingga Anda bisa liburan sambil makan enak.

Bagi yang tidak upacara 17 Agustus, maka tanggal merah ini juga bisa dimanfaatkan untuk wisata yang bertema nasionalisme.

 

#8 September

1 September adalah tanggal 1 Muharram atau bertepatan dengan tahun baru Islam. Jadi, bagi yang ingin liburan tidak ada salahnya untuk melakukan wisata religi ke beberapa masjid Indonesia.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#9 November

Oktober memang bulan yang cukup sibuk karena tidak punya tanggal merah. Tapi jangan khawatir karena di bulan November akan ada hari libur yaitu pada tanggal 9.

Momen penting yang membuat pemerintah mencanangkan libur nasional di tanggal tersebut adalah Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

#10 Desember

Desember menjadi momen liburan panjang karena ada libur Natal dan Tahun Baru. Bagi beberapa instansi momen ini juga dijadikan sebagai waktu untuk ambil cuti tahunan.

Anda dapat memanfaatkan promo tiket transportasi yang murah di musim ini.

 

Jangan Lupakan Hari Kejepit Nasional

Setelah sama-sama diulas mengenai hari libur nasional selama tahun 2019 maka berikutnya akan diulas mengenai hari kejepit nasional 2019 atau biasa disebut dengan harpitnas 2019.

Dari penetapan hari libur dan cuti bersama total pada tahun 2019 ini sebanyak 5 hari kejepit nasional.

Di antaranya adalah tanggal 31 Desember karena 1 Januari 2019 pada hari Selasa. Berikutnya tanggal 4 Februari 2019 karena pada tanggal 5 Februari yang merupakan tahun baru Imlek jatuh pada hari Selasa.  

Games Liburan Akhir Tahun Kenapa Tidak Ke Tempat Wisata Budaya Indonesia 02 Liburan Keluarga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

Ada lagi yang merupakan tanggal kejepit yaitu 8 Maret 2019, karena sehari sebelumnya yaitu pada tanggal 7 Maret 2019 merupakan hari raya Nyepi yang jatuh pada hari Kamis.

Harpitnas selanjutnya adalah 31 Mei 2019 karena pada 30 Mei yaitu pada hari Kamis adalah hari kenaikan Isa Almasih dan 1 Juni pada hari Sabtu merupakan hari lahir Pancasila.

Harpitnas 2019 yang terakhir adalah 23 Desember 2019 karena pada 24 Desember yang mulai masuk masa cuti bersama hari raya Natal. Dilanjutkan dengan 25 Desember 2019 yang jatuh pada hari Rabu.

Apakah Anda sudah merencanakan dana liburan Anda? Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda mewujudkan mimpi liburan Anda dengan rencana keuangan yang tepat.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Ternyata, tahu jadwal tanggal merah dan cuti serta harpitnas malah bikin makin semangat untuk kerja kan?

Karena dari tanggal merah dan hari libur itulah kita bisa semangat untuk mempersiapkan liburan yang sepadan dengan hasil kerja keras.

Karena informasi di atas sangat penting terutama untuk Anda yang bekerja, maka jangan lupa membagikan fun facts tersebut pada sesama karyawan atau pekerja lainnya, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 02 Januari 2019. Kalender 2019: Daftar Hari Libur Nasional, Hari Kejepit Nasional (Harpitnas), dan Cuti Bersama 2019. Tribunnews.com – https://goo.gl/YxXYwP

 

Sumber Gambar:

  • Tanggal Merah dan Harpitnas – https://goo.gl/UNtzPG