Bulan Puasa tahun ini kembali hadir. Sudah tidak sabar menyambut bulan puasa tapi masih bingung kapan mulainya puasa Ramadan 2019?

Agar lebih jelas mari simak ulasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jadwal Puasa Ramadan 2019

Setiap umat muslim pasti sangat menantikan bulan suci penuh berkah yaitu bulan Ramadan yang sebentar lagi akan segera datang kurang dari seminggu lagi.

Sejarah puasa Ramadan bagi umat Islam memiliki makna yang sangat mendalam terutama untuk mempercayai adanya kewajiban berpuasa di bulan Ramadan dan beribadah kepada Allah SWT.

Kewajiban berpuasa pada bulan Ramadan turun pada bulan Sya’ban tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling mulia di dalam kalender Islam dimana pada bulan ini saat kitab suci Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Penetapan awal puasa Ramadan mungkin akan berbeda antar satu wilayah dengan wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan hilal terkadang tidak terlihat akibat terhalang gerombolan awan di angkasa.

Namun demikian, durasi bulan Ramadan tak pernah melebihi 30 hari kalender Hijriah. Artinya, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa juga bergantung pada perhitungan hilal tersebut.

Ramadan Hampir Tiba, Ini Dia Tanggal Mulainya Puasa 2019 02 Ramadan 2019 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Kebiasaan Unik Ramadan di Dunia Mulai Dari Makanan dan Durasi Puasa]

 

Berdasarkan kalender 2019 bulan puasa tahun ini akan dimulai pada 6 Mei hingga 4 Juni dan pada tahun 2020 akan dimulai pada 24 April hingga 23 Mei.

Hal ini berarti pada tahun mendatang, umat Islam akan berpuasa selama 30 hari, tetapi jika pada malam ke-30 ternyata hilal sudah Nampak, maka bulan Ramadan akan berakhir.

Kalender Hijriah memiliki perhitungan 11 hari lebih pendek dari kalender Masehi. Perbedaan metode penanggalan inilah yang menyebabkan bulan Ramadan berlangsung lebih awal dari tahun sebelumnya.

Berbeda dari kalender Masehi yang dihitung berdasarkan revolusi matahari, penanggalan Hijriah mengacu pada pergerakan bulan. Metode penetapan awal bulan Ramadan pun cukup beragam.

Beberapa menggunakan mata telanjang yang disebut dengan metode rukyah hilal. Ada juga yang menggunakan hisab hakiki wal wujudul hilal yang selalu terhitung 29 hari.

Perbedaan metode ini yang menjadi penyebab adanya kemungkinan awal dan akhir bulan Ramadan berbeda.

Semua umat muslim terutama yang ada di Indonesia tentu membutuhkan informasi lengkap. Dan satu informasi yang akan banyak dibutuhkan dan wajib di pantau sepanjang bulan Ramadan 2019/1440H adalah jadwal imsakiyah.

 

Mengutip dari maklumat dari PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2019, 1 Ramadan 1440 H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Maka dari itu umat muslim bisa melaksanakan salat Tarawih pada Minggu, 5 Mei 2019 malam.

Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Namun pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) belum menetapkan secara resmi kapan 1 Ramadan 1440 H/2019. Hal ini dikarenakan pemerintah akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan dimulainya 1 Ramadan.

Meski begitu Kemenag telah merilis jadwal imsakiyah selama bulan puasa Ramadan 2019.

Anda bisa mengecek jadwal imsakiyah selama bulan puasa 2019 di seluruh wilayah Indonesia melalui situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag.

 

Pemerintah Akan Gelar Sidang Isbat Pada Puasa 2019

Kementerian Agama mengumumkan akan menggelar Sidang Isbat atau sidang penetapan awal Ramadhan 1440 Hijriah.

Sidang Isbat ini akan dilaksanakan pada 5 Mei 2019 di Auditorium H. M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat.

Berdasarkan laporan yang didapatkan, sidang Isbat akan dihadiri oleh Duta Besar Negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu ada pula Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan turut hadir dalam sidang penetapan 1 Ramadan 1440 Hijriah.

Rencananya proses sidang akan dimulai pada pukul 16.00 WIB yang akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mengenai posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 H.

Proses sidang dijadwalkan akan berlangsung ketika selesai salat Magrib setelah ada laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Sidang ini merupakan sidang tertutup dan hasilnya akan dimusyawarahkan untuk diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440H.

Meskipun sidang dilakukan secara tertutup, nanti jika keputusan sudah bulat, pihak terkait akan melakukan konferensi pers.

Ramadan Hampir Tiba, Ini Dia Tanggal Mulainya Puasa 2019 03 Ramadan 2019 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Traveling Saat Ramadan]

 

Kementerian Agama juga akan menurunkan sejumlah pemantau hilal di seluruh provinsi di Indonesia.

Petugas pemantau hilal berasal dari Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten atau kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan Instansi terkait setempat.

Yang sering menimbulkan pertanyaan adalah perbedaan antara yang diumumkan pemerintah maupun berdasarkan keputusan sebuah golongan tertentu.

Perbedaan ini karena pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Agama dan ormas Islam memiliki cara yang berbeda dalam menentukan awal Ramadan, menggunakan metode melihat hilal atau tanda masuknya awal bulan atau menggenapkan menjadi 30 hari.

Perbedaan lainnya, ada ormas Islam yang lebih awal melihat hilal tanda awal bulan, lalu membuat pengumuman kepada masyarakat.

Pengumuman itu berisi awal bulan Ramadan telah ditentukan pada tanggal tertentu. Termasuk pada awal bulan Ramadan 1440 H, sudah ada ormas Islam yang menentukan tanggalnya.

Sementara pemerintah Indonesia belum menentukan, tapi akan melakukan sidang isbat menentukan awal bulan Ramadan.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Puasa Ramadan Membawa Berkah

Bulan Ramadhan dipercaya banyak mendatangkan berkah bagi setiap orang, hanya di bulan ini banyak orang yang menjadi pebisnis musiman.

Di Indonesia sendiri pada bulan Ramadan banyak pebisnis musiman yang menjual menu takjil hingga kue lebaran.

Pedagang musiman ini bahkan sengaja meluangkan waktu untuk berbisnis selama satu bulan penuh. Tidak tanggung-tanggung, mereka dapat meraup untung hingga puluhan juta selama bulan Ramadan.

Selain itu ada pula bisnis lainnya seperti dari jasa event organizer untuk acara buka bersama hingga pengiriman parcel lebaran. Keduanya laris manis diserbu masyarakat.

Bisnis baru yang juga mulai dilirik ketika bulan Ramadan adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Penitipan hewan tersebut jadi solusi terbaik bagi mereka yang akan mudik ke kampung halaman.

Dalam menyambut bulan Ramadan ini Finansialku memberikan potongan harga Rp50.000 untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium satu tahun penuh dengan menggunakan kode referral BERKAH50.

Lalu, Apa keuntungan dari upgrade Aplikasi ini ke versi premium? Anda akan bisa menggunakan fitur Tanya Jawab untuk bisa konsultasi langsung dengan Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti Online Course dari Finansialku. Aplikasi Finansialku bisa dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Sri Juliati. 1 Mei 2019. Jadwal Imsakiyah Bulan Puasa Ramadhan 2019/1440 H untuk DKI Jakarta. Tribunnews.com – http://bit.ly/2ZSro7d
  • Muhammad Renald Shiftanto. 29 April 2019. Kapan Mulai Puasa 2019? Berikut Tanggal Sidang Isbat dan Lokasi Pemantauan Hilal. Tribunnews.com – http://bit.ly/2DMvnJ2

 

Sumber Gambar:

  • Ramadan 2019 1 – http://bit.ly/2LfrFxM
  • Ramadan 2019 2 – http://bit.ly/2vBbxMA
  • Ramadan 2019 3 – http://bit.ly/2ZRXb8d