Tantangan seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinan sangat kompleks dan menyeluruh.

Mari simak sebagian kecil dari tantangan seorang pemimpin yang secara umum akan Anda hadapi sebagai seorang pemimpin melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Peliknya Tantangan Seorang Pemimpin

Baik Anda yang sudah berpengalaman dalam posisi sebagai pemimpin atau yang baru saja masuk dan merasakan untuk pertama kalinya menjadi pemimpin, Anda pasti akan menghadapi serangkaian tantangan di sepanjang jalan Anda menjadi seorang pemimpin.

Serangkaian tantangan tersebut di antaranya seperti menempatkan orang-orang sesuai bidang dan keahlian, mendelegasikan tugas hingga masalah keuangan yang juga ada di pundak Anda.

Menjadi pemimpin serasa sedang menanjak sebuah bukit yang terjal dan terkadang harus merasakan turunan tajam serta batu-batu yang licin yang bisa membuat Anda tergelincir jika tidak menguasai diri.

Ada begitu banyak tantangan yang akan dihadapi oleh pemimpin, terutama ketika berhadapan dengan orang.

Saat kerja sama yang terjalin antara pemimpin dan tim pendukung nampak solid, tantangan akan terasa lebih ringan seperti sebuah peribahasa yang mengatakan “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.”

Namun jika yang terjadi sebaliknya, ketika kerja sama tim terpecah, timbulnya konflik dalam tubuh kelompok dan atmosfer kinerja dalam tim menjadi tidak bersahabat, ini akan sangat menguras tenaga bahkan pikiran.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebelum masuk dalam pembahasan lebih mendalam, sebagai seorang pemimpin, apakah Anda pernah berpikir untuk memiliki mimpi untuk meraih sukses dalam mencapai kebebasan finansial?

Banyak orang yang ingin memiliki keberhasilan finansial dan bermimpi untuk memiliki kebebasan finansial namun mereka takut dengan risiko yang harus mereka tanggung.

Investasi adalah salah satu kendaraan yang mampu membawa Anda pada kebebasan finansial, asalkan Anda tidak takut dengan risiko.

Minimalkan risiko dalam berinvestasi dengan belajar melalui Ebook gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku yang dapat Anda unduh sebagai berikut:

Miliki Panduan Berinvestasi dari Finansialku dengan men-download Ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Tak perlu takut dengan risiko berinvestasi. Tantang diri Anda untuk selalu belajar mempelajari cara mencapai kebebasan finansial dengan belajar berinvestasi dari sekarang.

 

Berbagai Tantangan Seorang Pemimpin

Mari bahas satu per satu berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemimpin. Apakah diantaranya ada yang menjadi masalah dalam kepemimpinan Anda?

 

#1 Tantangan Dasar

Ini adalah tantangan yang paling mendasar yang harus dihadapi oleh para pemimpin manapun. Hal buruk akan terjadi ketika pondasi kepemimpinan atau dasar Anda goyah.

Jika nilai-nilai inti, visi, dan strategi dari organisasi atau perusahaan Anda tidak selaras, Anda akan menemukan berbagai masalah yang fundamental

Jika Anda tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas diartikan, bagaimana Anda bisa berharap untuk mencapai hasil yang benar?

Bagaimana para karyawan, bawahan, tim kelompok Anda bisa mengerjakan bagian mereka jika gambaran secara jelas tentang apa yang akan mereka tuju tidak begitu nampak dalam pikiran mereka?

Tantangan-Seorang-Pemimpin-01-Finansialku

[Baca Juga: Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama dan Kebersamaan Anggota Keluarga]

 

Tetapkan hal-hal dasar dari sekarang karena sebuah bangunan akan tetap berdiri kokoh ketika hal-hal yang mendasar ini sudah terpenuhi.

Para pemimpin terbaik tetap bertahan untuk sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri, dan mereka didorong oleh lebih dari sekedar motif mencari keuntungan semata. Mereka memahami nilai dari bisnis yang didorong oleh tujuan.

Ini adalah sebuah dasar yang memiliki rangkaian kesatuan di mana kepemimpinan perlu berdasarkan sebuah tujuan.

Jika tujuan yang satu sudah terpenuhi, mereka tidak terjebak dalam sebuah rasa kepuasan. Para pemimpin sejati mengetahui bahwa dirinya harus mendorong diri mencari penemuan baru untuk mencari berbagai peluang yang lebih baik di luar sana.

 

#2 Tantangan Terhadap Janji

Setiap perusahaan memiliki pelanggan masing-masing, namun pertanyaannya, apakah para pelanggan sudah puas dan janji mengenai produk Anda sudah terpenuhi?

Ini adalah mengenai kepuasan pelanggan. Kepemimpinan Anda tentu tidak akan bertahan ketika Anda sebagai pemimpin tidak menepati janji Anda kepada pelanggan.

 

#3 Tantangan Terhadap Model Bisnis

Tidak semua model bisnis bisa dibuat sama. Model bisnis yang satu belum tentu relevan dan menjadi role model bagi semua bisnis, atau bukan berarti model yang terus berkelanjutan.

Tantangan pemimpin berikutnya adalah menentukan model bisnis yang akan dijalankan.

Ini adalah sebuah strategi yang kompleks di mana para pemimpin perlu menjalaninya, dari mulai mengelola sumber pendapatan dan aset perusahaan, menata kinerja setiap divisi dan penempatan sumber daya sesuai dengan keterampilan dan keahlian, strategi pemasaran dan masih banyak lagi.

Mengenal Model Bisnis Saham 02 Saham - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Hal ini membutuhkan perjalanan evaluasi yang tidak hanya sekali atau dua kali untuk mengkaji dan menerapkan di setiap bagian.

 

#4 Tantangan Terhadap Informasi

Pimpinan yang cerdas memahami ada perbedaan antara naluri, data, informasi, dan pengetahuan. Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa opini dan teori tidak selalu identik dengan fakta dan kenyataan.

Sebagai pemimpin yang bijak, Anda tentu harus pandai dalam mengolah informasi dan mengetahui dampak serta pengaruh dari informasi itu terhadap kepemimpinan dan organisasi.

Dalam menyaring informasi sebagai sebuah tantangan yang juga dihadapi dalam kepemimpinan, berikut ini beberapa tips praktis dalam menyaring informasi:

  • Memilah informasi yang didapat & mencari kebenaran mengenai informasi yang didapat.
  • Membandingkan isi berita atau informasi yang didapat dengan informasi yang ada di sumber berita lainnya.
  • Tidak mudah terpengaruh dengan judul atau isi berita yang didapat.
  • Berdiskusi dengan lingkungan sekitar agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif.

 

Sangat penting untuk selalu memikirkan ulang cara Anda memproses informasi untuk menghasilkan keputusan yang lebih baik.

12 Model Bisnis Online di Indonesia yang Menguntungkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Praktikkan Sekarang Juga! Cara Mencapai Kebebasan Keuangan ala Dave Ramsey]

 

#5 Tantangan Budaya

Setiap organisasi memiliki budaya. Untuk meningkatkan produktivitas pekerja atau kinerja tim, budaya dalam sebuah perusahaan perlu mengalami sebuah perombakan ke arah yang positif.

Ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para pemimpin.

Setiap pekerja tentu menginginkan lingkungan pekerjaan yang menyenangkan, merasa diterima, tidak membosankan dan tentu saja akan membuat mereka semakin bersemangat dan termotivasi untuk memberi yang terbaik.

Intinya adalah budaya dapat menjadi aset yang signifikan atau kewajiban yang luar biasa.

Mengenal Model Bisnis Saham 05 Memahami Pertumbuhan Saham - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Membangun atmosfer kerja yang positif perlu kerja sama di antara para anggota dan juga yang terutama adalah inisiatif dari pemimpin yang menciptakan suasana yang kondusif dan bersahabat dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Membangun budaya mencatat keuangan pribadi akan mempermudah Anda dalam menabung dan mengalokasikan tabungan Anda untuk investasi demi mempersiapkan dana hari tua.

Bangun budaya mencatat keuangan pribadi sejak dini dimulai dari Anda sendiri sebagai pemimpin Aplikasi Finansialku yang membantu Anda mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap saat dengan mudah dan praktis melalui gadget pintar di tangan Anda.

Selain fitur pencatatan arus kas pribadi, Anda juga bisa merencanakan dana liburan dan membeli barang seperti membeli kendaraan pribadi dan membeli rumah melalui aplikasi cerdas ini.

Tak hanya itu, cek juga kesehatan finansial Anda dengan Financial Health Check-up dari Aplikasi Finansialku, lengkap bukan?

Mengenal Model Bisnis Saham 04 Memahami Kompetitor - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Susah Disiplin]

 

Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan free-trial-nya dan nikmati setiap fitur pintar yang akan menemani langkah kaki Anda menuju kebebasan finansial dan kehidupan finansial yang lebih baik.

“I have three precious things which I hold fast and prize. The first is gentleness; the second is frugality; the third is humility, which keeps me from putting myself before others. Be gentle and you can be bold; be frugal and you can be liberal; avoid putting yourself before others and you can become a leader among men.” Lao Tzu

“Saya memiliki tiga hal berharga yang saya pegang dengan cepat dan hadiah. Yang pertama adalah kelembutan; yang kedua adalah berhemat; yang ketiga adalah kerendahan hati, yang membuat saya tidak menempatkan diri di hadapan orang lain. Bersikaplah lembut dan Anda bisa berani; berhematlah dan Anda bisa jadilah liberal; hindari menempatkan diri di depan orang lain dan Anda bisa menjadi pemimpin di antara manusia.”

 

Secuplik dari Tantangan Seorang Pemimpin

Para pemimpin cerdas akan memiliki banyak tantangan dalam kepemimpinan mereka, di antaranya seperti yang telah tertera di atas, walaupun itu baru sebagian kecil dari begitu banyaknya tantangan yang dihadapi oleh pemimpin.

Segala sesuatu dalam organisasi kepemimpinan dapat ditingkatkan, semuanya dapat ditata kembali, dan banyak hal yang dapat dievaluasi dan dihilangkan untuk mencapai perkembangan yang semakin signifikan.

Triknya adalah mengetahui item apa yang harus difokuskan untuk ditingkatkan atau dihilangkan.

 

Menurut Anda, tantangan apa lagi yang begitu kompleks yang dihadapi oleh para pemimpin di era zaman now?

Anda dapat membagikan pengalaman berharga Anda dalam menghadapi tantangan seorang pemimpin melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Challenges of Leadership. Leadershipmanagement.com.au – https://goo.gl/5jPbNR
  • Mike Myatt. 7 Maret 2013. 10 Things Every Leader Should Challenge. Forbes.com – https://goo.gl/NDvVbb

 

Sumber Gambar:

  • Tantangan Seorang Pemimpin 1 – https://goo.gl/VRCCMT
  • Tantangan Seorang Pemimpin 2 – https://goo.gl/LWX8zU
Summary
Para Pemimpin, Kenali 5 Tantangan Seorang Pemimpin Sekarang Juga!
Article Name
Para Pemimpin, Kenali 5 Tantangan Seorang Pemimpin Sekarang Juga!
Description
Tantangan seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinan sangat kompleks dan menyeluruh.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo