Pemimpin introvert juga punya kekuatan tersendiri dalam memimpin organisasi dengan efektif. Ketahui tips memimpin semakin efektif bagi para introvert.

Semua akan dibahas dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Introvert Punya Segudang Kemampuan Khusus

Apakah Anda seorang yang senang di dalam ruangan atau di luar ruangan? Ini adalah tentang gaya kepemimpinan Anda. Apakah Anda seorang introvert atau extrovert?

Para introvert memiliki sejumlah bakat dan kompetensi unik yang dapat membuat mereka menjadi pemimpin yang efektif.

Meskipun orang-orang introvert sering menikmati menghabiskan waktu sendirian, mereka sebenarnya memiliki banyak naluri dan sifat kepribadian yang menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang hebat.

Tetapi ada beberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan oleh para pemimpin introvert untuk memastikan bahwa mereka bisa menjadi pemimpin yang efektif.

Kepemimpinan itu seperti kepribadian, hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Sifat introvert atau extrovert bukan tentang seberapa malu atau seberapa sosialnya Anda, tapi ini tentang bagaimana Anda mendapatkan energi Anda untuk memimpin.

Mereka yang termasuk dalam kepribadian introvert adalah orang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal, dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar.

Para introvert sangat pandai memperhatikan infrastruktur, mengonsep masalah, dan melihat jauh ke dalam masalah.

Extrovert adalah kebalikan dari introvert. Jika orang introvert itu lebih senang menyendiri, maka orang extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Mereka sangat antusias dengan hal baru dan senang bergaul.

Tips Memimpin 02 - Finansialku

[Baca Juga:  Keputusan Dalam Keuangan yang Akan Membuat Anda Menyesal]

 

Introvert atau extrovert bukanlah sifat kepribadian, melainkan preferensi untuk berinteraksi dengan dunia dengan cara yang terasa paling nyaman bagi mereka.

Setiap orang memiliki kualitas kepribadian, energi dalam dan energi luar, tetapi kita cenderung bersandar pada salah satunya secara konsisten.

Untuk mengetahui siapa Anda, Indikator Tipe Meyers Briggs adalah standar utama.

Anda dapat dengan mudah menggunakan Meyers Briggs dan Anda akan diarahkan untuk melakukan tes singkat yang dapat Anda ambil untuk mempelajari lebih lanjut tentang preferensi kepribadian Anda.

Jika Anda adalah seorang introvert dan memiliki potensi serta kemauan keras untuk menjadi seorang pemimpin hebat, ikuti beberapa tips yang akan diberikan melalui pembahasan di bawah ini!

Sudah cek kesehatan keuangan pribadi Anda?

Gunakan fitur Financial Health Check Up dari Finansialku untuk mengetahui sejak dini kesehatan keuangan pribadi Anda.

Unduh terlebih dahulu Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas free trial-nya selama 30 hari. 

Selain itu, dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium.

Anda juga bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Mulai dari sekarang ya!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Perbedaan Kepemimpinan Introvert VS Ekstrovert

Preferensi kepribadian introversi/ekstroversi sangat penting dalam proses kepemimpinan karena secara langsung berkaitan dengan bagaimana individu berhubungan dengan orang lain, terutama dalam hal komunikasi dan terlibat dengan orang lain.

Karena introvert lebih cenderung memusatkan energi di dalam diri mereka, para introvert terkadang lupa betapa pentingnya berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain secara konsisten dan terbuka.

Dengan kata lain, pemimpin introvert biasanya harus bekerja sedikit lebih keras dalam sebuah proses kepemimpinan.

Ketika orang berpikir tentang pemimpin, mereka biasanya berpikir bahwa pemimpin itu adalah orang-orang dari kalangan extrovert.

Kisah Kepemimpinan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Ingin merencanakan dana pendidikan buah hati Anda?

Inflasi membuat harga semakin melambung tinggi setiap tahunnya. Tak terasa uang sekolah yang harus dipersiapkan oleh para orangtua bagi sang buah hati harus dipersiapkan dari sekarang.

Tak perlu kuatir dengan persiapan dana pendidikan sang buah hati! Unduh saja E-Book Perencanaan Dana Pendidikan Sang Buah Hati dari TK hingga mereka masuk ke Universitas.

 

Tantangan Bagi Para Pemimpin Introvert

Introvert memiliki banyak keterampilan dalam kaitannya dengan kepemimpinan yang hebat.

Para pemimpin introvert terampil dalam memikirkan refleksi dari sebuah keputusan secara mendalam.

Mereka secara alami cenderung berada di tengah keributan, sehingga mereka dapat memberikan perspektif luar tentang apa yang terjadi.

Berkaitan tentang menganalisis dan menilai, mereka dapat diandalkan karena mereka lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Selain itu, pemimpin introvert juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang sebuah situasi yang terjadi.

Dengan segudang kemampuan khusus itu, para introvert juga punya beberapa kelemahan yang perlu menjadi ke-khas-an mereka, diantaranya sulitnya bergaul dengan orang baru, kurangnya komunikasi, terkadang memperlihatkan ketidaktertarikan dan nampak angkuh.

Leaders_ Segera Miliki 4 Faktor Penting Pemimpin yang Berpengaruh! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Tips Memimpin Bagi Para Introvert

Meski secara umum para extrovert sering kali dikaitkan dengan ciri dari seorang pemimpin karena mudah bergaul dan senang membuka relasi dengan banyak orang.

Namun para introvert pun tak kalah jika dilihat dari kemampuan khusus mereka yang juga sangat diperlukan dalam proses kepemimpinan.

Bagi Anda para introvert yang memiliki fungsi sebagai pemimpin dalam sebuah proses kepemimpinan, berikut ini tips memimpin bagi Anda yang memiliki kepribadian introvert, yaitu:

 

#1 Ketahui Kekuatan Anda

Sebagai seorang introvert, Anda mungkin tidak berpikir bahwa Anda adalah seorang pemimpin alami.

Tetapi sebenarnya ada beberapa kualitas yang dimiliki introvert yang dapat menjadikan mereka pemimpin yang efektif, seperti perhatian dan kemampuan untuk benar-benar mendengarkan orang lain.

Alih-alih mencoba melawan semua kecenderungan alami Anda dan bertindak seperti orang extrovert, pikirkan semua kualitas yang Anda miliki yang telah membuat Anda sukses sejauh ini.

Itu dapat membantu memberi Anda kepercayaan diri ekstra dan membantu Anda memimpin tim dengan cara yang nyaman bagi Anda.

Pemimpin yang Dirindukan itu Pasti Punya 10 Kualitas Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

#2 Mendengarkan

Salah satu kekuatan terbesar pemimpin introvert adalah kemampuan untuk mendengarkan sepenuhnya sebelum berbicara.

Itu berarti Anda bisa mendapatkan masukan dari tim Anda dan menggunakannya untuk membantu menjadi pemimpin yang lebih baik, daripada menjadi reaktif atau selalu mengikuti intuisi pertama Anda.

Saat Anda mendengarkan secara aktif, Anda dapat dengan cermat mempertimbangkan setiap sudut pandang.

 

#3 Luangkan Waktu untuk Berpikir

Introvert biasa dikenal dengan orang yang suka termenung dan menyendiri (terkadang dipandang dari sisi yang negatif). Tapi ini bisa menjadi kekuatan bagi para pemimpin.

Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis atau bahkan Anda, itu adalah intuisi introvert yang dapat Anda ikuti.

Luangkan waktu sendirian dan pikirkan keputusan Anda dan pertimbangkan ide-ide baru untuk jangka waktu tertentu sebelum benar-benar membuat perubahan.

Pelajaran Berharga Dalam Pembentukan Pola Pikir Pemimpin Hebat - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Henry Ford Pendiri Ford Motor Company agar Menjadi Orang Sukses]

 

#4 Tuliskan Gagasan

Ini juga bisa menjadi ide bagus bagi Anda untuk menulis sesuatu ketika Anda mempertimbangkan ide-ide baru atau keputusan penting.

Introvert sering berpikir lebih baik ketika ada visual yang terlibat di dalamnya. Menulis hal-hal juga dapat memberi Anda cara langsung untuk mengatur pikiran Anda alih-alih dibanjiri oleh terlalu banyak ide.

 

#5 Biarkan Tim Anda Tahu Apa yang Diharapkan

Introvert tentu bisa menjadi aset bagi para pemimpin. Tapi kepribadian itu belum tentu sesuatu yang biasa bagi sebagian besar karyawan.

Jadi, jika Anda akan melakukan hal-hal yang berbeda dari yang biasa dilakukan oleh anggota tim Anda, pertimbangkan untuk berterus terang kepada mereka dan biarkan mereka tahu apa yang diharapkan.

Intinya adalah mengenai komunikasi dan membuka diri kepada orang lain tentang ide Anda dan apa yang Anda harapkan bagi mereka.

Misalnya, jika tim Anda terbiasa mengadakan pertemuan mingguan tetapi Anda lebih suka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja secara individu dan membiarkan karyawan mendatangi Anda dengan pertanyaan atau masalah, jelaskan kepada mereka mengapa hal itu Anda lakukan, dan kenapa itu menjadi sebuah kenyamanan bagi Anda.

Atau setidaknya beri tahu mereka bahwa Anda tidak terbiasa dengan keramaian namun tetap menghargai mereka dengan cara sesekali datang dalam pertemuan mingguan yang mereka adakan.

Kunci Kepemimpinan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Baca! 11 Kiat Sukses Memiliki Motivasi Bisnis Dimulai dari Disiplin Diri]

 

#6 Jaga Jalur Komunikasi Terbuka

Dalam proses Anda memimpin, ada baiknya Anda menguraikan dengan jelas proses komunikasi antara Anda dan anggota tim Anda.

Jika Anda tidak memiliki pertemuan rutin atau tidak sering mencari karyawan Anda untuk berbicara secara pribadi, maka Anda perlu memberi mereka cara mudah untuk menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan, masalah, atau ide.

Sekali lagi ini tentang komunikasi. Anda harus dapat dihubungi oleh mereka untuk setiap hal yang berkaitan dengan tanggung jawab Anda sebagai seorang pemimpin.

Dalam hal ini Anda perlu usaha sedikit untuk keluar dari zona nyaman.

 

#7 Bersiaplah untuk Rapat

Melakukan pertemuan dengan staf itu sangat penting apalagi Anda sebagai pemangku jabatan dan bertindak sebagai pemimpin.

Tetapi jika Anda pergi ke pertemuan itu dengan kondisi yang tidak siap, Anda mungkin akan kewalahan atau tidak memiliki komunikasi yang sangat efektif dengan anggota tim.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan diri.

Tulis beberapa pemikiran atau siapkan agenda, presentasi bahkan untuk pertemuan informal sekalipun supaya Anda tetap pada jalur pembicaraan yang efektif sesuai dengan arahan Anda sebagai pemimpin.

Tanggung Jawab dan Tugas Pemimpin Dalam Materi Kepemimpinan Dasar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

#8 Berkomunikasi Satu Lawan Satu

Komunikasi secara personal juga akan sangat menolong Anda untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Dengan berbicara secara personal, Anda bisa mengenal mereka secara individu dengan setiap ide dan pemikiran mereka dan Anda pun dapat menyampaikan setiap pemikiran Anda dengan lebih mendalam.

 

#9 Habiskan Waktu Bersosialisasi

Meskipun tidak selalu merupakan naluri alami bagi para introvert untuk menghabiskan banyak waktu bersosialisasi, itu bisa menjadi ide yang baik bagi Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda sesekali.

Pertimbangkan untuk menyiapkan acara setelah bekerja atau mencoba menghabiskan waktu untuk mengenal tim Anda selama jam kerja.

Ini dapat membantu Anda mengenal mereka lebih mendalam demikian juga mereka dapat mengenal Anda sebagai pemimpin mereka.

Quiz Para Entrepreneur, Apakah Anda Seorang Bos atau Seorang Pemimpin 04 Pemimpin 4 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

#10 Perhatikan Kekuatan Anggota Tim Anda

Sangat mungkin bahwa Anda bukan satu-satunya di tim Anda dengan kepribadian yang tertutup atau introvert.

Mampu mengenali kekuatan setiap anggota tim dapat membantu Anda memberi mereka tugas yang tepat.

Misalnya, para introvert dapat menjadi ahli dalam pekerjaan kreatif atau proyek yang membutuhkan banyak pekerjaan soliter.

Tetapi extrovert bisa lebih baik dalam proyek kolaborasi. Anda mungkin ingin memastikan bahwa setiap departemen atau tim memiliki campuran yang baik dari masing-masing jenis kepribadian sehingga kekuatan setiap orang dapat berperan.

Apa pun situasi Anda, keterampilan menyimak dan mengamati yang kemungkinan Anda miliki sebagai seorang introvert dapat membantu Anda memahami kekuatan setiap orang sehingga Anda dapat memberi tim Anda peluang sukses.

Fokuskan energi positif Anda untuk meningkatkan keuntungan dalam berinvestasi demi masa depan finansial yang lebih baik.

Gunakan Ebook Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan berpikir untuk meminimalkan risiko investasi.

 

Jadilah Diri Sendiri

Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah. Anda harus mampu menjadi sosok yang bisa mengarahkan juga memberikan contoh yang baik bagi mereka yang berada di bawahmu.

Tetaplah menjadi diri Anda, jangan memaksakan apapun yang berada di luar kemampuan Anda.

Maksimalkan segala yang ada pada diri Anda dan yakin bahwa Anda bisa melakukannya.

Semua itu merupakan kunci utama untuk menjadi sosok pemimpin yang diharapkan oleh banyak orang.

Anda bisa melakukan berbagai cara asal sesuai dengan cara yang Anda suka, termasuk mengikuti tips memimpin yang telah ditulis dalam artikel ini.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini atau artikel Finansialku lainnya yang Anda rasa dapat bermanfaat bagi orang-orang di sekitar Anda.

Semoga berhasil.

 

Apakah Anda termasuk pemimpin introvert atau extrovert? Bagaimana pengalaman Anda dalam memimpin organisasi atau bisnis Anda? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Essential Management Tips For Introverted Leaders. Forbes.com – https://bit.ly/343AMaa
  • Admin. Introverted Leaders: Seven Tips for Success. Careerstonegroup.com – https://bit.ly/2Zqaroh
  • Admin. Kelebihan Kekurangan Introvert – Arti Introvert Sebenarnya, Kamukah Itu?. Jagad.id – https://bit.ly/2MSKXJB
  • Anie. Ekstrovert Adalah? Pengertian & 4 Sifat Rahasia Yang Mereka Miliki. Bacapikiran.com – https://bit.ly/2ZsQMnu
  • Anita Campbell. 10 Leadership Tips for Introverts. Americanexpress.com – https://amex.co/2VFy868
  • Courtney L. Vien. 1 April 2016. Leadership tips for introverts. Journalofaccountancy.com – https://bit.ly/2L9TzcJ
  • Tania Savitri. Mengenal Kepribadian Introvert Lebih Dalam. Hellosehat.com – https://bit.ly/2ZsQMnu
  • Galuh Indah Febriani. 31 Agustus 2018. Jangan Diremehkan! Ini 7 Kelebihan yang Cuma Dimiliki Introvert. IDNTimes.com – https://bit.ly/348EJdH
  • Robi Maulana. 8 Oktober 2018. Kepribadian Introvert – Semua yang Perlu Kamu Ketahui!. Psikologihore.com – https://bit.ly/2Zv81nz
  • Sammi Caramela. 12 September 2018. 3 Leadership Tips for Introverts. Businessnewsdaily.com – https://bit.ly/2ACARFJ

 

Sumber Gambar:

  • Tips Memimpin 1 – http://bit.ly/2lHjVbJ
  • Tips Memimpin 2 – http://bit.ly/2lL6xTN