Ternyata ada lho karier untuk orang introvert! Ada banyak pilihan karier yang seru, lho! Apa saja itu? Yuk, cari tahu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hal yang Dicari Orang Introvert dalam Memilih Pekerjaan

Banyak orang yang menganggap introvert sebagai orang yang pendiam, penyendiri, dan pemalu. Stigma ini dipandang sebagai hal negatif.

Susan Cain dalam bukunya Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking menyatakan bahwa para introvert sering menjadi subjek prasangka yang sangat dalam dan nyata di kehidupan masyarakat.

Padahal, kenyataannya tidak begitu. Apa yang orang lain pandang sebagai kekurangan ini justru merupakan kelebihan introvert.

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kamu Introvert? Ikuti Tips Memimpin Bagi Pemimpin Introvert]

 

Dalam hal memilih pekerjaan atau karier, orang introvert sangat pemilih. Pasalnya, dunia ini didominasi oleh pekerjaan ekstrovert.

Mereka ingin pekerjaan yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan banyak orang. Berada di lingkungan yang ramai akan membuat seorang introvert cepat lelah.

Selain itu, introvert cenderung senang bekerja sendiri ketimbang bersama tim. Kalaupun harus terlibat dalam tim, kaum introvert lebih nyaman berada di kelompok kecil. Dengan begitu, mereka akan fokus dan pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, jika kaum introvert bekerja sesuai dengan kepribadiannya, mereka akan totalitas dalam menjalaninya. Tak heran jika kesuksesan pun bisa diraih.

 

Pilihan Karier yang Cocok untuk Orang Introvert

Jika kamu salah satu orang dengan kepribadian introvert, berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu pertimbangkan.

 

#1 Chef

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 03 - Finansialku

 

Kamu senang memasak? Sebagai seorang introvert, kamu bisa bekerja sebagai chef.

Memasak membutuhkan keahlian untuk fokus dan menghasilkan sesuatu yang berkualitas tinggi. Kemampuan ini dimiliki para introvert yang cenderung menikmati momen kesendirian untuk bisa fokus dan berkreasi.

Pekerjaan sebagai chef bisa dibilang profesi ‘belakang layar’. Kamu tidak akan terganggu dengan suasana ramai yang tidak ada hubungannya dengan memasak.

 

#2 Pustakawan

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 04 - Finansialku

 

Apa yang terbayang di pikiranmu ketika mendengar kata ‘pustakawan’? Biasanya, pekerjaannya menyortir buku dan menjaga perpustakaan. Iya kan?

Padahal, ada banyak hal yang menuntut interaksi dengan orang lain. Misalnya, berinteraksi dengan pengunjung yang ingin menemukan buku bacaan dan referensi sesuai kebutuhannya.

Selain itu, ada banyak acara sosial yang sering diselenggarakan di perpustakaan.

Tapi, tetap saja. Pekerjaan sebagai seorang pustakawan pun bisa menjadi pilihan tepat untuk para introvert pecinta buku. Pasalnya, introvert menginginkan pekerjaan yang bermakna.

Dengan menjadi pustakawan, seorang introvert bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk menolong orang lain. Apalagi dikelilingi dengan hal yang dicintainya, yaitu buku. Hal itulah yang akan membuat bahagia.

 

#3 Penulis atau Editor

Orang introvert lebih suka menuangkan ide, opini, dan pemikiran lewat tulisan. Dengan kata lain, introvert tidak pandai mengungkapkan sesuatu dengan berbicara.

Pekerjaan sebagai penulis atau editor bisa menjadi pilihan tepat untuk para introvert.

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 05 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Usaha Sampingan untuk Introvert yang Bisa Menambah Penghasilan dan Mengasah Kemampuan Kamu]

 

Baik penulis maupun editor sama-sama bekerja sendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini cocok sekali dengan introvert yang lebih suka bekerja sendiri ketimbang bersama tim.

Dengan begitu, ia bisa bekerja lebih fokus, lebih cepat, dan lebih bebas mengekspresikan diri. 

 

#4 Fotografer

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 06 - Finansialku

 

Orang dengan kepribadian introvert dikenal dengan kreativitasnya yang tinggi. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist.

Hasil penelitiannya menyebutkan bahwa orang-orang kreatif di dunia umumnya memiliki kepribadian introvert.

Sayang sekali jika kreativitas itu tidak dimanfaatkan. Nah, jika kamu introvert yang kreatif, kamu bisa mencurahkan kreativitasmu lewat fotografi. Bidang fotografi memungkinkan seorang introvert untuk mengekresikan jiwa artistiknya.

Oleh karena itu, pekerjaan sebagai fotografer bisa menjadi karier yang tepat. Kamu bisa menjadi fotografer untuk pernikahan, studio foto, komersial, dan sebagainya.

 

#5 Mekanik

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 07 - Finansialku

 

Mekanik bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan dan perawatan pada  mesin, seperti mesin pada mobil, motor, truk, kapal laut, dan pesawat terbang.

Profesi mekanik dinilai cocok untuk para introvert. Pasalnya, dibutuhkan kemampuan yang telaten, terampil, dan teliti.

Selain itu, lingkungan bekerja mekanik tidak dikelilingi dengan orang ramai. Dengan begitu, para introvert bisa lebih fokus mengerjakan tugasnya.

 

#6 Penerjemah

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 08 - Finansialku

 

Profesi penerjemah cocok sekali untuk para introvert. Tugasnya, menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Profesi ini membutuhkan perhatian, fokus, dan sensitivitas.

Ketiga hal tersebut merupakan kekuatan seorang introvert. Selain itu, penerjemah bekerja secara individu dalam proses penerjemahan. Maka, tak heran jika banyak introvert yang sukses terjun di dunia penerjemahan.

 

#7 Programmer

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 09 - Finansialku

 

Ternyata, profesi sebagai programmer pun cocok untuk para introvert, lho! Memang, terkadang programmer bekerja dalam tim. Akan tetapi, pada akhirnya tetap akan menyelesaikan proyek secara mandiri.

Programmer dituntut untuk bisa memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Ini cocok sekali dengan sifat seorang introvert.

 

#8 Desainer Grafis

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 010 - Finansialku

 

Buat kamu yang lebih suka bekerja sendiri ketimbang dengan tim, pilihan karier sebagai desain grafis bisa kamu pertimbangkan. Apalagi untuk kamu yang tertarik dengan dunia desain grafis.

Menjadi seorang desainer grafis tidak menuntutmu untuk bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu, kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan, misalnya membuat gambar, poster, dan infografik.

 

#9 Seniman

Jangan Cemas! Ternyata Ada Kok Karier untuk Orang Introvert 011 - Finansialku

 

Kamu punya bakat artistik dan kreatif? Menjadi seniman bisa kamu pertimbangkan. Jenis seninya pun beragam, misalnya melukis, membuat tembikar, menjahit, dan sebagainya.

Selain kreativitas, profesi ini memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri. Cocok untuk para introvert yang lebih bebas jika bekerja sendiri.

 

#10 Apoteker

Apoteker bekerja ‘di belakang layar’. Ia meracik resep dari dokter dan menjelaskan kepada pelanggan mengenai penggunaan obat.

Profesi ini dinilai cocok untuk seorang introvert. Pasalnya, apoteker memiliki interaksi yang minim dengan orang lain.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Jangan Batasi Diri

Jangan memaksakan dirimu dalam pekerjaan yang tidak membuatmu nyaman sebagai introvert.

Namun, jangan sampai juga kamu membatasi diri. Para introvert cenderung menghindari pekerjaan yang menuntut banyak interaksi dengan orang lain atau yang menjadikan pusat perhatian.

Padahal, ada banyak introvert yang justru sukses dalam pekerjaan ekstrover, seperti Christina Aguilera, Merryl Streep, dan Barrack Obama.

Jangan sampai hal ini menjadi mimpi burukmu. Jika kamu percaya diri dengan keunikan dan kekuatanmu sebagai introvert, kamu akan mendapatkan kesuksesan apapun pekerjaanmu.

Oh ya, introvert dan ekstrover harus bisa mengatur keuangan dengan baik, kan? Jangan lupa unduh aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat membantumu mengatur keuangan lebih baik.

Kamu bisa memulainya dengan mencatat pengeluaran harian dengan fitur Catatan Keuangan. Yuk, segera unduh aplikasinya di Google Playstore maupun Apps Store.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itu dia beberapa karier yang cocok untuk introvert. Kalau kamu termasuk introvert, pilihan karier di atas layak dipertimbangkan.

Dari kesepuluh pekerjaan di atas, mana yang menjadi karier impianmu? Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman sesama introvert ya. Sharing is caring.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Juni 2020. 16 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/38w6iSl
  • Baby Nurdiana Rohman. 20 Februari 2019. 8 Pekerjaan yang Cocok untuk Para Introvert. Rencanamu.id – https://bit.ly/3bsZqaw
  • Admin. 26 Agustus 2019. 15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvert. Popbela.com – https://bit.ly/3oz10eE

 

Sumber Gambar:

  • Introvert 01 – https://bit.ly/35t0ZBr
  • Introvert 02 – https://bit.ly/3i6Rop0
  • Introvert 03 – https://bit.ly/3nN0LeR
  • Introvert 04 – https://bit.ly/3qrw4gP
  • Introvert 05 – https://bit.ly/3iwxzrz
  • Introvert 06 – https://bit.ly/3iwxzrz
  • Introvert 07 – https://bit.ly/2KqDzW6
  • Introvert 08 – https://bit.ly/39z8MyQ
  • Introvert 09 – https://bit.ly/35PFo6j
  • Introvert 010 – https://bit.ly/2XOG9rS
  • Introvert 011- https://bit.ly/35NpXM9
  • Introvert 012 – https://bit.ly/2XPoCA2